Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LPDP KEMENKEU Targetkan 1.455 Penerima Beasiswa

lembaga pengelola dana pendidikan, kementerian keuangan, penerima beasiswa

Posted on 19 May 2013. Hits : 360

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2013 menargetkan 1.455 orang penerima beasiswa untuk jenjang magister dan doktor dari berbagai program studi.

'Saat ini yang mendaftar sekitar 8.900-an, yang memenuhi syarat sekitar 1.900-an, target kami memberangkatkan sekitar 1.500,' ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Badaruddin dalam pemaparan di Bandung, Sabtu.

LPDP merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di Kemenkeu yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan serta menyalurkan hasil pengembangannya dalam bentuk berbagai program pendidikan.

Lembaga yang terbentuk pada 2012 ini memiliki program layanan beasiswa, pendanaan riset dan dana cadangan untuk rehabilitasi fasilitas pendidikan serta pengelolaan dana pengembangan pendidikan nasional (investasi).

Ki Agus mengatakan LPDP akan memberikan beasiswa bagi generasi muda untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, yang saat ini harus ditingkatkan kualitasnya agar tidak kalah bersaing dengan negara lain.

'Kami ingin LPDP ini membentuk atau menghasilkan pemimpin. Syaratnya pemimpin ini punya pendidikan yang baik yaitu S2 dan S3. Kesempatan ini akan diberikan kepada seluruh anak bangsa,' ujarnya.

Saat ini, LPDP memiliki dana kelolaan sebesar Rp15,6 triliun. Lembaga itu menargetkan dana kelolaan sebesar Rp40 triliun dalam beberapa tahun mendatang, dengan target pemberian beasiswa kepada 10.000 orang.

'Kalau uang lembaga ini sudah Rp40 triliun, diharapkan bisa membiayai 10 ribu anak bangsa. Kami harapkan ini terus berkembang,' ujar Ki Agus.

Ia mengatakan LPDP juga menerima bantuan dari lembaga multinasional maupun lembaga donor lain untuk ikut terlibat dalam program pendidikan ini, asalkan bantuan tersebut tidak mengikat secara politik atau lainnya.

Sejak pendaftaran beasiswa dibuka pada pertengahan Maret 2013, total pendaftar untuk program yang ditawarkan LPDP adalah 8.924 orang dengan keseluruhan yang melengkapi dokumen 1.957 orang.(ant/rd)

Gubernur Bengkulu Buka Festival Tabot 2014

Gubernur Provinsi Bengkulu membuka pagelaran Festival Tabot 2014 di daerah itu yang diselenggarakan guna memperingati Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharam 1436 H.

Wali Kota Dan Wakilnya Bantah Pecah 'Kongsi'

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal membantah isu adanya keretakan (pecah kongsi) di antara keduanya.

Partisipasi Masyarakat Tentukan Masa Depan Terumbu Karang

Kepala Balai Taman Nasional Takabonerate, Jusman mengatakan, partisipasi masyarakat menentukan masa depan terumbu karang di negeri ini.

Bekasi Lakukan Efisiensi Listrik PJU

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai melakukan efisiensi listrik dalam penggunaan fasilitas penerangan jalan umum di wilayah setempat.

Khofifah Dikunjungi Guru Spiritualnya Jelang Pengumuman Kabinet

Khofifah Indar Parawansa yang disebut-sebut sebagai calon menteri dikunjungi salah satu guru spiritualnya Gus Edy Lukmanul Karim bin Abdullah Fattah menjelang pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.