Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rumah Makan Burung Goreng Butuh Ratusan Burung

rumah makan beringin indah, menu spesial, burung goreng

Posted on 14 Jul 2013. Hits : 167

Rumah Makan Beringin Indah yang menyediakan menu spesial burung goreng di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, setiap hari membutuhkan ratusan ekor burung jenis ruak-ruak dan puyuh untuk kebutuhan konsumen.

'Jumlah pastinya belum pernah kami hitung karena setiap hari tidak sama yang datang, ya sekitar dua ratus ekor,' sebut pemilik rumah makan yang berada di Kampung Beringin tersebut Hj Ajida (59 tahun), Minggu.

Untuk memenuhi kebutuhan burung tersebut Hj Ajida menerima pasokan dari beberapa kabupaten seperti dari Sei Rampah dan Bedagai Kabupaten Serdangbedagai, Sungai Balai Kota Kisaran dan Kota Bagan Batu Provinsi Riau.

'Mereka kirim burung ruak-ruak, nah...kalau burung puyuh saya bikin peternakan yang dikelola keluarga dan masyarakat sekitarnya,' kata Hj Ajida.

Peternakan puyuh ini tersebar di delapan kawasan di Kabupaten Simalungun, yakni Dolok Marawan, Karangsari, Bangun 13, Serapuh, Dolok Sinumbah, Bah Jambi, Serbelawan dan Silampuyang.

Hj Ajida mengungkapan ide membuat peternakan karena pelanggannya sering marah kalau di rumah makannya kehabisan persediaan burung. 'Tutup saja dan cabut plang burung goreng itu. Begitu kata pelanggan. Ya akhirnya saya cari solusi buat peternakan,' paparnya.

Sedangkan usaha ini dirintisnya sejak tahun 1983 dengan besaran kedai ukuran lima meter di jalan lintas Sumatera km 10 Medan-Siantar di Kelurahan Beringin Kecamatan Tapian Dolok.

Seiring waktu usahanya bertambah maju dan membesar. Kini ia membuka usaha kulinernya dua cabang di Jalan SM Raja Simpang Rami Pematangsiantar dan Jalan SM Raja Rantauprapat.

'Kepikiran juga buka cabang di Medan, hanya saja belum menemukan sosok yang mampu dan bisa dipercaya untuk mengelolanya, jadi ya...lihat nanti saja,' kata Hj Ajida.

Pelanggan di Rumah Makan Beringin Indah ini dari berbagai kalangan dan berbagai daerah, bahkan sampai wisatawan mancanegara pernah merasakan nikmat dan gurihnya burung goreng.(ant/rd)

Pengamanan Kotak Suara Hingga Pleno

Pengamanan dan pengawalan kotak suara Pemilihan Umum Legislatif 2014 masih akan terus dilakukan hingga pelaksanaan rapat pleno penghitungan suara tingkat provinsi, demikian kata Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono.

FGII Pertanyakan Keterlambatan Pencarian Dana UN

Dewan Pimpinan Pusat Forum Guru Independen Indonesia mempertanyakan pemerintah yang belum mencairkan pendanaan untuk pelaksanaan Ujian Nasional 2014, padahal UN tingkat sekolah menengah atas sederajat berakhir hari ini.

Rakyat Terancam Kelaparan

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon Rabu memperingatkan bahwa lebih dari satu juta orang di Sudan Selatan beresiko kelaparan.

Dispenda Kendari Minta Lurah Sosialisasikan Retribusi Sampah

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta kepada seluruh lurah di daerah itu untuk aktif melakukan sosialisasi terhadap retribusi sampah.

UNICEF Kecam Penculikan 100 Siswi

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon dan Dana Anak-anak PBB (UNICEF) Rabu mengutuk penculikan sekitar 100 siswi dari asrama mereka di Nigeria timurlaut sehari sebelumnya dan menyerukan pembebasan segera mereka.