Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Yogyakarta Tambah Ruang Terbuka Hijau

yogyakarta, ruang hijau, kulon progo

Posted on 06 Nov 2012. Hits : 286

Yogyakarta akan menambah ruang terbuka hijau seluas 5.000 meter persegi yang berada di dekat bantaran Sungai Gadjah Wong dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

"Ruang terbuka hijau ini bisa dimanfaatkan warga untuk melakukan sosialisasi dan interaksi karena masalah yang selalu dihadapi oleh perkotaan, adalah kurangnya ruang untuk sosialisasi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan (PUP) dan ESDM DIY Rani Sjamsinarsi di sela-sela penanaman pohon untuk memulai pembangunan taman pada ruang terbuka hijau yang berada di Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta, Selasa.

Pembangunan ruang terbuka hijau di Pandeyan tersebut menggunakan dana dari Kementerian Pekerjaan Umum melalui Dinas PUP dan ESDM sebesar Rp800 juta.

Ia mengatakan, selain di Kota Yogyakarta, pembangunan ruang terbuka hijau juga dilakukan di Kabupaten Kulon Progo.

"Tugas dari Pemerintah DIY adalah mendorong pemerintah kabupaten dan kota untuk terus mengembangkan wilayahnya melalui pemberdayaan masyarakat seperti yang dilakukan saat ini," katanya.

Pemerintah kabupaten/kota, lanjut dia, perlu terus memiliki komitmen untuk pengembangan wilayah, termasuk pembangunan di kawasan sungai.

"Jika tidak punya dana, maka ajukan ke Pemerintah DIY. Nanti kami akan bantu untuk mencarikan pendanaannya, apakah itu dari DIY atau dana dari pusat," katanya.

Ia juga berencana bertemu dengan Dirjen Sumber Daya Air untuk membahas rencana pembangunan sungai sehingga bisa terintegrasi dengan pembangunan di sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad mengatakan, ruang terbuka hijau privat di Kota Yogyakarta sudah melebihi target nasional, yaitu 14,4 persen dari target 12 persen.

"Namun, untuk ruang terbuka hijau publik masih belum memenuhi target karena baru mencapai 17,7 persen dari target 20 persen," katanya.

Edy mengatakan, pembangunan ruang terbuka hijau di Pandeyan tersebut merupakan usulan dari warga sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan kawasan sungai.

Kota Yogyakarta dialiri tiga sungai, yaitu Code, Gadjah Wong dan Winongo. Dua sungai yaitu Winongo dan Gadjah Wong sudah memiliki forum komunikasi sebagai sebuah lembaga di masyarakat.

"Kini yang perlu dilakukan adalah penguatan kelembagaan untuk Sungai Code karena baru ada di bagian utara saja. Diharapkan ada sebuah forum komunikasi masyarakat di sungai ini," katanya.

Secara bertahap, Edy mengataka, akan terus bergerak untuk menambah ruang publik dan ruang terbuka hijau di wilayah Kota Yogyakarta.(ant/ev)

Budaya Indonesia Tarik Perhatian Di Best Belanda

Pagelaran Festival Budaya Indonesia berupa pameran foto, membaca buku cerita rakyat, workshop angklung, pencak silat, poco-poco, memasak makanan, dan tarian tradisional Indonesia menarik perhatian masyarakat di Kota Best Belanda.

Pelajar Indonesia Promosi Kuliner Di Istanbul

Para pelajar Indonesia yang tergabung dalamPerhimpunan Pelajar Indonesia Istanbul di Turki dalam Program Endonezya Yemek Günü (Hari Makanan Indonesia) berupaya mempromosikan kuliner Indonesia di Negeri Seribu Menara ini.

Lebanon Rasakan Manfaat Kehadiran Kontingen Garuda

Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri menyatakan, kehadiran Kontingen Garuda yang tergabung dalam Pasukan Penjaga Perdamaian PBB (United Nations Interim Force in Lebanon/ UNIFIL) bermafaat bagi warga setempat.

BNN : Korban Narkoba Sumut Hingga Murid SD

Kepala Badan Narkotika Nasional Sumatera Utara Andi Ludianto mengakui bahwa penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya atau narkoba di daerah itu trennya meningkat bahkan sudah sampai ke anak-anak sekolah dasar.

Kebutuhan Solar PLTD Penajam Capai 1.200 Ton

Kebutuhan solar pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Girimukti, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, rata-rata mencapai 1.