Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Nilai Tukar Rupiah Lanjutkan Pelemahan

nilai tukar rupiah, kurs, dolar as, rupiah

Posted on 28 May 2013. Hits : 301

Pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa pagi kembali melanjutkan pelemahan ke posisi Rp9.830 per dolar AS didorong oleh pelaku pasar uang yang masih cenderung memburu mata uang "safe haven".

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 32 poin menjadi Rp9.830 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.798 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa kondisi global yang masih melambat perbaikannya mendorong mata uang "safe haven", yakni dolar AS diburu investor sehingga menguatkan nilainya.

"Sentimen positif dari dalam negeri, seperti ekonomi Indonesia yang masih memiliki pertumbuhan terhalangi oleh sentimen dari eksternal sehingga rupiah cenderung negatif," kata dia.

Meski demikian, lanjut dia, adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi diperkirakan dapat menjadi sentimen positif bagi nilai tukar domestik ke depannya.

"Diharapkan naiknya BBM subsidi dapat mengurangi defisit neraca pembayaran Indonesia sehingga ke depan nilai tukar rupiah kembali positif," kata Ruly.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) juga masih menjaga nilai tukar domestik sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengemukakan bahwa nilai tukar rupiah gagal melanjutkan kenaikan dan cenderung melemah setelah merespons positifnya beberapa data-data AS.

"Beberapa data positif AS memberikan sentimen yang baik pula untuk mata uangnya. Namun, di sisi lain, penguatan dolar AS terhalangi dengan penguatan mata uang yen," kata dia. (ant/as)

Distan Imbau Petani Ganti Pola Tanam

Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Banten, meminta petani mengganti pola tanam menyusul merebaknya serangan hama wereng batang coklat yang mengakibatkan menurunnya produktivitas pangan.

Warga Timika Takjub Lihat Atraksi Pesawat Sukhoi

Warga Timika, Papua, terkagum-kagum sekaligus takjub menyaksikan atraksi dua pesawat tempur Sukhoi dengan suara meraung-raung saat bermanuver di atas langit Kota Timika, Kamis.

Kenaikan BBM Diduga Campur Tangan Asing

Ketua Pengurus Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Timur Nandar menduga rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ada kepentingan dari pihak asing.

Pemkab Mukomuko Dorong Swasta Bangun Penggilingan Padi

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendorong pihak swasta di daerah itu mendirikan lebih banyak usaha penggilingan padi untuk menampung gabah kering giling petani setempat.

Torres Segera Jadi Warga Anyar San Siro

Chelsea dikabarkan tengah membidik pemain AS Roma, Mattia Destro untuk menajamkan lini depan The Blues menyusul rencana kepergian Fernando Torres ke AC Milan.