Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Nilai Tukar Rupiah Lanjutkan Pelemahan

nilai tukar rupiah, kurs, dolar as, rupiah

Posted on 28 May 2013. Hits : 301

Pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa pagi kembali melanjutkan pelemahan ke posisi Rp9.830 per dolar AS didorong oleh pelaku pasar uang yang masih cenderung memburu mata uang "safe haven".

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 32 poin menjadi Rp9.830 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.798 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa kondisi global yang masih melambat perbaikannya mendorong mata uang "safe haven", yakni dolar AS diburu investor sehingga menguatkan nilainya.

"Sentimen positif dari dalam negeri, seperti ekonomi Indonesia yang masih memiliki pertumbuhan terhalangi oleh sentimen dari eksternal sehingga rupiah cenderung negatif," kata dia.

Meski demikian, lanjut dia, adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi diperkirakan dapat menjadi sentimen positif bagi nilai tukar domestik ke depannya.

"Diharapkan naiknya BBM subsidi dapat mengurangi defisit neraca pembayaran Indonesia sehingga ke depan nilai tukar rupiah kembali positif," kata Ruly.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) juga masih menjaga nilai tukar domestik sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengemukakan bahwa nilai tukar rupiah gagal melanjutkan kenaikan dan cenderung melemah setelah merespons positifnya beberapa data-data AS.

"Beberapa data positif AS memberikan sentimen yang baik pula untuk mata uangnya. Namun, di sisi lain, penguatan dolar AS terhalangi dengan penguatan mata uang yen," kata dia. (ant/as)

Pemerintah Harapkan Produksi Blok Cepu Kembali Normal

Pemerintah mengharapkan kegiatan produksi Banyuurip di Blok Cepu, Minggu kembali normal pascakerusuhan pekerja di lapangan yang berlokasi di Bojonegoro, Jatim tersebut, Sabtu.

Peringatan Hari Anak Kepri Dipusatkan Di Kundur

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi Kepulauan Riau dipusatkan di Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun yang direncanakan dibuka Gubernur Muhammad Sani pada Senin (3/8).

DPRD Karimun Berharap Pilkades Serentak Terlaksana 2016

DPRD Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, berharap 29 pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak dapat terlaksana pada 2016 sehingga perlu persiapan pendanaannya.

Perpani Harapkan Prestasi Atlet Berlanjut Di Olimpiade

Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani) berharap prestasi yang diraih atlet panahan Indonesia di Kejuaraan Dunia di Konpenhagen, Denmark, bisa terus berlanjut di Olimpiade Rio de Janeiro Brazil 2016.

Baoming-Pastika Bahas Penerbangan Langsung Bali Hainan

Sekretaris Partai Komunis Tiongkok (PKT) Provinsi Hainan Luo Baoming dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika membahas penerbangan langsung Bali - Hainan, dalam upaya mempererat hubungan kedua provinsi bersaudara (Sister Province).