Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menlu: Prancis Beri Oposisi Suriah Kit Anti-Gas Sarin

oposisi suriah, kit pengobatan, efek gas saraf sarin, laurent fabius

Posted on 23 Jun 2013. Hits : 194

Prancis telah memberikan oposisi Suriah dengan kit pengobatan terhadap efek gas saraf sarin mematikan, kata Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius kepada wartawan di Doha, Sabtu.

Prancis telah mengirimkan 'pengobatan yang dapat melindungi seribu orang,' kata Fabius setelah pertemuan 'Sahabat Suriah' di Qatar.

'Ini mengatakan banyak tentang kerusakanyang telah disebabkan (Presiden Suriah) Bashar al-Assadkepada rakyat,' kata Fabius.

Sarin, gas saraf mematikan yang Amerika Serikatkatakan bahwa rezim Suriah telah gunakan untuk melawan pasukan pemberontak, dikembangkan oleh para ilmuwan Nazi pada tahun 1938.

Awalnya dipahami sebagai pestisida, sarin digunakan oleh rezim diktator Irak Saddam Husseinkepada ribuan warga Kurdi di sebelah utara kota Halabja pada tahun 1988.

Awal bulan ini Fabius mengatakan bahwa para ahli telah membawa sampel yang dianalisis kembali dari Suriah dan menyimpulkan bahwa agen saraf yang mematikan telah digunakan beberapa kali. Inggris telah menggemakan sambutannya.

PertemuanSabtukelompok 'Sahabat Suriah' setuju untuk menawarkan bantuan militer kepada pemberontak di negara yang sedang dilanda perang itu, saat loyalis membuat keuntungan nyata di medan perang.

Para menteri dari Inggris, Mesir, Prancis, Jerman, Italia, Yordania, Qatar, Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat menghadiri pembicaraan.(ant/rd)

30 Juta Dolar Disiapkan Bagi Yang Beri Informasi Soal MH 17

Sebuah agen penyelidik swasta Jerman akan memberikan ganjaran sebanyak 30 juta dolar AS (Rp323 miliar) kepada pihak-pihak yang bisa memberikan informasi mengenai dalang yang menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines (MAS) penerbangan MH17 di timur Ukraina.

Aerotropolis Kualanamu Sumut Akan Jadi Percontohan Indonesia

Pemerintah akan menjadikan konsep atau mode aerotropolis Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara sebagai percontohandan sekaligus untuk meningkatkan daya saing provinsi bahkan Indonesia.

Penjaga Keamanan Estonia Bunuh Diri

Seorang pemuda penjaga keamanan Estonia melakukan bunuh diri ketika bertugas pada Kamis (18/9) di dalam Gedung Kementerian Pertahanan Estonia di Tallinn.

Petani Banten Dimintan Ubah Pola Tanam

Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten meminta petani mengubah pola tanam sehubungan dengan musim kemarau yang mengakibatkan ribuan hektare sawah kekeringan.

Rasio Kelistrikan Sutra Capai 69,53 Persen

Rasio elektrifikasi listrik di Sulawesi Tenggara hingga tahun 2013 mencapai 69,53 persen dari total desa dan kelurahan seluruhnya 2.