Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Program BOPF Diharapkan Atasi Permasalahan Pendidikan Karawang

program biaya operasional perawatan fasilitas, permasalahan krusial, sektor pendidikan

Posted on 01 Apr 2013. Hits : 503

Program Biaya Operasional Perawatan Fasilitas atau BOPF yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 2013 diharapkan bisa mengatasi lima permasalahan krusial sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman mengatakan, lima permasalahan pendidikan yang krusial di Karawang ialah permasalahan infrastrukur sekolah, hasil didik, manajemen yang kurang efektif, mahalnya biaya pendidikan dan persoalan seputar penerimaan siswa baru.

"Dengan diluncurkannya program BOPF, ke depan diharapkan kelima permasalahan krusial sektor pendidikan di Karawang bisa diatasi," katanya, di Karawang, Minggu.

Menurut dia, terkait dengan permasalahan infrastruktur sekolah, dilakukan peningkatan aksesibilitas perluasan dan pemerataan pendidikan di Karawang.

Pada tahun 2013 pemerintah daerah setempat menargetkan mampu memperbaiki ruang kelas sebanyak 1.030 unit.

Sedangkan sebelumnya atau pada tahun 2012 telah diperbaiki sebanyak 2.307 ruang kelas. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kapasitas daya tampung siswa baru.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat juga juga berupaya meningkatkan pendidikan dan melakukan penguatan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, yakni untuk mengembangkan kualitas kepala sekolah dan guru.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar kualitas hasil didik meningkat signifikan.

Mengenai permasalahan manajemen pendidikan, pemerintah daerah setempat telah melaksanakan rapat daerah dan "workshop" dengan sasaran kepada kepala sekolah sebagai internal sumber daya manusia di sekolah, agar bisa melaksanakan kontrol sekolah dengan lebih baik.

Sedangkan terkait dengan mahalnya biaya pendidikan, tahun ini Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp84 miliar untuk membantu meringankan masyarakat agar tetap melanjutkan pendidikan.(ant/rd)

Waralaba Sekolah Seni Thailand Ingin Ekspansi ke Indonesia

Seni tidak hanya menjadi pelengkap tetapi juga penyeimbang bagi perkembangan anak-anak.

FC Bayern Munchen Meluncurkan Toko Resmi Eklusif di Tmall Global Tawarkan Merchandise Resmi

FC Bayern Munich bekerjasama dengan Tmall Globa, yang merupakan bagian dari Alibaba Group B2C Tmall yang berada di Cina, bersama DHL eCommerce – bagian dari DHL, perusahaan logistik terkemuka di dunia – untuk meluncurkan toko online berbendera resmi FC Bayern Munchen (http://fcb.

PesonaEdu Store Ingin Layani Kebutuhan Konten Edukasi Digital

Bulan ini PesonaEdu Store resmi meluncurkan toko onlinenya dengan alamat Store.

Pemerintah Segera Rumuskan Posisi Indonesia Dalam PBWP

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan segera merumuskan posisi Indonesia dalam perundingan Post-Bali Work Programme (PBWP) di World Trade Organization (WTO), yang diharapkan bisa disetujui pada Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-10, di Nairobi, Kenya.

Pemerintah Prioritaskan Pertamina Kelola Rokan Setelah 2021

Pemerintah akan memprioritaskan PT Pertamina (Persero) untuk mengelola Blok Rokan, Riau yang habis kontrak dengan PT Chevron Pacific Indonesia pada 2021.