Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1773

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

Kedatangan Pelatih Gulat Bulgaria Masih Samar

Rencana Pengprov Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kalimantan Timur mendatangkan Pelatih Gulat dari Bulgaria ternyata masih samar, meskipun KONI setempat telah memberikan lampu hijau perekrutan pelatih asing tersebut.

Warga Kepulauan Antusias Sambut HUT Kabupaten Sitaro

Warga Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, antusias menyambut hari ulang tahun (HUT) ke delapanmenjadi daerah otonom baru.

Legislator Pamekasan Sarankan 'PYEC' Disempurnakan

Ketua Komisi II DPRD Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Moh Hosnan Achmadi menyarankan, program 'Pamekasan Young Enterpreneur Competition (PYEC)' yang dilaksanakan pemkab setempat lebih disempurnakan.

Pemkab Bangka Tengah Tingkatkan Kemampuan Bendahara SKPD

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, akan meningkatkan kemampuan bendahara dalam mengelola keuangan di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui kegiatan bimbingan teknis (bimtek).

BI Optimalkan Media Untuk Sosialisasi Berbagai Kebijakan

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengoptimalkan media sebagai wadah sosialisasi kebijakan BI kepada pemangku kepentingan, karena dinilai paling efektif.