Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produsen Sarankan Petani Pesisir Selatan Membuat Kelompok

produsen pupuk bersubsidi, kelompok tani

Posted on 19 Mar 2013. Hits : 166

Produsen pupuk bersubsidi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat PT Pupuk Iskandar Muda menyarankan petani di kabupaten itu agar dapat bergabung dengan kelompok tani supaya lebih memudahkan mendapatkan pupuk subsidi.

"Kita sarankan petani agar membuat atau segera bergabung ke kelompok tani. Jika tidak maka petani tersebut akan sulit untuk mendapatkan pupuk subsidi karena penyalurannya akan dilakukan melalui kelompok tani, " kata Kepala Bidang Penjualan Wilayah Sumbar PT PIM, Iswandi sebagai produsen pupuk bersubsidi di kabupaten itu ketika dihubungi di Painan, Senin.

Menurut dia, penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu dilakukan secara berjenjang yakni dari produsen ke gudang Lini II, seterusnya ke distributor, distributor menyalurkan ke kios-kios resmi di wilayah tanggung jawabnya masing-masing.

Selanjutnya petani yang diprioritaskan mendapatkan pembelian pupuk bersubsidi kepada kios-kios resmi di wilayahnya adalah petani yang telah memiliki kelompok tani.

Karena sebelum permintaan pembelian, petani terlebihdahulu telah membuat rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) melalui kelompok tani masing-masing.

Untuk penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu, PT PIM akan melakukan melalui lima distributor sesuai rekomendasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) kabupaten setempat.

Ke lima distributor itu seperti CV Makna Tani Sejahtera akan menyalurkan di Kecamatan IV Jurai, Bayang dan Ranah Pesisir, CV Cahaya Selatan Agrotama di Kecamatan Batangkapas, Lengayang dan Ampek Nagari Bayang Utara.

CV Fajar Semesta Harapan menyalurkan pupuk bersubsidi di Kecamatan Sutera, Pancung Soal. Seterusnya CV Lunang Agrotama mendapat kepercayaan dari pemkab setempat untuk menyelurkan pupuk bersubsidi kepada pengecer di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lunang dan Silaut.

Sedangkan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Koto XI Tarusan disalurkan oleh distributor Koperasi Unit Desa (KUD) Duku Batu Hampar.(ant/rd)

Jembatan Pola Tahun Jamak Akan Dibangun

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bakal membangun lima jembatan dengan pola pekerjaan tahun jamak yang akan diatur dalam rancangan peraturan daerah (raperda).

Banyak Darah Belum Penuhi RTH

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan masih banyak daerah belum memenuhi ketentuan keberadaan Ruang Terbuka Hijau sebanyak 30 persen dari luas wilayah di suatu daerah, sesuai dengan UU No.

Batas Kepemilikan Asing Masih Dibahas

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad enggan berkomentar banyak mengenai batas kepemilikan asing di Rancangan Undang-undang Perbankan, namun dia menegaskan usulan batas maksimal kepemilikan asing sebesar 40 persen belum bulat dan masih dibahas.

Kebun Raya Batam Berstandar Internasional

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, Kebun Raya Batam diupayakan berstandar internasional agar mampu menjadi pusat konservasi tumbuhan pulau dan pesisir dunia.

Mantan Kepala BPN Jadi Tersangka Korupsi

Kejaksaan Tinggi Riau menetapkan mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kampar berinisial ZY, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi manipulasi penerbitan sertifikat hak milik di Kawasan Taman Nasional Tesso Nelo.