Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

383 Calon Haji DIY Tunda Keberangkatan

383, calon haji, keberangkatan, tunda

Posted on 04 Jul 2013. Hits : 335

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan sebanyak 383 calon haji 2013 dari provinsi ini akan mengalami penundaan keberangkatan ke Tanah Suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nuruddin di Yogyakarta, Kamis, mengatakan penundaan tersebut berdasarkan permintaan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan renovasi Masjidil Haram.

"Pemerintah Arab Saudi meminta seluruh negara di dunia untuk memotong kuota calon haji tahun ini sebanyak 20 persen, yang kemudian diberangkatkan pada tahun depan," katanya.

Nuruddin mengatakan kuota calhaj untuk DIY sebelumnya telah ditentukan sebanyak 3.068 orang.

Sementara itu, yang telah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sebanyak 2.838 orang. Sehingga dengan pemotongan kuota 20 persen, pemberangkatan hanya untuk 2.455 orang.

"Dengan pemotongan kuota 20 persen, maka sebanyak 383 calon haji berstatus lunas tunda, dan akan diberangkatkan pada 2014," katanya.

Namun demikian, kata dia, terkait nama-nama yang akan dikenai penundaan hingga saat ini belum ditentukan.

Penentuan nama yang akan ditunda keberangkatannya, menurut dia masih menunggu keputusan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI.

"Angkanya memang sudah jelas. Namun, siapa yang akan mengalami penundaan, kami belum tahu. Diperkirakan sudah ada keputusan dari Dirjen pada pekan depan," katanya.

Terkait penundaan tersebut, ia mengimbau kepada calhaj yang nantinya akan ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci agar siap dan menerima keputusan itu.

Sebab, kata dia, penundaan tersebut juga terkait dengan kenyamanan calhaj dalam melaksanakan ibadah haji.

"Saya minta bagi yang nanti pemberangkatannya ditunda tahun 2014, agar mengikhlaskan dan bersabar. Misalkan pada 2014 ada kenaikan BPIH, mereka tidak akan dikenai biaya tambahan," katanya.

Besaran BPIH 2013 sesuai Peraturan Presiden telah ditentukan sebesar 3.542 dolar AS.

Jumlah tersebut menurun dari BPIH 2012 yang masih sebesar 3.617 dolar AS.(ris/ant)

PNS Konawe Selatan Ikuti Rakor Gubernur Sultra

Sebanyak 1.500 pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mengikuti rapat koordinasi (rakor) antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi yang dipimpin Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, Selasa.

Masyarakat Desa Jembrana Belum Tahu Pilkada

Sebagian warga pedesaan di Kabupaten Jembrana, Bali, belum tahu jika daerah tersebut akan menyelenggarakan Pilkada tahun ini.

KRI Teluk Bintuni Dilepas Sekda Menuju Siau

Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Bintuni 520 yang membawa282 pemuda dan pemudi dari 34 provinsi di Indonesia, dilepas Sekretaris Daerah Kotabaru H Suriansyah dari Pelabuhan Kotabaru untuk melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Siau, Sulawesi Utara.

Bupati Kotim Raih JKN Award

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah H Supian Hadi kembali menerima penghargaan jaminan kesehatan nasional Award sebagai daerah yang mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Belasan Bus Terbakar di 'Pool' Rawabuaya

Sebanyak 19 bus Transjakarta yang terbakar di tempat pemarkiran bus atau "Pool" Transjakarta di Rawabuaya, Jakarta Barat, Selasa malam.