Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 202

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

Wacana Evaluasi Kepemipimpinan Partai Golkar Menguat

Politisi senior Partai Golkar, Zainal Bintang mengatakan, wacana evaluasi kepemimpinan di Partai Golkar menguat menyusul hasil suara partai Golkar pada pemilu legislatif 2014 berdasarkan hitung cepat hanya sekitar 14.

Arema Kembali Rebut Posisi Puncak Klasemen

Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, kembali merebut posisi puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia setelah mengalahkan Pelita Bandung Raya 3-0 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu malam.

Kejaksaan Selidiki Proyek Lampu Stadion Tanjabar

Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tengah menyelidiki proyek lampu stadion Persitaj Tanjung JabungBarat (Tanjabar) tahun 2012 senilai Rp2,7 miliar, karena diduga telah terjadi penggelembungan harga (mark up).

Dua Pemuda Ditangkap Menenggak Minuman Keras

Dua orang pemuda ditangkap oleh polisi saat melakukan patroli rutin karena diketahui menenggak minuman keras di lokasi pasar di kota tersebut.

Polisi Banjarmasin Tangkap Penjual Narkoba

Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin, menangkap seorang pria yang diketahui sebagai penjual narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di wilayah Pekapuran Raya Banjarmasin Timur.