Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

UMK Bekasi 2013 Ditetapkan Rp. 2,1 Juta

umk, upah minimum, bekasi, umr, 2013

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 3759

Bekasi- Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Jawa Barat, menetapkan besaran upah minimum kota (UMK) setempat pada 2013 mendatang sebesar Rp2.100.000.

"Jumlah itu meningkat cukup drastis mencapai Rp677.750 dari UMK 2011 sebesar Rp1.422.250," ujar Ketua Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Abdul Iman, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, penetapan itu dilakukan pada Kamis (15/11) malam di Gedung Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi dengan cara voting yang melibatkan perwakilan pengusaha, serikat pekerja, dan pemerintah daerah.

"Selanjutnya angka ini akan kita serahkan ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, untuk segera disahkan," katanya.

Penentuan UMK tersebut dilatarbelakangi hasil penghitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dilakukan perwakilan buruh dan pengusaha yang mencapai Rp1.658.036 dengan berbagai variabel harga, seperti sembako, listrik, hingga kamar kontrakan.

"UMK untuk kelompok 2 ditetapkan sebesar Rp2.305.000, dan kelompok 1 Rp2.420 .000," katanya.

Secara terpisah, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi, Abdullah, bersyukur dengan nominal yang telah disepakati bersama.

"Alhamdulillah, seluruh pihak menyetujui penetapan UMK walaupun melalui perdebatan yang cukup alot," katanya.

Dia mengatakan, penetapan UMK 2013 ini wajib dilaksanakan bagi pengusaha yang mampu. Namun, apabila pengusaha yang tidak mampu melaksanakan UMK dapat melakukan permohonan penangguhan.

"Penangguhan diberi waktu selama 6 bulan dengan melampirkan data-data keuangan perusahaan dua tahun ke belakang," ujarnya.

Menurut dia, penetapan UMK kali ini tidak diwarnai intimidasi. Sehingga, Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat per 1 Januari 2013 diharapakan dapat dijalani para pengusaha.

"Kami juga berharap ada peningkatan kualitas kerja buruh, sehingga nilai produksi dapat meningkat," ujarnya. (ANT/gws)

RRI Sungailiat Gelar Donor Darah

Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan donor darah bertema 'Berdonor di Kala Muda Tetap Bugar di Kala Tua' guna membantu mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat di daerah itu.

Pemkab Lebak Dorong Koperasi Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mendorong lembaga koperasi dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat di daerah itu.

Ketua PAN Berikan Otonomi Bagi DPW

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan setelah terpilih pada Kongres IV di Nusa Dua, Bali langsung mengambil beberapa keputusan, salah satunya memberikan otonomi bagi Dewan Pimpinan Wilayah dan Daerah.

Bupati Barito Utara Buka STQ Ke-46

Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-46yang diikuti ratusan kafilah dari sembilan kecamatan dan digelar pada 4-7 Maret 2015.

Berbah Miliki Banyak Potensi Bidang Pangan Lokal

Wilayah Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki banyak potensi di bidang pangan lokal, sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan di kabupaten itu.