Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

Arema Hentikan Berburu Pemain Asing

Manajemen Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, menghentikan perburuannya untuk mendapatkan pemain asing karena kuota tiga pemain sudah terisi dan dipastikan bergabung dengan Singo Edan pada musim kompetisi 2015.

Pemain Korea Kunci Kemenangan Swansea

Gol yang dicetak pemain Korea Ki Sung-yueng pada babak pertama mengakhiri dua kekalahan beruntun Swansea, ketika mereka menang 1-0 atas Hull pada laga liga utama Inggris, Sabtu.

DPRD Kalsel Sosialisasikan Peraturan Pertanahan

Komisi I (Bidang Hukum dan Pemerintahan) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyosialisasikan peraturan yang berkaitan dengan pertanahan.

Roma Ditahan Imbang AC Milan

AC Milan memberikan hasil imbang di kandang sendiri untuk pertama kalinya bagi AS Roma di musim ini, untuk membuat pasukan Rudi Garcia tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen Juventus pada Sabtu (Minggu WIB).

Pertanian Lampung Timur Didominasi Tanaman Pangan

Budidaya komoditas pertanian di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung masih didominasi subsektor tanaman pangan, karena didukung kondisi lahan di daerah ini.