Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 246

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

PDIP Muna Buka Pendaftaran Calon Bupati

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mulai membuka pendaftaran calon bupati daerah itu yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

Kasus Kecelakaan Lantas di Aceh Selatan Naik

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Sigit Jatmiko SIK mengatakan dalam rentang waktu setahun terakhir, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang jatuh korban jiwa mengalami grafik peningkatan, sedangkan pelanggaran menunjukkan grafik penurunan.

Ratusan Kecamatan di Jabar Belum Miliki SMA Negeri

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan hingga saat ini ada sekitar 159 kecamatan di daerahnya yang belum memiliki Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri.

Dubes RI Untuk Lebanon Belum Serahkan Surat Credentials

Duta Besar RI untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy terhambat menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan (Credentials) dari Presiden Joko Widodo kepada Kepala Negara Lebanon akibat kekosongan jabatan presiden di negara itu.

Pemuda Pancasila Gelar Aksi Tolak ISIS

Puluhan anggota Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis, menggelar aksi damai menolak paham "Islamic State in Iraq and Syria" (ISIS), terorisme, dan radikalisme.