Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

383 Calon Haji DIY Tunda Keberangkatan

383, calon haji, keberangkatan, tunda

Posted on 04 Jul 2013. Hits : 327

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan sebanyak 383 calon haji 2013 dari provinsi ini akan mengalami penundaan keberangkatan ke Tanah Suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nuruddin di Yogyakarta, Kamis, mengatakan penundaan tersebut berdasarkan permintaan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan renovasi Masjidil Haram.

"Pemerintah Arab Saudi meminta seluruh negara di dunia untuk memotong kuota calon haji tahun ini sebanyak 20 persen, yang kemudian diberangkatkan pada tahun depan," katanya.

Nuruddin mengatakan kuota calhaj untuk DIY sebelumnya telah ditentukan sebanyak 3.068 orang.

Sementara itu, yang telah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sebanyak 2.838 orang. Sehingga dengan pemotongan kuota 20 persen, pemberangkatan hanya untuk 2.455 orang.

"Dengan pemotongan kuota 20 persen, maka sebanyak 383 calon haji berstatus lunas tunda, dan akan diberangkatkan pada 2014," katanya.

Namun demikian, kata dia, terkait nama-nama yang akan dikenai penundaan hingga saat ini belum ditentukan.

Penentuan nama yang akan ditunda keberangkatannya, menurut dia masih menunggu keputusan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI.

"Angkanya memang sudah jelas. Namun, siapa yang akan mengalami penundaan, kami belum tahu. Diperkirakan sudah ada keputusan dari Dirjen pada pekan depan," katanya.

Terkait penundaan tersebut, ia mengimbau kepada calhaj yang nantinya akan ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci agar siap dan menerima keputusan itu.

Sebab, kata dia, penundaan tersebut juga terkait dengan kenyamanan calhaj dalam melaksanakan ibadah haji.

"Saya minta bagi yang nanti pemberangkatannya ditunda tahun 2014, agar mengikhlaskan dan bersabar. Misalkan pada 2014 ada kenaikan BPIH, mereka tidak akan dikenai biaya tambahan," katanya.

Besaran BPIH 2013 sesuai Peraturan Presiden telah ditentukan sebesar 3.542 dolar AS.

Jumlah tersebut menurun dari BPIH 2012 yang masih sebesar 3.617 dolar AS.(ris/ant)

Apindo : Omzet Industri Besar Dan Kecil Naik

Industri besar dan kecil meliputi sektor jasa hingga riil mengalami kenaikan omzet terkait dengan Lebaran 2014, kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah Frans Kongi.

Korban Luka Tembak Dievakuasi Ke Jayapura

Satu dari dua anggota Polri yang menjadi korban luka tembak, Selasa pagi, dievakuasi ke Jayapura dari Wamena, kata Kabid Dokkes Polda Papua Kombes dr.

Bali Usulkan Calon Menteri Untuk Jokowi

Bali Corruption Watch (BCW) mengusulkan beberapa nama untuk calon menteri di kabinet Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk periode 2014-2019.

Terminal Bus Palu Masih Sepi

Arus mudik dan balik kendaraan angkutan Lebaran di Kota Palu, Sulawesi Tengah, ke dan dari berbagai kota di dalam maupun luar kota lewat jalur darat di terminal belum terlihat pada hari kedua Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pelayanan Kesehatan Di Waykanan Lampung Tetap Berjalan

Unit Gawat Darurat Puskesmas di Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, tetap memberikan pelayanan kesehatan meskipun sedang libur cuti nasional Idul Fitri 1435 Hijriyah.