Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1773

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

KSBSI Kalbar Minta Revisi UMP

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Provinsi Kalimantan Barat mendesak revisi upah minimum provinsi (UMP) seiring kenaikan harga bahan bakar minyak subsidi.

Garuda Kaji Penerbangan Antar Provinsi di Sumatera

PT Garuda Indonesia berencana melayani penerbangan baru rute antar provinsi di Sumatera pada tahun depan.

Guru Gorontalo Sepakat Kurikulum 2013 Dihapus

Guru di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengaku sepakat jika Kurikulum 2013 (K-13) dihapus.

Anggota UE Dituduh Langgar HAM

Korea Utara Kamis menyatakan bahwa negara-negara Eropa tidak berhak untuk mengkritik pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Pyongyang karena terlibat dalam program penyiksaan badan intelejen CIA.

Korsel Beberkan 4 Komitmen Dukung Integrasi ASEAN

Korea Selatan menyatakan empat komitmen untuk mendukung proses intergrasi dan pembangunan negara-negara di kawasan Asia Tenggara menuju pembentukan Masyarakat ASEAN, yang akan dimulai pada 31 Desember 2015.