Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Interpol Tawarkan Bantuan Untuk Kenya Atas Serangan di Nairobi

interpol, serangan kenya, nairobi, serangan mall, interpol

Posted on 23 Sep 2013. Hits : 169

Organisasi polisi internasional, Interpol, dengan keras mengutuk serangan, Sabtu (21/9), di Westgate Shopping Center, Nairobi, dan menjanjikan dukungan penuh buat Pemerintah Kenya dalam penyelidikan mereka, kata Interpol di dalam satu pernyataan, Ahad (22/9).

"Serangan terhadap pusat pertokoan ini telah menewaskan banyak warga sipil yang tak berdosa. Itu adalah pertumpahan darah yang membuat terkejut warga di semua negara," kata Sekretaris Jenderal Interpol Ronald K. Noble di dalam pernyataan tersebut.

Interpol mengutuk "serangan tak berperasaan ini" dan menyampaikan "belasungkawanya kepada keluarga dan orang yang dicintai oleh korban", tambah Noble.

Kelompok gerilyawan Somalia Ash-Shabaab dilaporkan mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu, dan Kepala Interpol tersebut merujuk peristiwa tersebut sebagai serangan teror yang diserukan belum lama ini oleh pemimpin Al Qaida, Ayman Az-Zawahiri, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin.

Peristiwa itu dilakukan pada Sabtu pagi oleh beberapa tersangka gerilyawan yang melancarkan serangan mematikan di pusat pertokoan yang sering dikunjungi warga Kenya yang kaya dan orang asing di Ibu Kota negeri tersebut, Nairobi. Serangan, menurut gerilyawan, adalah pembalasan atas aksi militer negara Afrika Timur itu terhadap kelompok gerilyawan Ash-Shabaab di Somalia.

Interpol menawar penggelaran Tim Reaksi Peristiwa yang terdiri atas petugas ahli forensik, ahli anti-teror dan analis setelah serangan di pertokoan di Nairobi.

Menurut laporan paling akhir media, baku-tembak baru terjadi di pusat pertokoan itu pada Ahad, saat pasukan keamanan Kenya berusaha mendesak dan menyelamatkan sandera yang disekap oleh sebanyak 15 pria bersenjata selama lebih dari 24 jam.

Masyarakat Palang Merah Kenya melaporkan jumlah korban jiwa dalam serangan tersebut telah naik jadi 68, setelah sembilan mayat lagi ditemukan di bangunan itu pada Ahad. Hampir 50 orang masih belum ditemukan dalam ketegangan antara pasukan keamanan Kenya dan tersangka anggota Ash-Shabaab.(ris/ant)

Penjagaan Wilayah Maritim Diperketat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, akan meningkatkan penjagaan wilayah maritimnya melalui pengawasan melekat bekerja sama dengan aparat TNI Angkatan Laut (AL) dan Polairud Polres Gorontalo.

Sistem Oligarki Menguat Pada 2015

Ketua Departemen Politik dan Hubungan 'Internasional Centre for Strategic and International Studies' (CSIS) Philips Vermonte menilai sistem oligarki akan menguat dalam demokrasi Indonesia pada 2015.

Nasdem Petimbangkan Harbiansyah Untuk Pilkada Kutai Timur

Partai Nasdem mempertimbangkan pemilik Klub Sepakbola Pusam Pusamania Borneo FC (PBFC) Samarinda Kaltim, Harbiansyah Hanafiah untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutai Timur mendatang.

Ratusan Randis Tak Bayar Pajak

Ratusan kendaraan dinas (Randis) di lingkup Pemprov Sulbar, baik kendaran roda empat dan roda dua hingga kini masih menunggak pajak.

Relawan Bara-JP Gagal Jumpai Jokowi

Belasan relawan "Bara-JP" atau Barisan Relawan Jokowi Presiden, gagal menemui Presiden Joko Widodo ketika mendarat Lapangan Udara Soewondo Medan, Sumut, Selasa.