Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemberian Kredit UMKM Insentif Untuk Perbankan

pemberian kredit, umkm insentif

Posted on 30 Nov 2012. Hits : 336

Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan menilai aturan pemberian kredit kepada UMKM dengan porsi minimal 20 persen secara bertahap lebih bertujuan memberikan insentif kepada perbankan untuk meningkatkan akses pelayanan.

"Itu lebih untuk penerapan insentif atau disinsentif. Tapi apapun regulasi Bank Indonesia jangan sampai membuat perbankan tidak bisa bergerak atau tidak efisien," kata Anton di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, aturan terbaru Bank Indonesia (BI) itu tidak akan membatasi gerak perbankan asing karena setiap bank memiliki pangsa pasar tersendiri dalam menyalurkan kredit.

"Penyaluran kredit itu tergantung segmen, tapi kita lihat nanti saja," katanya.

Saat ini pertumbuhan kredit UMKM tercatat sebesar 21 persen secara tahunan (yoy) per Juni 2012 dengan peningkatan terjadi secara intensif dalam dua bulan terakhir dilakukan oleh bank asing.

BI mewajibkan perbankan menyalurkan kredit untuk UMKM sebesar minimal 20 persen dari total kredit untuk mendorong pertumbuhan pada sektor tersebut.

Menurut Gubernur BI Darmin Nasution, aturan tersebut diberlakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan meningkatkan target kredit produktif.

"Untuk pengaturannya akan kami terbitkan dalam waktu dekat," ujarnya dalam pertemuan perbankan tahunan.

Darmin mengatakan segala kegiatan bantuan teknis akan dilakukan dalam bentuk penelitian, pelatihan, penyediaan informasi dan fasilitas yang disediakan BI.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi SDM perbankan dalam melakukan pembiayaan kepada UMKM dan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar mampu memenuhi persyaratan teknis dari perbankan.

"Koordinasi dan kerjasama dengan pihak lain juga akan dilakukan melalui kemitraan strategis, 'counterpart' serta fasilitas dalam rangka pengembangan infrastruktur pendukungnya," kata Darmin.  (ant/ed)

DKI Keruk Sungai Secara Swakelola

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan akan terus melakukan pengerukan kali atau sungai yang ada di wilayah ibukota secara swakelola.

Puluhan Aktivis Gelar 'Save KPK'

Puluhan aktivis dan mahasiswa yang tergabung dalam koalisi masyarakat di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar aksi solidaritas "Save KPK".

Dishub: Jangan Mau Bayar Tarif Angkot Lama

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Adizar, menyatakan masyarakat pengguna transportasi umum berhak menuntut pengusaha angkutan umum yang tidak mau menerapkan kebijakan penurunan tarif sebagai bentuk penyesuaian terhadap penurunan harga BBM bersubsidi.

Kehadiran Presiden Korut di KAA Belum Dapat Dipastikan

Sekjen Kementerian Luar Negeri RI Y Kristiarto S Legowo, mengatakan hingga saat ini Kemenlu belum bisa memastikan kehadiran Presiden Korea Utara Kim Jong-un dalam Peringatan Ke-60 Konferensi Asia Afrika, pada April 2015, di Bandung.

Klinik New York Ditutup

Putri almarhum komedian Joan Rivers mengajukan gugatan malpraktik medis terhadap klinik rawat jalan di New York yang merawat artis itu seminggu sebelum kematiannya pada tahun lalu.