Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sembilan Wilayah Kabupaten Malang Rawan Bencana

malang, rawan bencana

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 503

Sedikitnya sembilan titik wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor pada musim hujan.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto, Jumat, mengatakan, untuk mengantisipasi bencana tersebut Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) sudah siaga dan siap diterjunkan kapanpun.

"Selain kesiagaan TRCPB, kami juga membentuk tenaga Siaga Bencana Berbasis Masyarakat. Tenaga ini berasal dari penduduk desa setempat dari berbagai kalangan," ujarnya.

Sembilan wilayah yang rawan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Malang itu di antaranya adalah Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan di kawasan Malang Selatan yang rawan banjir serta Kasembon, Pujon dan Ngantang di wilayah Malang Barat yang rawan longsor.

Sejumlah wilayah di kawasan Malang Selatan itu memang menjadi langganan banjir karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Sedangkan di Malang Barat karena lokasinya adalah perbukitan dan pegunungan.

Selain PMI dan TCRPB yang sudah siaga, Taruna Siaga Bencana (Tagana) daerah itu juga siap menerjunkan 115 personelnya ke titik-titik rawan bencana di Kabupaten Malang.

Kesiapan Tagana tersebut meliputi tenaga personel terlatih, kesiapan logistik, medis, obat-obatan dan perlengkapan darurat penanggulangan bencana.

Selain itu, juga menyiapkan shelter bagi tenda pengungsi, tenda keluarga, tenda untuk dapur umum, tenda peleton, tenda regu, matras pengungsi, terpal serta genset listrik.

"Kami menyiapkan semuanya secara maksimal termasuk armada untuk evakuasi korban, seperti truk evakuasi, perahu dholpin, mobil ranger dan alat komunikasi. Kami juga siap siaga jiga dibutuhkan sewaktu-waktu, tidak hanya di Malang, tapi seluruh wilayah di Jatim," kata anggota Tanaga Kabupaten Malang Twi Adi Wijaya. (ant/as)

Real Madrid Juara Piala Dunia Klub

Real Madrid mengalahkan San Lorenzo dari Argentina 2-0 Sabtu dan berhak atas gelar juara Piala Dunia Klub sekaligus menyabet piala kemenangan keempat pada 2014.

M Husni Terpilih Ketuai Kwarcab Pramuka Medan

Kepala Dinas Pendapatan Kota Medan, M Husni terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, Sumatera Utara.

Dortmund Terpuruk Ke Peringkat Kedua Terbawah Setelah Telan Kekalahan Ketujuh

Krisis Borussia Dortmund di Liga Jerman semakin dalam pada Sabtu, setelah mereka menelan kekalahan kesepuluhnya pada musim ini saat takluk 1-2 di markas sesama tim papan bawah Werder Bremen, untuk turun ke peringkat kedua dari bawah.

City Samai Koleksi Angka Chelsea

Manchester City menang 3-0 atas Crystal Palace pada Sabtu untuk menyamai koleksi angka pemuncak klasemen Liga Utama Inggris Chelsea, sedangkan Radamel Falcao membuat Manchester United bermain imbang 1-1 di markas Aston Villa.

Seniman Pameran Lukisan Peringati 200 Tahun Borobudur

Para seniman di kawasan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar pameran seni rupa di Limanjawi Art House untuk memperingati 200 tahun ditemukannya Candi Borobudur.