Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Interpol Tawarkan Bantuan Untuk Kenya Atas Serangan di Nairobi

interpol, serangan kenya, nairobi, serangan mall, interpol

Posted on 23 Sep 2013. Hits : 169

Organisasi polisi internasional, Interpol, dengan keras mengutuk serangan, Sabtu (21/9), di Westgate Shopping Center, Nairobi, dan menjanjikan dukungan penuh buat Pemerintah Kenya dalam penyelidikan mereka, kata Interpol di dalam satu pernyataan, Ahad (22/9).

"Serangan terhadap pusat pertokoan ini telah menewaskan banyak warga sipil yang tak berdosa. Itu adalah pertumpahan darah yang membuat terkejut warga di semua negara," kata Sekretaris Jenderal Interpol Ronald K. Noble di dalam pernyataan tersebut.

Interpol mengutuk "serangan tak berperasaan ini" dan menyampaikan "belasungkawanya kepada keluarga dan orang yang dicintai oleh korban", tambah Noble.

Kelompok gerilyawan Somalia Ash-Shabaab dilaporkan mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu, dan Kepala Interpol tersebut merujuk peristiwa tersebut sebagai serangan teror yang diserukan belum lama ini oleh pemimpin Al Qaida, Ayman Az-Zawahiri, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin.

Peristiwa itu dilakukan pada Sabtu pagi oleh beberapa tersangka gerilyawan yang melancarkan serangan mematikan di pusat pertokoan yang sering dikunjungi warga Kenya yang kaya dan orang asing di Ibu Kota negeri tersebut, Nairobi. Serangan, menurut gerilyawan, adalah pembalasan atas aksi militer negara Afrika Timur itu terhadap kelompok gerilyawan Ash-Shabaab di Somalia.

Interpol menawar penggelaran Tim Reaksi Peristiwa yang terdiri atas petugas ahli forensik, ahli anti-teror dan analis setelah serangan di pertokoan di Nairobi.

Menurut laporan paling akhir media, baku-tembak baru terjadi di pusat pertokoan itu pada Ahad, saat pasukan keamanan Kenya berusaha mendesak dan menyelamatkan sandera yang disekap oleh sebanyak 15 pria bersenjata selama lebih dari 24 jam.

Masyarakat Palang Merah Kenya melaporkan jumlah korban jiwa dalam serangan tersebut telah naik jadi 68, setelah sembilan mayat lagi ditemukan di bangunan itu pada Ahad. Hampir 50 orang masih belum ditemukan dalam ketegangan antara pasukan keamanan Kenya dan tersangka anggota Ash-Shabaab.(ris/ant)

Dosen UIN Dilatih Menulis Artikel Ilmiah Populer

Sebanyak 50 dosen dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah populer dan menjadi jurnalisme warga.

Mayjen Fransen Siahaan Tatap Muka Dengan Gubernur

Mayjen TNI Fransen G Siahaan, mantan Pangdam XVII/Cenderawasih bertatap muka dengan Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi dan sejumlah tokoh masyarakat, adat, agama serta Forkompimda Kabupaten Manokwari.

Pansus Ketenagakerjaan DPRD Kembali Sisir TKA Ilegal

Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan kembali menyisir tenaga kerja asing ilegal di provinsi tersebut.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Untidar Lolos Ke Pimnas

Tiga mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah, lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2015 melalui proposal berjudul "Budi Daya Bibit Durian Petruk Tanaman Asli Indonesia dengan Multikaki".

Pangdam : TNI Zat Perekat Persatuan Kesatuan Bangsa

Prajurit TNI dan PNS di Papua dan Papua Barat tidak hanya menjalankan tugas pokok dan fungsinya saja, tetapi juga sebagaizat perekat persatuan dan kesatuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.