Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Anggaran Kementerian/lembaga 2014 Melebihi Rp540 Triliun

anggaran belanja, resource envelope

Posted on 12 Mar 2013. Hits : 269

Anggaran belanja untuk kementerian/ lembaga pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2014 diperkirakan mencapai lebih dari Rp540 triliun, kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

"Nantinya tentu belanja K/L dalam APBN 2014 akan lebih tinggi dari Rp540 triliun," kata Agus di Jakarta, Senin.

Menurut dia, akan ada sejumlah anggaran untuk kementerian/lembaga yang tidak dimasukkan ke dalam persediaan anggaran (resource envelope). "Itu tujuannya agar anggarannya benar-benar akan tersedia," katanya.

Terkait hal ini, Kementerian Keuangan sedang berkoordinasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). "Sekarang resource envelope-nya sedang dalam finalisasi dan ini yang kami confirm bersama dengan Bappenas," katanya.

Anggaran khusus tersebut akan disampaikan Presiden dalam bentuk nota keuangan kepada DPR pada 16 Agustus 2013.

"Nanti pada saat nota keuangan, Presiden akan menyampaikan anggaran khusus itu kepada DPR. Namun anggaran itu tidak dimasukkan ke dalam resource envelope untuk meyakinkan bahwa untuk anggaran tersebut tersedia," katanya.

Sementara anggaran khusus tersebut di antaranya digunakan untuk pemilu, belanja kenaikan gaji pegawai, dan untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).(ant/rd)

PASI Harapkan Satu Organisasi Olahraga

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohammad Hasan mengharapkan hanya ada satu induk organisasi keolahragaan yang mengurusi cabang-cabang olahraga di Indonesia.

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.

Uranium Sulbar Tidak Dikomersialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan kandungan uranium yang terdapat di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tidak akan dibuat menjadi komersial tetapi untuk pembangunan bangsa ini.

Pemerintah Akan Perkuat Sistem Logistik Nasional

Pemerintahan Indonesia akan mengoptimalkan penerapan sistem logistik nasional untuk meningkatkan industri logistik Tanah Air, kata Asisten Deputi Fasilitas Sistem Logistik dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza.

KRKP Berharap Pemerintah Lirik Kedelai Edamame

Pemerintah diharapkan dapat melirik produksi kedelai edamame, pasalnya komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi petaninya, kata Manager Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah.