Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1773

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

BEI Fokus Kembangkan Pasar Modal Syariah

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku sedang fokus mengembangkan industri pasar modal syariah agar memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi domestik lebih tinggi.

Anggaran Hari Jadi Karawang Sebesar Rp400 Juta

Alokasi anggaran Hari Jadi Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang akan diperingati setiap 14 September sebesar Rp400 juta, bersumber dari APBD tahun 2014.

Pola Penanganan Masalah Sosial Harus Diubah

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Toto Utomo Budi Santosa mengatakan pola penanganan masalah sosial harus diubah sehingga lebih efektif.

Petani Jagung Di Sumbawa Kesulitan Peroleh Pupuk

Para petani jagung di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, mengaku kesulitan memperoleh pupuk bersubsidi, sehingga mengganggu kelancaran usaha tani mereka.

Gorontalo Belajar Pengelolaan Pasar Tradisional Di Kendari

Pemerintah Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, belajar pembangunan dan pengelolaan pasar tradisional moderen di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).