Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Siap-Siap, Mobil Murah Di Bawah Rp 100 Juta Meluncur September 2013

mobil, murah, meluncur, september

Posted on 08 Jul 2013. Hits : 4507

Menindaklanjuti aturan pemerintah, saat ini sejumlah produsen mobil di Indonesia mengaku siap meluncurkan mobil dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan atau diistilahkan sebagai low cost and green car, selambat-lambatnya bulan September mendatang.

Menurut Presiden Direktur PT Daihatsu Astra Motor Sudirman MR kepada wartawan di Jakarta, pekan lalu, pihaknya sudah siap mengenalkan mobil murah kepada publik di tanah air.

"Sabar aja yah. Sekitar September mendatang udah kita luncurkan ke publik. Tapi, saya berharap sih sudah bisa mulai jualan pada bulan Agustus 2013," katanya.

Meski demikian, Sudirman menjelaskan pihaknya belum memproduksi mobil murah dalam skala besar. Pabrik Daihatsu hanya memproduksi 1 unit dalam 1 hari agar mesin produksinya bisa awet.

Selanjutnya kapasitas produksi pabrik Daihatsu mencapai 120.000 mobil setiap tahunnya. Sementara kapasitas produksi Ayla mencapai 3.000 unit per tahun, dan Toyota Agya 6.000 unit setiap tahun.

Kementerian Perindustrian telah mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) atau Surat Keputusan (SK) soal Peraturan Presiden mengenai Low Cost and Green Car (LCGC) atau mobil murah dan ramah lingkungan. Dari juknis itu ada ketentuan soal harga patokan mobil maksimal Rp 95 juta per unit.

Menperin MS Hidayat menuturkan dalam juknis Menperin disebutkan harga Off the Road mobil LCGC belum termasuk Biaya Balik Nama, Pajak Kendaraan Bermotor, dan Pajak Daerah lainnya), termasuk penyematan fasilitas keamanan dan transmisi otomatis.

"Itu belum termasuk toleransi untuk penambahan teknologi transmisi otomatis 15% + toleransi untuk penambahahan fitur safety 10% air bag, Antilock Brake System dan lain-lain," katanya.

Mantan Ketua Kadin ini menjelaskan soal toleransi dari harga yang telah dipatok, antara lain karena faktor ekonomi makro seperti inflasi dan kurs tukar mata uang juga menjadi pertimbangan ke depannya.

"Saat ini SK sedang didaftarkan di Kemenhukham," katanya.

Hidayat menegaskan program Low Cost and Green Car ini tidak semata-mata membuat mobil dengan harga murah, tetapi lebih kearah membangun struktur industri komponen otomotif dan meningkatkan kemandirian nasional di teknologi otomotif, terutama teknologi engine, transmisi dan axle (power train). Juga kualitas dan safety produk tetap dipertahankan.

Mengenai masalah harga ini, Sudirman sebelumnya menuturkan tidak ada masalah. Harga ini memang sudah masuk bidikan Astra.

"Kita siap dengan harga di bawah Rp 100 juta. Tidak ada masalah," ujarnya. (bn)

Tanjung Perak Mulai Padat

Puluhan ribu pemudik mulai memadati Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hingga H-6 Lebaran 1435 Hijriah karena kian tingginya minat masyarakat menggunakan moda transportasi laut untuk pulang ke kampung halaman.

Timah Ctat Kenaikan Produksi

PT Timah Tbk mencatat produksi bijih timah sebesar 14.

Serangan Udara Tewaskan 19 Orang

Serangan-serangan udara pemerintah Irak di Falluja Senin dan Selasa nmenewaskan 19 orang termasuk anak-anak, kata seorang pejabat kesehatan di kota yang dikuasai gerilyawan itu.

Pilpres Usai, Pilkada Jembrana Disiapkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana, Bali barat seusai pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) segera mempersiapkan rancangan tahapan untuk Pilkada Jembrana, Bali, pada bulan Desember 2015.

Presiden Terpilih Diminta Perhatikan Leih Atlet

Pemerintah baru diminta memperhatikan prestasi atlet dengan memberikan penghargaan yang layak atas pencapaian mereka mengharumkan nama bangsa, kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Dian Widjaja Kesumawati Arifin.