Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Batang Masuki Pembahasan Rencana Kelola Lingkungan

pembangkit listrik tenaga uap, rencana kelola lingkungan, pt bhimasena power indonesia

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 284

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah memasuki proses pembahasan rencana kelola lingkungan setelah kerangka acuan analisa mengenai dampak lingkungan mendapatkan pengesahan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Agus Riyadi di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) selaku pelaksana pembangunan PLTU Batang telah mempresentasikan mengenai dampak proyek itu di hadapan para ahli dan pakar lingkungan.

'Amdal merupakan dokumen publik sehingga dalam penyusunannya harus melibatkan beberapa pihak. Pada amdal itu, PT BPI juga diwajibkan bisa mengembangkan dan memperbaiki potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Setelah proses amdal selesai, masyarakat dapat mengawasi tahapan proses prakonstruksi maupun setelah PLTU itu beroperasi, serta membandingkan melalui dokumen yang sudah ada.

'Sedangkan BPI memiliki kewajiban menjaga, mengembangkan, dan memperbaiki semua potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Ia mengatakan bahwa proses penyusunan amdal harus melalui beberapa tahapan, seperti proses pengumuman pada publik, konsultasi publik di daerah sekitarnya, penyusunan kerangka acuan amdal, dan penyusunan rencana kelola lingkungan untuk mendapatkan izin dari gubernur.

'Semua tahapan tersebut telah dilakukan oleh konsorsium BPI. Oleh karena itu, saat ini proses pembangunan PLTU telah memasuki pembahasan rencana kelola lingkungan. Jika rencana kelola lingkungan itu sudah disetujui maka akan diajukan ke Gubernur Jateng untuk mendapatkan izin,' katanya.

Ia mengatakan bahwa pembahasan rencana kelola lingkungan merupakan prose terakhir dalam penyusunan amdal sekaligus sebagai dasar mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB).

'Kami memperkirakan rencana kelola lingkungan akan disetujui pada Agustus mendatang,' katanya.(ant/rd)

Tiga Orang Terseret Arus Sungai Cianteun

Tiga orang anggota arung jeram terseret arus Sungai Cianteun, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, setelah perahu yang mereka tumpangi terbalik, Minggu.

Penduduk Kota Tomohon Bertambah 9,9 Persen

Laju pertumbuhan penduduk Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencapai 9,9 persen dalam kurun waktu tiga tahun, sejak 2011 hingga 2014.

Bupati : Pembukaan Kesempatan Kerja Terus Diupayakan

Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Erwan Kurtubi menyatakan pembukaan kesempatan kerja bagi warga setempat akan terus diupayakan.

Musica Champion Juarai Superliga 2015 Beregu Putra

Tim Musica Champion Kudus, Jawa Tengah, menjuarai turnamen Djarum Superliga Badminton 2015 untuk kategori beregu putra setelah mengalahkan tim putra Djarum Kudus di GOR Lila Bhuana Denpasar, Bali, Minggu malam.

DPRD Minta Penyaluran KCR 2015 Dioptimalkan

Komisi III DPRD Jawa Barat meminta agar program Kredit Cinta Rakyat (KCR) tahun 2015 yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, penyalurannya lebih dioptimalkan atau dimaksimalkan lagi.