Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bank Indonesia Beri Beasiswa Mahasiswa Kalbar

bank indonesia, beri beasiswa, mahasiswa, kalimantan barat

Posted on 16 Sep 2013. Hits : 208

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat memberi beasiswa kepada 80 mahasiswa dari Universitas Tanjungpura dan Institut Agama Islam Negeri Pontianak berupa biaya hidup sebesar Rp250 ribu per bulan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar Hilman Tisnawan di Pontianak, Senin, pemberian beasiswa itu merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi mempunyai prestasi.

"Selain bentuk kepedulian, juga untuk memotivasi mahasiswa agar menjadi suatu kebanggaan, dan belajar lebih giat lagi," ujar dia.

Ia melanjutkan, diharapkan pula mahasiswa mampu mengubah pola pikir dengan tidak selalu berorientasi untuk menjadi pegawai.

Namun, kata Hilman Tisnawan, mereka harus menjadi mahasiswa yang tidak membenani negara. "Di Bank Indonesia, didorong pendirian generasi baru Indonesia. Ini wadah agar mereka ikut mengembangkan diri dan menggelar berbagai kegiatan," ujarnya.

Pihak Bank Indonesia sendiri ikut mendukung misalnya untuk kewirausahaan yang berkaitan dengan menciptakan generasi baru Indonesia.

Secara keseluruhan, Bank Indonesia telah memberi bantuan beasiswa sejak tahun 2006 untuk 260 mahasiswa.

Rektor IAIN Pontianak Hamka Siregar mengatakan, beasiswa dari Bank Indonesia itu merupakan bentuk perhatian kepada dunia pendidikan. "Semoga program-program sejenis terus berjalan setiap tahun sehingga mahasiswa pun ikut merasakan komitmen pemerintah terhadap pembangunan sumber daya manusia, bukan sekedar fisik belaka," katanya menegaskan.

Sementara Purek III Universitas Tanjungpura Pontianak, Waskita menuturkan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa. Ia selama kuliah harus bekerja keras agar dapat bertahan hidup saat hidup sendiri di Pontianak tanpa sanak saudara.

"Termasuk menjadi wiraswasta. Menjadi wiraswasta itu nikmat, menjadi bos bagi diri sendiri," kata Waskita.(ris/ant)

PM Italia Tegaskan Uni Eropa Dukung Kurdistan

Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, Rabu, menunjuk kesepakatan dan kemauan kuat Uni Eropa (UE) memberikan bantuan militer dan kemanusiaan bagi Kurdistan Irak.

Kasus Kematian Tahan Orang Kedua

Orang kedua telah ditahan, Rabu terkait kematian seorang Sikh warga Afganistan di dalam peti kemas serta temuan 34 orang lainnya di dalam peti kemas tanpa udara yang dikirim dengan kapal, kata polisi.

LP2SI Pamekasan Minta Pemerintah Gencarkan Sosialisasi Nkri

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI) Pamekasan, Jawa Timur, meminta pemerintah kembali menggencarkan sosialisasi tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebagai upaya untuk menanamkan pemahaman bentuk negara bangsa ini sudah final.

Tersangka Teroris Terlibat Penculikan di Filipina

Pasukan keamanan Filipina, Rabu, menangkap anggota kelompok teror Abu Sayyaf, yang terlibat dalam serangkaian penculikan di daerah dermaga di kota Zamboanga, kata militer.

Brazil Umumkan Stimulus Kredit Baru 4,5 Dolar AS

Bank sentral Brazil, Rabu, mengatakan pihaknya akan memperlonggar persyaratan cadangan bank untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari satu bulan, membebaskan hingga 4,5 miliar dolar AS untuk merangsang pinjaman dan meningkatkan ekonomi yang lamban.