Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rusia Bahas Keterlibatan Iran Dalam Konflik Suriah

rusia, bahas, keterlibatan, suriah

Posted on 20 May 2013. Hits : 289

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov Ahad mengungkapkan bahwa ia telah membahas kemungkinan keterlibatan Iran dalam satu konferensi untuk menyelesaikan perang di Suriah, ketika ia bertemu dengan timpalannya Menlu Amerika Serikat John Kerry awal Mei. Rusia dan Amerika sepakati selama kunjungan Kerry ke Moskow untuk menyelenggarakan satu konferensi para pemain internasional untuk mengakhiri perang di Suriah.

Moskow ingin melibatkan semua bangsa yang mengambil bagian dalam konferensi Jenewa mengenai Suriah pada musim panas lalu, dan mengatakan tanpa partisipasi Iran konferensi itu tidak dapat berhasil.

Arab Saudi dan Iran tidak terlibat dalam pembicaraan Jenewa, kata Lavrov.

"Mitra Amerika kami memblokir Iran, dan Saudi tidak diundang sebagai kompensasi untuk tidak adanya Iran," kata Lavrov dalam satu wawancara dengan Rossiiskaya Gazeta yang akan diterbitkan Senin.

"Jika kita mengakui bahwa Iran memiliki pengaruh yang sangat kuat pada apa yang sedang terjadi, maka wajib untuk diwakili dalam negosiasi sebagai peserta dalam "kalangan eksternal [negara tetangga]", kata Lavrov.

"Saya mengatakan hal ini kepada John Kerry. Dia tampaknya setuju dengan hal ini, tetapi mengatakan bahwa sejumlah negara di kawasan tersebut berkategoris menentang ini." Semua kelompok oposisi Suriah harus terwakili dalam pembicaraan, kata Lavrov, termasuk yang berjuang untuk pembagian Suriah.

Lavrov juga mengatakan durasi konferensi tidak harus dibatasi.

"Beberapa mitra kami berpikir beberapa hari atau beberapa pekan yang cukup lama. Saya menganggap hal ini kontraproduktif," katanya. (bn/ant)

Ribuan RTS Gunung Kidul Belum Cairkan PSKS

Ribuan rumah tangga sasaran di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum mengambil bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera ke Kantor Pos Wonosari.

Pemekaran Desa Hendaknya Terus Dilakukan Di Sulbar

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) asal Provinsi Sulawesi Barat, Asri Anas mengatakan, pemekaran desa hendaknya tetap terus dilakukan di Provinsi Sulbar.

Jordania-UAE Akan Terus Perangi Aksi Teror

Jordania dan Uni Emirat Arab (UAE) menyatakan kedua negara itu sepakat mengenai perlunya memerangi aksi dan kelompok teror, demikian laporan kantor berita resmi Jordania, Petra.

Garuda Segera Buka Penerbangan Langsung Manado-Denpasar

General Manager Garuda Indonesia Cabang Manado Dedy Irawan mengatakan, Garuda akan membuka penerbangan langsung dari Manado menuju Denpasar pada tahun 2015.

Polisi Mesir Bunuh Lima Pejuang Jihad

Lima anggota kelompok gerilyawan mematikan Mesir, Ansar Beit al-Maqdis, Minggu tewas dalam bentrokan dengan polisi, kata kementerian dalam negeri.