Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Menko: BBM Subsidi Masih Sesuai Kuota

Menko Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi masih sesuai dengan kuota yang ditetapkan hingga November, meski demikian ia menekankan perlunya pemerintahan mendatang mengambil sejumlah langkah untuk menghadapi kelebihan konsumsi BBM bersubsidi.

Bupati Minta SKPD Buat Anggaran Prioritas

Bupati Kolaka Ahmad Safei meminta pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menyusun APBD tahun 2015 menetapkan anggaran yang lebih prioritas.

Menkes Prihatin Kanker Serang Anak-anak

Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi mengaku prihatin dengan banyaknya kasus kanker yang kini menimpa kalangan anak-anak.

Pengusaha Belum Terbebani Fluktuasi Rupiah

Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada Denni Puspa Purbasari menilai fluktuasi nilai tukar rupiah yang sempat menembus Rp12 ribu per dolar AS akhir pekan lalu, belum terlalu membebani pengusaha karena tingkat fluktuasinya tidak terlalu cepat dan besar.

23 Pembakar Lahan Ditangkap

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menangkap 23 pembakar lahan yang telah mengakibatkan kabut asap pekat di provinsi setempat.