Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Palangka Raya Juara Umum Festival Qasidah Kalteng

Kota Palangka Raya berhasil meraih juara umum dalam Festival Seni Qasidah III tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan.

Presiden Diminta Bebaskan 'MA'

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) meminta Presiden Joko Widodo agar bisa turun tangan dan membebaskan "MA" yang menjadi tersangka penghinaan presiden melali media sosial dari jeratan hukum.

Sambut Hari Jadi Sumenep, Mahasiswa Demo

Belasan aktivis Forum Komunikasi Mahasiswa Sumenep, Jumat, berdemonstrasi di depan kantor dinas pendidikan setempat guna menyambut hari jadi ke-745 kabupaten tersebut.

Unsur Pimpinan DPRD Polman Dilantik

Unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dilantik dalam rapat paripurna Paripurna Istimewa DPRD, Kamis.

Kenya Maksimalkan Langkah Hadapi Ebola

Kabinet Kenya pada Kamis (30/10) mengumumkan langkah terperinci sebagai bagian dari rencana tanggap darurat bagi kesiapan menghadapi Ebola guna memastikan negara di Afrika Timur itu terbebas dari penyakit tersebut.