Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produsen Sarankan Petani Pesisir Selatan Membuat Kelompok

produsen pupuk bersubsidi, kelompok tani

Posted on 19 Mar 2013. Hits : 166

Produsen pupuk bersubsidi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat PT Pupuk Iskandar Muda menyarankan petani di kabupaten itu agar dapat bergabung dengan kelompok tani supaya lebih memudahkan mendapatkan pupuk subsidi.

"Kita sarankan petani agar membuat atau segera bergabung ke kelompok tani. Jika tidak maka petani tersebut akan sulit untuk mendapatkan pupuk subsidi karena penyalurannya akan dilakukan melalui kelompok tani, " kata Kepala Bidang Penjualan Wilayah Sumbar PT PIM, Iswandi sebagai produsen pupuk bersubsidi di kabupaten itu ketika dihubungi di Painan, Senin.

Menurut dia, penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu dilakukan secara berjenjang yakni dari produsen ke gudang Lini II, seterusnya ke distributor, distributor menyalurkan ke kios-kios resmi di wilayah tanggung jawabnya masing-masing.

Selanjutnya petani yang diprioritaskan mendapatkan pembelian pupuk bersubsidi kepada kios-kios resmi di wilayahnya adalah petani yang telah memiliki kelompok tani.

Karena sebelum permintaan pembelian, petani terlebihdahulu telah membuat rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) melalui kelompok tani masing-masing.

Untuk penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu, PT PIM akan melakukan melalui lima distributor sesuai rekomendasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) kabupaten setempat.

Ke lima distributor itu seperti CV Makna Tani Sejahtera akan menyalurkan di Kecamatan IV Jurai, Bayang dan Ranah Pesisir, CV Cahaya Selatan Agrotama di Kecamatan Batangkapas, Lengayang dan Ampek Nagari Bayang Utara.

CV Fajar Semesta Harapan menyalurkan pupuk bersubsidi di Kecamatan Sutera, Pancung Soal. Seterusnya CV Lunang Agrotama mendapat kepercayaan dari pemkab setempat untuk menyelurkan pupuk bersubsidi kepada pengecer di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lunang dan Silaut.

Sedangkan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Koto XI Tarusan disalurkan oleh distributor Koperasi Unit Desa (KUD) Duku Batu Hampar.(ant/rd)

Warga Biak Waspadai Beras Sintetis

Kalangan warga Biak penjual makanan di Kabupaten Biak Numfor, Papua, menIngkatkan kewaspadaan terhadap peredaran beras sintetis di wilayah itu, Sabtu.

327 Peserta Malaysia Dan Indonesia Seminar Di Bali

Sebanyak 327 peserta dari Malaysia dan sejumlah daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam Seminar dan lokakarya internasional Konseling Malindo ke-4 di Bali selama dua hari.

Konseling Mampu Kurangi Kenakalan Anak Didik

Para tenaga konseling profesional harus mampu mengurangi kenakalan anak didik, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dengan mengembangkan berpikiran positif.

Harga Gula Pasir Dan Telur Ayam Naik

Harga gula pasir dan telur ayam ras yang ditawarkan pedagang di Kota Ambon, Provinsi Maluku, mulai bergerak naik dan bervariasi.

Harga Bawang Di Ambon Mulai Bergerak Naik

Harga bawang merah yang ditawarkan para pedagang di Kota Ambon, Provinsi Maluku kini mulai bergerak naik dan bervariasi.