Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PDRB DIY Diproyeksikan Tumbuh 5,61 Persen

pdrb, produk domestik regional bruto, bank indonesia diy, yogyakarta

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 2087

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta memproyeksikan Produk Domestik Regional Bruto daerah setempat mengalami pertumbuhan 5,61 persen dengan nilai Rp 24,68 triliun pada 2013.

"Kami optimistis Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang mencerminkan pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta akan tumbuh 5,61 persen tahun ini,"kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Mahdi Mahmudy di Yogyakarta, Selasa.

Dia mengatakan proyeksi tersebut tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini yang diproyeksi 6,4 persen.

Perkiraan tersebut kata dia, lebih besar dibanding proyeksi PDRB DIY tahun 2012 yang mencapai 5,60 persen dengan nilai Rp23,369 triliun.

Menurut Mahdi, pertumbuhan PDRB pada 2012 merupakan pertumbuhan terbaik selama sepuluh tahun terakhir di DIY.

"Proyeksi 2012 sebesar 5,60 persen sudah merupakan angka yang paling menggembirakan selama kurun waktu 10 tahun terakhir di DIY dan tahun ini diharapkan lebih baik lagi,"katanya.

Sementara pertumbuhan PDRB 2013, kata dia, utamanya akan ditunjang dengan semakin bertumbuhnya sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR) yang selama 2012 memberikan kontribusi sebesar Rp4.908 miliar.

"Pertumbuhan PHR yang menggembirakan tahun ini akan semakin mendukung meningkatnya PDRB DIY 2013 yang merupakan sektor yang berkontribusi paling besar pada 2012,"katanya.

Selain itu faktor pendukung lainnya, menurut dia, adalah terjadinya kenaikan upah minimum regional (UMR) serta gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini yang secara tidak langsung akan membawa dampak peningkatan daya beli masyarakat.

Sementara itu, kata dia, untuk sektor pertanian memang turut memberikan kontribusi terhadap PDRB namun cenderung bersifat fluktuatif tergantung musim.

Krisis global di Amerika dan Eropa yang diperkirakan akan sedikit memulih tahun ini, tambah dia, juga akan memberi dampak positif bagi sektor pengusaha furnitur di DIY sehingga juga diprediksi turut mendorong pertumbuhan PDRB DIY tahun ini.(ant/ed)

Wabup Bogor Ajak Warga Dukung Presiden Baru

Wakil Bupati Bogor Nurhayanti mengajak warganya mendukung presiden yang baru sebagai pemimpin menuju bangsa maju, kuat, dan berdaya saing tinggi.

Jokowi Lebaran Perpisahan Di Balaikota

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merayakan Idul Fitri 1435 Hijriah bersama dengan keluarga besar pegawai Pemerintah Provinsi DKI dan DPRD setempat sebelum dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

Trans Kalimantan Poros Selatan Masih Ramai Pemudik

Arus mudik di ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan, khususnya yang melintasi Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, hingga hari raya ini masih terlihat ramai.

Jusuf Kalla Minta Masyarakat Jaga Kedamaian

Calon wakil presiden terpilih sesuai rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jusuf Kalla meminta masyarakat Indonesia untuk menjaga kedamaian dalam merayakan Idul Fitri 1435 H.

Zoelva: Partisipasi Umat Islam Belum Selesai Pascapemilu

Partisipasi umat Islam belum selesai pasca-Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014, kata Prof Dr Hamdan Zoelva dalam khutbahnya usai Shalat Idul Fitri 1435 H di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Senin.