Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Batang Masuki Pembahasan Rencana Kelola Lingkungan

pembangkit listrik tenaga uap, rencana kelola lingkungan, pt bhimasena power indonesia

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 284

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah memasuki proses pembahasan rencana kelola lingkungan setelah kerangka acuan analisa mengenai dampak lingkungan mendapatkan pengesahan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Agus Riyadi di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) selaku pelaksana pembangunan PLTU Batang telah mempresentasikan mengenai dampak proyek itu di hadapan para ahli dan pakar lingkungan.

'Amdal merupakan dokumen publik sehingga dalam penyusunannya harus melibatkan beberapa pihak. Pada amdal itu, PT BPI juga diwajibkan bisa mengembangkan dan memperbaiki potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Setelah proses amdal selesai, masyarakat dapat mengawasi tahapan proses prakonstruksi maupun setelah PLTU itu beroperasi, serta membandingkan melalui dokumen yang sudah ada.

'Sedangkan BPI memiliki kewajiban menjaga, mengembangkan, dan memperbaiki semua potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Ia mengatakan bahwa proses penyusunan amdal harus melalui beberapa tahapan, seperti proses pengumuman pada publik, konsultasi publik di daerah sekitarnya, penyusunan kerangka acuan amdal, dan penyusunan rencana kelola lingkungan untuk mendapatkan izin dari gubernur.

'Semua tahapan tersebut telah dilakukan oleh konsorsium BPI. Oleh karena itu, saat ini proses pembangunan PLTU telah memasuki pembahasan rencana kelola lingkungan. Jika rencana kelola lingkungan itu sudah disetujui maka akan diajukan ke Gubernur Jateng untuk mendapatkan izin,' katanya.

Ia mengatakan bahwa pembahasan rencana kelola lingkungan merupakan prose terakhir dalam penyusunan amdal sekaligus sebagai dasar mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB).

'Kami memperkirakan rencana kelola lingkungan akan disetujui pada Agustus mendatang,' katanya.(ant/rd)

Pembagian Angpaw Warnai Imlek Di Kelenteng Bandung

Prosesi pembagian angpaw mewarnai kegiatan perayaan Imlek 2567 di kawasan Kelenteng Kota Bandung yang dilakukan oleh para jemaat yang bersembahyang di dua vihara di kawasan itu.

Harga Bawang Merah Di Probolinggo Turun

Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada awal Februari 2016 mengalami penurunan karena pasokan melimpah.

Warga Tionghoa Mataram Doakan Indonesia Lebih Baik

Warga keturunan Tionghoa di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mendoakan agar kondisi Indonesia menjadi lebih baik lagi di Tahun Baru Imlek 2567 atau 'Tahun Monyet Api' yang penuh dengan semangat bekerja.

Sudikerta Ingatkan Pelajar Tidak Iseng Terkait Isis

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengingatkan kepada pelajar di daerah setempat untuk tidak iseng terkait keberadaan 'Islamic State of Iraq and Syria' (ISIS) karena bisa berdampak luas terhadap keamanan wilayah dan pariwisata.

Garda Bangsa Siap Jalankan Rekomendasi Mukernas PKB

Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa siap menjalanan rekomendasi Musyawarah Kerja Nasional Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menolak perkawinan sejenis atau lebih popular disebut LGBT (lesbian, gay, biseksual dan trandsgender/transeksual).