Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

UMK Bekasi 2013 Ditetapkan Rp. 2,1 Juta

umk, upah minimum, bekasi, umr, 2013

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 3759

Bekasi- Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Jawa Barat, menetapkan besaran upah minimum kota (UMK) setempat pada 2013 mendatang sebesar Rp2.100.000.

"Jumlah itu meningkat cukup drastis mencapai Rp677.750 dari UMK 2011 sebesar Rp1.422.250," ujar Ketua Dewan Pengupahan Kota Bekasi, Abdul Iman, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, penetapan itu dilakukan pada Kamis (15/11) malam di Gedung Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi dengan cara voting yang melibatkan perwakilan pengusaha, serikat pekerja, dan pemerintah daerah.

"Selanjutnya angka ini akan kita serahkan ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, untuk segera disahkan," katanya.

Penentuan UMK tersebut dilatarbelakangi hasil penghitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dilakukan perwakilan buruh dan pengusaha yang mencapai Rp1.658.036 dengan berbagai variabel harga, seperti sembako, listrik, hingga kamar kontrakan.

"UMK untuk kelompok 2 ditetapkan sebesar Rp2.305.000, dan kelompok 1 Rp2.420 .000," katanya.

Secara terpisah, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi, Abdullah, bersyukur dengan nominal yang telah disepakati bersama.

"Alhamdulillah, seluruh pihak menyetujui penetapan UMK walaupun melalui perdebatan yang cukup alot," katanya.

Dia mengatakan, penetapan UMK 2013 ini wajib dilaksanakan bagi pengusaha yang mampu. Namun, apabila pengusaha yang tidak mampu melaksanakan UMK dapat melakukan permohonan penangguhan.

"Penangguhan diberi waktu selama 6 bulan dengan melampirkan data-data keuangan perusahaan dua tahun ke belakang," ujarnya.

Menurut dia, penetapan UMK kali ini tidak diwarnai intimidasi. Sehingga, Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat per 1 Januari 2013 diharapakan dapat dijalani para pengusaha.

"Kami juga berharap ada peningkatan kualitas kerja buruh, sehingga nilai produksi dapat meningkat," ujarnya. (ANT/gws)

Gubernur : Tidak Benar Bupati Mateng Malas Berkantor

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh menyatakan, tidak benar Bupati Karateker Mamuju Tengah (Mateng), Ismail Zainuddin jarang berkantor, seperti tudingan sekelompok masyarakat.

Menkes dan IDI Bakal Bahas Aborsi

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan telah menjadwalkan pertemuan dengan organisasi profesi Ikatan Dokter Indonesia erkait dengan penolakan terhadap penerapan pasal aborsi pada PP 61/2014 tentang Kesehatan Reproduksi.

Jalur Wisata Kawah Kamojang Segera Dibuka

Jalur wisata alam kawah Kamojang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, segera dibuka selama ini pengunjung kesulitan melintasi tanjakan terjal Cukang Monteng.

Jet-jet Rusia Langgar Wilayah Udara

Finlandia Kamis mengatakan angkatan udaranya meningkatkan "penerbangan pengawasan" setelah jet-jet Rusia tiga kali melanggar wilayah udaranya dalam waktu kurang dari sepekan.

Bupati Mamuju Sampaikan Salam Perpisahan Legislator Lama

Bupati Mamuju, Sulawesi Barat, memanfaatkan momen dengan menyampaikan salam perpisahan kepada para legislator yang telah memasuki akhir masa jabatannya.