Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sembilan Wilayah Kabupaten Malang Rawan Bencana

malang, rawan bencana

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 503

Sedikitnya sembilan titik wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor pada musim hujan.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto, Jumat, mengatakan, untuk mengantisipasi bencana tersebut Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) sudah siaga dan siap diterjunkan kapanpun.

"Selain kesiagaan TRCPB, kami juga membentuk tenaga Siaga Bencana Berbasis Masyarakat. Tenaga ini berasal dari penduduk desa setempat dari berbagai kalangan," ujarnya.

Sembilan wilayah yang rawan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Malang itu di antaranya adalah Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan di kawasan Malang Selatan yang rawan banjir serta Kasembon, Pujon dan Ngantang di wilayah Malang Barat yang rawan longsor.

Sejumlah wilayah di kawasan Malang Selatan itu memang menjadi langganan banjir karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Sedangkan di Malang Barat karena lokasinya adalah perbukitan dan pegunungan.

Selain PMI dan TCRPB yang sudah siaga, Taruna Siaga Bencana (Tagana) daerah itu juga siap menerjunkan 115 personelnya ke titik-titik rawan bencana di Kabupaten Malang.

Kesiapan Tagana tersebut meliputi tenaga personel terlatih, kesiapan logistik, medis, obat-obatan dan perlengkapan darurat penanggulangan bencana.

Selain itu, juga menyiapkan shelter bagi tenda pengungsi, tenda keluarga, tenda untuk dapur umum, tenda peleton, tenda regu, matras pengungsi, terpal serta genset listrik.

"Kami menyiapkan semuanya secara maksimal termasuk armada untuk evakuasi korban, seperti truk evakuasi, perahu dholpin, mobil ranger dan alat komunikasi. Kami juga siap siaga jiga dibutuhkan sewaktu-waktu, tidak hanya di Malang, tapi seluruh wilayah di Jatim," kata anggota Tanaga Kabupaten Malang Twi Adi Wijaya. (ant/as)

Pameran Industri Pertahanan 2014 Digelar

Kementerian Pertahanan kembali menggelar pameran industri pertahanan berskala Internasional, Indo Defence 2014 Expo & Forum, dengan tema "World Defence Technology Improvement", pada 5 November hingga 8 November 2014, di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran.

Warga Dapat Pelayanan Akte Gratis

Dinas Catatan Sipil Kabupaten Klungkung, Bali memberikan pelayanan akte kelahiran secara gratis kepada masyarakat Nusa Penida, sebuah Pulau yang terpisah dengan daratan Bali.

Paser Segera Susun Rancangan Induk Kependudukan

Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, segera menyusun rancangan induk atau 'grand design' kependudukan dan keluarga berencana periode 2011-2035.

BI Harapkan PIHBS Dikelola Pemprov

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Luctor Tapiheru mengharapkan agar Pusat Informasi Harga Bahan Pokok Strategis (PIHBS) dapat dikelola secara penuh oleh Pemprov Sulut.

Pemkab Labuhanbatu Gelar KB MOW Gratis

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI) Sumatera Utara dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Sumut melaksanakan KB Metoda Operasi Wanita (MOW) gratis bagi ibu produktif.