Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penerima Jamkesmas di Jember Bertambah

jamkesmas, jember, puskesmas, surabaya

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 506

Penerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada tahun 2013 bertambah, dari 695.360 orang menjadi 811.144 orang.

Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Yumarlis, Jumat, mengatakan penambahan jumlah penerima jamkesmas di Jember karena ada perubahan data masyarakat miskin sebagai penerima kartu berobat gratis yang didanai oleh APBN itu.

"Data penerima jamkesmas tahun 2013 berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilakukan pada tahun 2011," tuturnya.

Sebelumnya data penerima jamkesmas mengacu pada survei Badan Pusat Statistik tahun 2008 yang tercatat sebanyak 695.360 orang dari keluarga miskin.

Menurut dia, pihaknya mulai membagikan kartu jamkesmas tersebut kepada penerima keluarga miskin yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

"Kartu jamkesmas didistribusikan ke masing-masing pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) kemudian diteruskan ke petugas posyandu, sehingga petugas kesehatan puskesmas dibantu dengan posyandu yang membagikan kartu jamkesmas itu," ucapnya.

Meski penerima jamkesmas bertambah 115.360 orang, lanjut dia, masih banyak warga miskin yang belum mendapatkan kartu berobat gratis tersebut, dan sebagian kartu salah sasaran.

"Kami mendapat laporan dari petugas puskesmas bahwa beberapa orang mampu mendapatkan kartu jamkesmas yang seharusnya untuk warga miskin," katanya.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi menyayangkan tidak validnya data penerima jamkesmas hasil survei Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"DPRD juga menerima keluhan bahwa banyak warga miskin yang tidak menerima kartu jamkesmas tahun ini, padahal sebelumnya mereka menerima kartu jamkesmas," tuturnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyayangkan kartu jamkesmas di Jember diterima oleh orang kaya dan tidak tepat sasaran, padahal program jamkesmas diluncurkan untuk membantu masyarakat miskin berobat gratis di puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah.

"Saya imbau penerima jamkesmas yang berasal dari keluarga kaya mengembalikan kartu itu kepada petugas puskesmas atau Dinkes karena mereka tidak berhak menggunakan anggaran untuk orang miskin," ujarnya. (ant/ed)

Credit Suisse Salurkan CSR Berupa Renovasi TK

Lembaga perbankan global Credit Suisse bersama LSM lokal Ars86care menyalurkan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa kegiatan renovasi bangunan sekolah taman kanak-kanak (TK) di Kabupaten Grobogan dan Demak, Jawa Tengah.

Ribuan Penonton Terpesona Parade 'Banyuwangi Ethno Carnival'

Ribuan penonton yang memadati seputaran Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dibuat terpesona dan terkesima dengan parade busana yang ditampilkan ratusan model pada ajang 'Banyuwangi Ethno Carnival' di daerah setempat, Sabtu.

Din : Penyelesaian Konflik Harus Komprehensif

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menilai penyelesaian berbagai konflik yang terjadi harus komprehensif melalui kajian masalah yang ada.

Gubernur Aceh Berharap Turunan UUPA Segera Selesai

Gubernur Aceh Zaini Abdullah berharap turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA) segera diselesaikan oleh Pemerintah Pusat.

Personil Gabungan Tertibkan Kebun Sawit Alihfungsi Mangrove

Ratusan personil gabungan dari Kepolisian, TNI, Kehutanan dan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara, melakukan penertiban tanaman kelapa sawit dari alih fungsi hutan mangrove di areal Suaka Alam Margasatwa Secanggang, Kabupaten Langkat.