Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemberian Kredit UMKM Insentif Untuk Perbankan

pemberian kredit, umkm insentif

Posted on 30 Nov 2012. Hits : 336

Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan menilai aturan pemberian kredit kepada UMKM dengan porsi minimal 20 persen secara bertahap lebih bertujuan memberikan insentif kepada perbankan untuk meningkatkan akses pelayanan.

"Itu lebih untuk penerapan insentif atau disinsentif. Tapi apapun regulasi Bank Indonesia jangan sampai membuat perbankan tidak bisa bergerak atau tidak efisien," kata Anton di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, aturan terbaru Bank Indonesia (BI) itu tidak akan membatasi gerak perbankan asing karena setiap bank memiliki pangsa pasar tersendiri dalam menyalurkan kredit.

"Penyaluran kredit itu tergantung segmen, tapi kita lihat nanti saja," katanya.

Saat ini pertumbuhan kredit UMKM tercatat sebesar 21 persen secara tahunan (yoy) per Juni 2012 dengan peningkatan terjadi secara intensif dalam dua bulan terakhir dilakukan oleh bank asing.

BI mewajibkan perbankan menyalurkan kredit untuk UMKM sebesar minimal 20 persen dari total kredit untuk mendorong pertumbuhan pada sektor tersebut.

Menurut Gubernur BI Darmin Nasution, aturan tersebut diberlakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan meningkatkan target kredit produktif.

"Untuk pengaturannya akan kami terbitkan dalam waktu dekat," ujarnya dalam pertemuan perbankan tahunan.

Darmin mengatakan segala kegiatan bantuan teknis akan dilakukan dalam bentuk penelitian, pelatihan, penyediaan informasi dan fasilitas yang disediakan BI.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi SDM perbankan dalam melakukan pembiayaan kepada UMKM dan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar mampu memenuhi persyaratan teknis dari perbankan.

"Koordinasi dan kerjasama dengan pihak lain juga akan dilakukan melalui kemitraan strategis, 'counterpart' serta fasilitas dalam rangka pengembangan infrastruktur pendukungnya," kata Darmin.  (ant/ed)

SatPol PP Lombok Barat Gusur PKL Membandel

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menggusur puluhan lapak pedagang kaki lima mulai dari kawasan Jalan TGH Lopan hingga Giri Menang Square karena dinilai melanggar aturan.

Dinsos Perhatikan Bakat Seni Anak Jalanan

Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta rencananya akan memberikan perhatian khusus terhadap bakat atau talenta yang dimiliki anak jalanan di bidang seni dan budaya.

DPRD Minta Dishub Pantau Truk Batu Bara

DPRD Batanghari, Jambi melalui Ketua Komisi II M. Amin.

Pemkab Bekasi Pastikan Venue Porda Jabar Siap

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memastikan seluruh venue atau arena pertandingan Pekan Olahraga Daerah Jabar XII/2014 telah siap dipergunakan pada November mendatang.

Ajak Generasi Muda Lebih Cintai Angkutan Umum, UPL TransJakarta Adakan 'TJ Goes to School'

Program TJ Goes to School digulirkan dengan tujuan masyarakat dan generasi muda lebih menyukai angkutan umum daripada pribadi.