Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tanjungpinang Tertibkan Ratusan PKL

pkl, tanjung pinang, pedagang, kaki lima

Posted on 07 Apr 2013. Hits : 428

Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau akan menertibkan sebanyak 119 pedagang kaki lima yang menggunakan badan jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Agus Salim sebagai tempat berjualan.

"Penataan tempat penjualan mulai dari depan SMUN 5 hingga di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah dilakukan mulai besok sore," kata Kepala Satuan Pamong Praja Tanjungpinang Surjadi, Minggu.

Penertiban dilakukan setelah beberapa hari lalu Gubernur Kepri HM Sani menyinggung tidak tertatanya penjualan makanan dan mainan di sekitar Tepi Laut, Jalan Agus Salim. Sani mengibaratkan Tanjungpinang sebagai "kota seribu kursi", karena banyak kursi di sepanjangan Tepi Laut.

"Kami merespons positif pernyataan gubernur," ujarnya.

Surjadi mengemukakan, pemerintah tidak melarang pedagang kaki lima untuk berjualan, melainkan hanya menata agar tempat penjualan tidak mengganggu arus lalu lintas dan tidak merusak keindahan Tanjungpinang.

"Yang kami lakukan ini adalah penataan, sehingga seluruh pedagang diakomodir untuk berjualan di tempat yang disiapkan pemerintah. Kami menyiapkan beberapa tempat yang representatif di Tepi Laut," ungkapnya.

Relokasi terpaksa dilakukan, namun masih di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah. Lapak untuk masing-masing pedagang kaki lima diputuskan berdasarkan hasil undian.

"Pekan lalu seluruh pedagang kaki lima telah mengambil undian. Undian itu menentukan tempat mereka menjajakan barang dagangannya," katanya.

Ia menambahkan, setiap pedagang hanya dibenarkan memiliki empat meja dan 20 kursi di sekitar tempat jualannya. Mereka baru mulai berjualan pukul 15.00 WIB.

"Kalau sekarang masih kita temukan satu pedagang memiliki puluhan meja dan ratusan kursi di trotoar. Tetapi mulai besok, itu tidak dibenarkan," ungkapnya. (ant/as)

Pemkot Bekasi Raih Penghargaan KIP 2014

Pemerintah Kota Bekasi memperoleh penghargaan sebagai salah satu pemerintah daerah di Jawa Barat yang berhasil dalam mengelola keterbukaan informasi publik pada 2014.

Polisi Tembak Tewas Pemrotes

Seorang anggota kelompok separatis Yaman selatan Senin ditembak mati ketika polisi turun tangan untuk membubarkan pengunjuk rasa memperingati hari ketidaktaatan sipil di wilayah yang sebelumnya independen, kata para saksi dan seorang dokter.

Polres Siapkan Pengamanan Natal

Polres Lubuklinggau Sumatera Selatan menyiapkan personel pengamanan perayaan Natal 2014 dan tahun Baru 2015, khususnya menjaga di sekitar gereja dan pusat keramaian.

Pengelola Bus Gorontalo Manado Tidak Menaikan Tarif

Meskipun jumlah calon penumpang tujuan Gorontalo-Manado-Bitung-Minahasa dan Bolmong mulai meningkat menjelang Natal dan tahun baru, namun pengelola armada bus tidak akan menaikan tarif.

Arus Penumpang Gorontalo Tujuan Manado Mulai Meningkat

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2015, arus penumpang dari terminal 42 Kota Gorontalo dengan tujuan Manado, Bitung dan Minahasa, mulai mengalami peningkatan.