Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penerima Jamkesmas di Jember Bertambah

jamkesmas, jember, puskesmas, surabaya

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 506

Penerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada tahun 2013 bertambah, dari 695.360 orang menjadi 811.144 orang.

Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Yumarlis, Jumat, mengatakan penambahan jumlah penerima jamkesmas di Jember karena ada perubahan data masyarakat miskin sebagai penerima kartu berobat gratis yang didanai oleh APBN itu.

"Data penerima jamkesmas tahun 2013 berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilakukan pada tahun 2011," tuturnya.

Sebelumnya data penerima jamkesmas mengacu pada survei Badan Pusat Statistik tahun 2008 yang tercatat sebanyak 695.360 orang dari keluarga miskin.

Menurut dia, pihaknya mulai membagikan kartu jamkesmas tersebut kepada penerima keluarga miskin yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

"Kartu jamkesmas didistribusikan ke masing-masing pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) kemudian diteruskan ke petugas posyandu, sehingga petugas kesehatan puskesmas dibantu dengan posyandu yang membagikan kartu jamkesmas itu," ucapnya.

Meski penerima jamkesmas bertambah 115.360 orang, lanjut dia, masih banyak warga miskin yang belum mendapatkan kartu berobat gratis tersebut, dan sebagian kartu salah sasaran.

"Kami mendapat laporan dari petugas puskesmas bahwa beberapa orang mampu mendapatkan kartu jamkesmas yang seharusnya untuk warga miskin," katanya.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi menyayangkan tidak validnya data penerima jamkesmas hasil survei Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"DPRD juga menerima keluhan bahwa banyak warga miskin yang tidak menerima kartu jamkesmas tahun ini, padahal sebelumnya mereka menerima kartu jamkesmas," tuturnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyayangkan kartu jamkesmas di Jember diterima oleh orang kaya dan tidak tepat sasaran, padahal program jamkesmas diluncurkan untuk membantu masyarakat miskin berobat gratis di puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah.

"Saya imbau penerima jamkesmas yang berasal dari keluarga kaya mengembalikan kartu itu kepada petugas puskesmas atau Dinkes karena mereka tidak berhak menggunakan anggaran untuk orang miskin," ujarnya. (ant/ed)

Pemprov Papua Data Ulang Izin Investasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tengah mendata ulang seluruh perizinan investasi yang pernah diterbitkan untuk memastikan pemanfaatan izin tersebut.

Komisi Penawasan Pupuk Belum Awasi Distribusi Pupuk

Komisi Pengawasan Pupuk Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum melakukan pengawasan distribusi pupuk dan pestisida ke kelompok tani pada triwulan pertama, meski memasuki masa tanam kedua.

Pelaku Usaha Ritel Batam Belum Menaikan Harga

Pelaku usaha ritel modern di Kota Batam masih menahan kenaikan harga jual meskipun nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika (AS) terus melemah dan harga bahan bakar minyak di pasar fluktuatif.

76 Pemain Ikut Seleksi Tim Pra PON

Sebanyak 76 pemain yang berasal dari kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah sepekan terakhir ini mengikuti seleksi pembentukan tim inti Pra PON di daerah itu.

Gerak Jalan Sadar Pajak Kota Malang Berhadiah Mobil

Pemkot Malang akan menggelar gerak jalan sadar pajak, 5 April mendatang sebagai rangkaian HUT ke-101 kota itu, dengan menyediakan hadiah dua unit mobil dan belasan sepeda motor serta hadiah hiburan lainnya.