Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

PBSI Sulsel Gelar Empat Kejuaraan di 2015

Pengprov Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Sulawesi Selatan akan menggelar empat kejuaraan baik bertaraf nasional maupun lokal pada 2015.

Kaltim Lanjutkan Kurikulum 2013

Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur menetapkan sikap untuk tetap menerapkan Kurikulum 2013 karena berdasarkan kajian yang dilakukan oleh tim, pelaksanaan kurikulum tersebut lancar meskipun ada kendala distribusi buku cetak.

80 Persen Hotel DIY Penuh

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah istimewa Yogyakarta menyatakan tingkat pemesanan kamar hotel di daerah ini telah mencapai mencapai 80 persen menjelang puncak Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2015.

Harga Cabai di Lampung Terus Turun

Harga cabai di sejumlah pasar tradisional dan modern di Kota Bandarlampung cenderung turun terus sehubungan panen cabai mulai berlangsung di sejumlah daerah di Provinsi Lampung.

Animals Indonesia: Hentikan Kekejaman Satwa di CFD

Lembaga sosial peduli satwa, Animals Indonesia meminta para penggemar satwa untuk menghentikan kekejaman terhadap satwa tersebut di ajang "car free day" (CDF) yang digelar pada setiap Minggu di kawasan Jalan Ijen Kota Malang, Jawa Timur.