Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ratusan Hektare Tanaman Padi di Aceh Barat Terendam Banjir

tanaman padi, banjir, aceh barat

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 225

Sekitar 150 hektare tanaman padi siap panen di Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terendam banjir akibat hujan lebat yang melanda wilayah itu dalam dua hari terakhir.

Syarifuddin, petani Gampong (desa) Masjid Baroe di Meulaboh Jum'at mengatakan ketinggian air sepinggang orang dewasa itu merendam sawah mereka serta merontokan padi kemudian dihanyutkan.

"Jelas, petani rugi bila tidak dipanen semasih genangan air ini, sebab bila menungu surut banjir maka tanaman padi sudah disapu habis," katanya disela memanen padi dalam kondisi banjir kepada wartawan.

Di Kecamatan Sama Tiga terdapat ratusan hektare tanaman padi ditenggelamkan air seperti di Gampong Masjid Baroe, Rangkile, Cuot Lame dan sejumlah desa lain dengan ketinggian air 1-1,5 meter dan petani mengaku rugi belasan juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian dan Perternakan Aceh Barat M Nasir menjelaskan banjir yang melanda persawahan setempat, karena kondisi sungai Bubon tidak bersih, sehingga debit air melimpah ke sawah.

"Kami perkirakan ada lebih 150 hektare yang sudah terendam banjir, yang lainnya akan kita data dan nanti akan kita usulkan penerima bantuan dari Pemprov Aceh," katanya.

Kata Nasir, banjir yang menggenangi persawahan Aceh Barat tersebut tidak selamanya merugikan petani, karena banjir memberikan manfaat besar bagi areal sawah tadah hujan sebab pada November 2012 ini seluruh petani dijadwalkan memasuki musim tanam rendengan.

Seluruh areal sawah yang terendam banjir itu kata dia merupakan kawasan areal penanaman padi sedikit terlambat ketimbang kawasan lain yang sudah melakukan panen sejak awal Oktober 2012.

"Saat ini sudah memasuki jadwal musim tanam serentak dan bagi lahan sawah yang tadah hujan, banjir ini sangat bernilai positif sebab sarana irigasi masih terbatas," imbuhnya.

Kabupaten Aceh Barat memiliki 18.308 hektare bahan baku sawah dengan produktivitas 4,6 ton/hektare, 10.180 hektare merupakan sawah tadah hujan, 3.408 hektare disediakan pompanisasi dan 2.209 hektare memiliki irigasi desa (waduk). (ant/as)

Forlan Bawa Cerezo Ke 16 Besar

Pemain asal Uruguay Diego Forlan mencetak gol penentu kemenangan untuk membawa klub barunya Cerezo Osaka maju ke putaran 16 besar Liga Champions AFC setelah mengalahkan klub China Shandong Luneng, Rabu.

Gubernur : Pascapemilu Legislatif Keamanan Sumut Terjaga

Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho menegaskan pascapemilu legislatif yang baru berlalu hingga saat ini menyambut Pemilu Presiden 9 Juli 2014 kondisi daerahnya cukup aman.

100 Peronel Brimob Disiagakan Di Kutai Timur

Sebanyak 100 personel Brimob Polda Kalimantan Timur, dari Kota Balikpapan, disiagakan di Sangata, Kabupaten Kutai Timur.

Undang-undang Kepemilikan Senjata Perlu Direvisi

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Eliarta Meliala mengatakan Undang-Undang Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata perlu direvisi, seiring maraknya kriminalitas yang menggunakan senjata api di masyarakat.

Gus Irawan Pasaribu Unggul Di Padang Lawas

Mantan Dirut Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu menjadi politisi yang meraih suara terbanyak di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera UTara, sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Gerindra.