Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 246

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

Penderita Penyakit TB Di Sumut Masih Tinggi

Penderita penyakit TB atau 'tuberculosis' di Sumatera Utara dinilai tinggi di tengah status Indonesia yang masih masuk sebagai negara terbesar di dunia dengan masyarakat penyandang penyakit itu.

Tiga Sumur Geotermal Di Kerinci Uji Produksi

Tiga sumur panas bumi atau geotermal di Desa Lempur, Kabupaten Kerinci, Jambi, tengah diuji produksi oleh PT Pertamina Energi Geothermal (PGE) yang melakukan eksplorasi.

Pemkab Diminta Bangun 'Showroom' Produk Lokal

DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendesak pemerintah setempat membangun 'showroom' produk lokal untuk memfasilitasi pelaku usaha industri kecil menengah dalam memasarkan produknya.

Legislator : Pemprov Jabar Harus Kembangkan Sistem Hidroponik

Anggota DPRD Jawa Barat Sunatra menyatakan Pemerintah Provinsi Jabar harus mulai mengembangkan program sistem tanaman hidroponik kepada masyarakat agar dapat memiliki penghasilan dan menjaga kebutuhan pangan masyarakat.

Sulteng Siapkan Lima Atlet Hadapi Pra-PON

Pengurus Provinsi Persaudaran Olahraga Kempo Indonesia Sulawesi Tengah menyiapkan lima atlet menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung, Jawa Barat, 1-4 Oktober 2015.