Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Menhub : Pencarian Airasia Habiskan Rp1 Triliun

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebutkan pencarian dan evakuasi korban berikut badan pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh pada 28 Desember 2014 menghabiskan dana hingga Rp1 triliun.

Tour De Ijen Diharapkan Promosikan Wisata Banyuwangi

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2015 lomba Balap Sepeda tingkat International diharapkan mampu mempromosikan wisata Banyuwangi, Jawa Timur.

Museum KAA Siap Sambut Kepala Negara

Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) siap menyambut kedatangan para kepala negara dan kepala pemerintahan dalam agenda napak tilas (historic walk) KAA pada Jumat, 24 April.

TPA Pakusari Jember Kelebihan Kapasitas Sampah

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Jember, Jawa Timur, Merwin Lusiana mengatakan tempat pembuangan akhir (TPA) Pakusari kelebihan kapasitas karena volume sampah yang terus meningkat.

Kronologi Pemboman KBRI di Yaman

[20:00]Dua orang staf dan seorang WNI terluka saat KBRI Sanaa, Yaman, terkena bom dalam serangan udara.