Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PDRB DIY Diproyeksikan Tumbuh 5,61 Persen

pdrb, produk domestik regional bruto, bank indonesia diy, yogyakarta

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 2084

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta memproyeksikan Produk Domestik Regional Bruto daerah setempat mengalami pertumbuhan 5,61 persen dengan nilai Rp 24,68 triliun pada 2013.

"Kami optimistis Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang mencerminkan pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta akan tumbuh 5,61 persen tahun ini,"kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Mahdi Mahmudy di Yogyakarta, Selasa.

Dia mengatakan proyeksi tersebut tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini yang diproyeksi 6,4 persen.

Perkiraan tersebut kata dia, lebih besar dibanding proyeksi PDRB DIY tahun 2012 yang mencapai 5,60 persen dengan nilai Rp23,369 triliun.

Menurut Mahdi, pertumbuhan PDRB pada 2012 merupakan pertumbuhan terbaik selama sepuluh tahun terakhir di DIY.

"Proyeksi 2012 sebesar 5,60 persen sudah merupakan angka yang paling menggembirakan selama kurun waktu 10 tahun terakhir di DIY dan tahun ini diharapkan lebih baik lagi,"katanya.

Sementara pertumbuhan PDRB 2013, kata dia, utamanya akan ditunjang dengan semakin bertumbuhnya sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR) yang selama 2012 memberikan kontribusi sebesar Rp4.908 miliar.

"Pertumbuhan PHR yang menggembirakan tahun ini akan semakin mendukung meningkatnya PDRB DIY 2013 yang merupakan sektor yang berkontribusi paling besar pada 2012,"katanya.

Selain itu faktor pendukung lainnya, menurut dia, adalah terjadinya kenaikan upah minimum regional (UMR) serta gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini yang secara tidak langsung akan membawa dampak peningkatan daya beli masyarakat.

Sementara itu, kata dia, untuk sektor pertanian memang turut memberikan kontribusi terhadap PDRB namun cenderung bersifat fluktuatif tergantung musim.

Krisis global di Amerika dan Eropa yang diperkirakan akan sedikit memulih tahun ini, tambah dia, juga akan memberi dampak positif bagi sektor pengusaha furnitur di DIY sehingga juga diprediksi turut mendorong pertumbuhan PDRB DIY tahun ini.(ant/ed)

Rusia Lepas Tembakan Ukraina

Amerika Serikat Kamis mengatakan pihaknya mempunyai bukti pasukan Rusia melepaskan tembakan artileri dari daerah Rusia ke pasukan Ukraina, dalam apa yang para pejabat sebut satu "peningkatkan nyata" konflik kedua negara itu.

Daging Sapi di Pasar Kualitas Terjamin

Dinas Peternakan Sulawesi Tengah menjamin daging sapi yang dijual di pasar-pasar tradisional di Palu aman untuk dikonsumsi.

Sepeda Motor Dominasi Arus Mudik di Jalinsum

Sepeda motor mendominasi kepadatan arus mudik Lebaran di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) mulai dari Pelabuhan Bakauheni sampai ke Kota Bandarlampung.

Andy Carroll Absen Empat Bulan Karena Cedera

Penyerang West Ham United Andy Carroll menderita robek ligamen pergelangan kaki dan akan absen selama empat bulan.

Harga Bawang di Ambon Normal

Harga bawang yang ditawarkan pedagang di Kota Ambon pada H - 3 menjelang lebaran masih normal meskipun di tingkat distributor mulai bergerak turun.