Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemberian Kredit UMKM Insentif Untuk Perbankan

pemberian kredit, umkm insentif

Posted on 30 Nov 2012. Hits : 336

Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan menilai aturan pemberian kredit kepada UMKM dengan porsi minimal 20 persen secara bertahap lebih bertujuan memberikan insentif kepada perbankan untuk meningkatkan akses pelayanan.

"Itu lebih untuk penerapan insentif atau disinsentif. Tapi apapun regulasi Bank Indonesia jangan sampai membuat perbankan tidak bisa bergerak atau tidak efisien," kata Anton di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, aturan terbaru Bank Indonesia (BI) itu tidak akan membatasi gerak perbankan asing karena setiap bank memiliki pangsa pasar tersendiri dalam menyalurkan kredit.

"Penyaluran kredit itu tergantung segmen, tapi kita lihat nanti saja," katanya.

Saat ini pertumbuhan kredit UMKM tercatat sebesar 21 persen secara tahunan (yoy) per Juni 2012 dengan peningkatan terjadi secara intensif dalam dua bulan terakhir dilakukan oleh bank asing.

BI mewajibkan perbankan menyalurkan kredit untuk UMKM sebesar minimal 20 persen dari total kredit untuk mendorong pertumbuhan pada sektor tersebut.

Menurut Gubernur BI Darmin Nasution, aturan tersebut diberlakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan meningkatkan target kredit produktif.

"Untuk pengaturannya akan kami terbitkan dalam waktu dekat," ujarnya dalam pertemuan perbankan tahunan.

Darmin mengatakan segala kegiatan bantuan teknis akan dilakukan dalam bentuk penelitian, pelatihan, penyediaan informasi dan fasilitas yang disediakan BI.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi SDM perbankan dalam melakukan pembiayaan kepada UMKM dan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar mampu memenuhi persyaratan teknis dari perbankan.

"Koordinasi dan kerjasama dengan pihak lain juga akan dilakukan melalui kemitraan strategis, 'counterpart' serta fasilitas dalam rangka pengembangan infrastruktur pendukungnya," kata Darmin.  (ant/ed)

Wisatawan Jakarta Diminta Gunakan Kereta

Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil meminta wisatawan dari Jakarta yang akan menuju Kota Bandung setiap akhir pekan untuk menggunakan kereta api dibandingkan kendaraan pribadi guna mengurangi kemacetan di wilayahnya.

DPR Segera Setujui RUU Perlindungan Anak

Ketua Komisi VIII DPR Ida Fauziyah menyatakan DRI RI akan segera menyetujui penetapan Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Perlindungan Anak menjadi UU sebelum akhir masa tugasnya September 2014 ini.

Pasar di Jakarta Diremajakan Dalam 3 Tahun

Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis memastikan pihaknya akan selesai meremajakan seluruh pasar inpres di DKI Jakarta dalam waktu tiga tahun ke depan.

Bandung Segera Bangun Tiga Jembatan Layang

Kota Bandung akan membangun tiga jalan layang di jalur Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung yang merupakan jalur masuk Kota Kembang yang cukup padat.

Debit Air Sungai Serayu Menyusut

Debit air Sungai Serayu yang melintasi wilayah eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah, menyusut akibat datangnya musim kemarau sehingga aliran air irigasi ke areal persawahan digilir.