Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

STIKOM Buka Puasa Bersama 107 Anak Yatim

Sekolah Tinggi Informatika dan Tehnik Komputer (Stikom) Bali bekerja sama dengan Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) setempat mengadakan buka puasa bersama dengan 107 anak yatim dan dhuafa di kampus setempat.

Musyawarah Cabang PWI Sulut 24 Juli 2015

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sulawesi Utara (Sulut) Jootje Kumajas mengatakan, pelaksanaan musyawarah cabang (Muscab) PWI akan dilaksanakan 23-24 Juli 2015 di Manado.

DPRD Bone Bolango Harapkan Sentra Lumbung Pangan

DPRD Kabupaten Bone Bolango, berharap daerah itu bisa dijadikan sentra lumbung pangan, karena merupakan wilayah pertanian yang cukup besar di Provinsi Gorontalo.

Kodim-Masyarakat Bersihkan Jalan Trans Papua

Komando Distrik Militer (Kodim) 1711/Boven Digul menggelar serbuan teritorial karya bhakti bersama masyarakat dengan membersihkan kiri kanan jalan sepanjang jalur Jalan Trans Papua.

Pemkab Bone Bolango Programkan Bantuan BBR-HP

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah programkan bantuan Bahan Bangunan Rumah untuk Hunian Pantas (BBR-HP) kepada sejumlah warga kurang mampu di tahun 2015.