Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

UMK Bekasi 2013 Ditetapkan Rp. 2,1 Juta

umk, upah minimum, bekasi, umr, 2013

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 3759

Bekasi- Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Jawa Barat, menetapkan besaran upah minimum kota (UMK) setempat pada 2013 mendatang sebesar Rp2.100.000.

"Jumlah itu meningkat cukup drastis mencapai Rp677.750 dari UMK 2011 sebesar Rp1.422.250," ujar Ketua Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Abdul Iman, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, penetapan itu dilakukan pada Kamis (15/11) malam di Gedung Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi dengan cara voting yang melibatkan perwakilan pengusaha, serikat pekerja, dan pemerintah daerah.

"Selanjutnya angka ini akan kita serahkan ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, untuk segera disahkan," katanya.

Penentuan UMK tersebut dilatarbelakangi hasil penghitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dilakukan perwakilan buruh dan pengusaha yang mencapai Rp1.658.036 dengan berbagai variabel harga, seperti sembako, listrik, hingga kamar kontrakan.

"UMK untuk kelompok 2 ditetapkan sebesar Rp2.305.000, dan kelompok 1 Rp2.420 .000," katanya.

Secara terpisah, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi, Abdullah, bersyukur dengan nominal yang telah disepakati bersama.

"Alhamdulillah, seluruh pihak menyetujui penetapan UMK walaupun melalui perdebatan yang cukup alot," katanya.

Dia mengatakan, penetapan UMK 2013 ini wajib dilaksanakan bagi pengusaha yang mampu. Namun, apabila pengusaha yang tidak mampu melaksanakan UMK dapat melakukan permohonan penangguhan.

"Penangguhan diberi waktu selama 6 bulan dengan melampirkan data-data keuangan perusahaan dua tahun ke belakang," ujarnya.

Menurut dia, penetapan UMK kali ini tidak diwarnai intimidasi. Sehingga, Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat per 1 Januari 2013 diharapakan dapat dijalani para pengusaha.

"Kami juga berharap ada peningkatan kualitas kerja buruh, sehingga nilai produksi dapat meningkat," ujarnya. (ANT/gws)

Pembangunan Gedung UPTD Lubukraja OKU Terbengkalai

Pembangunan gedung kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan di Kecamatan Lubukraja, terbengkalai karena pihak pemborong sudah meninggalkan lokasi sebelum pengerjaan bangunan rampung.

RSUP Sanglah Janjikan Remunerasi

Manajemen Rumah Sakit Umum Pemerintah Sanglah, Denpasar, Bali, berjanji membayarkan remunerasi atau tunjangan kinerja karyawan pada 7 November 2014.

Kurikulum 2013 Belum Mencerminkan Revolusi Mental

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta, Larso Marbun menilai kurikulum 2013 belum mencerminkan revolusi mental yang ingin dilakukan pemerintahan baru, sehingga perlu diperbaiki.

Dinas Pariwisata Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara melalui berbagai promosi dan kegiatan.

Pemprov Maluku Bangun Patung Mantan Menkes Siwabessy

Pemerintah Provinsi Maluku merampungkan pembangunan patung mantan Menteri Kesehatan dr.