Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rumah Makan Burung Goreng Butuh Ratusan Burung

rumah makan beringin indah, menu spesial, burung goreng

Posted on 14 Jul 2013. Hits : 237

Rumah Makan Beringin Indah yang menyediakan menu spesial burung goreng di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, setiap hari membutuhkan ratusan ekor burung jenis ruak-ruak dan puyuh untuk kebutuhan konsumen.

'Jumlah pastinya belum pernah kami hitung karena setiap hari tidak sama yang datang, ya sekitar dua ratus ekor,' sebut pemilik rumah makan yang berada di Kampung Beringin tersebut Hj Ajida (59 tahun), Minggu.

Untuk memenuhi kebutuhan burung tersebut Hj Ajida menerima pasokan dari beberapa kabupaten seperti dari Sei Rampah dan Bedagai Kabupaten Serdangbedagai, Sungai Balai Kota Kisaran dan Kota Bagan Batu Provinsi Riau.

'Mereka kirim burung ruak-ruak, nah...kalau burung puyuh saya bikin peternakan yang dikelola keluarga dan masyarakat sekitarnya,' kata Hj Ajida.

Peternakan puyuh ini tersebar di delapan kawasan di Kabupaten Simalungun, yakni Dolok Marawan, Karangsari, Bangun 13, Serapuh, Dolok Sinumbah, Bah Jambi, Serbelawan dan Silampuyang.

Hj Ajida mengungkapan ide membuat peternakan karena pelanggannya sering marah kalau di rumah makannya kehabisan persediaan burung. 'Tutup saja dan cabut plang burung goreng itu. Begitu kata pelanggan. Ya akhirnya saya cari solusi buat peternakan,' paparnya.

Sedangkan usaha ini dirintisnya sejak tahun 1983 dengan besaran kedai ukuran lima meter di jalan lintas Sumatera km 10 Medan-Siantar di Kelurahan Beringin Kecamatan Tapian Dolok.

Seiring waktu usahanya bertambah maju dan membesar. Kini ia membuka usaha kulinernya dua cabang di Jalan SM Raja Simpang Rami Pematangsiantar dan Jalan SM Raja Rantauprapat.

'Kepikiran juga buka cabang di Medan, hanya saja belum menemukan sosok yang mampu dan bisa dipercaya untuk mengelolanya, jadi ya...lihat nanti saja,' kata Hj Ajida.

Pelanggan di Rumah Makan Beringin Indah ini dari berbagai kalangan dan berbagai daerah, bahkan sampai wisatawan mancanegara pernah merasakan nikmat dan gurihnya burung goreng.(ant/rd)

Pertama Kali Masuk Malaysia Puluhan WNI Ditangkap

Puluhan orang yang dideportasi melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara merupakan warga negara Indonesia yang tertangkap saat pertama kali masuk Negeri Sabah, Malaysia.

Dolar AS Menguat Di Tengah Data Ketenagakerjaan Bervariasi

Kurs dolar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya di New York pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena investor mencerna laporan ketenagakerjaan non pertanian bervariasi dari negara itu.

Ditemukan 15 Kasus DBD Di Kulon Progo

Selama Januari 2016 ditemukan 15 kasus demam berdarah dengue di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan satu diantara penderita meninggal dunia.

Disdikbud Imbau Guru Sertifikasi Tingkatkan Semangat Mengajar

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, mengimbau guru yang sudah menikmati dana tunjangan sertifikasi agar meningkatkan semangat belajar-mengajar dan jangan lagi bermalas-malasan.

Enam WNI Dideportasi Tersangkut Kasus Narkoba

Sebanyak enam orang dari 139 warga negara Indonesia (WNI) yang dideportasi Pemerintah Kerajaan Malaysia melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, karena tersangkut kasus narkoba.