Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 246

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

LPMP Sultra Lakukan Persiapan Teknik Pelaksanaan UKG

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan persiapan teknik terkait pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) tahun 2015.

Disdik Kaltim Surati 200 SMP Tes PSF

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Timur telah menyurati sekitar 200 SMP di kabupaten maupun kota, agar mengirimkan beberapa siswanya mengikuti tes masuk SMA yang dikelola oleh Putra Sampoerna Foundation (PSF).

Gubernur : DPD RI Bantu Selesaikan Masalah Kobatin

Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi mengharapkan DPD RI ikut menyelesaikan masalah pengambilalihan aset lahan tambang milik PT Kobatin oleh pemerintah pusat.

Olly Dondokambaey Pimpin PDIP Sulut

Olly Dondokambey terpilih sebagai Ketua DPD PDIP Sulawesi Utara (Sulut) pada pelaksanaan ponferensi daerah (konferda) di provinsi tersebut.

Bappeda : Mayoritas Usulan Musrenbang Bidang Sarana Infrastruktur

Pejabat Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan 15 kecamatan di daerah itu pada rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2015 mengusulkan pembangunan infrastruktur dasar.