Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Yogyakarta Tambah Ruang Terbuka Hijau

yogyakarta, ruang hijau, kulon progo

Posted on 06 Nov 2012. Hits : 286

Yogyakarta akan menambah ruang terbuka hijau seluas 5.000 meter persegi yang berada di dekat bantaran Sungai Gadjah Wong dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

"Ruang terbuka hijau ini bisa dimanfaatkan warga untuk melakukan sosialisasi dan interaksi karena masalah yang selalu dihadapi oleh perkotaan, adalah kurangnya ruang untuk sosialisasi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan (PUP) dan ESDM DIY Rani Sjamsinarsi di sela-sela penanaman pohon untuk memulai pembangunan taman pada ruang terbuka hijau yang berada di Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta, Selasa.

Pembangunan ruang terbuka hijau di Pandeyan tersebut menggunakan dana dari Kementerian Pekerjaan Umum melalui Dinas PUP dan ESDM sebesar Rp800 juta.

Ia mengatakan, selain di Kota Yogyakarta, pembangunan ruang terbuka hijau juga dilakukan di Kabupaten Kulon Progo.

"Tugas dari Pemerintah DIY adalah mendorong pemerintah kabupaten dan kota untuk terus mengembangkan wilayahnya melalui pemberdayaan masyarakat seperti yang dilakukan saat ini," katanya.

Pemerintah kabupaten/kota, lanjut dia, perlu terus memiliki komitmen untuk pengembangan wilayah, termasuk pembangunan di kawasan sungai.

"Jika tidak punya dana, maka ajukan ke Pemerintah DIY. Nanti kami akan bantu untuk mencarikan pendanaannya, apakah itu dari DIY atau dana dari pusat," katanya.

Ia juga berencana bertemu dengan Dirjen Sumber Daya Air untuk membahas rencana pembangunan sungai sehingga bisa terintegrasi dengan pembangunan di sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad mengatakan, ruang terbuka hijau privat di Kota Yogyakarta sudah melebihi target nasional, yaitu 14,4 persen dari target 12 persen.

"Namun, untuk ruang terbuka hijau publik masih belum memenuhi target karena baru mencapai 17,7 persen dari target 20 persen," katanya.

Edy mengatakan, pembangunan ruang terbuka hijau di Pandeyan tersebut merupakan usulan dari warga sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan kawasan sungai.

Kota Yogyakarta dialiri tiga sungai, yaitu Code, Gadjah Wong dan Winongo. Dua sungai yaitu Winongo dan Gadjah Wong sudah memiliki forum komunikasi sebagai sebuah lembaga di masyarakat.

"Kini yang perlu dilakukan adalah penguatan kelembagaan untuk Sungai Code karena baru ada di bagian utara saja. Diharapkan ada sebuah forum komunikasi masyarakat di sungai ini," katanya.

Secara bertahap, Edy mengataka, akan terus bergerak untuk menambah ruang publik dan ruang terbuka hijau di wilayah Kota Yogyakarta.(ant/ev)

Pelindo II Terbitkan Obligasi 1 Miliar Dolar

PT Pelindo II (Persero) berencana menerbitkan surat utang (obligasi) senilai 1 miliar dolar AS atau setara dengan sekitar Rp12 triliun yang akan direalisasikan pada akhir kuartal I 2015.

Kampung Konservasi Diharapkan Jaga Ekosistem Taman Nasional

Model kampung konservasi yang diterapkan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan pengelolah Taman Nasional Halimun Salak diharapkan dapat membantu menjaga ekosistem taman nasional tersebut.

Bangka Barat Tingkatkan Kualitas Produksi Ikan Olahan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kualitas produk olahan ikan yang digeluti masyarakat pesisir di daerah itu.

Generasi Muda Diharapkan Majukan Industri Kreatif

Musisi senior Tohpati mengharapkan generasi muda terus mengembangkan industri kreatif di Indonesia dengan cara terus berkreasi di berbagai ajang.

KAI Berlakukan Tiket Thermal 1 November

PT KAI Daop II Bandung akan memberlakukan tiket Thermal atau tiket jenis baru khusus bagi penumpang KA jarak dekat mulai 1 November 2014.