Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kurs Rupiah Terhadap Ringgit di Nunukan Stabil

nilai tukar, kurs rupiah, ringgit malaysia, nunukan

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 542

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap ringgit Malaysia (RM) hingga pekan kedua Februari 2013 masih tetap stabil bertahan pada kisaran Rp3.300.

Salah seorang spekulan di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Makka, Kamis mengatakan, hingga pekan kedua Februari 2013 ini belum ada perubahan tukaran mata uang rupiah terhadap ringgit maupun sebaliknya.

Hal ini disebabkan, masih stabilnya peredaran mata uang ringgit Malaysia di wilayah itu dan belum nampak membanjirnya tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang kampung halaman, ujarnya.

Makka menambahkan, perubahan nilai tukar biasanya terjadi apabila jumlah TKI yang pulang maupun yang akan berangkat ke Sabah Malaysia mengalami peningkatan.

Sesuai dengan pengamatan dan pengalamannya, dia mengatakan, pada awal tahun seperti ini memang kurs masih tetap stabil.

Ia menegaskan, perubahan nilai tukar akan terjadi sekitar Mei-Juli atau setiap menghadapi tahun ajaran baru karena pada bulan tersebut banyak TKI yang pulang ke kampung halamanya untuk menyekolahkan anak-anaknya.

"Biasanya kalau banyak TKI yang pulang nilai tukar juga mengalami penurunan. Karena banyak ringgit yang masuk di Nunukan," katanya.

Hal yang sama disebutkan spekulan mata uang ringgit lainnya bernama Malik. Ia menyatakan, saat ini nilai tukar masih berkisar Rp3.300 per satu ringgit Malaysia.

"Nilai tukar tidak akan mengalami perubahan hingga akhir April 2013 mendatang kecuali ada pertimbangan dari kalangan spekulan apabila memiliki nilai mata uang jumlahnya cukup besar," katanya.

Menurut Malik, nilai pembelian menurun hingga Rp2.750 dan nilai penjualan sekitar Rp2.550 per satu ringgit Malaysia. (ant/ed)

Pertanian Sumbang Surplus Perdagangan

Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan sektor pertanian memberikan sumbangan surplus dalam neraca perdagangan nasional sebanyak 17-20 miliar dolar AS.

Diskop Bubarkan Koperasi Tak Sehat

Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) akan membubarkan koperasi yang tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama tiga tahun berturut-turut.

Petugas WHO Terjangkit Ebola

Seorang petugas dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang tertular Ebola di Sierra Leone akan diterbangkan ke kota Hamburg di Jerman untuk menjalani perawatan, kata seorang juru bicara di kota tersebut.

Menag Lukman Layak Dipertahankan

Aktivis penggerak manusia merdeka dan setara Benny Soesetyo menilai Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin layak untuk dipertahankan pada kabinet di bawah kepemimpinan presiden-wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla.

KSPI Inginkan Mensos Diisi Kalangan Profesional

Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia (KSPI) menginginkan Menteri Sosial pada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dijabat dari kalangan profesional.