Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sleman Kekurangan Guru Komputer Dan Bahasa Inggris

sleman, yogyakarta, kekurangan guru, tunjangan profesi

Posted on 08 Feb 2013. Hits : 394

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jumat masih kekurangan guru bidang komputer dan pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP dan SMA.

"Selain itu, kami juga masih kekurangan guru kelas untuk sekolah dasar (SD) dan guru bidang pendidikan jasmani dan kesehatan untuk SD," kata Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Tri Pujantoro.

Menurut dia, kekurangan guru untuk guru mata pelajaran komputer di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 30 orang dan mata pelajaran Bahasa Inggris 24 orang.

"Sedangkan kekurangan untuk guru kelas SD sebanyak 240 orang, guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD 190 orang," katanya.

Pada sisi lain, lanjut dia, untuk guru mata pelajaran IPA, IPS, PKN, dan Bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA jutru kelebihan.

"Selain itu, guru taman kanak-kanak juga kelebihan karena TK negeri di Sleman hanya ada lima sekolah, tetapi jumlah gurunya mencapai 700 orang sehingga sisanya diperbantukan ke TK swasta," katanya.

Tri Pujantoro mengatakan, meskipun ada kelebihan guru pada mata pelajaran tertentu, tidak bisa langsung dipindah karena untuk jenjang guru SMP dan SMA itu ada sertifkat pendidik yang berkaitan dengan tunjangan profesi.

"Kekurangan guru itu menjadi persoalan yang dilematis. Di satu sisi, sekolah tidak boleh mengangkat guru honorer. Namun, di sisi lain, sekolah dituntut menyediakan pendidik. Akhirnya sekolah tetap mengangkat guru horoner untuk memenuhi tenaga pendidik meskipun sekolah tahu itu menyalahi aturan," katanya.

Ia mengatakan, jika sekolah tidak menyediakan, juga salah karena dalam undang-undang sekolah wajib melayani pendidikan.

"Permasalah sekolah pendidikan dasar juga belum selesai di situ. Dalam memberikan honor atau gaji, aturan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang mengisyaratkan tidak leluasa mengangkat guru honorer," katanya.(ant/rd)

Gubernur Bengkulu Buka Festival Tabot 2014

Gubernur Provinsi Bengkulu membuka pagelaran Festival Tabot 2014 di daerah itu yang diselenggarakan guna memperingati Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharam 1436 H.

Wali Kota Dan Wakilnya Bantah Pecah 'Kongsi'

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal membantah isu adanya keretakan (pecah kongsi) di antara keduanya.

Partisipasi Masyarakat Tentukan Masa Depan Terumbu Karang

Kepala Balai Taman Nasional Takabonerate, Jusman mengatakan, partisipasi masyarakat menentukan masa depan terumbu karang di negeri ini.

Bekasi Lakukan Efisiensi Listrik PJU

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai melakukan efisiensi listrik dalam penggunaan fasilitas penerangan jalan umum di wilayah setempat.

Khofifah Dikunjungi Guru Spiritualnya Jelang Pengumuman Kabinet

Khofifah Indar Parawansa yang disebut-sebut sebagai calon menteri dikunjungi salah satu guru spiritualnya Gus Edy Lukmanul Karim bin Abdullah Fattah menjelang pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.