Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKKBN Gelar Rakornas Bersama Ikatan Dokter dan Bidan

bkkbn, gelar rakorna, bahas pengendalian jumlah penduduk

Posted on 12 Apr 2013. Hits : 227

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) kemitraan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk menyukseskan program pengendalian jumlah penduduk.

"Rakornas ini diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan sehingga ada sinergi dalam menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan saat ini," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (12/4).

Sudibyo menjelaskan bahwa rakornas kemitraan yang dibuka oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tersebutmerupakan tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) program kependudukan dan keluarga berencana nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2013.

"Rakernas menghasilkan rumusan berbagai kebijakan dan strategi operasional tahun 2013, dan penjabaran operasionalisasinya akan dibahas pada Rakornas ini," katanya.
Dia menambahkan, saatini Indonesia masih menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Dari sisi kualitas, secara umum variabel yang di ukur adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Secara khusus saya soroti dari bidang kesehatan tampaknya ada kemajuan yang konsisten terutama angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI)," katanya.

Peran bidan, menurut dia, juga sangat signifikan dalam menurunkan AKI.

"Selain itu, pendidikan dan konselingKB yang dilakukan oleh dokter maupun bidan akan signifikan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berKB karena pada umumnya masyarakat pedesaan akan lebih percaya kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya," katanya.(ris/ant)

Bojonegoro Optimistis Target DBH Migas Tercapai

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur optimistis target perolehan dana bagi hasil (DBH) migas yang ditetapkan di dalam APBN Perubahan 2015, sebesar Rp947 miliar, bisa tercapai, karena adanya peningkatan produksi minyak Blok Cepu.

Pemilik Ulayat Persilahkan SMAN Olahraga Kembali Beroperasi

Salah satu pemilik hak ulayat tanah di Bumi Perkemahan (Buper), Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Harly Ohee mengatakan, SMAN Khusus Olahraga (SMANKOR) Jayapura dipersilahkan kembali beroperasi karena blokade oleh pihak adat telah dibuka.

Lahan Pertanian Purwakarta Berkurang 75 Hektare/tahun

Areal pertanian di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berkurang sekitar 75 hektare setiap tahun akibat alih fungsi lahan ke nonpertanian.

Orang Tua Diminta Perhatikan Jam Belajar Siswa

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku mengimbau para orang tua untuk memperhatikan jam belajar anaknya, terutama yang akan mengikuti ujian nasional 13-15 April mendatang.

DTKP Bongkar Bangunan Liar Kawasan Pasar Gamalama

Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan membongkar paksa bangunan liar di kawasan Pasar Gamalama, karena tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta dianggap ilegal karena berada di atas lahan Pemerintah.