Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Rudal Patriot Saudi 'Cegat' SCUD Yang Ditembakkan Dari Sanaa

Sebuah peluru kendali Patriot berhasil menjatuhkan satu rudal Scud yang ditembakkan dari ibu kota Yaman ke bagian selatan Arab Saudi pada Selasa, demikian koalisi pimpinan Saudi mengatakan kepada AFP, hari setelah serangan Scud lainnya.

2.500 Peserta Ikuti Pekan Daerah KTNA

Sekitar 2.500 peserta dijadwalkan akan mengikuti Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang akan digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara pada 10-15 Mei 2016.

Warga Pangkalpinang Panen Ikan Di Lokasi Banjir

Warga Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk para korban banjir, panen ikan di sebagian lokasi banjir yang dipenuhi ikan yang hanyut dari tambak.

PLN Nunukan: Pemadaman Listrik Akibat Kerusakan

PT PLN Ranting Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara beralasan pemadaman listrik yang dilakukan selama ini disebabkan kerusakan kabel bawah laut Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Gas (PLTMG) Sebaung menuju Pulau Nunukan.

Diskoperindag Belum Terima Larangan Minyak Goreng Curah

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram hingga saat ini belum menerima edaran resmi dari pemerintah terhadap larangan peredaran minyak goreng curah di pasar.