Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Batang Masuki Pembahasan Rencana Kelola Lingkungan

pembangkit listrik tenaga uap, rencana kelola lingkungan, pt bhimasena power indonesia

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 284

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah memasuki proses pembahasan rencana kelola lingkungan setelah kerangka acuan analisa mengenai dampak lingkungan mendapatkan pengesahan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Agus Riyadi di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) selaku pelaksana pembangunan PLTU Batang telah mempresentasikan mengenai dampak proyek itu di hadapan para ahli dan pakar lingkungan.

'Amdal merupakan dokumen publik sehingga dalam penyusunannya harus melibatkan beberapa pihak. Pada amdal itu, PT BPI juga diwajibkan bisa mengembangkan dan memperbaiki potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Setelah proses amdal selesai, masyarakat dapat mengawasi tahapan proses prakonstruksi maupun setelah PLTU itu beroperasi, serta membandingkan melalui dokumen yang sudah ada.

'Sedangkan BPI memiliki kewajiban menjaga, mengembangkan, dan memperbaiki semua potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Ia mengatakan bahwa proses penyusunan amdal harus melalui beberapa tahapan, seperti proses pengumuman pada publik, konsultasi publik di daerah sekitarnya, penyusunan kerangka acuan amdal, dan penyusunan rencana kelola lingkungan untuk mendapatkan izin dari gubernur.

'Semua tahapan tersebut telah dilakukan oleh konsorsium BPI. Oleh karena itu, saat ini proses pembangunan PLTU telah memasuki pembahasan rencana kelola lingkungan. Jika rencana kelola lingkungan itu sudah disetujui maka akan diajukan ke Gubernur Jateng untuk mendapatkan izin,' katanya.

Ia mengatakan bahwa pembahasan rencana kelola lingkungan merupakan prose terakhir dalam penyusunan amdal sekaligus sebagai dasar mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB).

'Kami memperkirakan rencana kelola lingkungan akan disetujui pada Agustus mendatang,' katanya.(ant/rd)

BLH Hentikan Pembangunan Jalan Melintas Hutan Lindung

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menghentikan pembangunan jalan yang melintasi hutan lindung Sungai Manggar sepanjang 6,8 kilometer setelah dua bulan dilaksanakan pembangunan.

DKJ Buka Pekan Komponis Dengan Peluncuran Antologi

Dewan Kesenian Jakarta membuka Pekan Komponis Indonesia 2014 dengan peluncuran 'Antologi Musik Klasik Indonesia Seri 1 Vokal dan Piano Seriosa' di Taman Ismail Marzuki (TIM), Selasa.

JPP : Mayoritas Pemilih Tak Tagih Janji Kampanye

Sekitar 85 persen pemilih tidak pernah menagih janji kampanye calon anggota legislatif, setelah mereka terpilih, kata peneliti Jurusan Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada Nur Azizah.

Pemkot Bekasi Libatkan Pengelola Tol Benahi Saluran

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan melibatkan PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol untuk melakukan normalisasi sejumlah saluran air yang bersinggungan dengan lintasan tol.

BP Batam-ANRI Perpanjang Kerja Sama Pengelolaan Arsip

Badan Pengusahaan Batam bersepakat untuk meneruskan kerja sama dalam pengelolaan arsip dari lembaga tersebut yang selama ini sudah terjalin.