Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Program BOPF Diharapkan Atasi Permasalahan Pendidikan Karawang

program biaya operasional perawatan fasilitas, permasalahan krusial, sektor pendidikan

Posted on 01 Apr 2013. Hits : 407

Program Biaya Operasional Perawatan Fasilitas atau BOPF yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 2013 diharapkan bisa mengatasi lima permasalahan krusial sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman mengatakan, lima permasalahan pendidikan yang krusial di Karawang ialah permasalahan infrastrukur sekolah, hasil didik, manajemen yang kurang efektif, mahalnya biaya pendidikan dan persoalan seputar penerimaan siswa baru.

"Dengan diluncurkannya program BOPF, ke depan diharapkan kelima permasalahan krusial sektor pendidikan di Karawang bisa diatasi," katanya, di Karawang, Minggu.

Menurut dia, terkait dengan permasalahan infrastruktur sekolah, dilakukan peningkatan aksesibilitas perluasan dan pemerataan pendidikan di Karawang.

Pada tahun 2013 pemerintah daerah setempat menargetkan mampu memperbaiki ruang kelas sebanyak 1.030 unit.

Sedangkan sebelumnya atau pada tahun 2012 telah diperbaiki sebanyak 2.307 ruang kelas. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kapasitas daya tampung siswa baru.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat juga juga berupaya meningkatkan pendidikan dan melakukan penguatan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, yakni untuk mengembangkan kualitas kepala sekolah dan guru.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar kualitas hasil didik meningkat signifikan.

Mengenai permasalahan manajemen pendidikan, pemerintah daerah setempat telah melaksanakan rapat daerah dan "workshop" dengan sasaran kepada kepala sekolah sebagai internal sumber daya manusia di sekolah, agar bisa melaksanakan kontrol sekolah dengan lebih baik.

Sedangkan terkait dengan mahalnya biaya pendidikan, tahun ini Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp84 miliar untuk membantu meringankan masyarakat agar tetap melanjutkan pendidikan.(ant/rd)

Neraca Perdagangan Turun

Surplus neraca perdagangan Provinsi Jambi pada Februari 2014 turun sebesar 3,62 persen dibanding bulan sebelumnya dari 275,25 juta dolar AS pada Januari menjadi 265,29 juta dolar AS pada Februari lalu.

Nato Akan Perkuat Pasukan

NATO Rabu akan mengirim tambahan kapal, pesawat dan pasukan ke Eropa timur untuk menjamin keamanan sejumlah negara yang khawatir terhadap potensi meluasnya agresi Rusia yang terjadi di Krimea.

Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengembangkan konsep kawasan rumah pangan lestasi di daerah itu untuk mewujudkan kemandirian pangan.

UPT Bengawan Solo Tutup Pintu Waduk Pacal

Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis, menutup pintu Waduk Pacal dengan pertimbangan air waduk yang mengalir ke bangunan pelimpah (spill way) yang jebol tidak deras.

Dolar Bervariasi di Tengah Data dan Pernyataan Yellen

Kurs dolar AS diperdagangkan bervariasi terhadap mata uang utama lainnya pada Rabu (Kamis pagi WIB), di tengah serangkaian data ekonomi AS dan komentar dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen.