Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Batang Masuki Pembahasan Rencana Kelola Lingkungan

pembangkit listrik tenaga uap, rencana kelola lingkungan, pt bhimasena power indonesia

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 284

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah memasuki proses pembahasan rencana kelola lingkungan setelah kerangka acuan analisa mengenai dampak lingkungan mendapatkan pengesahan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Agus Riyadi di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) selaku pelaksana pembangunan PLTU Batang telah mempresentasikan mengenai dampak proyek itu di hadapan para ahli dan pakar lingkungan.

'Amdal merupakan dokumen publik sehingga dalam penyusunannya harus melibatkan beberapa pihak. Pada amdal itu, PT BPI juga diwajibkan bisa mengembangkan dan memperbaiki potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Setelah proses amdal selesai, masyarakat dapat mengawasi tahapan proses prakonstruksi maupun setelah PLTU itu beroperasi, serta membandingkan melalui dokumen yang sudah ada.

'Sedangkan BPI memiliki kewajiban menjaga, mengembangkan, dan memperbaiki semua potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Ia mengatakan bahwa proses penyusunan amdal harus melalui beberapa tahapan, seperti proses pengumuman pada publik, konsultasi publik di daerah sekitarnya, penyusunan kerangka acuan amdal, dan penyusunan rencana kelola lingkungan untuk mendapatkan izin dari gubernur.

'Semua tahapan tersebut telah dilakukan oleh konsorsium BPI. Oleh karena itu, saat ini proses pembangunan PLTU telah memasuki pembahasan rencana kelola lingkungan. Jika rencana kelola lingkungan itu sudah disetujui maka akan diajukan ke Gubernur Jateng untuk mendapatkan izin,' katanya.

Ia mengatakan bahwa pembahasan rencana kelola lingkungan merupakan prose terakhir dalam penyusunan amdal sekaligus sebagai dasar mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB).

'Kami memperkirakan rencana kelola lingkungan akan disetujui pada Agustus mendatang,' katanya.(ant/rd)

BPN Tolak Terbitkan Sertifikat Tanah Wilayah Konflik

Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menolak menerbitkan sertifikat tanah masyarakat yang berada di wilayah konflik di daerah itu.

Wabah Chikungunya Di Tulungagung Selatan Meluas

Serangan wabah chikungunya di wilayah Tulungagung bagian selatan, Jawa Timur diduga semakin meluas seiring kian banyaknya penderita yang dirawat di klinik kesehatan dan puskesmas terdekat.

Menpan-RB : Pemerintah Dukung Penanganan Banjir Di Bandung

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandy menyatakan pemerintah pusat siap mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jabar dalam menangani banjir di Bandung yang disebabkan luapan Sungai Citarum.

Pemprov Kaltim Upayakan Kepemilikan Rumah Untuk PNS

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS), salah satunya dengan memberikan bantuan uang muka perumahan.

Gubernur : Pemprov Sumut Waspadai Bencana Akhir Tahun

Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho menegaskan pemerintah provinsi itu sudah berjaga-jaga dan mewaspadai ancaman bencana akhir tahun karena curah hujan cukup tinggi.