Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menlu: Prancis Beri Oposisi Suriah Kit Anti-Gas Sarin

oposisi suriah, kit pengobatan, efek gas saraf sarin, laurent fabius

Posted on 23 Jun 2013. Hits : 194

Prancis telah memberikan oposisi Suriah dengan kit pengobatan terhadap efek gas saraf sarin mematikan, kata Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius kepada wartawan di Doha, Sabtu.

Prancis telah mengirimkan 'pengobatan yang dapat melindungi seribu orang,' kata Fabius setelah pertemuan 'Sahabat Suriah' di Qatar.

'Ini mengatakan banyak tentang kerusakanyang telah disebabkan (Presiden Suriah) Bashar al-Assadkepada rakyat,' kata Fabius.

Sarin, gas saraf mematikan yang Amerika Serikatkatakan bahwa rezim Suriah telah gunakan untuk melawan pasukan pemberontak, dikembangkan oleh para ilmuwan Nazi pada tahun 1938.

Awalnya dipahami sebagai pestisida, sarin digunakan oleh rezim diktator Irak Saddam Husseinkepada ribuan warga Kurdi di sebelah utara kota Halabja pada tahun 1988.

Awal bulan ini Fabius mengatakan bahwa para ahli telah membawa sampel yang dianalisis kembali dari Suriah dan menyimpulkan bahwa agen saraf yang mematikan telah digunakan beberapa kali. Inggris telah menggemakan sambutannya.

PertemuanSabtukelompok 'Sahabat Suriah' setuju untuk menawarkan bantuan militer kepada pemberontak di negara yang sedang dilanda perang itu, saat loyalis membuat keuntungan nyata di medan perang.

Para menteri dari Inggris, Mesir, Prancis, Jerman, Italia, Yordania, Qatar, Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat menghadiri pembicaraan.(ant/rd)

Prancis Sediakan 100 Juta Euro Guna Perangi Rasisme

Pemerintah Prancis pada Jumat (17/4) mengungkapkan rencana aksi tiga tahap dengan nilai 100 juta euro (108 juta dolar AS) untuk membantu memerangi anti-Semitisme dan rasisme 'yang tak terperikan'.

WCS Targetkan Pencadangan 150.000 Hektare Kawasan Konservasi

Wildlife Conservation Society (WCS) wilayah Nusa Tenggara Barat menargetkan pencadangan kawasan seluas 150 ribu hektare untuk menambah luasan kawasan konservasi perairan di daerah itu.

Bupati Gorontalo Utara Imbau Warga Tanam Pohon

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, mengimbau masyarakat untuk giat dan rajin menanam pohon, guna menjaga kelangsungan hidup lingkungan alam.

Konjen Jepang Siap Datangkan Investor Ke Medan

Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang untuk Kota Medan yang baru Mr.

Dinas Pendidikan Pamekasan Raih Juara Terbanyak 2013-2015

Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, menjadi institusi yang terbanyak meraih juara berbagai jenis lomba yang diikuti di lingkungan pemkab setempat dalam dua tahun terakhir.