Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Warga Bener Meriah Mengungsi

ratusan warga, mengungsi ke kawasan pondok baru, isu gunung burni telong akan meletus

Posted on 03 Jul 2013. Hits : 237

Ratusan warga terpaksa mengungsi ke kawasan Pondok Baru, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, karena ada isu Gunung Burni Telong akan meletus.

Suroto, relawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu dini hari menyatakan, warga dengan menggunakan kenderaan roda dua dan empat berduyun-duyun menuju Pondok Baru yang berjarak sekitar 6 Km dari kampung mereka.

Dikatakan, ratusan warga terpaksa mengungsi, karena isu beredar bahwa pada Rabu dini hari pukul 01.00 WIB, Gunung Burni Telong akan meletus, karena sumber air panas sudah tersumbat akibat gempa.

'Mendapat isu tersebut masyarakat panik, puncaknya saat terjadi gempa susulan pada pukul 21.00 WIB, sehingga masyarakat yang berada di sekitar Gunung Burni Telong mengungsi karena takut,' ujarnya.

Isu tersebut tersebar luas ke masyarakat melalui hand phone. Isu tersebut tidak hanya warga Bener Meriah tapi juga ke seluruh Aceh.

Warga yang mengungsi tersebut dari Kecamatan Lampahan, Simpang Tiga, Bukit, Timang Gajah dan Weih Pesan. Daerah tersebut berdekatan dengan Gunung Burni Telong.

Sementara laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa isu akan meletusnya Gunung Burni Telong adalah tidak benar.

Gempa bumi pertama berkekuatan 6,2 SR yang terjadi pukul 14.37 WIB berpusat di 4,70 lintang utara dan 96,61 bujur timur atau 35 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Akibat gempa tersebut dilaporkan ratusan rumah di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah mengalami rusak parah.

Data lengkap jumlah rumah warga yang rusak belum diketahui, karena kondisi di daerah yang berhawa dingin itu masih terjadi gempa susulan, sehingga pemerintah masih fokus untuk menolong warga.(ant/rd)

Harapan United Ke Empat Besar Memudar

Louis van Gaal mengakui bahwa Manchester United mungkin perlu menjuarai Liga Europa untuk dapat lolos ke Liga Champions, setelah mereka kalah 1-2 di markas Sunderland pada Sabtu.

Ribery Siap Kembali Perkuat Bayern Di Augsburg

Franck Ribery tampaknya akan mengakhiri absennya akibat cedera pada musim ini setelah dimasukkan dalam skuad Bayern Munich untuk laga Bundesliga di Augsburg, Minggu.

Barito Putra Mulai Berburu Pemain

Tim sepak bola PS Barito Putra mulai berburu pemain untuk menghadapi kompetisi Indonesia Super Competition (ISC) 2016 yang digagas PT Liga Indonesia.

Real Terus Tempel Barca Dengan Kemenangan Atas Athletic

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol ketika Real Madrid menang 4-2 atas Athletic Bilbao dalam pertandingan menegangkan di Bernabeu, untuk memangkas jarak dengan pemuncak klasemen Barcelona menjadi satu angka di Liga Spanyol pada Sabtu.

Mkhitaryan Amankan Kemenangan Dortmund Atas Hanover

Gol Henrikh Mkhitaryan pada babak kedua mengamankan kemenangan 1-0 Borussia Dortmund atas Hanover 96 pada Sabtu, untuk memangkas keunggulan Bayern Munich di puncak klasemen Liga Jerman menjadi lima angka.