Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produsen Sarankan Petani Pesisir Selatan Membuat Kelompok

produsen pupuk bersubsidi, kelompok tani

Posted on 19 Mar 2013. Hits : 166

Produsen pupuk bersubsidi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat PT Pupuk Iskandar Muda menyarankan petani di kabupaten itu agar dapat bergabung dengan kelompok tani supaya lebih memudahkan mendapatkan pupuk subsidi.

"Kita sarankan petani agar membuat atau segera bergabung ke kelompok tani. Jika tidak maka petani tersebut akan sulit untuk mendapatkan pupuk subsidi karena penyalurannya akan dilakukan melalui kelompok tani, " kata Kepala Bidang Penjualan Wilayah Sumbar PT PIM, Iswandi sebagai produsen pupuk bersubsidi di kabupaten itu ketika dihubungi di Painan, Senin.

Menurut dia, penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu dilakukan secara berjenjang yakni dari produsen ke gudang Lini II, seterusnya ke distributor, distributor menyalurkan ke kios-kios resmi di wilayah tanggung jawabnya masing-masing.

Selanjutnya petani yang diprioritaskan mendapatkan pembelian pupuk bersubsidi kepada kios-kios resmi di wilayahnya adalah petani yang telah memiliki kelompok tani.

Karena sebelum permintaan pembelian, petani terlebihdahulu telah membuat rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) melalui kelompok tani masing-masing.

Untuk penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu, PT PIM akan melakukan melalui lima distributor sesuai rekomendasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) kabupaten setempat.

Ke lima distributor itu seperti CV Makna Tani Sejahtera akan menyalurkan di Kecamatan IV Jurai, Bayang dan Ranah Pesisir, CV Cahaya Selatan Agrotama di Kecamatan Batangkapas, Lengayang dan Ampek Nagari Bayang Utara.

CV Fajar Semesta Harapan menyalurkan pupuk bersubsidi di Kecamatan Sutera, Pancung Soal. Seterusnya CV Lunang Agrotama mendapat kepercayaan dari pemkab setempat untuk menyelurkan pupuk bersubsidi kepada pengecer di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lunang dan Silaut.

Sedangkan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Koto XI Tarusan disalurkan oleh distributor Koperasi Unit Desa (KUD) Duku Batu Hampar.(ant/rd)

BOPI Tegaskan Pakta Integritas RDPU Hanya Masukan

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menegaskan bahwa pakta integritas yang disepakati oleh Komisi X DPR RI bersama PSSI dan PT Liga Indonesia dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU), Kamis (26/3), hanya masukan yang tidak wajib dilaksanakan.

Jalur Trenggalek-Ponorogo Diberlakukan Buka Tutup

Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Jawa Timur memberlakukan sistem buka tutup di jalur Trenggalek-Ponorogo yang beberapa hari terputus akibat longsor di kilometer-14 hingga kilometer-17 Desa Nglinggis, Trenggalek, Selasa (24/3).

Bangka Tengah Gandeng PT POS Pungut PBB

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menggandeng pihak PT Pos Indonesia untuk memungut Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

KID Babel : PPID Miliki SOP Layanan Informasi

Ketua komisi informasi daerah (KID) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Ahmad menyatakan PPID harus memiliki 'standard operating procedure' (SOP) pelayanan informasi kepada masyarakat.

DPR RI Ke London Bahas Energi Terbarukan

Tim Green Economy Caucus (GEC) DPR RI dan LSM Prakarsa berkunjung dan mengadakan serangkaian pertemuan ke London guna meningkatkan wawasan akan pentingnya pertimbangan aspek lingkungan dan pemanfaatan energi terbarukan dalam pembuatan undang-undang.