Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sekolah Kreativa Kembangkan Kebun Sayur Hidroponik

sekolah alam kreativa, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik, membudidakan sayuran organik

Posted on 16 Jun 2013. Hits : 367

Sekolah Alam Kreativa di Kota Bogor, Jawa Barat, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik sebagai salah satu materi pembelajaran bagi para siswa.

'Kebun sayur hidroponik ini sudah didirikan sejak satu tahun lalu. Selain untuk membudidakan sayuran organik, juga untuk pembelajaran bagi para siswa,' kata Ketua Yayasan Yasmina, pendiri Sekolah Alam Kreativa, Iis Istiqama, di sela-sela peluncuran lokasi baru Sekolah Kreativa di Kota Bogor, Minggu.

Iis menyebutkan kebun sayur hidroponik berada di lingkungan sekolah yang berlokasi di Jalan Keranji, Kecamatan Tanah Sareal.

Kebun hidroponik tersebut berada di dalam bangunan yang terbuat dari terpal putih seperti rumah kaca.

'Di kebun ini kita mengenalkan kepada siswa apa itu tanaman hidpronik, disini siswa bisa belajar berkebun di dalamnya,'' katanya.

Sementara itu, petugas pengelola kebun hidroponik Sekolah Kreativa, Toni (52) menyebutkan, ada tiga jenis sayuran yang ditanam di kebun hidropronik tersebut yakni Cesin, Bayam dan Kangkung.

'Hidroponik itu, tanaman yang ditanam tidak diatas tanah, tapi diatas wadah rak yang material tumbuhnya menggunakan sekam, dan pupuk organik,' katanya.

Ia mengatakan, terdapat delapan rak hidroponik yang digunakan untuk menanam sayuran tersebut.

Sayuran yang ditanam mengggunakan pupuk organik berupa kotoran hewan sehingga sayuran yang dihasilkan merupakan sayur organik.

'Sayur-sayur sudah ada yang dipanen, hasil panen baru di jual di lingkungan yayasan saja,' katanya.

Toni menambahkan, rencananya akan dikembangkan dengan menambah jenis tanaman sayur yang akan ditanam seperti tomat, came dan lainnya.

'Ini mesti belajar dulu dari salah satu guru Sekolah Kreativa yang mengajarkan berkebun di hidroponik,' ujarnya.

Sejumlah siswa SD Kreativa mengaku menyukai pendidikan bercocok tanam yang menurutnya bisa belajar sambil bermain.(ant/rd)

Karimun Peroleh Tambahan Pasokan Bensin Untuk Lebaran

Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, memperoleh tambahan kuota bensin atau premium sebanyak 110 kiloliter untuk mengantisipasi kelangkaan menjelang Lebaran 2014.

1.633 Pemudik Gratis Diberangkatkan Dengan Kapal TNI

Sebanyak 1.633 pemudik bersepeda motor diberangkatkan melalui program mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menggunakan armada kapal laut milik TNI AL.

Polres Batang Waspadai Tiga Titik Rawan Kecelakaan

Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, mengingatkan pada pemudik berkendaraan mewaspadai tiga titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur pantai utara Subah hingga Alas Roban Kecamatan Gringsing.

Pemprov Cairkan Bantuan Jamsosratu

Pemerintah Provinsi Banten mencairkan dana bantuan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) bagi sekitar 9.

Nasdem Tak Paksakan Kadernya Masuk Dalam Kabinet

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, pihaknya tidak akan memaksakan kader-kader partainya masuk dalam kabinet pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla.