Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sleman Kekurangan Guru Komputer Dan Bahasa Inggris

sleman, yogyakarta, kekurangan guru, tunjangan profesi

Posted on 08 Feb 2013. Hits : 394

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jumat masih kekurangan guru bidang komputer dan pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP dan SMA.

"Selain itu, kami juga masih kekurangan guru kelas untuk sekolah dasar (SD) dan guru bidang pendidikan jasmani dan kesehatan untuk SD," kata Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Tri Pujantoro.

Menurut dia, kekurangan guru untuk guru mata pelajaran komputer di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 30 orang dan mata pelajaran Bahasa Inggris 24 orang.

"Sedangkan kekurangan untuk guru kelas SD sebanyak 240 orang, guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD 190 orang," katanya.

Pada sisi lain, lanjut dia, untuk guru mata pelajaran IPA, IPS, PKN, dan Bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA jutru kelebihan.

"Selain itu, guru taman kanak-kanak juga kelebihan karena TK negeri di Sleman hanya ada lima sekolah, tetapi jumlah gurunya mencapai 700 orang sehingga sisanya diperbantukan ke TK swasta," katanya.

Tri Pujantoro mengatakan, meskipun ada kelebihan guru pada mata pelajaran tertentu, tidak bisa langsung dipindah karena untuk jenjang guru SMP dan SMA itu ada sertifkat pendidik yang berkaitan dengan tunjangan profesi.

"Kekurangan guru itu menjadi persoalan yang dilematis. Di satu sisi, sekolah tidak boleh mengangkat guru honorer. Namun, di sisi lain, sekolah dituntut menyediakan pendidik. Akhirnya sekolah tetap mengangkat guru horoner untuk memenuhi tenaga pendidik meskipun sekolah tahu itu menyalahi aturan," katanya.

Ia mengatakan, jika sekolah tidak menyediakan, juga salah karena dalam undang-undang sekolah wajib melayani pendidikan.

"Permasalah sekolah pendidikan dasar juga belum selesai di situ. Dalam memberikan honor atau gaji, aturan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang mengisyaratkan tidak leluasa mengangkat guru honorer," katanya.(ant/rd)

'Popong Dan Presiden Nasser' Buat Pengunjung Tertawa

Dialog Popong Otje, -perempuan yang memberikan informasi tentang makanan kepada tamu kehormatan Konferensi Asia Afrika 1955- dengan 'Presiden' Mesir Gamal Abdel Nasser dalam 'Infografis KAA 1955' yang berada di Jalan Asia Afrika, Bandung, Sabtu membuat pengunjung tertawa.

Bulog Biak Tambah Stok Beras 3.000 Ton

Perum Bulog Subdivisi Regional Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengajukan permintaan tambahan stok bahan pokok beras sebanyak 3.

Mendagri : Daerah Tingkatkan Daya Saing Hadapi MEA

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta daerah untuk meningkatkan daya saing sebagai daerah otonom untuk menghadapi momentum regionalisasi kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), untuk kesejahteraan masyarakatnya.

UPT : Bengawan Solo Hilir Jatim Siaga Banjir

Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, memberlakukan daerah hilir mulai Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan, masuk siaga banjir dalam menghadapi meluapnya Bengawan Solo, sejak Jumat (24/4).

Freeport Berkomitmen Terus Dukung Program LPMAK

PT Freeport Indonesia menyatakan terus memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program-program Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dengan harapan agar lebih menyentuh warga di tataran akar rumput.