Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKKBN Gelar Rakornas Bersama Ikatan Dokter dan Bidan

bkkbn, gelar rakorna, bahas pengendalian jumlah penduduk

Posted on 12 Apr 2013. Hits : 182

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) kemitraan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk menyukseskan program pengendalian jumlah penduduk.

"Rakornas ini diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan sehingga ada sinergi dalam menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan saat ini," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (12/4).

Sudibyo menjelaskan bahwa rakornas kemitraan yang dibuka oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tersebutmerupakan tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) program kependudukan dan keluarga berencana nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2013.

"Rakernas menghasilkan rumusan berbagai kebijakan dan strategi operasional tahun 2013, dan penjabaran operasionalisasinya akan dibahas pada Rakornas ini," katanya.
Dia menambahkan, saatini Indonesia masih menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Dari sisi kualitas, secara umum variabel yang di ukur adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Secara khusus saya soroti dari bidang kesehatan tampaknya ada kemajuan yang konsisten terutama angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI)," katanya.

Peran bidan, menurut dia, juga sangat signifikan dalam menurunkan AKI.

"Selain itu, pendidikan dan konselingKB yang dilakukan oleh dokter maupun bidan akan signifikan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berKB karena pada umumnya masyarakat pedesaan akan lebih percaya kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya," katanya.(ris/ant)

Situasi Buol Belum Pulih

Bupati Buol, Sulawesi Tengah Amiruddin Rauf mengatakan situasi keamanan di Kabupaten Buol hingga Sabtu malam pukul 21.

PPD Nabire Baru Rekap Suara Tingkat Distrik

Penyelenggara Pemilu Tingkat Distrik (PPD) di Kabupaten Nabire, Papua, baru merekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat distrik di daerah itu.

Tak Ada Jaminan Duet Jokowi-JK Harmonis

Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing berpendapat tak ada jaminan duet Joko Widodo (Jokowi)- Jusuf Kalla (JK) dapat berjalan harmonis selama lima tahun karena apabila keduanya terpilih untuk memimpin bangsa Indonesia.

Puluhan Ton Gula Rafinasi Beredar Di Bombana

Puluhan ton gula rafinasi beredar bebas di pasar-pasar tradisional di wilayah Poleang Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Komunitas B2W Indonesia Touring Mamuju-Makassar

Kominitas Bike to Work Indonesia (B2W Indonesia) kembali mempersiapkan diri untuk mengikuti touring perjalanan bersepeda dari kota Mamuju, Sulawesi Barat menuju kota Makassar, Sulawesi Selatan dari 21 hingga 30 April 2014.