Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tanjungpinang Tertibkan Ratusan PKL

pkl, tanjung pinang, pedagang, kaki lima

Posted on 07 Apr 2013. Hits : 428

Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau akan menertibkan sebanyak 119 pedagang kaki lima yang menggunakan badan jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Agus Salim sebagai tempat berjualan.

"Penataan tempat penjualan mulai dari depan SMUN 5 hingga di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah dilakukan mulai besok sore," kata Kepala Satuan Pamong Praja Tanjungpinang Surjadi, Minggu.

Penertiban dilakukan setelah beberapa hari lalu Gubernur Kepri HM Sani menyinggung tidak tertatanya penjualan makanan dan mainan di sekitar Tepi Laut, Jalan Agus Salim. Sani mengibaratkan Tanjungpinang sebagai "kota seribu kursi", karena banyak kursi di sepanjangan Tepi Laut.

"Kami merespons positif pernyataan gubernur," ujarnya.

Surjadi mengemukakan, pemerintah tidak melarang pedagang kaki lima untuk berjualan, melainkan hanya menata agar tempat penjualan tidak mengganggu arus lalu lintas dan tidak merusak keindahan Tanjungpinang.

"Yang kami lakukan ini adalah penataan, sehingga seluruh pedagang diakomodir untuk berjualan di tempat yang disiapkan pemerintah. Kami menyiapkan beberapa tempat yang representatif di Tepi Laut," ungkapnya.

Relokasi terpaksa dilakukan, namun masih di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah. Lapak untuk masing-masing pedagang kaki lima diputuskan berdasarkan hasil undian.

"Pekan lalu seluruh pedagang kaki lima telah mengambil undian. Undian itu menentukan tempat mereka menjajakan barang dagangannya," katanya.

Ia menambahkan, setiap pedagang hanya dibenarkan memiliki empat meja dan 20 kursi di sekitar tempat jualannya. Mereka baru mulai berjualan pukul 15.00 WIB.

"Kalau sekarang masih kita temukan satu pedagang memiliki puluhan meja dan ratusan kursi di trotoar. Tetapi mulai besok, itu tidak dibenarkan," ungkapnya. (ant/as)

Sumbar Tetapkan UMP Sebesar Rp1,615 Juta

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2015 yakni sebesar Rp1,615 juta.

Kredit Perbankan Didominasi Konsumsi

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Suryono mengatakan berdasarkan komposisinya, kredit perbankan di daerah itu pada triwulan II masih didominasi kredit konsumsi sebesar 64,78 persen, dari total kredit perbankan Rp7,25 triliun.

Pekanbaru Bangun Kawasan Agrowisata100 HA

Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, membangun kawasan agrowisata di lahan seluas 100 hektare untuk tujuan wisata pertanian dan menciptakan "paru-paru kota".

Hamburg Ajukan Gugatan Hukum Terhadap Penerobos Lapangan

Hamburg SV mengajukan gugatan hukum kepada salah satu penggemar mereka, yang berlari menerobos lapangan dan menyerang pemain sayap Franck Ribery saat mereka kalah 1-3 dari Bayern Munich di Piala Jerman pada Rabu.

Anak Yang Berlindung di Misi PBB Tewas

Misi PBB di Sudan Selatan (UNMISS) melaporkan bahwa sejak Rabu (29/10), seorang anak dari lokasi perlindungan Misi itu di Bentiu, Negara Bagian Unity, telah tewas akibat peluru nyasar, kata juru bicara PBB, Kamis.