Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 173

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Relawan Turki Bagikan Bantuan

Relawan kemanusiaan yang bernaung dibawah Badan Amal Kimse Yok Mu asal Turki tetap membagikan bantuan di Jalur Gaza meskipun terkepung akibat perang di Palestina.

Pengemis Anak-anak Marak

Pengemis yang tergolong anak-anak usia sekolah dasar di Palembang, Sumatera Selatan marak di kawasan permukiman penduduk dan perempatan lampu merah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pasar Murah Bantu Masyarakat

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat kurang mampu di daerah ini mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

BLH Dinilai Lemah

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dinilai masih lemah dalam melakukan pengawasan terkait pencemaran lingkungan oleh perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang mengakibatkan masarakat menjadi korban.

Lakalantas Turun 30 Persen

Angka Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) tahun 2013 selama Operasi Ketupat Polres Labuhanbatu menurun 30 persen jika dibanding tahun sebelumnya.