Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

Legislator Harap Pemkot Tidak Persulit IMB

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengharapkan pemerintah kota setempat tidak mempersulit masyarakat dalam mengurus izin mendirikan bangunan di daerah setempat.

DPRD Rencanakan Buat Regulasi Perlindungan Batu Alam

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merencanakan pembuatan regulasi untuk perlindungan terhadap potensi batu alam di daerah itu dari aktivitas penambangan secara ilegal.

Pemkab Taliabu Gandeng Unsrat Kembangkan Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) menggandeng Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu yang belum tergarap secara maksimal.

Menhub Akan Tinjau Pembangunan Pelabuhan Belang-Belang

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan bertandang ke Mamuju, ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, guna meninjau progres pelaksanaan pembangunan kawasan Pelabuhan Belang-Belang.

Sekda Aceh : Dana Otsus Bermanfaat Jangka Panjang

Sekretaris Daerah Provinsi Aceh Dermawan meminta agar penggunaan dana otonomi khusus serta dana bagi hasil minyak dan gas (Migas) di wilayahnya bersifat produktif dan bermanfaat untuk jangka panjang.