Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKKBN Gelar Rakornas Bersama Ikatan Dokter dan Bidan

bkkbn, gelar rakorna, bahas pengendalian jumlah penduduk

Posted on 12 Apr 2013. Hits : 227

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) kemitraan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk menyukseskan program pengendalian jumlah penduduk.

"Rakornas ini diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan sehingga ada sinergi dalam menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan saat ini," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (12/4).

Sudibyo menjelaskan bahwa rakornas kemitraan yang dibuka oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tersebutmerupakan tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) program kependudukan dan keluarga berencana nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2013.

"Rakernas menghasilkan rumusan berbagai kebijakan dan strategi operasional tahun 2013, dan penjabaran operasionalisasinya akan dibahas pada Rakornas ini," katanya.
Dia menambahkan, saatini Indonesia masih menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Dari sisi kualitas, secara umum variabel yang di ukur adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Secara khusus saya soroti dari bidang kesehatan tampaknya ada kemajuan yang konsisten terutama angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI)," katanya.

Peran bidan, menurut dia, juga sangat signifikan dalam menurunkan AKI.

"Selain itu, pendidikan dan konselingKB yang dilakukan oleh dokter maupun bidan akan signifikan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berKB karena pada umumnya masyarakat pedesaan akan lebih percaya kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya," katanya.(ris/ant)

DPRD Tindaklanjuti Aspirasi Buruh Di Sumsel

Komisi V DPRD Sumatera Selatan akan menindaklanjuti aspirasi para buruh yang disampaikan ke lembaga legislatif tersebut, terkait kesejahteraan para buruh di provinsi itu.

PKK Bogor Bentuk Komunitas Warga Tanpa Rokok

Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Jawa Barat membentuk Komunitas Warga Tanpa Rokok dalam rangka mendukung implementasi Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2009 tentang kawasan tanpa rokok (KTR) yang bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya merokok.

Disperindag Amankan Ratusan Miras Dari Swalayan Pekanbaru

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, berhasil menyita ratusan botol minuman keras mengandung alkohol kadar dibawah lima persen dari sebuah swalayan Giant karena tidak mengantongi izin Surat Keterangan Penjualan Akhir atau SKPA.

Belasan Anak Inhil Unjuk Keterampilan Di Pekanbaru

Sebanyak 18 anak dari Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, akan unjuk keterampilan dalam ajang perlombaan balas pantun, lomba fashion show baju melayu, lomba puisi dan pentas seni tari, di Kota Pekanbaru pada 30 April 2015.

Sekda Sumenep : Pencairan Dana Pilkada Tunggu NPHD

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Hadi Soetarto menyatakan pencairan dana pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat kepada para pihak terkait menunggu penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).