Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

Fadli Zon Sebut KMP Belum Ditawari Menteri

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan hingga saat ini Presiden Joko Widodo belum memberikan tawaran kepada partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih untuk menduduki jabatan menteri.

PLN Sarankan Pelanggan Gunakan Kwh Meter Prabayar

Manajemen PT PLN Rayon Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyarankan pelanggannya menggunakan KWH meter dengan sistem prabayar.

Muspida Bekasi Imbau Buruh Tertib 'May Day'

Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengimbau kalangan buruh di wilayah setempat berlaku tertib dalam menjalankan perayaan Hari Buruh International 1 Mei 2015.

Balon Bupati Nasdem Konawe Selatan Tujuh Orang

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah menetapkan tujuh bakal calon (balon) bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang akan disurvei untuk diusung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) akhir tahun 2015.

Warga Bengkulu Keluhkan Buruknya Kondisi Transportasi Umum

Masyarakat Kota Bengkulu mengeluhkan buruknya kondisi sektor transportasi umum, keadaan itu juga diperparah dengan kondisi perekonomian kekinian.