Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sembilan Wilayah Kabupaten Malang Rawan Bencana

malang, rawan bencana

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 503

Sedikitnya sembilan titik wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor pada musim hujan.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto, Jumat, mengatakan, untuk mengantisipasi bencana tersebut Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) sudah siaga dan siap diterjunkan kapanpun.

"Selain kesiagaan TRCPB, kami juga membentuk tenaga Siaga Bencana Berbasis Masyarakat. Tenaga ini berasal dari penduduk desa setempat dari berbagai kalangan," ujarnya.

Sembilan wilayah yang rawan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Malang itu di antaranya adalah Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan di kawasan Malang Selatan yang rawan banjir serta Kasembon, Pujon dan Ngantang di wilayah Malang Barat yang rawan longsor.

Sejumlah wilayah di kawasan Malang Selatan itu memang menjadi langganan banjir karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Sedangkan di Malang Barat karena lokasinya adalah perbukitan dan pegunungan.

Selain PMI dan TCRPB yang sudah siaga, Taruna Siaga Bencana (Tagana) daerah itu juga siap menerjunkan 115 personelnya ke titik-titik rawan bencana di Kabupaten Malang.

Kesiapan Tagana tersebut meliputi tenaga personel terlatih, kesiapan logistik, medis, obat-obatan dan perlengkapan darurat penanggulangan bencana.

Selain itu, juga menyiapkan shelter bagi tenda pengungsi, tenda keluarga, tenda untuk dapur umum, tenda peleton, tenda regu, matras pengungsi, terpal serta genset listrik.

"Kami menyiapkan semuanya secara maksimal termasuk armada untuk evakuasi korban, seperti truk evakuasi, perahu dholpin, mobil ranger dan alat komunikasi. Kami juga siap siaga jiga dibutuhkan sewaktu-waktu, tidak hanya di Malang, tapi seluruh wilayah di Jatim," kata anggota Tanaga Kabupaten Malang Twi Adi Wijaya. (ant/as)

Akademisi Sarankan Perlu Tes Urine CPNS

Akademisi Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah Prof Dr HM Norsanie Darlan MS PH menyarankan perlunya tes urine bagi calon pegawai negeri sipil.

United Menang 2-1 Atas Arsenal

Gol bunuh diri Kieran Gibbs dan sepakan Wayne Rooney membawa Manchester United kembali ke empat besar Liga Utama Inggris, dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Arsenal pada Sabtu.

Berlian Jegal Ambisi Juara Bertahan Mars Probolinggo

Tim 'kuda hitam' Berlian Semarang benar-benar tampil mengejutkan dengan menjegal ambisi juara bertahan Mars Kota Probolinggo menembus final Kejuaraan Nasional Bola Voli Antarklub PGN Livoli 2014 Divisi Utama.

PM Pakistan Desak Presiden AS Ikut Tangani Masalah Kashmir

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mendesak Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk ikut mengatasi pertikaian Kashmir dengan kepemimpinan India, pada saat resolusi awal akan membawa perdamaian abadi, stabilitas, dan kerja sama ekonomi ke Asia.

'Suku Cadang' Ilegal Membuat Red Bull Turun Posisi Start

Red Bull dicoret dari kualifikasi dan posisi startnya diturunkan ke barisan belakang untuk Grand Prix Abu Dhabi karena menggunakan 'mobil-mobil ilegal,' kata pengawas balap pada Sabtu.