Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 245

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

Sumut Siapkan Bansos Untuk BPJS Pekerja Informal

Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho mengaku punya wacana mengalokasikan dana bantuan sosial untuk memasukkan pekerja informal dalam program Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan.

Obama Puji Pemusnahan Senjata Kimia Suriah Dan Berkomitmen Untuk Waspada

Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Senin, memuji selesainya pemusnahan persediaan senjata kimia Suriah, namun mengatakan bahwa Washington akan terus memastikan agar Damaskus memenuhi semua komitmennya.

Wagub Harapkan Warga Arif Sikapi Putusan MK

Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengharapkan masyarakatnya arif dalam menyikapi apapun putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perkara perselisihan hasil pemilu presiden 2014.

Menkeu : Alokasi Dana Desa Ideal Rp64 Triliun

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, alokasi dana desa yang ideal diberikan untuk pembangunan desa adalah sebesar 10 persen dari dana transfer ke daerah yang dialokasikan dalam RAPBN 2015, yaitu Rp64 triliun.

Menko: Karen Mundur Bukan Karena Alasan Politis

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung memastikan pengunduran diri Karen Agustiawan dari jabatan Direktur Utama PT Pertamina bukan karena alasan politis maupun tekanan dari pemerintah.