Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lokasi Makam Mantan Diktator Argentina Masih Jadi Misteri

makam, mantan, diktator, argentina

Posted on 20 May 2013. Hits : 246

Makam dan pengaturan pemakaman bagi mendiang diktator Argentina Jorge Videla masih tetap menjadi misteri, Minggu, mengingat para sumber-sumber resmi tetap membisu, bertahan untuk tidak memberikan komentar.

Videla, diktator yang memerintah pada periode 1976-1981 atau pada puncak "Perang Kotor" Argentina melawan aktivis kiri, Jumat, meninggal dunia di penjara saat menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dakwaan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dia meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Saya tidak memiliki informasi," seorang sumber di salah satu pengadilan saat ditanya mengenai pengaturan pemakaman bagi jenazah Videla.

Menurut media lokal, ketiadaan informasi itu dikarenakan kesepakatan informal antara pejabat dan kerabat Videla.

Videla, seorang Katolik yang taat, mungkin dimakamkan di kota kelahirannya di Mercedes, sekitar 110 kilometer (70 mil) barat Buenos Aires.

Hukum yang disetujui pada tahun 2009 melarang setiap mantan pemimpin militer yang dijatuhi hukuman pelanggaran hak asasi manusia menerima penghormatan militer saat dimakamkan.

Selama pemerintahannya, Videla melakukan tindakan keras ganas terhadap kelompok kiri dan pihak-pihak yang diduga sebagai pendukung. Sebanyak 30 ribu orang diculik dan "menghilang" selama periode rezim militer, yang berakhir pada tahun 1983.

Videla, tanpa menyesali perbuatannya, mengatakan kepada pengadilan dalam penampilan publik terakhirnya pada 14 Mei bahwa bawahannya mengikuti perintahnya dan menerima "tanggung jawab penuh militer untuk setiap tindakan militer terhadap perang melawan terorisme". (bn/ant)

Muhaimin Pilih Tak Jadi Menteri

Pengamat politik Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai Muhaimin Iskandar memilih untuk tidak menjadi menteri di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan kembali menjadi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Korban Kebakaran Mendapat Santunan

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan santunan kepada warga Terbah, Kemin Hadi Wiyono, yang rumahnya mengalami kebakaran pada Minggu (31/8) malam.

Militer Lesotho Didesak Kembali ke Barak

Pemerintah Afrika Selatan pada Ahad (31/8) mendesak Pasukan Pertahanan Lesotho kembali ke barak mereka dan mengizinkan pemerintah yang terpilih secara demokratis di Kerajaan tersebut melaksanakan kegiatannya.

Pemprov Luncurkan Radio Suara Rakyat Hulondalo

Pemerintah Provinsi Gorontalo akhirnya meluncurkan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Suara Rakyat Hulondalo setelah LPPL itu mengudara dengan siaran percobaan kurang lebih dua bulan.

Pemkot Dukung 'Food Safety' Masuk Desa

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mendukung penuh dan siap membantu menyukseskan program "Food Safety" Masuk Desa dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra.