Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produsen Sarankan Petani Pesisir Selatan Membuat Kelompok

produsen pupuk bersubsidi, kelompok tani

Posted on 19 Mar 2013. Hits : 166

Produsen pupuk bersubsidi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat PT Pupuk Iskandar Muda menyarankan petani di kabupaten itu agar dapat bergabung dengan kelompok tani supaya lebih memudahkan mendapatkan pupuk subsidi.

"Kita sarankan petani agar membuat atau segera bergabung ke kelompok tani. Jika tidak maka petani tersebut akan sulit untuk mendapatkan pupuk subsidi karena penyalurannya akan dilakukan melalui kelompok tani, " kata Kepala Bidang Penjualan Wilayah Sumbar PT PIM, Iswandi sebagai produsen pupuk bersubsidi di kabupaten itu ketika dihubungi di Painan, Senin.

Menurut dia, penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu dilakukan secara berjenjang yakni dari produsen ke gudang Lini II, seterusnya ke distributor, distributor menyalurkan ke kios-kios resmi di wilayah tanggung jawabnya masing-masing.

Selanjutnya petani yang diprioritaskan mendapatkan pembelian pupuk bersubsidi kepada kios-kios resmi di wilayahnya adalah petani yang telah memiliki kelompok tani.

Karena sebelum permintaan pembelian, petani terlebihdahulu telah membuat rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) melalui kelompok tani masing-masing.

Untuk penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu, PT PIM akan melakukan melalui lima distributor sesuai rekomendasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) kabupaten setempat.

Ke lima distributor itu seperti CV Makna Tani Sejahtera akan menyalurkan di Kecamatan IV Jurai, Bayang dan Ranah Pesisir, CV Cahaya Selatan Agrotama di Kecamatan Batangkapas, Lengayang dan Ampek Nagari Bayang Utara.

CV Fajar Semesta Harapan menyalurkan pupuk bersubsidi di Kecamatan Sutera, Pancung Soal. Seterusnya CV Lunang Agrotama mendapat kepercayaan dari pemkab setempat untuk menyelurkan pupuk bersubsidi kepada pengecer di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lunang dan Silaut.

Sedangkan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Koto XI Tarusan disalurkan oleh distributor Koperasi Unit Desa (KUD) Duku Batu Hampar.(ant/rd)

Puspayoga Sambut Baik Berakhirnya Dualisme Kepengurusan Inkud

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga menyambut positif berakhirnya dualisme kepengurusan Induk Koperasi Unit Desa (Inkud) yang terjadi dalam setahun terakhir ini.

Pengelola Batasi Operasional Ramp Bekasi Barat III

PT Jasa Marga akan memberlakukan pembatasan operasional Gerbang Tol Keluar atau Ramp Bekasi Barat III Kota Bekasi, Jawa Barat, guna menghindari kerugian perusahaan.

Pemkab Agam Harapkan Masyarakat Adat Kendalikan Keramba

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengharapkan delapan pimpinan desa adat di Kecamatan Tanjung Raya membuat peraturan pengendalian keramba jaring terapung di Danau Maninjau.

Berbagi Budaya Lewat Lukisan Empat Kota

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Makassar mediasi dalam berbagi pengetahuan budaya lewat lukisan para pelukis asal empat kota di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Bali dan Makassar.

Promosi Budaya Makassar Lewat Lukisan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Makassar Rusmayani Madjid mengatakan, promosi makassar lewat lukisan, dapat memberi peluang bagi Kota Makasasar untuk mengembangkan sektor pariwisata.