Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemberian Kredit UMKM Insentif Untuk Perbankan

pemberian kredit, umkm insentif

Posted on 30 Nov 2012. Hits : 336

Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan menilai aturan pemberian kredit kepada UMKM dengan porsi minimal 20 persen secara bertahap lebih bertujuan memberikan insentif kepada perbankan untuk meningkatkan akses pelayanan.

"Itu lebih untuk penerapan insentif atau disinsentif. Tapi apapun regulasi Bank Indonesia jangan sampai membuat perbankan tidak bisa bergerak atau tidak efisien," kata Anton di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, aturan terbaru Bank Indonesia (BI) itu tidak akan membatasi gerak perbankan asing karena setiap bank memiliki pangsa pasar tersendiri dalam menyalurkan kredit.

"Penyaluran kredit itu tergantung segmen, tapi kita lihat nanti saja," katanya.

Saat ini pertumbuhan kredit UMKM tercatat sebesar 21 persen secara tahunan (yoy) per Juni 2012 dengan peningkatan terjadi secara intensif dalam dua bulan terakhir dilakukan oleh bank asing.

BI mewajibkan perbankan menyalurkan kredit untuk UMKM sebesar minimal 20 persen dari total kredit untuk mendorong pertumbuhan pada sektor tersebut.

Menurut Gubernur BI Darmin Nasution, aturan tersebut diberlakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan meningkatkan target kredit produktif.

"Untuk pengaturannya akan kami terbitkan dalam waktu dekat," ujarnya dalam pertemuan perbankan tahunan.

Darmin mengatakan segala kegiatan bantuan teknis akan dilakukan dalam bentuk penelitian, pelatihan, penyediaan informasi dan fasilitas yang disediakan BI.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi SDM perbankan dalam melakukan pembiayaan kepada UMKM dan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar mampu memenuhi persyaratan teknis dari perbankan.

"Koordinasi dan kerjasama dengan pihak lain juga akan dilakukan melalui kemitraan strategis, 'counterpart' serta fasilitas dalam rangka pengembangan infrastruktur pendukungnya," kata Darmin.  (ant/ed)

Astra Agro Lestari Kembangkan Perkebunan Sawit

PT Astra Agro Lestari Tbk mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat seluas 18.

Pemkab Pacu Kreativitas Pelajar Kembangkan Website Sekolah

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya memacu kreativitas pelajar dalam mengembangkan website sekolah masing-masing melalui lomba.

AFFI Dukung Sertifikasi Produk Halal

Executive Vice-President Indonesia Flavor and Fragrance Association (AFFI) Paulus J Rusli mengatakan, penerapan sertifikat halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik MUI telah mendorong produk mereka diterima secara luas di masyarakat.

Bupati Minahasa Apresiasi Dokter Teladan

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow memberikan apresiasi atas prestasi utusan Kabupaten Minahasa sekaligus mewakili Provinsi Sulawesi Utara dr Caroline Prully Saerang yang meraih predikat tenaga kesehatan teladan Puskesmas tingkat nasional tahun 2014.

Roy Hodgson Himbau Pemain Muda Inggris Bermain Di Luar Negeri

Pelatih tim nasional Inggris Roy Hodgson menghimbau kepada para pemain muda internasional untuk bermain di luar negeri dan memperkaya pengalaman sepak bola mereka, daripada hanya duduk di bangku pemain cadangan di klub-klub Liga Utama Inggris yang dipenuhi para pemain asing.