Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produsen Sarankan Petani Pesisir Selatan Membuat Kelompok

produsen pupuk bersubsidi, kelompok tani

Posted on 19 Mar 2013. Hits : 133

Produsen pupuk bersubsidi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat PT Pupuk Iskandar Muda menyarankan petani di kabupaten itu agar dapat bergabung dengan kelompok tani supaya lebih memudahkan mendapatkan pupuk subsidi.

"Kita sarankan petani agar membuat atau segera bergabung ke kelompok tani. Jika tidak maka petani tersebut akan sulit untuk mendapatkan pupuk subsidi karena penyalurannya akan dilakukan melalui kelompok tani, " kata Kepala Bidang Penjualan Wilayah Sumbar PT PIM, Iswandi sebagai produsen pupuk bersubsidi di kabupaten itu ketika dihubungi di Painan, Senin.

Menurut dia, penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu dilakukan secara berjenjang yakni dari produsen ke gudang Lini II, seterusnya ke distributor, distributor menyalurkan ke kios-kios resmi di wilayah tanggung jawabnya masing-masing.

Selanjutnya petani yang diprioritaskan mendapatkan pembelian pupuk bersubsidi kepada kios-kios resmi di wilayahnya adalah petani yang telah memiliki kelompok tani.

Karena sebelum permintaan pembelian, petani terlebihdahulu telah membuat rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) melalui kelompok tani masing-masing.

Untuk penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu, PT PIM akan melakukan melalui lima distributor sesuai rekomendasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) kabupaten setempat.

Ke lima distributor itu seperti CV Makna Tani Sejahtera akan menyalurkan di Kecamatan IV Jurai, Bayang dan Ranah Pesisir, CV Cahaya Selatan Agrotama di Kecamatan Batangkapas, Lengayang dan Ampek Nagari Bayang Utara.

CV Fajar Semesta Harapan menyalurkan pupuk bersubsidi di Kecamatan Sutera, Pancung Soal. Seterusnya CV Lunang Agrotama mendapat kepercayaan dari pemkab setempat untuk menyelurkan pupuk bersubsidi kepada pengecer di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lunang dan Silaut.

Sedangkan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Koto XI Tarusan disalurkan oleh distributor Koperasi Unit Desa (KUD) Duku Batu Hampar.(ant/rd)

Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gelar Lomba Tenis Berkebaya

Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Hari Kartini 2014, di antaranya lomba tenis berkebaya dan lomba memasak nasi goreng berkebaya.

Umat Kristiani Khusuk Merayakan Tri Hari Paskah

Umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur khusuk merayakan tri hari suci Paskah sejak malam Rabu atau Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Jumat Agung, lalu Sabtu Alleya.

PGRI Lubuklinggau Minta Polisi Usut Kematian Guru

Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan minta jajaran Polres setempat mengusut tuntas kasus kematian guru SDN 47 di kota itu pekan lalu.

PLN Musirawas Perbaiki Jaringan Ke BTS Ulu

PT PLN Kabupaten Musiarwas, Sumatera selatan, sudah memperbaiki seluruh jaringan listrik ke beberapa desa di Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu setelah terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Pakaian Jadi Bali Raup 6,36 Juta Dolar

Bali meraup devisa sebesar 6,36 juta dolar AS dari ekspor pakaian jadi bukan rajutan selama Februari 2014, menurun 4,83 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 6,67 juta dolar AS.