Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tanjungpinang Tertibkan Ratusan PKL

pkl, tanjung pinang, pedagang, kaki lima

Posted on 07 Apr 2013. Hits : 368

Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau akan menertibkan sebanyak 119 pedagang kaki lima yang menggunakan badan jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Agus Salim sebagai tempat berjualan.

"Penataan tempat penjualan mulai dari depan SMUN 5 hingga di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah dilakukan mulai besok sore," kata Kepala Satuan Pamong Praja Tanjungpinang Surjadi, Minggu.

Penertiban dilakukan setelah beberapa hari lalu Gubernur Kepri HM Sani menyinggung tidak tertatanya penjualan makanan dan mainan di sekitar Tepi Laut, Jalan Agus Salim. Sani mengibaratkan Tanjungpinang sebagai "kota seribu kursi", karena banyak kursi di sepanjangan Tepi Laut.

"Kami merespons positif pernyataan gubernur," ujarnya.

Surjadi mengemukakan, pemerintah tidak melarang pedagang kaki lima untuk berjualan, melainkan hanya menata agar tempat penjualan tidak mengganggu arus lalu lintas dan tidak merusak keindahan Tanjungpinang.

"Yang kami lakukan ini adalah penataan, sehingga seluruh pedagang diakomodir untuk berjualan di tempat yang disiapkan pemerintah. Kami menyiapkan beberapa tempat yang representatif di Tepi Laut," ungkapnya.

Relokasi terpaksa dilakukan, namun masih di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah. Lapak untuk masing-masing pedagang kaki lima diputuskan berdasarkan hasil undian.

"Pekan lalu seluruh pedagang kaki lima telah mengambil undian. Undian itu menentukan tempat mereka menjajakan barang dagangannya," katanya.

Ia menambahkan, setiap pedagang hanya dibenarkan memiliki empat meja dan 20 kursi di sekitar tempat jualannya. Mereka baru mulai berjualan pukul 15.00 WIB.

"Kalau sekarang masih kita temukan satu pedagang memiliki puluhan meja dan ratusan kursi di trotoar. Tetapi mulai besok, itu tidak dibenarkan," ungkapnya. (ant/as)

Buku Cara Menhafal Al Quran

Lembaga Pendidikan Agama Islam dan Penghafal Al Quran atau dikenal dengan Rumah Tahfidz di Palembang, Sumatera Selatan, meluncurkan buku cara menghafal Al Quran dengan cepat dan mengasyikkan.

Kemenkop Modernisasi Lewat KSP Online

Kementerian Koperasi dan UKM berupaya memodernisasi koperasi melalui program Koperasi Simpan Pinjam (KSP) online sekaligus sebagai salah satu cara untuk mendekatkan koperasi dengan sistem teknologi informasi.

Pendamping Dinilai Haus Bisa Benahi Birokrasi

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Siti Zuhro mengemukakan pendamping capres Joko Widodo atau Jokowi harus figur yang mampu membenahi birokrasi pemerintahan dan menegakkan hukum.

NTP 2016 di Atas 100

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menargetkan pada akhir masa kepemimpinanya tahun 2016, nilai tukar petani (NTP) di daerah ini sudah stabil pada angka di atas 100 untuk semua subsektor yang diukur.

IGN Cabut Laporan Kasus Dugaan Pemalsuan Karung

PT Industri Gula Nusantara, mencabut laporan pemalsuan karung dan pelanggaran merek yang dituduhkan kepada PT Delta Asia Sekawan pimpinan The Lu Sia alias A sia dan kini berstatus tersangka.