Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKKBN Gelar Rakornas Bersama Ikatan Dokter dan Bidan

bkkbn, gelar rakorna, bahas pengendalian jumlah penduduk

Posted on 12 Apr 2013. Hits : 185

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) kemitraan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk menyukseskan program pengendalian jumlah penduduk.

"Rakornas ini diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan sehingga ada sinergi dalam menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan saat ini," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (12/4).

Sudibyo menjelaskan bahwa rakornas kemitraan yang dibuka oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tersebutmerupakan tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) program kependudukan dan keluarga berencana nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2013.

"Rakernas menghasilkan rumusan berbagai kebijakan dan strategi operasional tahun 2013, dan penjabaran operasionalisasinya akan dibahas pada Rakornas ini," katanya.
Dia menambahkan, saatini Indonesia masih menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Dari sisi kualitas, secara umum variabel yang di ukur adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Secara khusus saya soroti dari bidang kesehatan tampaknya ada kemajuan yang konsisten terutama angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI)," katanya.

Peran bidan, menurut dia, juga sangat signifikan dalam menurunkan AKI.

"Selain itu, pendidikan dan konselingKB yang dilakukan oleh dokter maupun bidan akan signifikan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berKB karena pada umumnya masyarakat pedesaan akan lebih percaya kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya," katanya.(ris/ant)

Kalsel Berharap Ada Islah Kisruh Di PPP

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Rudy Ariffin berharap ada islah terhadap terjadinya kisruh di tubuh partai berlambang kabah tersebut baik yang ingin mengusulkan pergantian Ketua Umum PPP Surya Dharma Ali maupun pihak yang mempertahankan.

PLN Suluttenggo Targetkan Kondisi Listrik Normal

General Manager PT PLN Suluttenggo Santoso Januwarsono menargetkan, 20 Mei 2014 nanti listrik di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo akan kembali normal.

Tidak Ada Pungutan Dalam Penerimaan Polisi

Kapolda Jambi Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya menegaskan tidak ada pungutan alias gratis dalam proses penerimaan calon Brigadir Polri.

Israel Serang Gaza

Sebuah pesawat tempur Israel menyerang Jalur Gaza bagian utara, Rabu, mencederai enam orang, satu diantaranya dalam keadaan sangat serius, kata Hamas yang menguasai wilayah itu.

FTI UII Luncurkan Mobil Listrik 'Force Unisi'

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta meluncurkan mobil listrik 'Force Unisi' yang dilengkapi komponen instrumen digital untuk pengoperasiannya.