Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kurs Rupiah Terhadap Ringgit di Nunukan Stabil

nilai tukar, kurs rupiah, ringgit malaysia, nunukan

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 542

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap ringgit Malaysia (RM) hingga pekan kedua Februari 2013 masih tetap stabil bertahan pada kisaran Rp3.300.

Salah seorang spekulan di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Makka, Kamis mengatakan, hingga pekan kedua Februari 2013 ini belum ada perubahan tukaran mata uang rupiah terhadap ringgit maupun sebaliknya.

Hal ini disebabkan, masih stabilnya peredaran mata uang ringgit Malaysia di wilayah itu dan belum nampak membanjirnya tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang kampung halaman, ujarnya.

Makka menambahkan, perubahan nilai tukar biasanya terjadi apabila jumlah TKI yang pulang maupun yang akan berangkat ke Sabah Malaysia mengalami peningkatan.

Sesuai dengan pengamatan dan pengalamannya, dia mengatakan, pada awal tahun seperti ini memang kurs masih tetap stabil.

Ia menegaskan, perubahan nilai tukar akan terjadi sekitar Mei-Juli atau setiap menghadapi tahun ajaran baru karena pada bulan tersebut banyak TKI yang pulang ke kampung halamanya untuk menyekolahkan anak-anaknya.

"Biasanya kalau banyak TKI yang pulang nilai tukar juga mengalami penurunan. Karena banyak ringgit yang masuk di Nunukan," katanya.

Hal yang sama disebutkan spekulan mata uang ringgit lainnya bernama Malik. Ia menyatakan, saat ini nilai tukar masih berkisar Rp3.300 per satu ringgit Malaysia.

"Nilai tukar tidak akan mengalami perubahan hingga akhir April 2013 mendatang kecuali ada pertimbangan dari kalangan spekulan apabila memiliki nilai mata uang jumlahnya cukup besar," katanya.

Menurut Malik, nilai pembelian menurun hingga Rp2.750 dan nilai penjualan sekitar Rp2.550 per satu ringgit Malaysia. (ant/ed)

Pertama Kali Masuk Malaysia Puluhan WNI Ditangkap

Puluhan orang yang dideportasi melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara merupakan warga negara Indonesia yang tertangkap saat pertama kali masuk Negeri Sabah, Malaysia.

Dolar AS Menguat Di Tengah Data Ketenagakerjaan Bervariasi

Kurs dolar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya di New York pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena investor mencerna laporan ketenagakerjaan non pertanian bervariasi dari negara itu.

Ditemukan 15 Kasus DBD Di Kulon Progo

Selama Januari 2016 ditemukan 15 kasus demam berdarah dengue di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan satu diantara penderita meninggal dunia.

Disdikbud Imbau Guru Sertifikasi Tingkatkan Semangat Mengajar

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, mengimbau guru yang sudah menikmati dana tunjangan sertifikasi agar meningkatkan semangat belajar-mengajar dan jangan lagi bermalas-malasan.

Enam WNI Dideportasi Tersangkut Kasus Narkoba

Sebanyak enam orang dari 139 warga negara Indonesia (WNI) yang dideportasi Pemerintah Kerajaan Malaysia melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, karena tersangkut kasus narkoba.