Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Program BOPF Diharapkan Atasi Permasalahan Pendidikan Karawang

program biaya operasional perawatan fasilitas, permasalahan krusial, sektor pendidikan

Posted on 01 Apr 2013. Hits : 503

Program Biaya Operasional Perawatan Fasilitas atau BOPF yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 2013 diharapkan bisa mengatasi lima permasalahan krusial sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman mengatakan, lima permasalahan pendidikan yang krusial di Karawang ialah permasalahan infrastrukur sekolah, hasil didik, manajemen yang kurang efektif, mahalnya biaya pendidikan dan persoalan seputar penerimaan siswa baru.

"Dengan diluncurkannya program BOPF, ke depan diharapkan kelima permasalahan krusial sektor pendidikan di Karawang bisa diatasi," katanya, di Karawang, Minggu.

Menurut dia, terkait dengan permasalahan infrastruktur sekolah, dilakukan peningkatan aksesibilitas perluasan dan pemerataan pendidikan di Karawang.

Pada tahun 2013 pemerintah daerah setempat menargetkan mampu memperbaiki ruang kelas sebanyak 1.030 unit.

Sedangkan sebelumnya atau pada tahun 2012 telah diperbaiki sebanyak 2.307 ruang kelas. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kapasitas daya tampung siswa baru.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat juga juga berupaya meningkatkan pendidikan dan melakukan penguatan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, yakni untuk mengembangkan kualitas kepala sekolah dan guru.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar kualitas hasil didik meningkat signifikan.

Mengenai permasalahan manajemen pendidikan, pemerintah daerah setempat telah melaksanakan rapat daerah dan "workshop" dengan sasaran kepada kepala sekolah sebagai internal sumber daya manusia di sekolah, agar bisa melaksanakan kontrol sekolah dengan lebih baik.

Sedangkan terkait dengan mahalnya biaya pendidikan, tahun ini Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp84 miliar untuk membantu meringankan masyarakat agar tetap melanjutkan pendidikan.(ant/rd)

Gubernur : Beri Perlakuan Khusus Pasien Terduga MERS

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus minta dua jemaah haji asal Jambi yang merupakan suami-isteri yang diduga terinfeksi virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan kini dirawat RSU Raden Mattaher Jambi diberi perlakuan khusus.

Menpora Dorong Optimalisasi Diklat Ragunan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendorong optimalisasi Diklat Ragunan Jakarta yang merupakan sekolah khusus olahragawan muda Indonesia sebelum terjun dilevel nasional maupun internasional.

Presiden Inginkan Upaya Nyata Penanganan Sinabung

Presiden Joko Widodo menginginkan adanya upaya nyata percepatan pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi terkait bencana erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Legislator : Fungsi Kontrol Harus Dimaksimalkan

Anggota DPRD Kalimantan Timur Dahri Yasin, mengatakan fungsi pengawasan yang merupakan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang untuk mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan harus dimaksimalkan.

PPP Riau Versi Romi : Muktamar SDA Mubazir

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan versi Romahurmuziy menyatakan muktamar yang diselenggarakan oleh kubu Surya Dharma Ali, Jumat di Jakarta adalah sesuatu yang mubazir dan cenderung mengedepankan ego pribadi saja.