Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Nilai Tukar Rupiah Lanjutkan Pelemahan

nilai tukar rupiah, kurs, dolar as, rupiah

Posted on 28 May 2013. Hits : 301

Pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa pagi kembali melanjutkan pelemahan ke posisi Rp9.830 per dolar AS didorong oleh pelaku pasar uang yang masih cenderung memburu mata uang "safe haven".

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 32 poin menjadi Rp9.830 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.798 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa kondisi global yang masih melambat perbaikannya mendorong mata uang "safe haven", yakni dolar AS diburu investor sehingga menguatkan nilainya.

"Sentimen positif dari dalam negeri, seperti ekonomi Indonesia yang masih memiliki pertumbuhan terhalangi oleh sentimen dari eksternal sehingga rupiah cenderung negatif," kata dia.

Meski demikian, lanjut dia, adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi diperkirakan dapat menjadi sentimen positif bagi nilai tukar domestik ke depannya.

"Diharapkan naiknya BBM subsidi dapat mengurangi defisit neraca pembayaran Indonesia sehingga ke depan nilai tukar rupiah kembali positif," kata Ruly.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) juga masih menjaga nilai tukar domestik sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengemukakan bahwa nilai tukar rupiah gagal melanjutkan kenaikan dan cenderung melemah setelah merespons positifnya beberapa data-data AS.

"Beberapa data positif AS memberikan sentimen yang baik pula untuk mata uangnya. Namun, di sisi lain, penguatan dolar AS terhalangi dengan penguatan mata uang yen," kata dia. (ant/as)

Nelayan Diminta Waspadai Angin Kencang Perairan Babel

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, meminta agar para nelayan mewaspadai potensi terjadinya angin kencang di sejumlah perairan di daerah ini pada Senin (20/4).

Indonesia Tingkatkan Kemitraan Melalui Grow Asia Forum

Indonesia tingkatkan kemitraan regional melalui Grow Asia Forum yang melibatkan 150 pejabat negara ASEAN, sektor swasta global dan regional, organisasi serta donor internasional, organisasi petani, dan lembaga penelitian akademis.

Reliv Christa Fc Batal Lawan Timnas U-19

Klub Reliv Christa Fc Holandia Papua Indonesia batal uji tanding lawan Timnas U-19 baik di Jayapura atau di Jakarta karena adanya kongres PSSI di Surabaya serta polemik sepak bola di tanah air.

Pekanbaru Akan Gelar O2NS Tingkat Kota

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Pemuda dan Olahragaakan menggelar kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Pekanbaru, tanggal 22 April mendatang.

Papua Barat Apresiasi Pencapaian Piala Rektor Unhas

Pengprov Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia Papua Barat mengapresiasi pencapaian sejumlah atlet pada Kejuaraan Kempo Piala Rektor Unhasse-Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Gedung PKM Universitas Hassanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.