Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Program BOPF Diharapkan Atasi Permasalahan Pendidikan Karawang

program biaya operasional perawatan fasilitas, permasalahan krusial, sektor pendidikan

Posted on 01 Apr 2013. Hits : 503

Program Biaya Operasional Perawatan Fasilitas atau BOPF yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 2013 diharapkan bisa mengatasi lima permasalahan krusial sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman mengatakan, lima permasalahan pendidikan yang krusial di Karawang ialah permasalahan infrastrukur sekolah, hasil didik, manajemen yang kurang efektif, mahalnya biaya pendidikan dan persoalan seputar penerimaan siswa baru.

"Dengan diluncurkannya program BOPF, ke depan diharapkan kelima permasalahan krusial sektor pendidikan di Karawang bisa diatasi," katanya, di Karawang, Minggu.

Menurut dia, terkait dengan permasalahan infrastruktur sekolah, dilakukan peningkatan aksesibilitas perluasan dan pemerataan pendidikan di Karawang.

Pada tahun 2013 pemerintah daerah setempat menargetkan mampu memperbaiki ruang kelas sebanyak 1.030 unit.

Sedangkan sebelumnya atau pada tahun 2012 telah diperbaiki sebanyak 2.307 ruang kelas. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kapasitas daya tampung siswa baru.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat juga juga berupaya meningkatkan pendidikan dan melakukan penguatan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, yakni untuk mengembangkan kualitas kepala sekolah dan guru.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar kualitas hasil didik meningkat signifikan.

Mengenai permasalahan manajemen pendidikan, pemerintah daerah setempat telah melaksanakan rapat daerah dan "workshop" dengan sasaran kepada kepala sekolah sebagai internal sumber daya manusia di sekolah, agar bisa melaksanakan kontrol sekolah dengan lebih baik.

Sedangkan terkait dengan mahalnya biaya pendidikan, tahun ini Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp84 miliar untuk membantu meringankan masyarakat agar tetap melanjutkan pendidikan.(ant/rd)

Kejaksaan Tinggi Periksa Kepala Dinas Pariwisata Jateng

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Aribowo diperiksa Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dalam kasus dugaan penyelewengan dana bantuan sosial pemerintah provinsi setempat tahun 2011.

Allianz Life Indonesia Luncurkan Produk Perencanaan Haji

Allianz Life Indonesia meluncurkan produk baru berupa tabungan asuransi jiwa berjangka syariah untuk perencanaan biaya ibadah haji bertajuk Allianz Tasbih.

232 Sersan Taruna Akmil Ikuti Masa Orientasi

Sebanyak 232 Sersan Taruna Akademi Militer terdiri atas 220 taruna dan 12 taruni mengikuti masa orientasi di Kesatrian Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah.

Bank Dunia Dukung Konsensus Pembangunan Berkelanjutan PBB

Bank Dunia menyambut baik dan mendukung konsensus negara-negara anggota PBB terkait Sasaran Pembangunan Berkelanjutan yang bertujuan mengakhiri kemiskinan, mempromosikan kemakmuran, serta melindungi kondisi lingkungan hidup di dunia.

Kejaksaan Resmi Tahan Kepala BPBD Seruyan

Kejaksaan Negeri Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah secara resmi menahan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah berinisial YFS Seruyan, Selasa.