Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Nilai Tukar Rupiah Lanjutkan Pelemahan

nilai tukar rupiah, kurs, dolar as, rupiah

Posted on 28 May 2013. Hits : 301

Pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa pagi kembali melanjutkan pelemahan ke posisi Rp9.830 per dolar AS didorong oleh pelaku pasar uang yang masih cenderung memburu mata uang "safe haven".

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 32 poin menjadi Rp9.830 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.798 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa kondisi global yang masih melambat perbaikannya mendorong mata uang "safe haven", yakni dolar AS diburu investor sehingga menguatkan nilainya.

"Sentimen positif dari dalam negeri, seperti ekonomi Indonesia yang masih memiliki pertumbuhan terhalangi oleh sentimen dari eksternal sehingga rupiah cenderung negatif," kata dia.

Meski demikian, lanjut dia, adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi diperkirakan dapat menjadi sentimen positif bagi nilai tukar domestik ke depannya.

"Diharapkan naiknya BBM subsidi dapat mengurangi defisit neraca pembayaran Indonesia sehingga ke depan nilai tukar rupiah kembali positif," kata Ruly.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) juga masih menjaga nilai tukar domestik sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengemukakan bahwa nilai tukar rupiah gagal melanjutkan kenaikan dan cenderung melemah setelah merespons positifnya beberapa data-data AS.

"Beberapa data positif AS memberikan sentimen yang baik pula untuk mata uangnya. Namun, di sisi lain, penguatan dolar AS terhalangi dengan penguatan mata uang yen," kata dia. (ant/as)

DPRD Riau Belum Tindak Lanjuti Usulan Pemekaran

DPRD Riau menyatakan sampai saat ini belum menindaklanjuti usulan pemekaran Provinsi Riau Pesisir yang termuat dalam peraturan daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019.

'Blue Economy' Dorong Industri Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo, mengemukakan bahwa konsep ekonomi biru atau 'blue economy' menekankan pentingnya pengelolaan laut berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kemakmuran rakyat.

Temanggung Rawan Krisis Air Bersih

Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terancam krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini.

Tarif Listrik Picu Inflasi

Tarif listrik memicu inflasi Jawa Timur pada bulan Agustus 2014 sebesar 0,37 persen karena terjadinya peningkatan tarif 3,89 persen hingga menjadikannya sebagai penyumbang tertinggi terhadap inflasi.

KKP Siapkan SDM Unggul

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan sumber daya manusia unggul yang dapat bersaing di dunia global terutama dalam sektor kelautan dan perikanan.