Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Warga Bener Meriah Mengungsi

ratusan warga, mengungsi ke kawasan pondok baru, isu gunung burni telong akan meletus

Posted on 03 Jul 2013. Hits : 237

Ratusan warga terpaksa mengungsi ke kawasan Pondok Baru, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, karena ada isu Gunung Burni Telong akan meletus.

Suroto, relawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu dini hari menyatakan, warga dengan menggunakan kenderaan roda dua dan empat berduyun-duyun menuju Pondok Baru yang berjarak sekitar 6 Km dari kampung mereka.

Dikatakan, ratusan warga terpaksa mengungsi, karena isu beredar bahwa pada Rabu dini hari pukul 01.00 WIB, Gunung Burni Telong akan meletus, karena sumber air panas sudah tersumbat akibat gempa.

'Mendapat isu tersebut masyarakat panik, puncaknya saat terjadi gempa susulan pada pukul 21.00 WIB, sehingga masyarakat yang berada di sekitar Gunung Burni Telong mengungsi karena takut,' ujarnya.

Isu tersebut tersebar luas ke masyarakat melalui hand phone. Isu tersebut tidak hanya warga Bener Meriah tapi juga ke seluruh Aceh.

Warga yang mengungsi tersebut dari Kecamatan Lampahan, Simpang Tiga, Bukit, Timang Gajah dan Weih Pesan. Daerah tersebut berdekatan dengan Gunung Burni Telong.

Sementara laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa isu akan meletusnya Gunung Burni Telong adalah tidak benar.

Gempa bumi pertama berkekuatan 6,2 SR yang terjadi pukul 14.37 WIB berpusat di 4,70 lintang utara dan 96,61 bujur timur atau 35 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Akibat gempa tersebut dilaporkan ratusan rumah di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah mengalami rusak parah.

Data lengkap jumlah rumah warga yang rusak belum diketahui, karena kondisi di daerah yang berhawa dingin itu masih terjadi gempa susulan, sehingga pemerintah masih fokus untuk menolong warga.(ant/rd)

PASI Harapkan Satu Organisasi Olahraga

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohammad Hasan mengharapkan hanya ada satu induk organisasi keolahragaan yang mengurusi cabang-cabang olahraga di Indonesia.

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.

Uranium Sulbar Tidak Dikomersialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan kandungan uranium yang terdapat di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tidak akan dibuat menjadi komersial tetapi untuk pembangunan bangsa ini.

Pemerintah Akan Perkuat Sistem Logistik Nasional

Pemerintahan Indonesia akan mengoptimalkan penerapan sistem logistik nasional untuk meningkatkan industri logistik Tanah Air, kata Asisten Deputi Fasilitas Sistem Logistik dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza.

KRKP Berharap Pemerintah Lirik Kedelai Edamame

Pemerintah diharapkan dapat melirik produksi kedelai edamame, pasalnya komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi petaninya, kata Manager Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah.