Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sleman Kekurangan Guru Komputer Dan Bahasa Inggris

sleman, yogyakarta, kekurangan guru, tunjangan profesi

Posted on 08 Feb 2013. Hits : 394

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jumat masih kekurangan guru bidang komputer dan pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP dan SMA.

"Selain itu, kami juga masih kekurangan guru kelas untuk sekolah dasar (SD) dan guru bidang pendidikan jasmani dan kesehatan untuk SD," kata Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Tri Pujantoro.

Menurut dia, kekurangan guru untuk guru mata pelajaran komputer di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 30 orang dan mata pelajaran Bahasa Inggris 24 orang.

"Sedangkan kekurangan untuk guru kelas SD sebanyak 240 orang, guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD 190 orang," katanya.

Pada sisi lain, lanjut dia, untuk guru mata pelajaran IPA, IPS, PKN, dan Bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA jutru kelebihan.

"Selain itu, guru taman kanak-kanak juga kelebihan karena TK negeri di Sleman hanya ada lima sekolah, tetapi jumlah gurunya mencapai 700 orang sehingga sisanya diperbantukan ke TK swasta," katanya.

Tri Pujantoro mengatakan, meskipun ada kelebihan guru pada mata pelajaran tertentu, tidak bisa langsung dipindah karena untuk jenjang guru SMP dan SMA itu ada sertifkat pendidik yang berkaitan dengan tunjangan profesi.

"Kekurangan guru itu menjadi persoalan yang dilematis. Di satu sisi, sekolah tidak boleh mengangkat guru honorer. Namun, di sisi lain, sekolah dituntut menyediakan pendidik. Akhirnya sekolah tetap mengangkat guru horoner untuk memenuhi tenaga pendidik meskipun sekolah tahu itu menyalahi aturan," katanya.

Ia mengatakan, jika sekolah tidak menyediakan, juga salah karena dalam undang-undang sekolah wajib melayani pendidikan.

"Permasalah sekolah pendidikan dasar juga belum selesai di situ. Dalam memberikan honor atau gaji, aturan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang mengisyaratkan tidak leluasa mengangkat guru honorer," katanya.(ant/rd)

Sirajuddin Machmud Sepakat Dengan Parpol Soal Pilkada

Bakal Calon Wakil Wali Kota Balikpapan Sirajuddin Machmud mengaku sudah memiliki kesepakatan sejumlah partai politik meski belum final untuk maju dalam pemilihan kepala daerah pada Desember 2015.

Dinsos OKU Akan Data Ulang Warga Miskin

Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan akan mendata ulang warga miskin di wilayah itu dengan melakukan sosialisasi terhadap 14 kategori kemiskinan oleh petugas pembina Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan setempat.

Pemkab Mamuju Siapkan Program Penghijauan Kota

Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menyiapkan program penghijauan kota dalam mendukung terbentuknya tata ruang yang hijau untuk mengurangi dampak polusi akibat pencemaran lingkungan.

Menteri : Bantuan Desa Untuk Tingkatkan Perekonomian

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, bantuan pemerintah pusat untuk desa tidak lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Jelang Interpelasi Pemkot Bogor Lakukan Komunikasi Politik

Menjelang rapat paripurna interpelasi yang diagendakan DPRD Kota Bogor, Jawa Barat Senin 30 Maret besok, Wali Kota Bima Arya Sugiarto intensifkan komunikasi politik dengan sejumlah partai politik.