Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Program BOPF Diharapkan Atasi Permasalahan Pendidikan Karawang

program biaya operasional perawatan fasilitas, permasalahan krusial, sektor pendidikan

Posted on 01 Apr 2013. Hits : 503

Program Biaya Operasional Perawatan Fasilitas atau BOPF yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 2013 diharapkan bisa mengatasi lima permasalahan krusial sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman mengatakan, lima permasalahan pendidikan yang krusial di Karawang ialah permasalahan infrastrukur sekolah, hasil didik, manajemen yang kurang efektif, mahalnya biaya pendidikan dan persoalan seputar penerimaan siswa baru.

"Dengan diluncurkannya program BOPF, ke depan diharapkan kelima permasalahan krusial sektor pendidikan di Karawang bisa diatasi," katanya, di Karawang, Minggu.

Menurut dia, terkait dengan permasalahan infrastruktur sekolah, dilakukan peningkatan aksesibilitas perluasan dan pemerataan pendidikan di Karawang.

Pada tahun 2013 pemerintah daerah setempat menargetkan mampu memperbaiki ruang kelas sebanyak 1.030 unit.

Sedangkan sebelumnya atau pada tahun 2012 telah diperbaiki sebanyak 2.307 ruang kelas. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kapasitas daya tampung siswa baru.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat juga juga berupaya meningkatkan pendidikan dan melakukan penguatan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, yakni untuk mengembangkan kualitas kepala sekolah dan guru.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar kualitas hasil didik meningkat signifikan.

Mengenai permasalahan manajemen pendidikan, pemerintah daerah setempat telah melaksanakan rapat daerah dan "workshop" dengan sasaran kepada kepala sekolah sebagai internal sumber daya manusia di sekolah, agar bisa melaksanakan kontrol sekolah dengan lebih baik.

Sedangkan terkait dengan mahalnya biaya pendidikan, tahun ini Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp84 miliar untuk membantu meringankan masyarakat agar tetap melanjutkan pendidikan.(ant/rd)

Mahasiswa Didorong Maksimalkan Kreativitas

Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Islam Indonesia Yogyakarta didorong memaksimalkan kreativitas karena untuk menghasilkan ide-ide baru yang kemudian diwujudkan dalam karya merupakan hal penting bagi arsitek.

Jateng Fair 2014 Gagal Capai Target

Target transaksi Jateng Fair 2014 tidak tercapai karena jumlah pengunjungnya yang juga tidak sesuai dengan target awal, ujar Direktur Utama PT PRPP Jateng Titah Listyorini.

Pejabat Diminta Melek Internet

Seluruh pejabat di Kota Tangerang diminta melek internet dan menggunakannya dalam pelayanan publik.

Karnaval Dan Pameran Kota Hijau Di Metro

Pameran dan Karnaval Kota Hijau Metro 2014 yang diselenggarakan oleh Forum Komunitas Hijau Kota Metro dan Sekolah Sobat Bumi digelar Minggu.

Tiongkok Gelar Pameran Foto Sejarah Jakarta

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok menggelar pameran foto tentang 35 tahun kilas balik sejarah perkembangan kehidupan masyarakat Tiongkok di auditorium Museum Nasional, Jakarta, pada 22-25 September 2014.