Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sembilan Wilayah Kabupaten Malang Rawan Bencana

malang, rawan bencana

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 503

Sedikitnya sembilan titik wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor pada musim hujan.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto, Jumat, mengatakan, untuk mengantisipasi bencana tersebut Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) sudah siaga dan siap diterjunkan kapanpun.

"Selain kesiagaan TRCPB, kami juga membentuk tenaga Siaga Bencana Berbasis Masyarakat. Tenaga ini berasal dari penduduk desa setempat dari berbagai kalangan," ujarnya.

Sembilan wilayah yang rawan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Malang itu di antaranya adalah Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan di kawasan Malang Selatan yang rawan banjir serta Kasembon, Pujon dan Ngantang di wilayah Malang Barat yang rawan longsor.

Sejumlah wilayah di kawasan Malang Selatan itu memang menjadi langganan banjir karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Sedangkan di Malang Barat karena lokasinya adalah perbukitan dan pegunungan.

Selain PMI dan TCRPB yang sudah siaga, Taruna Siaga Bencana (Tagana) daerah itu juga siap menerjunkan 115 personelnya ke titik-titik rawan bencana di Kabupaten Malang.

Kesiapan Tagana tersebut meliputi tenaga personel terlatih, kesiapan logistik, medis, obat-obatan dan perlengkapan darurat penanggulangan bencana.

Selain itu, juga menyiapkan shelter bagi tenda pengungsi, tenda keluarga, tenda untuk dapur umum, tenda peleton, tenda regu, matras pengungsi, terpal serta genset listrik.

"Kami menyiapkan semuanya secara maksimal termasuk armada untuk evakuasi korban, seperti truk evakuasi, perahu dholpin, mobil ranger dan alat komunikasi. Kami juga siap siaga jiga dibutuhkan sewaktu-waktu, tidak hanya di Malang, tapi seluruh wilayah di Jatim," kata anggota Tanaga Kabupaten Malang Twi Adi Wijaya. (ant/as)

Gerai Jakbook Jamin Harga Barang Lebih Murah

Peserta pameran buku Jakbook & Edu Fair 2015 menjamin bahwa harga barang kelengkapan sekolah yang mereka jual lebih murah dengan harga di bawah pasaran.

Rektor Unimed : Pembangunan Bangsa Harus Berbasis Data

Rektor Universitas Negeri Medan Prof Dr Syawal Gultom mengatakan, pembangunan bangsa dalam konteks kekinian harus berbasis data agar program yang dijalankan lebih terarah.

Legislator Ikut Pilkada Wajib Buat Pengunduran Diri

Anggota legislatif yang menjadi calon peserta pemilihan kepala daerah wajib membuat surat pengunduran diri ke Komisi Pemilihan Umum.

Ria Optimis Menangkan Pilkada Didukung Tokoh Parpol

Bakal Calon Wali Kota Batam Kepulauan Riau yang diusung PDI Perjuangan dan PAN, Ria Saptarika, menyatakan optimis memenangkan Pemilihan Kepala Daerah 2015 karena didukung sejumlah tokoh partai politik ternama di Kepri.

MUI : Faham Radikalisme Ada Pada Semua Agama

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten Dr KH A Romly menyatakan faham radikalisme ada pada semua agama, maka tidak adil kalau hanya Islam yang disorot.