Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BNPB: Banjir, Longsor dan Puting Beliung Mengepung

banjir, longsor, puting beliung

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 279

Seiring dengan meningkatnya curah hujan maka beriring pula merebaknya bencana banjir, longsor dan puting beliung di Indonesia, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

"Dalam kurun waktu empat hari terakhir yaitu sejak Sabtu (6/1) hingga Rabu (9/1) terdapat 52 kabupaten/kota di Indonesia yang terjadi banjir, longsor dan puting beliung," katanya di Jakarta Rabu. Menurut dia, data sementara mencatat, dari 52 kejadian tercatat 14 orang meninggal, 6 orang hilang, 8 luka-luka, 920 rumah rusak, dan ribuan rumah terendam banjir.

Banjir sangat dominan yang terjadi di 25 kabupaten/kota, sedangkan longsor di 15 dan puting beliung di 12 kabupaten/kota.

"Kejadian ini akan terus bertambah mengingat musim hujan masih berlangsung hingga akhir Maret 2013. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Januari adalah puncak kejadian bencana hidrometeorologi," katanya.

Ia mengatakan banyaknya kejadian bencana dalam 4 hari terakhir juga dipengaruhi oleh tumbuhnya siklon tropis Narelle di selatan Nusa Tenggara Barat sejak Jumat malam (8/1) hingga sekarang.

"BMKG menginformasikan bahwa siklon Narelle masih menguat bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Kondisi demikian menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang terjadi di di Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan bagian Tengah dan Selatan," katanya.

Sedangkan hujan, lanjut dia, dengan intensitas ringan hingga sedang di Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Jawa.

Ia mengungkapkan gelombang dengan ketinggian lebih dari 4 meter berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, Perairan Kep. Selayar, Laut Flores bagian tengah dan timur, Perairan Flores, Alor dan Perairan selatan Sulawesi Selatan.

Selain it di perairan selatan Bali, NTB, Perairan selatan P. Sumba, Laut Sawu, Perairan Kupang P. Rote, Samudera Hindia selatan NTB dan NTT.

Untuk mengatasi banjir, longsor dan puting beliung tersebut BNPB terus melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana.

Rencana kontijensi yang telah disusun diaktifkan menjadi rencana operasi pada daerah-daerah bencana dengan menyesuaikan dinamika di lapangan.

"Sejak akhir Desember 2012 hingga sekarang BNPB telah memberikan dana siap pakai Rp70,76 milyar ke 15 BPBD Provinsi dan 21 BPBD Kabupaten/Kota yang terjadi bencana. Anggaran di Pemda sebagian besar terbatas untuk penanganan bencana," katanya.

Terlebih lagi di bulan Januari seperti saat ini APBN/APBD belum cair sehingga menyebabkan kendala untuk kecepatan merespon bencana.

Untuk itulah dana siap pakai yang ada di BNPB didistribusikan ke BPBD untuk operasional penanganan darurat.

Selain itu juga, kata dia, bantuan logistik dan peralatan, berupa makanan siap saji, tenda, selimut, perahu karet dan sebagainya diberikan untuk penanganan darurat bencana.

"Tim Reaksi Cepat BNPB hadir di lokasi bencana untuk memberikan pendampingan kepada BPBD, baik pendampingan manajerial, logistik, peralatan, pendanaan dan administrasi," katanya.

Ia menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan.

"Potensi banjir, longsor, banjir bandang dan putting beliung masih berpotensi tinggi saat Januari ini," katanya. (ant/as)

Gubernur Bengkulu Buka Festival Tabot 2014

Gubernur Provinsi Bengkulu membuka pagelaran Festival Tabot 2014 di daerah itu yang diselenggarakan guna memperingati Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharam 1436 H.

Wali Kota Dan Wakilnya Bantah Pecah 'Kongsi'

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal membantah isu adanya keretakan (pecah kongsi) di antara keduanya.

Partisipasi Masyarakat Tentukan Masa Depan Terumbu Karang

Kepala Balai Taman Nasional Takabonerate, Jusman mengatakan, partisipasi masyarakat menentukan masa depan terumbu karang di negeri ini.

Bekasi Lakukan Efisiensi Listrik PJU

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai melakukan efisiensi listrik dalam penggunaan fasilitas penerangan jalan umum di wilayah setempat.

Khofifah Dikunjungi Guru Spiritualnya Jelang Pengumuman Kabinet

Khofifah Indar Parawansa yang disebut-sebut sebagai calon menteri dikunjungi salah satu guru spiritualnya Gus Edy Lukmanul Karim bin Abdullah Fattah menjelang pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.