Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1773

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

Italia Perlu Satu Jam Kalahkan Malta

Italia memerlukan 69 menit untuk mematahkan perlawanan gigih Malta, sebelum Graziano Pelle mencetak gol untuk membawa mereka menang 1-0 pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 pada Kamis.

Pemimpin Parlemen Se-Dunia Dukung Agenda 2030 PBB

Pertemuan pemimpin parlemen dari sebanyak 140 negara, termasuk Republik Indonesia yang diwakili oleh Ketua DPR RI Setya Novanto, mendukung Agenda 2030 Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan berjanji menempatkan demokrasi pada perdamaian dan pembangunan berkelanjutan.

Belgia Bangkit Untuk Menang 3-1 Atas Bosnia

Belgia mengembalikan kualifikasi Piala Eropa 2016 mereka ke jalur yang benar melalui kemenangan 3-1 atas Bosnia di Grup B pada Kamis, di mana pemain baru Manchester City Kevin De Bruyne menjadi salah satu pencetak gol.

LIPI Akan Berikan Bantuan Perikanan Di Rejanglebong

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia akan memberikan bantuan bidang perikanan di daerah ini, kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu, Amrul Eby, di Rejanglebong, Kamis.

Gol - Gol Garut Bawa Ceko Menang 2-1 Atas Kazakhstan

Republik Ceko meraih kemenangan 2-1 atas Kazakhstan berkat dua gol larut melalui tandukan kepala pada babak kedua dari pemain pengganti Milan Skoda pada Kamis, untuk membuat mereka tetap berada di jalur yang benar untuk Piala Eropa 2016 di Prancis.