Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 246

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

Dishub Akan Tes Urine Sopir Angkutan Lebaran

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur (Dishub Kaltim) akan melakukan tes urine terhadap sopir angkutan umum Lebaran guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas serta untuk kelancaran dan keselamatan 'Rencana tersebut merupakan hasil keputusan rapat Forum Lalu Lintas pada awal Juni 2014 di Kantor Dishub Kaltim, Samarinda yang digelar dalam rangka menjamin kelancaraan dan keselamatan angkutan lebaran,' kata Kepala Dishub Kaltim, Zairin Zain di Samarinda, Minggu.

Golkar Dorong Revisi UU Pilkada

Ketua Fraksi Partai Golkar Ade Komarudin menegaskan partainya tetap mendorong revisi undang-undang pilkada agar di masa mendatang dualisme partai politik bisa diselesaikan secara cepat, tidak berlarut-larut.

Panitia Belum Putuskan Pertandingan Lanjutan PSIS-Persis

Panitia turnamen sepak bola Piala Polda Jateng 2015 belum memutuskan kelanjutan pertandingan final antara PSIS Semarang melawan Persis Solo, menyusul kerusuhan pada pertandingan final leg pertama antara kedua kesebelasan itu, di Semarang, Sabtu (4/7) malam.

Koramil Abepura Segera Rampungkan Pembangunan 'Media Center'

Koramil 1701-03/Abepura segera merampungkan pembangunan 'media center' yang dibangun di area kantor Makoramil di Jalan Raya Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

PHRI Minta Dishub Banten Lengkapi PJU Jalur Wisata

Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten, meminta pemerintah Provinsi Banten atau kabupaten/kota melalui Dinas Perhubungan, untuk melengkapi Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur wisata.