Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sembilan Wilayah Kabupaten Malang Rawan Bencana

malang, rawan bencana

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 503

Sedikitnya sembilan titik wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor pada musim hujan.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto, Jumat, mengatakan, untuk mengantisipasi bencana tersebut Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) sudah siaga dan siap diterjunkan kapanpun.

"Selain kesiagaan TRCPB, kami juga membentuk tenaga Siaga Bencana Berbasis Masyarakat. Tenaga ini berasal dari penduduk desa setempat dari berbagai kalangan," ujarnya.

Sembilan wilayah yang rawan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Malang itu di antaranya adalah Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan di kawasan Malang Selatan yang rawan banjir serta Kasembon, Pujon dan Ngantang di wilayah Malang Barat yang rawan longsor.

Sejumlah wilayah di kawasan Malang Selatan itu memang menjadi langganan banjir karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Sedangkan di Malang Barat karena lokasinya adalah perbukitan dan pegunungan.

Selain PMI dan TCRPB yang sudah siaga, Taruna Siaga Bencana (Tagana) daerah itu juga siap menerjunkan 115 personelnya ke titik-titik rawan bencana di Kabupaten Malang.

Kesiapan Tagana tersebut meliputi tenaga personel terlatih, kesiapan logistik, medis, obat-obatan dan perlengkapan darurat penanggulangan bencana.

Selain itu, juga menyiapkan shelter bagi tenda pengungsi, tenda keluarga, tenda untuk dapur umum, tenda peleton, tenda regu, matras pengungsi, terpal serta genset listrik.

"Kami menyiapkan semuanya secara maksimal termasuk armada untuk evakuasi korban, seperti truk evakuasi, perahu dholpin, mobil ranger dan alat komunikasi. Kami juga siap siaga jiga dibutuhkan sewaktu-waktu, tidak hanya di Malang, tapi seluruh wilayah di Jatim," kata anggota Tanaga Kabupaten Malang Twi Adi Wijaya. (ant/as)

Disperindagkop Berharap Petani Utamakan Pasokan DIY

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta berharap para petani dapat mengutamakan penjualan hasil pertaniannya untuk mendukung persediaan di lokal daerah itu.

Gubernur Sulbar Lantik 34 Pejabat Eselon II

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh melantik sebanyak 34 orang pejabat eselon II, enam staf ahli dan khusus dilingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Mantan Ketua DPRD Minahasa Dua Periode Meninggal

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara dua periode tahun 1971 hingga 1983, Eddy Paulus Rumajar meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Pengamat : Masyarakat Yang Menilai Komposisi Kabinet Terbaik

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menyarankan agar masyarakat saja yang menilai bagaimana komposisi kabinet terbaik.

Stok Beras Bulog Di Kepulauan Tujuh Bulan

Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) Yayan Suparyan mengatakan, stok beras Bulog di wilayah kabupaten kepulauan, Provinsi Sulut, berbatasan langsung dengan Filipina memiliki ketahanan hingga tujuh bulan ke depan.