Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

383 Calon Haji DIY Tunda Keberangkatan

383, calon haji, keberangkatan, tunda

Posted on 04 Jul 2013. Hits : 335

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan sebanyak 383 calon haji 2013 dari provinsi ini akan mengalami penundaan keberangkatan ke Tanah Suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nuruddin di Yogyakarta, Kamis, mengatakan penundaan tersebut berdasarkan permintaan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan renovasi Masjidil Haram.

"Pemerintah Arab Saudi meminta seluruh negara di dunia untuk memotong kuota calon haji tahun ini sebanyak 20 persen, yang kemudian diberangkatkan pada tahun depan," katanya.

Nuruddin mengatakan kuota calhaj untuk DIY sebelumnya telah ditentukan sebanyak 3.068 orang.

Sementara itu, yang telah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sebanyak 2.838 orang. Sehingga dengan pemotongan kuota 20 persen, pemberangkatan hanya untuk 2.455 orang.

"Dengan pemotongan kuota 20 persen, maka sebanyak 383 calon haji berstatus lunas tunda, dan akan diberangkatkan pada 2014," katanya.

Namun demikian, kata dia, terkait nama-nama yang akan dikenai penundaan hingga saat ini belum ditentukan.

Penentuan nama yang akan ditunda keberangkatannya, menurut dia masih menunggu keputusan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI.

"Angkanya memang sudah jelas. Namun, siapa yang akan mengalami penundaan, kami belum tahu. Diperkirakan sudah ada keputusan dari Dirjen pada pekan depan," katanya.

Terkait penundaan tersebut, ia mengimbau kepada calhaj yang nantinya akan ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci agar siap dan menerima keputusan itu.

Sebab, kata dia, penundaan tersebut juga terkait dengan kenyamanan calhaj dalam melaksanakan ibadah haji.

"Saya minta bagi yang nanti pemberangkatannya ditunda tahun 2014, agar mengikhlaskan dan bersabar. Misalkan pada 2014 ada kenaikan BPIH, mereka tidak akan dikenai biaya tambahan," katanya.

Besaran BPIH 2013 sesuai Peraturan Presiden telah ditentukan sebesar 3.542 dolar AS.

Jumlah tersebut menurun dari BPIH 2012 yang masih sebesar 3.617 dolar AS.(ris/ant)

Kadis PU Kalteng Serahkan Pohon ke Kampung Asri

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Tengah Leonard S Ampung menyerah ratusan pohon dan tong sampah sebagai upaya mewujudkan percontohan kampung asri yang digagas Betang Jurnalis Bahijau.

BUMN Kembangkan Kawasan Terpadu

Pemerintah siap mengembangkan kawasan industri terpadu di Lampung yang direalisasikan dengan mengoptimalisasi aset BUMN.

Bengkalis Bakal Dijadikan Kota Pendidikan

Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berkomitmen menjadikan kabupaten berjuluk "Negeri Junjungan" tersebut sebagai pusat pendidikan nasional di kawasan Sumatera, "Bengkalis merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Riau yang saat ini memiliki tiga perguruan tinggi negeri, bahkan jumlah lebih banyak dari jumlah PTN yang ada di Ibu Kota Provinsi Riau," kata Bupati Bengkalis, Herlian Saleh, Minggu.

Semarang Ajukan Raperda

Pemerintah Kota Semarang mengajukan tiga rancangan peraturan daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

Harga Karet Mulai Menguat

Harga karet di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir mulai merangkak naik dari Rp4.