Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Anggaran Kementerian/lembaga 2014 Melebihi Rp540 Triliun

anggaran belanja, resource envelope

Posted on 12 Mar 2013. Hits : 269

Anggaran belanja untuk kementerian/ lembaga pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2014 diperkirakan mencapai lebih dari Rp540 triliun, kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

"Nantinya tentu belanja K/L dalam APBN 2014 akan lebih tinggi dari Rp540 triliun," kata Agus di Jakarta, Senin.

Menurut dia, akan ada sejumlah anggaran untuk kementerian/lembaga yang tidak dimasukkan ke dalam persediaan anggaran (resource envelope). "Itu tujuannya agar anggarannya benar-benar akan tersedia," katanya.

Terkait hal ini, Kementerian Keuangan sedang berkoordinasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). "Sekarang resource envelope-nya sedang dalam finalisasi dan ini yang kami confirm bersama dengan Bappenas," katanya.

Anggaran khusus tersebut akan disampaikan Presiden dalam bentuk nota keuangan kepada DPR pada 16 Agustus 2013.

"Nanti pada saat nota keuangan, Presiden akan menyampaikan anggaran khusus itu kepada DPR. Namun anggaran itu tidak dimasukkan ke dalam resource envelope untuk meyakinkan bahwa untuk anggaran tersebut tersedia," katanya.

Sementara anggaran khusus tersebut di antaranya digunakan untuk pemilu, belanja kenaikan gaji pegawai, dan untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).(ant/rd)

Petani Harap Harga Vanili Tetap Bertahan

Petani di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berharap harga vanili di daerah tersebut tetap bertahan di level Rp300.

Dinkes Pangkalpinang Lakukan Fogging

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), melakukan "fogging" (pengasapan) di lima kelurahan seiring ditemukannya kasus demam berdarah dengue (DBD) di daerah itu.

Pemberantasan Pencurian Ikan Jangan Hanya Aspek Keamanan

Pemberantasan tindak pidana pencurian ikan di kawasan perairan Indonesia jangan hanya menekankan kepada aspek keamanan tetapi juga mesti disertai pemberdayaan serta modernisasi nelayan di Tanah Air.

Puluhan Kecamatan di Bogor Rawan Bencana

Pelaksana Tugas Bupati Bogor, Nurhayanti memastikan 23 kecamatan dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat masuk ke zona rawan bencana longsor dan banjir.

Komunitas Banten Targetkan Tanam 10.000 Batang Bambu

Komunitas Banten Kreatif atau "Banten Creative Community" (BCC) menargetkan menanam sebanyak 10.