Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sekolah Kreativa Kembangkan Kebun Sayur Hidroponik

sekolah alam kreativa, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik, membudidakan sayuran organik

Posted on 16 Jun 2013. Hits : 386

Sekolah Alam Kreativa di Kota Bogor, Jawa Barat, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik sebagai salah satu materi pembelajaran bagi para siswa.

'Kebun sayur hidroponik ini sudah didirikan sejak satu tahun lalu. Selain untuk membudidakan sayuran organik, juga untuk pembelajaran bagi para siswa,' kata Ketua Yayasan Yasmina, pendiri Sekolah Alam Kreativa, Iis Istiqama, di sela-sela peluncuran lokasi baru Sekolah Kreativa di Kota Bogor, Minggu.

Iis menyebutkan kebun sayur hidroponik berada di lingkungan sekolah yang berlokasi di Jalan Keranji, Kecamatan Tanah Sareal.

Kebun hidroponik tersebut berada di dalam bangunan yang terbuat dari terpal putih seperti rumah kaca.

'Di kebun ini kita mengenalkan kepada siswa apa itu tanaman hidpronik, disini siswa bisa belajar berkebun di dalamnya,'' katanya.

Sementara itu, petugas pengelola kebun hidroponik Sekolah Kreativa, Toni (52) menyebutkan, ada tiga jenis sayuran yang ditanam di kebun hidropronik tersebut yakni Cesin, Bayam dan Kangkung.

'Hidroponik itu, tanaman yang ditanam tidak diatas tanah, tapi diatas wadah rak yang material tumbuhnya menggunakan sekam, dan pupuk organik,' katanya.

Ia mengatakan, terdapat delapan rak hidroponik yang digunakan untuk menanam sayuran tersebut.

Sayuran yang ditanam mengggunakan pupuk organik berupa kotoran hewan sehingga sayuran yang dihasilkan merupakan sayur organik.

'Sayur-sayur sudah ada yang dipanen, hasil panen baru di jual di lingkungan yayasan saja,' katanya.

Toni menambahkan, rencananya akan dikembangkan dengan menambah jenis tanaman sayur yang akan ditanam seperti tomat, came dan lainnya.

'Ini mesti belajar dulu dari salah satu guru Sekolah Kreativa yang mengajarkan berkebun di hidroponik,' ujarnya.

Sejumlah siswa SD Kreativa mengaku menyukai pendidikan bercocok tanam yang menurutnya bisa belajar sambil bermain.(ant/rd)

Yusril Pimpin PBB Karena Rhoma Tidak Hadir

Yusril Ihza Mahendra akhirnya memimpin Partai Bulan Bintang (PBB) karena Rhoma Irama tidak hadir untuk menyatakan kesiapan sebagai Ketua Umum.

Pemprov Dorong 'Money Changer' Resmi Di Perbatasan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong adanya pedagang valuta asing (money changer) resmi di wilayah perbatasan RI - Papua New Guinea (PNG), guna mencegah praktik pertukaran uang secara ilegal.

Pengguna Jalan Keluhkan Kerusakan Jalintim Lampung-Sumsel

Para pengguna Jalan Lintas Timur Sumatera antara Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, hingga Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, mengeluhkan kerusakan jalan yang belum ada tanda-tanda segera diperbaiki, sehingga kenyamanan dan keselamatan jalur transportasi darat yang padat itu terganggu.

Harga Bawang Merah-Gula Di Jayapura Meningkat

Harga sejumlah komoditi pokok di pasar Kota Jayapura seperti bawang merah dan gula pasir, mengalami kenaikan, meskipun tidak signifikan.

Marquez Jalani Operasi Tangan Setelah Kecelakaan Saat Latihan

Juara dunia MotoGP dua kali dari Honda, Marc Marquez, menjalani operasi pada Sabtu setelah mengalami patah di jari kelingking tangan kirinya dalam kecelakaan saat latihan mengendarai sepeda motor trail di Spanyol.