Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKKBN Gelar Rakornas Bersama Ikatan Dokter dan Bidan

bkkbn, gelar rakorna, bahas pengendalian jumlah penduduk

Posted on 12 Apr 2013. Hits : 227

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) kemitraan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk menyukseskan program pengendalian jumlah penduduk.

"Rakornas ini diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan sehingga ada sinergi dalam menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan saat ini," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (12/4).

Sudibyo menjelaskan bahwa rakornas kemitraan yang dibuka oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tersebutmerupakan tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) program kependudukan dan keluarga berencana nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2013.

"Rakernas menghasilkan rumusan berbagai kebijakan dan strategi operasional tahun 2013, dan penjabaran operasionalisasinya akan dibahas pada Rakornas ini," katanya.
Dia menambahkan, saatini Indonesia masih menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Dari sisi kualitas, secara umum variabel yang di ukur adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Secara khusus saya soroti dari bidang kesehatan tampaknya ada kemajuan yang konsisten terutama angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI)," katanya.

Peran bidan, menurut dia, juga sangat signifikan dalam menurunkan AKI.

"Selain itu, pendidikan dan konselingKB yang dilakukan oleh dokter maupun bidan akan signifikan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berKB karena pada umumnya masyarakat pedesaan akan lebih percaya kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya," katanya.(ris/ant)

Pemprov Sulbar Anggarkan Jalan Provinsi Rp26 Miliar

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengalokasikan anggaran untuk membangun jalan provinsi pada sejumlah Kabupaten di Provinsi Sulbar sebesar Rp26 miliar pada 2014.

100 Pemuda Dunia Bertemu di Bali

Sebanyak 100 pemuda dari beragam latar belakang budaya dan agama di dunia bertemu dan berdiskusi untuk mempromosikan slogan kesatuan dalam keberagaman di Nusa Dua Bali, Kamis.

Pelaku Tender 'Event Organizer' Rontok

Pelaku tender untuk pengadaan "event organizer" sejumlah ajang kegiatan promosi dan festival di Pemprov Jabar banyak yang rontok sehingga gagal tender, kata Wakil Gubernur Jabar H Deddy Mizwar di Bandung, Kamis.

Kader PKK Diharapkan Mampu Berperan Dalam Pembangunan

Para kader PKK di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, diharapkan mampu berperan dalam berbagai kegiatan pembangunan daerah sehingga upaya mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera cepat terealisasi.

Pertumbuhan Kredit Optimis Tercapai

Otoritas Jasa Keuangan menyatakan pertumbuhan kredit industri perbankan nasional yang diarahkan 15-16 persen, dan juga penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 13-14 persen hingga akhir 2014 masih optimistis tercapai.