Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LPDP KEMENKEU Targetkan 1.455 Penerima Beasiswa

lembaga pengelola dana pendidikan, kementerian keuangan, penerima beasiswa

Posted on 19 May 2013. Hits : 360

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2013 menargetkan 1.455 orang penerima beasiswa untuk jenjang magister dan doktor dari berbagai program studi.

'Saat ini yang mendaftar sekitar 8.900-an, yang memenuhi syarat sekitar 1.900-an, target kami memberangkatkan sekitar 1.500,' ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Badaruddin dalam pemaparan di Bandung, Sabtu.

LPDP merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di Kemenkeu yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan serta menyalurkan hasil pengembangannya dalam bentuk berbagai program pendidikan.

Lembaga yang terbentuk pada 2012 ini memiliki program layanan beasiswa, pendanaan riset dan dana cadangan untuk rehabilitasi fasilitas pendidikan serta pengelolaan dana pengembangan pendidikan nasional (investasi).

Ki Agus mengatakan LPDP akan memberikan beasiswa bagi generasi muda untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, yang saat ini harus ditingkatkan kualitasnya agar tidak kalah bersaing dengan negara lain.

'Kami ingin LPDP ini membentuk atau menghasilkan pemimpin. Syaratnya pemimpin ini punya pendidikan yang baik yaitu S2 dan S3. Kesempatan ini akan diberikan kepada seluruh anak bangsa,' ujarnya.

Saat ini, LPDP memiliki dana kelolaan sebesar Rp15,6 triliun. Lembaga itu menargetkan dana kelolaan sebesar Rp40 triliun dalam beberapa tahun mendatang, dengan target pemberian beasiswa kepada 10.000 orang.

'Kalau uang lembaga ini sudah Rp40 triliun, diharapkan bisa membiayai 10 ribu anak bangsa. Kami harapkan ini terus berkembang,' ujar Ki Agus.

Ia mengatakan LPDP juga menerima bantuan dari lembaga multinasional maupun lembaga donor lain untuk ikut terlibat dalam program pendidikan ini, asalkan bantuan tersebut tidak mengikat secara politik atau lainnya.

Sejak pendaftaran beasiswa dibuka pada pertengahan Maret 2013, total pendaftar untuk program yang ditawarkan LPDP adalah 8.924 orang dengan keseluruhan yang melengkapi dokumen 1.957 orang.(ant/rd)

Dosen Kedokteran Unand Teliti Kanker Payudara

Dokter sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat Aisyah Elliyanti meneliti "Cell Lines" Kanker Payudara.

Ketua DPRD : Kegiatan Reses Harus Didampingi SKPD

Ketua DPRD Kalimantan Timur H Syahrun HS meminta agar setiap kegiatan reses anggota dewan guna menyerap aspirasi masyarakat harus juga didampingi satuan perangkat kerja daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Wali Kota Hendi Targetkan 700 Ribu Suara

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menargetkan perolehan dukungan setidaknya mencapai 700 ribu suara pada Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Semarang 2015.

Sulteng Intensifikasi 24.700 Hektare Kebun Kakao

Dinas Perkebunan Sulawesi Tengah tahun 2015 akan melakukan intensifikasi perkebunan kakao rakyat seluas 24.

Pemkot Sungai Penuh Jambi Majukan Sektor Pariwisata

Pemerintah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi berkomitmen memajukan sektor pariwisata untuk menggaet lebih banyak kunjungan wisatawan ke daerah ini.