Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

383 Calon Haji DIY Tunda Keberangkatan

383, calon haji, keberangkatan, tunda

Posted on 04 Jul 2013. Hits : 335

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan sebanyak 383 calon haji 2013 dari provinsi ini akan mengalami penundaan keberangkatan ke Tanah Suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nuruddin di Yogyakarta, Kamis, mengatakan penundaan tersebut berdasarkan permintaan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan renovasi Masjidil Haram.

"Pemerintah Arab Saudi meminta seluruh negara di dunia untuk memotong kuota calon haji tahun ini sebanyak 20 persen, yang kemudian diberangkatkan pada tahun depan," katanya.

Nuruddin mengatakan kuota calhaj untuk DIY sebelumnya telah ditentukan sebanyak 3.068 orang.

Sementara itu, yang telah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sebanyak 2.838 orang. Sehingga dengan pemotongan kuota 20 persen, pemberangkatan hanya untuk 2.455 orang.

"Dengan pemotongan kuota 20 persen, maka sebanyak 383 calon haji berstatus lunas tunda, dan akan diberangkatkan pada 2014," katanya.

Namun demikian, kata dia, terkait nama-nama yang akan dikenai penundaan hingga saat ini belum ditentukan.

Penentuan nama yang akan ditunda keberangkatannya, menurut dia masih menunggu keputusan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI.

"Angkanya memang sudah jelas. Namun, siapa yang akan mengalami penundaan, kami belum tahu. Diperkirakan sudah ada keputusan dari Dirjen pada pekan depan," katanya.

Terkait penundaan tersebut, ia mengimbau kepada calhaj yang nantinya akan ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci agar siap dan menerima keputusan itu.

Sebab, kata dia, penundaan tersebut juga terkait dengan kenyamanan calhaj dalam melaksanakan ibadah haji.

"Saya minta bagi yang nanti pemberangkatannya ditunda tahun 2014, agar mengikhlaskan dan bersabar. Misalkan pada 2014 ada kenaikan BPIH, mereka tidak akan dikenai biaya tambahan," katanya.

Besaran BPIH 2013 sesuai Peraturan Presiden telah ditentukan sebesar 3.542 dolar AS.

Jumlah tersebut menurun dari BPIH 2012 yang masih sebesar 3.617 dolar AS.(ris/ant)

Bolt Menangi 200 Meter, Powell Sukses 100 Meter di Ostrava

Usain Bolt memenangi nomor 200 meter dalam catatan waktu terbaik musim ini 20,13 detik dalam kompetisi yang diwarnai hujan dan udara dingin di pertemuan Ostrava Golden Spike pada Selasa waktu setempat.

Perhotelan DIY Akan Sediakan Paket Wisata Ramadhan

Perhotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masuk dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyediakan paket wisata religi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta selama Ramadhan.

Investor Perkebunan Tebu Terhambat Pembebasan Lahan

Sejumlah investor yang berniat mengembangkan perkebunan tebu dan mendirikan industri gula di Sulawesi Tenggara masih terhambat pembebasan lahan untuk lokasi bisnis mereka.

Ribuan Guru Batam Belum Kantongi Sertifikat Mengajar

Sekitar 1.500 guru di Kota Batam, Kepulauan Riau, belum mengantongi sertifikat mengajar sebagai syarat untuk menjadi pendidik sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Harga Minyak Dunia Jatuh Tertekan Penguatan Dolar

Harga minyak dunia jatuh pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena sebagian besar pedagang mengambil isyarat mereka dari dolar AS yang berbalik menguat dan produksi minyak yang tetap tinggi, kata para dealer.