Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Program BOPF Diharapkan Atasi Permasalahan Pendidikan Karawang

program biaya operasional perawatan fasilitas, permasalahan krusial, sektor pendidikan

Posted on 01 Apr 2013. Hits : 503

Program Biaya Operasional Perawatan Fasilitas atau BOPF yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 2013 diharapkan bisa mengatasi lima permasalahan krusial sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman mengatakan, lima permasalahan pendidikan yang krusial di Karawang ialah permasalahan infrastrukur sekolah, hasil didik, manajemen yang kurang efektif, mahalnya biaya pendidikan dan persoalan seputar penerimaan siswa baru.

"Dengan diluncurkannya program BOPF, ke depan diharapkan kelima permasalahan krusial sektor pendidikan di Karawang bisa diatasi," katanya, di Karawang, Minggu.

Menurut dia, terkait dengan permasalahan infrastruktur sekolah, dilakukan peningkatan aksesibilitas perluasan dan pemerataan pendidikan di Karawang.

Pada tahun 2013 pemerintah daerah setempat menargetkan mampu memperbaiki ruang kelas sebanyak 1.030 unit.

Sedangkan sebelumnya atau pada tahun 2012 telah diperbaiki sebanyak 2.307 ruang kelas. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kapasitas daya tampung siswa baru.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat juga juga berupaya meningkatkan pendidikan dan melakukan penguatan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, yakni untuk mengembangkan kualitas kepala sekolah dan guru.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar kualitas hasil didik meningkat signifikan.

Mengenai permasalahan manajemen pendidikan, pemerintah daerah setempat telah melaksanakan rapat daerah dan "workshop" dengan sasaran kepada kepala sekolah sebagai internal sumber daya manusia di sekolah, agar bisa melaksanakan kontrol sekolah dengan lebih baik.

Sedangkan terkait dengan mahalnya biaya pendidikan, tahun ini Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp84 miliar untuk membantu meringankan masyarakat agar tetap melanjutkan pendidikan.(ant/rd)

Limbah Biogas Disulap Jadi 'Paprika Manjur'

Limbah biogas yang melimpah dan selama ini dibuang percuma disulap menjadi produk dengan nilai ekonomis tinggi, yakni "Paprika Manjur" oleh empat mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP-UB) Malang, Jawa Timur.

DPR : Anwar Figur Pemimpin Kebanggaan Indonesia Timur

Rombongan Komisi VIII DPR RI menyampaikan, sosok Gubernur Sulawesi Barat, H.

Monumen Bambu Runcing, Simbol Kenekatan Arek Suroboyo Melawan Penjajah

Perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda tidak terlepas dari keberadaan bambu runcing sebagai senjata.

Ahli : Gedung Walkot Bekasi Tidak Rusak Parah

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan meterial bangunan Gedung Wali Kota Bekasi yang terbakar (24/4) tidak mengalami kerusakan parah.

HPI Ikut Promosikan Warsa Sebagai Wisata Selancar

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Biak Numfor, Papua, ikut mempromosikan potensi objek wisata perairan Kampung Aman di Distrik Warsa sebagai tempat berselancar dan jetski.