Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1746

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

Abdollahian Minta Kairo Percepat Izin Penerbangan Iran

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Arab-Afrika Hossein Amir Abdollahian Rabu mengatakan bahwa penundaan Kairo dalam penerbitan izin untuk pengiriman bantuan Iran ke Gaza belum diterima.

Dishubkominfo : Arus Balik Masih Didominasi Kendaraan Wisatawan

Pada H+3 Idul Fitri, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat arus balik lebaran ini kendaraan yang keluar Sukabumi masih didominasi kendaraan wisatawan.

Kapten Austria Marc Janko Bermain Di Liga Australia

Kapten Austria Marc Janko akan bermain di Liga Australia musim depan setelah diumumkan sebagai pemain internasional Sudney FC, Kamis.

Kepadatan Malioboro Diperkirakan Hingga Akhir Pekan

Kepadatan arus lalu lintas dan wisatawan di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, diperkirakan berlangsung hingga akhir pekan dari cuti bersama Lebaran sebelum warga kembali melakukan aktivitas normal pada pekan depan.

Penyeberangan ASDP Batam Mulai Normal

Otoritas Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur Batam, Kepulauan Riau,menyatakan jumlah pengguna transportasi 'roll- on roll-off ' (roro) sudah berangsur normal setelah arus puncak balik terjadi pada Rabu.