Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

Yayasan Wisnu Gelar Festival Nusantara Di Kintamani

Yayasan Wisnu, sebuah lembaga nirlaba yang bergerak dalam pengelolaan sumberdaya komunitas bekerja sama dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) menggelar Nusantara Festival berlokasi di sekitaran Danau Batur, Kabupaten Bangli, Bali, 8-17 Agustus 2015.

Lebih 7.000 Pengungsi Hadapi Kelaparan Di Sudan Selatan

Sebanyak 7.600 keluarga yang kehilangan tempat tinggal di Negara Bagian Upper Nile di Sudan Selatan menghadapi kelaparan setelah bantuan kemanusiaan habis pada Mei, demikian laporan Radio Tamazuj pada Selasa (4/8).

Remaja Israel Tewas Akibat Gelombang Panas

Seorang remaja Israel tewas dan beberapa orang lagi menderita beberapa tingkat hypertemia dan dehidrasi akibat gelombang panas, kata bagian gawat darurat rumah sakit dalam satu pernyataan.

Pemkot Lhokseumawe Mutasi PNS Untuk Tingkatkan Kinerja

Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, meminta kepada PNS untuk lebih disiplin dan meningkatkan kinerjanya dengan baik, sebagai wujud menjadi aparatur negara yang baik dan bertanggung jawab.

Bupati Lebak Berharap Koperasi Dorong Ekonomi Kreatif

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengharapkan lembaga koperasi yang dikelola masyarakat dapat menumbuhkan ekonomi kreatif sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi juga penyerapan lapangan pekerjaan di daerah itu.