Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Bayern Tutup Musim Dengan Kemenangan 2-0 Atas Mainz

Tim juara Bayern Munich mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntunnya di Liga Jerman dengan kemenangan 2-0 atas Mainz untuk menutup musim pada Sabtu, ketika Hamburg dan Stuttgart berhasil terhindar dari degradasi.

Sudin Jakpus : Petugas Pemadam Alami Patah Tulang

Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat menyatakan salah satu dari dua orang petugas pemadam yang cedera saat berusaha memadamkan kebakaran di daerah Senen, Jakarta, Sabtu, mengalami patah tulang.

Ketua FKUB NTT Meninggal Dunia

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Nusa Tenggara Timur RD Agustinus Raymon Parera,Pr (48), meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RS Carolus Boromeus, Belo, Kota Kupang, Jumat, dini hari.

Belum Mendaftar Ke OJK 3.000 Lkm Terancam

Batas waktu pendaftaran tinggal tujuh bulan lagi, namun belum satupun dari 3.

Mukomuko Terkendala Sarana Tertibkan Kendaraan Kelebihan Tonase

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, terkendala sarana berupa jembatan timbang untuk menertibkan kendaraan yang membawa muatan melebihi tonase di daerah itu.