Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Batang Masuki Pembahasan Rencana Kelola Lingkungan

pembangkit listrik tenaga uap, rencana kelola lingkungan, pt bhimasena power indonesia

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 284

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah memasuki proses pembahasan rencana kelola lingkungan setelah kerangka acuan analisa mengenai dampak lingkungan mendapatkan pengesahan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Agus Riyadi di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) selaku pelaksana pembangunan PLTU Batang telah mempresentasikan mengenai dampak proyek itu di hadapan para ahli dan pakar lingkungan.

'Amdal merupakan dokumen publik sehingga dalam penyusunannya harus melibatkan beberapa pihak. Pada amdal itu, PT BPI juga diwajibkan bisa mengembangkan dan memperbaiki potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Setelah proses amdal selesai, masyarakat dapat mengawasi tahapan proses prakonstruksi maupun setelah PLTU itu beroperasi, serta membandingkan melalui dokumen yang sudah ada.

'Sedangkan BPI memiliki kewajiban menjaga, mengembangkan, dan memperbaiki semua potensi yang berada di sekitar lokasi PLTU,' katanya.

Ia mengatakan bahwa proses penyusunan amdal harus melalui beberapa tahapan, seperti proses pengumuman pada publik, konsultasi publik di daerah sekitarnya, penyusunan kerangka acuan amdal, dan penyusunan rencana kelola lingkungan untuk mendapatkan izin dari gubernur.

'Semua tahapan tersebut telah dilakukan oleh konsorsium BPI. Oleh karena itu, saat ini proses pembangunan PLTU telah memasuki pembahasan rencana kelola lingkungan. Jika rencana kelola lingkungan itu sudah disetujui maka akan diajukan ke Gubernur Jateng untuk mendapatkan izin,' katanya.

Ia mengatakan bahwa pembahasan rencana kelola lingkungan merupakan prose terakhir dalam penyusunan amdal sekaligus sebagai dasar mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB).

'Kami memperkirakan rencana kelola lingkungan akan disetujui pada Agustus mendatang,' katanya.(ant/rd)

Wall Street Hentikan Penurunan Empat Hari Beruntun

Saham-saham di Wall Street berakhir naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), menghentikan kerugian empat hari beruntun, karena para pedagang mengabaikan pertumbuhan ekonomi AS yang lebih lemah dari perkiraan untuk kuartal keempat.

Harga Minyak Jatuh Karena Kekhawatiran Krisis Yaman Berkurang

Harga minyak dunia merosot pada Jumat (Sabtu pagi WIB), memberikan kembali beberapa keuntungan dari lonjakan dua hari, karena pedagang terus mengawasi serangan udara yang dipimpin Arab Saudi terhadap pemberontak Syiah di Yaman.

Kemacetan Landa Jakarta Tiap Jumat

Kemacetan sudah bukan barang aneh di Jakarta tetapi uniknya kemacetan kadang berlaku di jalur tertentu saja, sementara jalur lain jauh lebih lengang.

Artotel Jakarta Dukung Kegiatan Earth Hour

Manajemen Artotel Jakarta mendukung sepenuhnya terselenggaranya kampanye global Earth Hour dengan pemadaman listrik selama 1 jam yang akan diberlakukan pada Sabtu (28/3) mulai pukul 20.

Stasiun Koningsplein, Nama Gambir Dulu Kala

Stasiun Gambiradalahstasiun kereta apiterbesar diDaerah Khusus Ibukota Jakarta,Indonesiadan terletak diGambir, Gambir, Jakarta Pusat.