Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

UMK Bekasi 2013 Ditetapkan Rp. 2,1 Juta

umk, upah minimum, bekasi, umr, 2013

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 3759

Bekasi- Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Jawa Barat, menetapkan besaran upah minimum kota (UMK) setempat pada 2013 mendatang sebesar Rp2.100.000.

"Jumlah itu meningkat cukup drastis mencapai Rp677.750 dari UMK 2011 sebesar Rp1.422.250," ujar Ketua Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Abdul Iman, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, penetapan itu dilakukan pada Kamis (15/11) malam di Gedung Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi dengan cara voting yang melibatkan perwakilan pengusaha, serikat pekerja, dan pemerintah daerah.

"Selanjutnya angka ini akan kita serahkan ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, untuk segera disahkan," katanya.

Penentuan UMK tersebut dilatarbelakangi hasil penghitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dilakukan perwakilan buruh dan pengusaha yang mencapai Rp1.658.036 dengan berbagai variabel harga, seperti sembako, listrik, hingga kamar kontrakan.

"UMK untuk kelompok 2 ditetapkan sebesar Rp2.305.000, dan kelompok 1 Rp2.420 .000," katanya.

Secara terpisah, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi, Abdullah, bersyukur dengan nominal yang telah disepakati bersama.

"Alhamdulillah, seluruh pihak menyetujui penetapan UMK walaupun melalui perdebatan yang cukup alot," katanya.

Dia mengatakan, penetapan UMK 2013 ini wajib dilaksanakan bagi pengusaha yang mampu. Namun, apabila pengusaha yang tidak mampu melaksanakan UMK dapat melakukan permohonan penangguhan.

"Penangguhan diberi waktu selama 6 bulan dengan melampirkan data-data keuangan perusahaan dua tahun ke belakang," ujarnya.

Menurut dia, penetapan UMK kali ini tidak diwarnai intimidasi. Sehingga, Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat per 1 Januari 2013 diharapakan dapat dijalani para pengusaha.

"Kami juga berharap ada peningkatan kualitas kerja buruh, sehingga nilai produksi dapat meningkat," ujarnya. (ANT/gws)

Korem 045 Babel Produksi Pupuk Kompos

Korem 045 Garuda Jaya Kepulauan Bangka Belitung memproduksi pupuk kompos untuk membantu petani meningkatkan usaha dan produksi pertanian.

Penyaluran Raskin Telah 1.574.100 Kg Di Agam

Pendistribusian beras untuk keluarga miskin (Raskin) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), telah mencapai sekitar 1.

Wali Kota Sibolga Kagumi Pengelolaan Pantai Padang

Wali Kota Sibolga, Sumatera Utara, Syarfi Hutahuruk, menyatakan langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Padang dalam mengelola pantai dengan cukup baik sehingga menginspirasinya untuk melakukan hal yang sama di daerahnya.

Pusat Perbelanjaan Fasilitasi Penggunaan Uang Elektronik

Pusat Perbelanjaan Tiara Dewata Denpasar siap menyosialisasikan dan menfasilitasi peggunaan uang elektronik (Unik) kepada konsumen yang selama ini telah menjadi mitra Bank Indonesia (BI).

Peringatan KAA Jadi Agenda Wisata Pendidikan

Agenda perhelatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung masih berlanjut hingga beberapa hari ke depan dan m, enjadi agenda wisata pendidikan di kota itu.