Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Anggaran Kementerian/lembaga 2014 Melebihi Rp540 Triliun

anggaran belanja, resource envelope

Posted on 12 Mar 2013. Hits : 269

Anggaran belanja untuk kementerian/ lembaga pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2014 diperkirakan mencapai lebih dari Rp540 triliun, kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

"Nantinya tentu belanja K/L dalam APBN 2014 akan lebih tinggi dari Rp540 triliun," kata Agus di Jakarta, Senin.

Menurut dia, akan ada sejumlah anggaran untuk kementerian/lembaga yang tidak dimasukkan ke dalam persediaan anggaran (resource envelope). "Itu tujuannya agar anggarannya benar-benar akan tersedia," katanya.

Terkait hal ini, Kementerian Keuangan sedang berkoordinasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). "Sekarang resource envelope-nya sedang dalam finalisasi dan ini yang kami confirm bersama dengan Bappenas," katanya.

Anggaran khusus tersebut akan disampaikan Presiden dalam bentuk nota keuangan kepada DPR pada 16 Agustus 2013.

"Nanti pada saat nota keuangan, Presiden akan menyampaikan anggaran khusus itu kepada DPR. Namun anggaran itu tidak dimasukkan ke dalam resource envelope untuk meyakinkan bahwa untuk anggaran tersebut tersedia," katanya.

Sementara anggaran khusus tersebut di antaranya digunakan untuk pemilu, belanja kenaikan gaji pegawai, dan untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).(ant/rd)

Kabut Asap di Kalteng Makin Parah

Kabut asap akibat kebakaran lahan semakin parah sehingga dikeluhkan masyarakat Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, karena sudah sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas rutin mereka.

Batam Tawarkan Wisata Memancing dan Menyelam

Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menawarkan wisata memancing dan menyelam dalam Batam Fishing Diving and Sport Toursim (BFST) di Pulau Abang, 18-19 Oktober 2014.

Edukasi Asuransi ke Mahasiswa Kembangkan Pasar

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Hendrisman Rahim mengatakan sosialisasi maupun edukasi asuransi kepada mahasiswa dapat mengembangkan pasar Indonesia yang relatif masih rendah.

Pekerja Freeport Dirikan Tenda di Tengah Jalan

Aksi massa seribuan pekerja di kawasan tambang PT Freeport Indonesia yang berlangsung di ruas jalan mile 72 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, masih terus berlanjut, bahkan pendemo mendirikan tenda di tengah jalan utama menuju tambang.

Permintaan Hewan Kurban di Jaksel Turun

Permintaan hewan kurban di Jakarta Selatan (Jaksel), menurun seiring harga hewan kurban tersebut mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah.