Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

Wabup Lombok Tengah Akan Kembali Menjadi PNS

Wakil Bupati Lombok Tengah H Normal Suzana akan kembali mengabdi sebagai pegawai negeri sipil jika tidak digandeng lagi oleh Bupati H Suhaili FT, dalam pemilihan umum kepala daerah yang rencana digelar 2015.

Kofi Annan Ke Kuba Untuk Dorong Perundingan Kolombia-Pemberontak

Mantan sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan pada Kamis tiba di Kuba dalam rangka mendorong para perunding dari pemerintah Kolombia serta gerilyawan sayap kiri FARC untuk menetapkan perjanjian perdamaian yang terhambat.

Perbakin Sulut Programkan Kejuaraan Secara Rutin

Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Sulawesi Utara (Sulut) memprogramkan pelaksanaan kejuaraan yang digelar secara rutin guna mencari bibit-bibit muda potensial pada cabang olahraga itu.

BNN Maluku Upayakan Pembangunan IPWL Di Tual

Badan Narkotika Nasional (BNN) Maluku sedang mengupayakan pembangunan Institut Penerima Wajib Lapor (IPWL) narkoba di Kota Tual, untuk mendukung rehabilitasi gratis 1.

BEI Akan Luncurkan Produk Derivatif Pada 2015

Bursa Efek Indonesia akan kembali meluncurkan produk derivatif sebagai salah satu cara meramaikan pasar modal pada 2015.