Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemberian Kredit UMKM Insentif Untuk Perbankan

pemberian kredit, umkm insentif

Posted on 30 Nov 2012. Hits : 336

Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan menilai aturan pemberian kredit kepada UMKM dengan porsi minimal 20 persen secara bertahap lebih bertujuan memberikan insentif kepada perbankan untuk meningkatkan akses pelayanan.

"Itu lebih untuk penerapan insentif atau disinsentif. Tapi apapun regulasi Bank Indonesia jangan sampai membuat perbankan tidak bisa bergerak atau tidak efisien," kata Anton di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, aturan terbaru Bank Indonesia (BI) itu tidak akan membatasi gerak perbankan asing karena setiap bank memiliki pangsa pasar tersendiri dalam menyalurkan kredit.

"Penyaluran kredit itu tergantung segmen, tapi kita lihat nanti saja," katanya.

Saat ini pertumbuhan kredit UMKM tercatat sebesar 21 persen secara tahunan (yoy) per Juni 2012 dengan peningkatan terjadi secara intensif dalam dua bulan terakhir dilakukan oleh bank asing.

BI mewajibkan perbankan menyalurkan kredit untuk UMKM sebesar minimal 20 persen dari total kredit untuk mendorong pertumbuhan pada sektor tersebut.

Menurut Gubernur BI Darmin Nasution, aturan tersebut diberlakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan meningkatkan target kredit produktif.

"Untuk pengaturannya akan kami terbitkan dalam waktu dekat," ujarnya dalam pertemuan perbankan tahunan.

Darmin mengatakan segala kegiatan bantuan teknis akan dilakukan dalam bentuk penelitian, pelatihan, penyediaan informasi dan fasilitas yang disediakan BI.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi SDM perbankan dalam melakukan pembiayaan kepada UMKM dan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar mampu memenuhi persyaratan teknis dari perbankan.

"Koordinasi dan kerjasama dengan pihak lain juga akan dilakukan melalui kemitraan strategis, 'counterpart' serta fasilitas dalam rangka pengembangan infrastruktur pendukungnya," kata Darmin.  (ant/ed)

Ketua Umum PPP Dukung Yani Pimpinan KPK

Ketua Umum PPP versi Muktamar Jakarta Djan Faridz menyatakan mendukung penuh mantan Sekretaris Dewan Pakar PPP Ahmad Yani sebagai pimpinan KPK.

Busana Muslim Kasual Tren Lebaran Anak Muda

Perancang busana muslim Indonesia Ria Miranda mengatakan gaya kasual menjadi tren lebaran yang diminati oleh anak muda karena model tersebut dapat dipakai di hari raya Idul Fitri dan acara sehari-hari.

PSSI Larang Anggotanya Mengikuti Piala Kemerdekaan

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melarang anggotanya mengikuti turnamen Piala Kemerdekaan 2015 yang diprakarsai oleh Tim Transisi bentukan Kemenpora.

Nasdem Jatim Anggap PDIP Tak Butuh Koalisi

Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur menganggap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak membutuhkan koalisi untuk mengusung Tri Rismaharini dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya, 9 Desember 2015.

Desa Kerawang Kekurangan Ruang Kelas

Kepala Desa Sungai Krawang, Kecamatan Batu Ampar, Kalbar, Antonia meminta kepada pemkab Kubu Raya untuk meningkatkan fasilitas pendidikan, mengingat masih minimnya ruang kelas yang ada di setiap sekolah yang ada di desa itu.