Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Warga Bener Meriah Mengungsi

ratusan warga, mengungsi ke kawasan pondok baru, isu gunung burni telong akan meletus

Posted on 03 Jul 2013. Hits : 226

Ratusan warga terpaksa mengungsi ke kawasan Pondok Baru, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, karena ada isu Gunung Burni Telong akan meletus.

Suroto, relawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu dini hari menyatakan, warga dengan menggunakan kenderaan roda dua dan empat berduyun-duyun menuju Pondok Baru yang berjarak sekitar 6 Km dari kampung mereka.

Dikatakan, ratusan warga terpaksa mengungsi, karena isu beredar bahwa pada Rabu dini hari pukul 01.00 WIB, Gunung Burni Telong akan meletus, karena sumber air panas sudah tersumbat akibat gempa.

'Mendapat isu tersebut masyarakat panik, puncaknya saat terjadi gempa susulan pada pukul 21.00 WIB, sehingga masyarakat yang berada di sekitar Gunung Burni Telong mengungsi karena takut,' ujarnya.

Isu tersebut tersebar luas ke masyarakat melalui hand phone. Isu tersebut tidak hanya warga Bener Meriah tapi juga ke seluruh Aceh.

Warga yang mengungsi tersebut dari Kecamatan Lampahan, Simpang Tiga, Bukit, Timang Gajah dan Weih Pesan. Daerah tersebut berdekatan dengan Gunung Burni Telong.

Sementara laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa isu akan meletusnya Gunung Burni Telong adalah tidak benar.

Gempa bumi pertama berkekuatan 6,2 SR yang terjadi pukul 14.37 WIB berpusat di 4,70 lintang utara dan 96,61 bujur timur atau 35 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Akibat gempa tersebut dilaporkan ratusan rumah di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah mengalami rusak parah.

Data lengkap jumlah rumah warga yang rusak belum diketahui, karena kondisi di daerah yang berhawa dingin itu masih terjadi gempa susulan, sehingga pemerintah masih fokus untuk menolong warga.(ant/rd)

Relawan Turki Bagikan Bantuan

Relawan kemanusiaan yang bernaung dibawah Badan Amal Kimse Yok Mu asal Turki tetap membagikan bantuan di Jalur Gaza meskipun terkepung akibat perang di Palestina.

Pengemis Anak-anak Marak

Pengemis yang tergolong anak-anak usia sekolah dasar di Palembang, Sumatera Selatan marak di kawasan permukiman penduduk dan perempatan lampu merah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pasar Murah Bantu Masyarakat

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat kurang mampu di daerah ini mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

BLH Dinilai Lemah

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dinilai masih lemah dalam melakukan pengawasan terkait pencemaran lingkungan oleh perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang mengakibatkan masarakat menjadi korban.

Lakalantas Turun 30 Persen

Angka Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) tahun 2013 selama Operasi Ketupat Polres Labuhanbatu menurun 30 persen jika dibanding tahun sebelumnya.