Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LPDP KEMENKEU Targetkan 1.455 Penerima Beasiswa

lembaga pengelola dana pendidikan, kementerian keuangan, penerima beasiswa

Posted on 19 May 2013. Hits : 360

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2013 menargetkan 1.455 orang penerima beasiswa untuk jenjang magister dan doktor dari berbagai program studi.

'Saat ini yang mendaftar sekitar 8.900-an, yang memenuhi syarat sekitar 1.900-an, target kami memberangkatkan sekitar 1.500,' ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Badaruddin dalam pemaparan di Bandung, Sabtu.

LPDP merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di Kemenkeu yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan serta menyalurkan hasil pengembangannya dalam bentuk berbagai program pendidikan.

Lembaga yang terbentuk pada 2012 ini memiliki program layanan beasiswa, pendanaan riset dan dana cadangan untuk rehabilitasi fasilitas pendidikan serta pengelolaan dana pengembangan pendidikan nasional (investasi).

Ki Agus mengatakan LPDP akan memberikan beasiswa bagi generasi muda untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, yang saat ini harus ditingkatkan kualitasnya agar tidak kalah bersaing dengan negara lain.

'Kami ingin LPDP ini membentuk atau menghasilkan pemimpin. Syaratnya pemimpin ini punya pendidikan yang baik yaitu S2 dan S3. Kesempatan ini akan diberikan kepada seluruh anak bangsa,' ujarnya.

Saat ini, LPDP memiliki dana kelolaan sebesar Rp15,6 triliun. Lembaga itu menargetkan dana kelolaan sebesar Rp40 triliun dalam beberapa tahun mendatang, dengan target pemberian beasiswa kepada 10.000 orang.

'Kalau uang lembaga ini sudah Rp40 triliun, diharapkan bisa membiayai 10 ribu anak bangsa. Kami harapkan ini terus berkembang,' ujar Ki Agus.

Ia mengatakan LPDP juga menerima bantuan dari lembaga multinasional maupun lembaga donor lain untuk ikut terlibat dalam program pendidikan ini, asalkan bantuan tersebut tidak mengikat secara politik atau lainnya.

Sejak pendaftaran beasiswa dibuka pada pertengahan Maret 2013, total pendaftar untuk program yang ditawarkan LPDP adalah 8.924 orang dengan keseluruhan yang melengkapi dokumen 1.957 orang.(ant/rd)

KNPI-BSMI Beri Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melaksanakan pengobatan gratis untuk pengungsi Rohingya, Myanmar dan Banglades yang di pusatkan di kamp penampungan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Harman Pilih Demokrat Untuk Maju Pilkada Inhu

Harman Harmaini mendaftarkan diri ke Partai Demokrat sebagai salah satu bakal calon Bupati Indragiri Hulu Provinsi Riau guna mengikuti pemilihan kepala daerah pada Desember 2015 mendatang.

Jambi Usulkan Ranperda Perlindungan Sapi Produktif

Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke DPRD Provinsi Jambi tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif guna melindungi sapi dan kerbau usia produktif agar tidak lagi dipotong.

Merangin Jambi Bekerjasama Dengan Kejari Bangko

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi, melakukan kerja sama bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangko guna mewujudkan azas umum pemerintahan yang baik.

Disperindag : Bengkalis Bebas Dari Beras Sintetis

Pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyebutkan daerah itu bebas dari peredaran beras sintetis atau beras berbahan baku plastik.