Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kurs Rupiah Terhadap Ringgit di Nunukan Stabil

nilai tukar, kurs rupiah, ringgit malaysia, nunukan

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 542

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap ringgit Malaysia (RM) hingga pekan kedua Februari 2013 masih tetap stabil bertahan pada kisaran Rp3.300.

Salah seorang spekulan di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Makka, Kamis mengatakan, hingga pekan kedua Februari 2013 ini belum ada perubahan tukaran mata uang rupiah terhadap ringgit maupun sebaliknya.

Hal ini disebabkan, masih stabilnya peredaran mata uang ringgit Malaysia di wilayah itu dan belum nampak membanjirnya tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang kampung halaman, ujarnya.

Makka menambahkan, perubahan nilai tukar biasanya terjadi apabila jumlah TKI yang pulang maupun yang akan berangkat ke Sabah Malaysia mengalami peningkatan.

Sesuai dengan pengamatan dan pengalamannya, dia mengatakan, pada awal tahun seperti ini memang kurs masih tetap stabil.

Ia menegaskan, perubahan nilai tukar akan terjadi sekitar Mei-Juli atau setiap menghadapi tahun ajaran baru karena pada bulan tersebut banyak TKI yang pulang ke kampung halamanya untuk menyekolahkan anak-anaknya.

"Biasanya kalau banyak TKI yang pulang nilai tukar juga mengalami penurunan. Karena banyak ringgit yang masuk di Nunukan," katanya.

Hal yang sama disebutkan spekulan mata uang ringgit lainnya bernama Malik. Ia menyatakan, saat ini nilai tukar masih berkisar Rp3.300 per satu ringgit Malaysia.

"Nilai tukar tidak akan mengalami perubahan hingga akhir April 2013 mendatang kecuali ada pertimbangan dari kalangan spekulan apabila memiliki nilai mata uang jumlahnya cukup besar," katanya.

Menurut Malik, nilai pembelian menurun hingga Rp2.750 dan nilai penjualan sekitar Rp2.550 per satu ringgit Malaysia. (ant/ed)

Pemerintah Diminta Pulangkan TKI Koma Asal Lebak

Pemerintah diminta memulangkan tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, bernama Dede Yeti bin Sulaeman Marhali (56) yang kini koma dan dirawat intensif Rumah Sakit Abdul Azis, Arab Saudi akibat kecelakaan kerja.

APHI : Pencabutan Izin Usaha Timbulkan Dampak Negatif

Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Riau menilai niat pemerintah pusat mencabut izin usaha di sektor kehutanan akan menimbulkan dampak negatif terhadap daerah yang akan menurunkan tingkat kepercayaan dunia terhadap Indonesia.

Menpan-RB Diutus Presiden Tinjau Banjir Di Bandung

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy mengungkapkan dirinya diutus langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meninjau kondisi banjir di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Villarreal Kalahkan Deportivo 3-0

Luciano Vietto menciptakan dua gol pada babak kedua ketika Villarreal, yang harus bermain dengan 10 pemain pada sepuluh menit terakhir, meraih kemenangan 3-0 atas Deportivo La Coruna, untuk naik ke posisi kelima dalam klasemen Liga Spanyol, Minggu.

PKB Sulsel Siapkan Muskerwil

Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Sulawesi Selatan tengah menyiapkan agenda Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil), sebagai tindak lanjut dari penetapan pengurus baru periode 2014-2019.