Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1773

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

Bali Raih 983.388 Dolar Dari Ekspor Anyaman

Bali meraih devisa sebesar 983.388 dolar AS dari ekspor hasil kerajinan anyaman bambu selama bulan Februari 2015, meningkat 50,46 persen dibanding bulan sebelumnya (Januari 2015) yang tercatat 653.

Pengentasan Kemiskinan Tingkatkan Pendapatan

Ketua Pusat Penelitian Subak Universitas Udayana Prof.

Ridwan Kamil : Setelah KAA Fokus PON XIX/2016

Seusai perhelatan peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA), Kota Bandung bersiap dan fokus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON XIX/2016.

Balai Benih Ikan Belumai Terancam Tidak Berproduksi

Balai Benih Ikan Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, terancam tidak dapat memproduksi bibit ikan akibat kerusakan saluran irigasi di daerah itu.

Yayasan Trikaya Lakukan Latihan Berbasis Sekolah Lapang

Yayasan Trikaya Bali, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang peduli terhadap sektor pertanian siap melakukan pelatihan berbasis sekolah lapangan kepada berbagai komponen masyarakat dalam menyukseskan pembangunan bidang pertanian.