Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Sumsel Tarik Minat Investor Asal Tiongkok

Pengusaha asal Tiongkok menyatakan tertarik berinvestasi di kawasan ekonomi khusus pelabuhan laut Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang disampaikan saat acara "Tiongkok Ekspo" di Kota Nanning beberapa waktu lalu.

Penerimaan PBB Pekanbaru Triwulan Iii Rp32,7 Miliar

Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mencatat realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga triwulan III tahun 2014 mencapai Rp32,7 miliar atau lebih besar dari target untuk periode itu sebesar Rp30 miliar.

APOEL Tahan Imbang Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam dan APOEL memainkan pertandingan menarik yang berakhir imbang 1-1 pada laga Liga Champions Selasa (Rabu WIB), namun kedua tim menyesali berbagai kesempatan yang dimiliki untuk mendulang tiga angka.

Mukomuko Beri Sapi Kurban Untuk Desa Miskin

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan bantuan sapi kurban untuk 15 desa dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di daerah itu.

Debit Air Bendungan Tilong Menyusut

Debit air Bendungan Tilong di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mengalami penurunan drastis hingga mencapai 10 juta meter kubik dari kapasitas tampung normal 17 juta meter kubik.