Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 246

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

Warga Penggugusuran Taman Tebet Tak Miliki KK

Warga yang terkena penertiban pemukiman liar di Taman Honda kawasan Tebet Timur, Jakarta Selatan, kebanyakan adalah pemulung yang tidak memiliki kartu keluarga, kata Kepala Seksi Pertamanan Kecamatan Tebet Amir Syah, di Jakarta, Kamis.

Arsenal Andalkan Kiper Ketiga Martinez Saat Hadapi Anderlecht

Pelatih Arsenal Arsene Wenger, pada ulang tahunnya yang ke-65, terpaksa memberi kesempatan bermain sejak awal kepada kiper ketiga Emilio Martinez untuk pertandingan Grup D Liga Champions pada Rabu, saat mereka melawan Anderlecht di Brussel.

Burundi Kirim Staf Medis Perangi Ebola

Burundi akan mengirim satu tim medis untuk membantu mengendalikan virus Ebola di Liberia, Sierra Leone dan Guinea.

Penundaan Jajaran Kabinet Belum Berdampak ke Pasar

Pengamat ekonomi makro dari Universitas Widya Mandira Kupang Dr Thomas Ola Langoday mengatakan penundaan pengumuman struktur kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak serta-merta membuat pelaku pasar gusar.

Kalbar Bangun Embarkasi Haji Internasional

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana membangun Embarkasi Haji bertaraf internasional untuk melayani dan memudahkan keberangkatan jamaah haji dari provinsi itu.