Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKKBN Gelar Rakornas Bersama Ikatan Dokter dan Bidan

bkkbn, gelar rakorna, bahas pengendalian jumlah penduduk

Posted on 12 Apr 2013. Hits : 227

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) kemitraan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk menyukseskan program pengendalian jumlah penduduk.

"Rakornas ini diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan sehingga ada sinergi dalam menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan saat ini," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (12/4).

Sudibyo menjelaskan bahwa rakornas kemitraan yang dibuka oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tersebutmerupakan tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) program kependudukan dan keluarga berencana nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2013.

"Rakernas menghasilkan rumusan berbagai kebijakan dan strategi operasional tahun 2013, dan penjabaran operasionalisasinya akan dibahas pada Rakornas ini," katanya.
Dia menambahkan, saatini Indonesia masih menghadapi permasalahan yang cukup kompleks terkait kondisi kependudukan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Dari sisi kualitas, secara umum variabel yang di ukur adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Secara khusus saya soroti dari bidang kesehatan tampaknya ada kemajuan yang konsisten terutama angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI)," katanya.

Peran bidan, menurut dia, juga sangat signifikan dalam menurunkan AKI.

"Selain itu, pendidikan dan konselingKB yang dilakukan oleh dokter maupun bidan akan signifikan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berKB karena pada umumnya masyarakat pedesaan akan lebih percaya kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya," katanya.(ris/ant)

Harga Gabah Di Pasuruan Di Bawah HPP

Harga jual gabah kering panen (GKP) di 22 kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, masih berada di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yaitu Rp3.

Pasuruan Kembangkan Prigen Untuk Wisata Unggulan

Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berencana mengembangkan Kecamatan Prigen untuk wisata unggulan karena memiliki kondisi geografis yang indah dan iklimnya sejuk.

Permasalahan Sosial Bendungan Kolhua Tanggung Jawab Pemda

Pejabat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengatakan, permasalahan sosial pembangunan bendungan Kolhua sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk menyelesaikannya.

RSUD Bekasi Dapat Pasien Gizi Buruk

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi, Jawa Barat, menangani seorang pasien gizi buruk bernama Moh Rizky Maulana (3 bulan) warga Kecamatan Rawalumbu.

Mahasiswa Darmajaya Luncurkan Novel E-book

Keberadaan media sosial membawa mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Widya Puspita Sari, mampu meraih mimpi menjadi seorang penulis novel.