Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Perusahaan Semen Terbesar Thailand Berinvestasi Di Sukabumi

siam cement group, pabrik semen, tahap sosialisasi

Posted on 06 Mar 2013. Hits : 520

Perusahaan semen terbesar di Thailand, Siam Cement Group menanamkan investasi dengan membangun pabrik semen di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bekerja sama dengan PT Semen Jawa.

"Pembangunan pabrik semen ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat, namun dengan dibangunnya pabrik semen ini akan mendapatkan banyak manfaat seperti bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar," kata Bupati Sukabumi Sukmawijaya kepada wartawan, Selasa.

Menurut Sukmawijaya, pembangunan pabrik semen ini berawal dari potensi bahan tambang semen ada di Kabupaten Sukabumi sangat melimpah dan pada 2006 ada perusahaan semen lokal Sukabumi yang melirik potensi tersebut. Seiring waktu perusahaan lokal itu kemudian mencari investor hingga akhirnya mendapatkan kerjasama dengan SCG yang merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Thailand.

Dalam waktu dekat ini pembangunan segera dilakukan dan bisa segera berproduksi, dengan keberadaan pabrik semen di Kabupaten Sukabumi akan sangat membantu dalam hal pembangunan dan yang terpenting bisa mendapatkan pemasukan untuk sektor pendapatan asli daerah (PAD).

"Pembangunan pabrik ini juga tidak akan berdampak negatif kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan pabrik, karena dari informasinya perusahaan ini telah menyiapkan sistem khusus untuk menangani limbah untuk menghindari kerusakan lingkungan," tambahnya.

Rencananya pabrik semen ini akan berada di Kecamatan Gunungguruh dan untuk bahan bakunya akan diambil dari Kecamatan Nyalindung dan Jampangtengah. Dipilihnya Gunungguruh untuk pembangunan pabrik ini karena lokasinya yang strategis baik untuk mengambil bahan baku maupun dalam hal distribusi semennya.

Sementara, Presiden Direktur SCG, Nantapong Chantrakul mengatakan target produksi semen setiap tahun mencapai sekitar 3,4 juta ton Jumlah atau sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan perusahaan tersebut. Dan produksi semen akan mulai dilaksanakan pada kuartal kedua 2015.

Pihaknya juga menjamin, keberadaan pabrik semen ini tidak akan mengganggu masyarakat seperti dari polusi maupun limbahnya. Bahkan, pihaknya juga akan bermitra dengan masyarakat untuk memajukan perusahaan ini dengan menarik tenaga kerja asli dari Kabupaten Sukabumi.

"Keberadaan pabrik ini juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena kami mempunyai progam setiap membangun perusahaan yakni memberikan sinergitas yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan masyarakat," kata Nantapong.(ant/rd)

PLN Musirawas Bentuk Desa Binaan Atasi Tunggakan

PT PLN (Persero) Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, berencana membentuk desa binaan untuk mengatasi tunggakan konsumen yang saat ini mencapai Rp4,7 miliar dari 69 ribu pelanggan.

Tiga Pembalap Asing Berlaga Di Kota Palu

Tiga pembalap asing dipastikan ikut berlaga pada kejuaraan motocross terbuka di sirkuit Tanah Runtuh Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada 25-27 April 2014.

46 Tim Kaltim Berebut Ke Brazil

Sebanyak 46 tim sepak bola anak usia 10-12 tahun di Kaltim, Sabtu (19/4) bersaing ketat di babak penyisihan, dilanjutkan final pada Minggu sore agar bisa berlaga di tingkat nasional yang selanjutnya bertanding dalam Piala Dunia Anak di Brazil.

Persipura Targetkan Pimpin Klasemen LSI

Tim Persipura Jayapura menargetkan bisa memimpin klasemen Liga Super Indonesia (LSI) dengan harapan bisa menahan seri atau meraih poin penuh dari tamunya PSM Makasar pada laga di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu sore.

PSM Khawatir Kebobolan Dimenit Awal Lawan Persipura

menit awal seperti, Persipura kalahkan Persebaya dengan gol cepatnya,' kata pelatih PSM Makasar Rudy Keltjes di Jayapura via telepon seluler, Sabtu.