Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rumah Makan Burung Goreng Butuh Ratusan Burung

rumah makan beringin indah, menu spesial, burung goreng

Posted on 14 Jul 2013. Hits : 237

Rumah Makan Beringin Indah yang menyediakan menu spesial burung goreng di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, setiap hari membutuhkan ratusan ekor burung jenis ruak-ruak dan puyuh untuk kebutuhan konsumen.

'Jumlah pastinya belum pernah kami hitung karena setiap hari tidak sama yang datang, ya sekitar dua ratus ekor,' sebut pemilik rumah makan yang berada di Kampung Beringin tersebut Hj Ajida (59 tahun), Minggu.

Untuk memenuhi kebutuhan burung tersebut Hj Ajida menerima pasokan dari beberapa kabupaten seperti dari Sei Rampah dan Bedagai Kabupaten Serdangbedagai, Sungai Balai Kota Kisaran dan Kota Bagan Batu Provinsi Riau.

'Mereka kirim burung ruak-ruak, nah...kalau burung puyuh saya bikin peternakan yang dikelola keluarga dan masyarakat sekitarnya,' kata Hj Ajida.

Peternakan puyuh ini tersebar di delapan kawasan di Kabupaten Simalungun, yakni Dolok Marawan, Karangsari, Bangun 13, Serapuh, Dolok Sinumbah, Bah Jambi, Serbelawan dan Silampuyang.

Hj Ajida mengungkapan ide membuat peternakan karena pelanggannya sering marah kalau di rumah makannya kehabisan persediaan burung. 'Tutup saja dan cabut plang burung goreng itu. Begitu kata pelanggan. Ya akhirnya saya cari solusi buat peternakan,' paparnya.

Sedangkan usaha ini dirintisnya sejak tahun 1983 dengan besaran kedai ukuran lima meter di jalan lintas Sumatera km 10 Medan-Siantar di Kelurahan Beringin Kecamatan Tapian Dolok.

Seiring waktu usahanya bertambah maju dan membesar. Kini ia membuka usaha kulinernya dua cabang di Jalan SM Raja Simpang Rami Pematangsiantar dan Jalan SM Raja Rantauprapat.

'Kepikiran juga buka cabang di Medan, hanya saja belum menemukan sosok yang mampu dan bisa dipercaya untuk mengelolanya, jadi ya...lihat nanti saja,' kata Hj Ajida.

Pelanggan di Rumah Makan Beringin Indah ini dari berbagai kalangan dan berbagai daerah, bahkan sampai wisatawan mancanegara pernah merasakan nikmat dan gurihnya burung goreng.(ant/rd)

Sikap Luwes Rahasia Perantau Sunda Di Jepang

Sikap luwes, mudah menyesuaikan diri menjadi salah satu rahasia bagi orang/etnis Sunda Jawa Barat bisa kuat menjadi perantau di luar negeri seperti di negara Jepang.

Enam Profesor Jepang Hadiri Seminar Internasional Bahasa

Enam profesor bahasa dari perguruan tinggi di Jepang menghadiri Seminar Internasional Bahasa dan Budaya Jepang yang digelar Fakultas Bahasa Universitas Widyatama Kota Bandung.

Perburuan Pelaku Pemboman Kuil Hindu Bangkok

[Jumat 21 Aug 2015, 14:28 WIB] Thailand menaikkan imbalan penangkapan tersangka bom Bangkok.

Pemimpin Mampu Bersikap Positif di Tengah Kondisi Negatif

Bersikap positif di tengah situasi yang negatif bukan sebuah kenaifan.

Gubernur Ganjar Berikan Gitar Pada Siswa SLB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan gitar kepada seorang siswa Sekolah Luar Biasa Tunanetra Dria Adi Semarang, Yohanes Bagus Kurniawan Susanto (11) yang menjuarai Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional VIII 2015.