Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Warga Bener Meriah Mengungsi

ratusan warga, mengungsi ke kawasan pondok baru, isu gunung burni telong akan meletus

Posted on 03 Jul 2013. Hits : 237

Ratusan warga terpaksa mengungsi ke kawasan Pondok Baru, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, karena ada isu Gunung Burni Telong akan meletus.

Suroto, relawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu dini hari menyatakan, warga dengan menggunakan kenderaan roda dua dan empat berduyun-duyun menuju Pondok Baru yang berjarak sekitar 6 Km dari kampung mereka.

Dikatakan, ratusan warga terpaksa mengungsi, karena isu beredar bahwa pada Rabu dini hari pukul 01.00 WIB, Gunung Burni Telong akan meletus, karena sumber air panas sudah tersumbat akibat gempa.

'Mendapat isu tersebut masyarakat panik, puncaknya saat terjadi gempa susulan pada pukul 21.00 WIB, sehingga masyarakat yang berada di sekitar Gunung Burni Telong mengungsi karena takut,' ujarnya.

Isu tersebut tersebar luas ke masyarakat melalui hand phone. Isu tersebut tidak hanya warga Bener Meriah tapi juga ke seluruh Aceh.

Warga yang mengungsi tersebut dari Kecamatan Lampahan, Simpang Tiga, Bukit, Timang Gajah dan Weih Pesan. Daerah tersebut berdekatan dengan Gunung Burni Telong.

Sementara laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa isu akan meletusnya Gunung Burni Telong adalah tidak benar.

Gempa bumi pertama berkekuatan 6,2 SR yang terjadi pukul 14.37 WIB berpusat di 4,70 lintang utara dan 96,61 bujur timur atau 35 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Akibat gempa tersebut dilaporkan ratusan rumah di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah mengalami rusak parah.

Data lengkap jumlah rumah warga yang rusak belum diketahui, karena kondisi di daerah yang berhawa dingin itu masih terjadi gempa susulan, sehingga pemerintah masih fokus untuk menolong warga.(ant/rd)

KNPI-BSMI Beri Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melaksanakan pengobatan gratis untuk pengungsi Rohingya, Myanmar dan Banglades yang di pusatkan di kamp penampungan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Harman Pilih Demokrat Untuk Maju Pilkada Inhu

Harman Harmaini mendaftarkan diri ke Partai Demokrat sebagai salah satu bakal calon Bupati Indragiri Hulu Provinsi Riau guna mengikuti pemilihan kepala daerah pada Desember 2015 mendatang.

Jambi Usulkan Ranperda Perlindungan Sapi Produktif

Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke DPRD Provinsi Jambi tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif guna melindungi sapi dan kerbau usia produktif agar tidak lagi dipotong.

Merangin Jambi Bekerjasama Dengan Kejari Bangko

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi, melakukan kerja sama bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangko guna mewujudkan azas umum pemerintahan yang baik.

Disperindag : Bengkalis Bebas Dari Beras Sintetis

Pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyebutkan daerah itu bebas dari peredaran beras sintetis atau beras berbahan baku plastik.