Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKKBN Gelar Rakornas Bersama Ikatan Dokter dan Bidan

bkkbn, gelar rakorna, bahas pengendalian jumlah penduduk

Posted on 12 Apr 2013. Hits : 217

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) kemitraan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk menyukseskan program pengendalian jumlah penduduk.

"Rakornas ini diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan sehingga ada sinergi dalam menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan saat ini," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (12/4).

Sudibyo menjelaskan bahwa rakornas kemitraan yang dibuka oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tersebutmerupakan tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) program kependudukan dan keluarga berencana nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2013.

"Rakernas menghasilkan rumusan berbagai kebijakan dan strategi operasional tahun 2013, dan penjabaran operasionalisasinya akan dibahas pada Rakornas ini," katanya.
Dia menambahkan, saatini Indonesia masih menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Dari sisi kualitas, secara umum variabel yang di ukur adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Secara khusus saya soroti dari bidang kesehatan tampaknya ada kemajuan yang konsisten terutama angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI)," katanya.

Peran bidan, menurut dia, juga sangat signifikan dalam menurunkan AKI.

"Selain itu, pendidikan dan konselingKB yang dilakukan oleh dokter maupun bidan akan signifikan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berKB karena pada umumnya masyarakat pedesaan akan lebih percaya kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya," katanya.(ris/ant)

Apindo : Omzet Industri Besar Dan Kecil Naik

Industri besar dan kecil meliputi sektor jasa hingga riil mengalami kenaikan omzet terkait dengan Lebaran 2014, kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah Frans Kongi.

Korban Luka Tembak Dievakuasi Ke Jayapura

Satu dari dua anggota Polri yang menjadi korban luka tembak, Selasa pagi, dievakuasi ke Jayapura dari Wamena, kata Kabid Dokkes Polda Papua Kombes dr.

Bali Usulkan Calon Menteri Untuk Jokowi

Bali Corruption Watch (BCW) mengusulkan beberapa nama untuk calon menteri di kabinet Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk periode 2014-2019.

Terminal Bus Palu Masih Sepi

Arus mudik dan balik kendaraan angkutan Lebaran di Kota Palu, Sulawesi Tengah, ke dan dari berbagai kota di dalam maupun luar kota lewat jalur darat di terminal belum terlihat pada hari kedua Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pelayanan Kesehatan Di Waykanan Lampung Tetap Berjalan

Unit Gawat Darurat Puskesmas di Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, tetap memberikan pelayanan kesehatan meskipun sedang libur cuti nasional Idul Fitri 1435 Hijriyah.