Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ratusan Hektare Tanaman Padi di Aceh Barat Terendam Banjir

tanaman padi, banjir, aceh barat

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 257

Sekitar 150 hektare tanaman padi siap panen di Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terendam banjir akibat hujan lebat yang melanda wilayah itu dalam dua hari terakhir.

Syarifuddin, petani Gampong (desa) Masjid Baroe di Meulaboh Jum'at mengatakan ketinggian air sepinggang orang dewasa itu merendam sawah mereka serta merontokan padi kemudian dihanyutkan.

"Jelas, petani rugi bila tidak dipanen semasih genangan air ini, sebab bila menungu surut banjir maka tanaman padi sudah disapu habis," katanya disela memanen padi dalam kondisi banjir kepada wartawan.

Di Kecamatan Sama Tiga terdapat ratusan hektare tanaman padi ditenggelamkan air seperti di Gampong Masjid Baroe, Rangkile, Cuot Lame dan sejumlah desa lain dengan ketinggian air 1-1,5 meter dan petani mengaku rugi belasan juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian dan Perternakan Aceh Barat M Nasir menjelaskan banjir yang melanda persawahan setempat, karena kondisi sungai Bubon tidak bersih, sehingga debit air melimpah ke sawah.

"Kami perkirakan ada lebih 150 hektare yang sudah terendam banjir, yang lainnya akan kita data dan nanti akan kita usulkan penerima bantuan dari Pemprov Aceh," katanya.

Kata Nasir, banjir yang menggenangi persawahan Aceh Barat tersebut tidak selamanya merugikan petani, karena banjir memberikan manfaat besar bagi areal sawah tadah hujan sebab pada November 2012 ini seluruh petani dijadwalkan memasuki musim tanam rendengan.

Seluruh areal sawah yang terendam banjir itu kata dia merupakan kawasan areal penanaman padi sedikit terlambat ketimbang kawasan lain yang sudah melakukan panen sejak awal Oktober 2012.

"Saat ini sudah memasuki jadwal musim tanam serentak dan bagi lahan sawah yang tadah hujan, banjir ini sangat bernilai positif sebab sarana irigasi masih terbatas," imbuhnya.

Kabupaten Aceh Barat memiliki 18.308 hektare bahan baku sawah dengan produktivitas 4,6 ton/hektare, 10.180 hektare merupakan sawah tadah hujan, 3.408 hektare disediakan pompanisasi dan 2.209 hektare memiliki irigasi desa (waduk). (ant/as)

Bolt Menangi 200 Meter, Powell Sukses 100 Meter di Ostrava

Usain Bolt memenangi nomor 200 meter dalam catatan waktu terbaik musim ini 20,13 detik dalam kompetisi yang diwarnai hujan dan udara dingin di pertemuan Ostrava Golden Spike pada Selasa waktu setempat.

Perhotelan DIY Akan Sediakan Paket Wisata Ramadhan

Perhotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masuk dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyediakan paket wisata religi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta selama Ramadhan.

Investor Perkebunan Tebu Terhambat Pembebasan Lahan

Sejumlah investor yang berniat mengembangkan perkebunan tebu dan mendirikan industri gula di Sulawesi Tenggara masih terhambat pembebasan lahan untuk lokasi bisnis mereka.

Ribuan Guru Batam Belum Kantongi Sertifikat Mengajar

Sekitar 1.500 guru di Kota Batam, Kepulauan Riau, belum mengantongi sertifikat mengajar sebagai syarat untuk menjadi pendidik sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Harga Minyak Dunia Jatuh Tertekan Penguatan Dolar

Harga minyak dunia jatuh pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena sebagian besar pedagang mengambil isyarat mereka dari dolar AS yang berbalik menguat dan produksi minyak yang tetap tinggi, kata para dealer.