Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menlu: Prancis Beri Oposisi Suriah Kit Anti-Gas Sarin

oposisi suriah, kit pengobatan, efek gas saraf sarin, laurent fabius

Posted on 23 Jun 2013. Hits : 194

Prancis telah memberikan oposisi Suriah dengan kit pengobatan terhadap efek gas saraf sarin mematikan, kata Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius kepada wartawan di Doha, Sabtu.

Prancis telah mengirimkan 'pengobatan yang dapat melindungi seribu orang,' kata Fabius setelah pertemuan 'Sahabat Suriah' di Qatar.

'Ini mengatakan banyak tentang kerusakanyang telah disebabkan (Presiden Suriah) Bashar al-Assadkepada rakyat,' kata Fabius.

Sarin, gas saraf mematikan yang Amerika Serikatkatakan bahwa rezim Suriah telah gunakan untuk melawan pasukan pemberontak, dikembangkan oleh para ilmuwan Nazi pada tahun 1938.

Awalnya dipahami sebagai pestisida, sarin digunakan oleh rezim diktator Irak Saddam Husseinkepada ribuan warga Kurdi di sebelah utara kota Halabja pada tahun 1988.

Awal bulan ini Fabius mengatakan bahwa para ahli telah membawa sampel yang dianalisis kembali dari Suriah dan menyimpulkan bahwa agen saraf yang mematikan telah digunakan beberapa kali. Inggris telah menggemakan sambutannya.

PertemuanSabtukelompok 'Sahabat Suriah' setuju untuk menawarkan bantuan militer kepada pemberontak di negara yang sedang dilanda perang itu, saat loyalis membuat keuntungan nyata di medan perang.

Para menteri dari Inggris, Mesir, Prancis, Jerman, Italia, Yordania, Qatar, Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat menghadiri pembicaraan.(ant/rd)

Honda Minta Maaf Pada Stoner Atas Insiden Suzuka

Honda Racing telah meminta maaf kepada pebalap Australia Casey Stoner atas kerusakan katup sehingga mengakibatkan kecelakaan di ajang ketahanan "Suzuka 8 Jam" pada akhir pekan lalu dan mengakibatkan mantan juara dunia MotoGP itu menderita beberapa patah tulang.

Menu Kepah Khas Rupat Utara Semakin Diminati

Menu masakan dari kepah atau siput gayam merupakan sejenis kerang-kerangan air asin yang mudah didapat di Pantai Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengklais, Riau semakin diminati.

Dekranasda Samarinda Perkenalkan Batik Bermotif Ikan Pesut

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan memperkenalkan batik bermotif Ikan Pesut pada pameran Hari Koperasi ke-68 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang rencananya dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Panwas Pilkada Supiori Melapor Ke Bawaslu

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwas Pilkada) Kabupaten Supiori, melapor ke Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia di Jakarta dan Bawaslu Provinsi Papua terkait dengan ketiadaan pengalokasian dana hibah pilkada serentak.