Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Buruh Rencanakan Mogok Nasional Akhir Oktober

buruhm kspi, said iqbal, uoah minimum, mogok nasional, oktober

Posted on 30 Sep 2013. Hits : 333

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan aksi mogok nasional oleh gabungan serikat buruh nasional dan daerah rencananya akan dilaksanakan akhir Oktober 2013 sebelum pemerintah mengumumkan penetapan upah minimum pada 1 November.

"Mogok nasional pasti dilaksanakan. Jumlahnya sekitar tiga juta orang di 200 Kabupaten-Kota. Kita akan tingkatkan dan di 20 provinsi. Mogok di pelabuhan seluruh Indonesia, bandara-bandara, kantor-kantor, pabrik-pabrik pasti akan terjadi," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal saat menghadiri Konsolidasi Nasional Aliansi Buruh se-Indonesia kepada Antara di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, sebanyak 50 elemen buruh nasional dan 100 elemen buruh daerah dari 18 provinsi, 100 kabupaten-kota, dan anggota pengupahan daerah dari 100 kabupaten kota dari 18 provinsi berkumpul dan menyatakan bersatu untuk berjuang merealisasikan kenaikan upah minimum 50 persen secara nasional dan Rp3,7 juta untuk DKI Jakarta di Gedung Joang, Jakarta pada hari Senin dalam Konsolidasi Nasional Aliansi Buruh se-Indonesia.

"Nah, ini adalah konsolidasi gerakan kita untuk mengingatkan pemerintah dan pengusaha untuk tidak memaksakan keluarnya Inpres tentang pengaturan upah minimum dan kembali kepada rezim upah murah yang hanya ingin menaikan sebesar inflasi," katanya.

Acara Konsolidasi ini juga menjadi deklarasi kaum buruh yang akan melakukan aksi mogok nasional berkenaan dengan tiga isu, yaitu menuntut kenaikan 50 persen atau 84 item KHL (Kebutuhan Hidup Layak), menjalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat pada 1 Januari 2014, bukan bertahap 1 Januari 2019 dengan jumlah PBI 156 juta orang, dan penghapusan sistem kerja outsourcing termasuk outsourcing BUMN.

Seusai rapat konsolidasi nasional, para buruh yang terdiri atas sekitar 1000 buruh juga melakukan aksi long march ke kantor Dinas Tenaga Kerja DKI, Kantor Gubernur DKI dan berakhir di bundaran HI untuk mendeklarasikan rencana waktu pelaksanaan mogok nasional. Ada pun rencana mogok nasional akan dilakukan selama empat hari dari 28 hingga 31 Oktober 2013.

Said Iqbal juga menjelaskan telah memerintahkan seluruh dewan pengupahan dari unsur buruh untuk walkout dari pertemuan dewan pengupahan nasional bila kenaikan upah minimun tahun depan tidak mencapai 50 persen nasional dan 3,7 juta untuk Jakarta. Dia juga memerintahkan setiap anggota dewan pengupahan dari unsur buruh untuk menyambangi pertemuan dewan pengupahan dengan jumlah massa 1000 orang.(ris/ant)

Wisma Atlit Bengkalis Miliaran Rupiah Tidak Terawat

Bangunan wisma atlet di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau senilai miliaran rupiah kini tidak terawat dengan baik bahkan banyak komponen bangunan tersebut seperti panel listrik dicuri serta bagian dari beberapabangunan tersebut banyak yang rusak.

Kawasan Pesisir Indonesia Punya Potensi Tinggi

Peneliti senior untuk kebijakan laut dan pesisir dari Duke University, Linwood Pendleton, mengatakan kawasan pesisir Indonesia mempunyai potensi tinggi sehingga perlu dijaga kelestariannya.

Pemprov Berharap Terminal Induk Segera Dimanfaatkan

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Arsyadi meminta agar dinas perhubungan dan terkait lainnya segera memanfaatkan terminal tipe A kilometer 17 Gambut karena seluruh sarana dan prasarana telah selesai dibangun.

Toba pulp Bina Petani Mengembangkan Usaha Lebah Madu

PT Toba Pulp Lestari, Tbk dan Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Aeknauli,sepakat meneruskan kerja sama pengembangan lebah madu masyarakat di kawasan Hutan Tanaman Industri Aeknauli dan Habinsaran serta menyusul di Tele, Sumatera Utara.

Unyil Versi Animasi Permainan Segera Rilis

Karakter 'Si Unyil' tidak akan berhenti pada versi boneka saja tetapi akan dikembangkan ke bentuk animasi tiga dimensi atau 3D, permainan dan bentuk lainnya setelah terjadi kesepakatan baru terkait pembagian royalti dengan penciptanya, Pak Raden.