Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1773

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

Banggar Sepakati Postur Sementara RAPBN 2015

Rapat kerja Badan Anggaran DPR RI bersama pemerintah menyepakati postur sementara RAPBN 2015, yang sebagian besar merupakan hasil dari penghitungan dalam rapat panja asumsi dasar, pendapatan, defisit dan pembiayaan.

Perdebatan Soal Perkalian, 4x6 Atau 6x4?

Media sosial Twitter dan Facebook sejak Minggu (21/9) diramaikan oleh sebuah perdebatan Matematika, tepatnya tentang operasi perkalian.

Ahok Keluhkan Tak Meratanya Penempatan Guru di DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan penempatan guru di provinsinya terbilang kurang merata sehingga Pulau Sebira dan Kepulauan Seribu, masih dihadapkan permasalahan kekurangan tenaga pengajar.

Anggaran Pengamanan Lembak Diprioritaskan

Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, akan memprioritaskan anggaran untuk penciptaan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Lembak.

BI : Inflasi September Masih Terkontrol

Bank Indonesia memprediksikan laju inflasi pada September 2014 masih cukup terkontrol kendati pemerintah menaikkan harga elpiji 12 kilogram menjadi Rp114.