Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kurs Rupiah Terhadap Ringgit di Nunukan Stabil

nilai tukar, kurs rupiah, ringgit malaysia, nunukan

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 542

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap ringgit Malaysia (RM) hingga pekan kedua Februari 2013 masih tetap stabil bertahan pada kisaran Rp3.300.

Salah seorang spekulan di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Makka, Kamis mengatakan, hingga pekan kedua Februari 2013 ini belum ada perubahan tukaran mata uang rupiah terhadap ringgit maupun sebaliknya.

Hal ini disebabkan, masih stabilnya peredaran mata uang ringgit Malaysia di wilayah itu dan belum nampak membanjirnya tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang kampung halaman, ujarnya.

Makka menambahkan, perubahan nilai tukar biasanya terjadi apabila jumlah TKI yang pulang maupun yang akan berangkat ke Sabah Malaysia mengalami peningkatan.

Sesuai dengan pengamatan dan pengalamannya, dia mengatakan, pada awal tahun seperti ini memang kurs masih tetap stabil.

Ia menegaskan, perubahan nilai tukar akan terjadi sekitar Mei-Juli atau setiap menghadapi tahun ajaran baru karena pada bulan tersebut banyak TKI yang pulang ke kampung halamanya untuk menyekolahkan anak-anaknya.

"Biasanya kalau banyak TKI yang pulang nilai tukar juga mengalami penurunan. Karena banyak ringgit yang masuk di Nunukan," katanya.

Hal yang sama disebutkan spekulan mata uang ringgit lainnya bernama Malik. Ia menyatakan, saat ini nilai tukar masih berkisar Rp3.300 per satu ringgit Malaysia.

"Nilai tukar tidak akan mengalami perubahan hingga akhir April 2013 mendatang kecuali ada pertimbangan dari kalangan spekulan apabila memiliki nilai mata uang jumlahnya cukup besar," katanya.

Menurut Malik, nilai pembelian menurun hingga Rp2.750 dan nilai penjualan sekitar Rp2.550 per satu ringgit Malaysia. (ant/ed)

Kabut Asap Tunda Enam Penerbangan Di Banjarmasin

Kabut asap cukup tebal yang menyelimuti Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menunda enam penerbangan yang telah dijadwalkan otoritas bandara.

Karang Taruna Diharapkan Bentuk Karakter Generasi Muda

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Tomohon, Sulawesi Utara, Truusje Kaunang mengharapkan karang taruna membentuk karakter generasi muda melalui cipta, rasa, karsa dan karya di bidang kesejahteraan sosial.

Dewan Meminta Pemkab Mendata UMKM Untuk Pembinaan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta pemerintah setempat mendata usaha mikro, kecil, dan menengah untuk pembinaan.

Sultan Buton Beri Gelar 'Laode' Gubernur Leju

Sultan Buton Ke-40 La Ode Izat Manarfa memberikan gelar 'Laode' kepada Gubernur Jeju, Korea Selatan, Wong Hee-ryong.

Dubes-Dirjen Kebudayaan Buka Jerman Fest 2015

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel dan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Kacung Marijan secara resmi membuka gelaran parade kebudayaan Jerman atau "Jerman Fest" di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Sabtu malam.