Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Batang Masuki Pembahasan Rencana Kelola Lingkungan

pembangkit listrik tenaga uap, rencana kelola lingkungan, pt bhimasena power indonesia

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 284

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah memasuki proses pembahasan rencana kelola lingkungan setelah kerangka acuan analisa mengenai dampak lingkungan mendapatkan pengesahan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Agus Riyadi di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) selaku pelaksana pembangunan PLTU Batang telah mempresentasikan mengenai dampak proyek itu di hadapan para ahli dan pakar lingkungan.

'Amdal merupakan dokumen publik sehingga dalam penyusunannya harus melibatkan beberapa pihak. Pada amdal itu, PT BPI juga diwajibkan bisa mengembangkan dan memperbaiki potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Setelah proses amdal selesai, masyarakat dapat mengawasi tahapan proses prakonstruksi maupun setelah PLTU itu beroperasi, serta membandingkan melalui dokumen yang sudah ada.

'Sedangkan BPI memiliki kewajiban menjaga, mengembangkan, dan memperbaiki semua potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Ia mengatakan bahwa proses penyusunan amdal harus melalui beberapa tahapan, seperti proses pengumuman pada publik, konsultasi publik di daerah sekitarnya, penyusunan kerangka acuan amdal, dan penyusunan rencana kelola lingkungan untuk mendapatkan izin dari gubernur.

'Semua tahapan tersebut telah dilakukan oleh konsorsium BPI. Oleh karena itu, saat ini proses pembangunan PLTU telah memasuki pembahasan rencana kelola lingkungan. Jika rencana kelola lingkungan itu sudah disetujui maka akan diajukan ke Gubernur Jateng untuk mendapatkan izin,' katanya.

Ia mengatakan bahwa pembahasan rencana kelola lingkungan merupakan prose terakhir dalam penyusunan amdal sekaligus sebagai dasar mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB).

'Kami memperkirakan rencana kelola lingkungan akan disetujui pada Agustus mendatang,' katanya.(ant/rd)

Bolt Menangi 200 Meter, Powell Sukses 100 Meter di Ostrava

Usain Bolt memenangi nomor 200 meter dalam catatan waktu terbaik musim ini 20,13 detik dalam kompetisi yang diwarnai hujan dan udara dingin di pertemuan Ostrava Golden Spike pada Selasa waktu setempat.

Perhotelan DIY Akan Sediakan Paket Wisata Ramadhan

Perhotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masuk dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyediakan paket wisata religi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta selama Ramadhan.

Investor Perkebunan Tebu Terhambat Pembebasan Lahan

Sejumlah investor yang berniat mengembangkan perkebunan tebu dan mendirikan industri gula di Sulawesi Tenggara masih terhambat pembebasan lahan untuk lokasi bisnis mereka.

Ribuan Guru Batam Belum Kantongi Sertifikat Mengajar

Sekitar 1.500 guru di Kota Batam, Kepulauan Riau, belum mengantongi sertifikat mengajar sebagai syarat untuk menjadi pendidik sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Harga Minyak Dunia Jatuh Tertekan Penguatan Dolar

Harga minyak dunia jatuh pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena sebagian besar pedagang mengambil isyarat mereka dari dolar AS yang berbalik menguat dan produksi minyak yang tetap tinggi, kata para dealer.