Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemberian Kredit UMKM Insentif Untuk Perbankan

pemberian kredit, umkm insentif

Posted on 30 Nov 2012. Hits : 300

Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan menilai aturan pemberian kredit kepada UMKM dengan porsi minimal 20 persen secara bertahap lebih bertujuan memberikan insentif kepada perbankan untuk meningkatkan akses pelayanan.

"Itu lebih untuk penerapan insentif atau disinsentif. Tapi apapun regulasi Bank Indonesia jangan sampai membuat perbankan tidak bisa bergerak atau tidak efisien," kata Anton di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, aturan terbaru Bank Indonesia (BI) itu tidak akan membatasi gerak perbankan asing karena setiap bank memiliki pangsa pasar tersendiri dalam menyalurkan kredit.

"Penyaluran kredit itu tergantung segmen, tapi kita lihat nanti saja," katanya.

Saat ini pertumbuhan kredit UMKM tercatat sebesar 21 persen secara tahunan (yoy) per Juni 2012 dengan peningkatan terjadi secara intensif dalam dua bulan terakhir dilakukan oleh bank asing.

BI mewajibkan perbankan menyalurkan kredit untuk UMKM sebesar minimal 20 persen dari total kredit untuk mendorong pertumbuhan pada sektor tersebut.

Menurut Gubernur BI Darmin Nasution, aturan tersebut diberlakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan meningkatkan target kredit produktif.

"Untuk pengaturannya akan kami terbitkan dalam waktu dekat," ujarnya dalam pertemuan perbankan tahunan.

Darmin mengatakan segala kegiatan bantuan teknis akan dilakukan dalam bentuk penelitian, pelatihan, penyediaan informasi dan fasilitas yang disediakan BI.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi SDM perbankan dalam melakukan pembiayaan kepada UMKM dan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar mampu memenuhi persyaratan teknis dari perbankan.

"Koordinasi dan kerjasama dengan pihak lain juga akan dilakukan melalui kemitraan strategis, 'counterpart' serta fasilitas dalam rangka pengembangan infrastruktur pendukungnya," kata Darmin.  (ant/ed)

Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gelar Lomba Tenis Berkebaya

Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Hari Kartini 2014, di antaranya lomba tenis berkebaya dan lomba memasak nasi goreng berkebaya.

Umat Kristiani Khusuk Merayakan Tri Hari Paskah

Umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur khusuk merayakan tri hari suci Paskah sejak malam Rabu atau Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Jumat Agung, lalu Sabtu Alleya.

PGRI Lubuklinggau Minta Polisi Usut Kematian Guru

Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan minta jajaran Polres setempat mengusut tuntas kasus kematian guru SDN 47 di kota itu pekan lalu.

PLN Musirawas Perbaiki Jaringan Ke BTS Ulu

PT PLN Kabupaten Musiarwas, Sumatera selatan, sudah memperbaiki seluruh jaringan listrik ke beberapa desa di Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu setelah terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Pakaian Jadi Bali Raup 6,36 Juta Dolar

Bali meraup devisa sebesar 6,36 juta dolar AS dari ekspor pakaian jadi bukan rajutan selama Februari 2014, menurun 4,83 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 6,67 juta dolar AS.