Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sekolah Kreativa Kembangkan Kebun Sayur Hidroponik

sekolah alam kreativa, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik, membudidakan sayuran organik

Posted on 16 Jun 2013. Hits : 386

Sekolah Alam Kreativa di Kota Bogor, Jawa Barat, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik sebagai salah satu materi pembelajaran bagi para siswa.

'Kebun sayur hidroponik ini sudah didirikan sejak satu tahun lalu. Selain untuk membudidakan sayuran organik, juga untuk pembelajaran bagi para siswa,' kata Ketua Yayasan Yasmina, pendiri Sekolah Alam Kreativa, Iis Istiqama, di sela-sela peluncuran lokasi baru Sekolah Kreativa di Kota Bogor, Minggu.

Iis menyebutkan kebun sayur hidroponik berada di lingkungan sekolah yang berlokasi di Jalan Keranji, Kecamatan Tanah Sareal.

Kebun hidroponik tersebut berada di dalam bangunan yang terbuat dari terpal putih seperti rumah kaca.

'Di kebun ini kita mengenalkan kepada siswa apa itu tanaman hidpronik, disini siswa bisa belajar berkebun di dalamnya,'' katanya.

Sementara itu, petugas pengelola kebun hidroponik Sekolah Kreativa, Toni (52) menyebutkan, ada tiga jenis sayuran yang ditanam di kebun hidropronik tersebut yakni Cesin, Bayam dan Kangkung.

'Hidroponik itu, tanaman yang ditanam tidak diatas tanah, tapi diatas wadah rak yang material tumbuhnya menggunakan sekam, dan pupuk organik,' katanya.

Ia mengatakan, terdapat delapan rak hidroponik yang digunakan untuk menanam sayuran tersebut.

Sayuran yang ditanam mengggunakan pupuk organik berupa kotoran hewan sehingga sayuran yang dihasilkan merupakan sayur organik.

'Sayur-sayur sudah ada yang dipanen, hasil panen baru di jual di lingkungan yayasan saja,' katanya.

Toni menambahkan, rencananya akan dikembangkan dengan menambah jenis tanaman sayur yang akan ditanam seperti tomat, came dan lainnya.

'Ini mesti belajar dulu dari salah satu guru Sekolah Kreativa yang mengajarkan berkebun di hidroponik,' ujarnya.

Sejumlah siswa SD Kreativa mengaku menyukai pendidikan bercocok tanam yang menurutnya bisa belajar sambil bermain.(ant/rd)

Indonesia-Malaysia Bentuk Keseragaman Bahasa Melayu

Indonesia dan Malaysia perlu membuat keseragaman dalam bahasa Melayu agar dapat digunakan sebagai bahasa bersama yang juga dapat menonjolkan jati diri bangsa Melayu di kancah internasional, kata Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim.

Tim Independen Minta Presiden Keluaarkan Keputusan BW-BG

Tim Konsultatif Independen meminta Presiden Joko Widodo menjaga kehormatan (marwah-red) institusi Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan mengeluarkan keputusan terkait Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) dan calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG).

Empat Jurnalis Menyusup Saat Eksekusi Mati

Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan ada empat jurnalis yang mencoba menyusup saat pelaksanaan eksekusi enam terpidana mati di Nusambangan pada 18 Januari 2015.

Komunikasi Jokowi Dengan Megawati Terputus

Pengamat politik Sukardi Rinakit menilai komunikasi Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat ini terputus, dan mengakibatkan timbulnya persoalan KPK-Polri.

Perangko Seri Tahun Kambing 2015 Diterbitkan

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika(Kominfo) menerbitkan perangko seri Tahun Kambing 2015.