Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Nilai Tukar Rupiah Lanjutkan Pelemahan

nilai tukar rupiah, kurs, dolar as, rupiah

Posted on 28 May 2013. Hits : 296

Pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa pagi kembali melanjutkan pelemahan ke posisi Rp9.830 per dolar AS didorong oleh pelaku pasar uang yang masih cenderung memburu mata uang "safe haven".

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 32 poin menjadi Rp9.830 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.798 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa kondisi global yang masih melambat perbaikannya mendorong mata uang "safe haven", yakni dolar AS diburu investor sehingga menguatkan nilainya.

"Sentimen positif dari dalam negeri, seperti ekonomi Indonesia yang masih memiliki pertumbuhan terhalangi oleh sentimen dari eksternal sehingga rupiah cenderung negatif," kata dia.

Meski demikian, lanjut dia, adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi diperkirakan dapat menjadi sentimen positif bagi nilai tukar domestik ke depannya.

"Diharapkan naiknya BBM subsidi dapat mengurangi defisit neraca pembayaran Indonesia sehingga ke depan nilai tukar rupiah kembali positif," kata Ruly.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) juga masih menjaga nilai tukar domestik sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengemukakan bahwa nilai tukar rupiah gagal melanjutkan kenaikan dan cenderung melemah setelah merespons positifnya beberapa data-data AS.

"Beberapa data positif AS memberikan sentimen yang baik pula untuk mata uangnya. Namun, di sisi lain, penguatan dolar AS terhalangi dengan penguatan mata uang yen," kata dia. (ant/as)

Imparsial Harap Pelaku Penembak Polisi Di Tangkap

The Indonesian Human Right Monitor (Imparsial) Jakarta berharap kepolisian dapat menangkap pelaku penembak polisi di Tiom, Lanny Jaya, Senin (28/7) hingga menewaskan dua anggota polisi.

Tebu Indonesia Rawan Penyakit SCMV

Pakar bioteknologi dari Universitas Jember, Jawa Timur, Prof Dr Bambang Sugiharto, mengatakan tanaman tebu di Indonesia rawan terhadap penyakit yang disebabkan oleh serangan 'Sugar Cane Mosaic Virus' (SCMV).

Balawisata Pantai Widarapayung Selamatkan Dua Wisatawan Tenggelam

Tim Balawisata Pantai Indah Widarapayung yang tergabung dalam Widara Payung Surfing Club (WPSC) Cilacap, Jawa Tengah, menyelamatkan dua wisatawan yang tenggelam di objek wisata itu.

Candi Borobudur Ramai Pengunjung Membuat Pedagang Raup Untung

Keramaian pengunjung Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hingga Rabu membuat para pedagang berbagai macam cenderamata meraup keuntungan yang lebih besar ketimbang hari biasa.

Keberangkatan Penumpang Di Stasiun Senen Masih Tinggi

jumlah keberangkatan pemudik di Stasiun Pasar Senen Jakarta ke sejumlah daerah tujuan di Pulau Jawa, pada Rabu atau H+1 Lebaran, masih tinggi.