Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Bupati Undang Mitra Bahas Saham Koba Tin

Bupati Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengundang mitra dan mantan karyawan PT Koba Tin untuk membahas persoalan saham di perusahaan peleburan bijih timah itu.

Sekolah Kejuruan Di Trenggalek Lebih Diminati

Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur diwarnai menurunnya minat siswa melanjutkan studi ke SMA, sementara pendaftar sekolah kejuruan atau SMK justru meningkat.

Polres Kulon Progo Bangun Enam Pos Pengamanan

Kepolisian Resor Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun enam pos pengamanan jalur mudik yakni di sepanjang jalan Temon-Sentolo dalam rangka Operasi Ketupat Progo 2015.

Dishutbun Penajam Pantau Aksi Perambahan Tahura

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan memantau aksi perambahan di kawasan taman hutan raya (Tahura).

Pemkab Tertibkan Pedagang Berjualan Di Jalur Mudik

Pemkab Bangkalan, Jawa Timur, berjanji menertibkan para pedagang di sejumlah pasar tradisional di wilayah itu yang berjualan di badan jalan dan berpotensi mengganggu jalur mudik, hingga menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.