Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penerima Jamkesmas di Jember Bertambah

jamkesmas, jember, puskesmas, surabaya

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 506

Penerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada tahun 2013 bertambah, dari 695.360 orang menjadi 811.144 orang.

Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Yumarlis, Jumat, mengatakan penambahan jumlah penerima jamkesmas di Jember karena ada perubahan data masyarakat miskin sebagai penerima kartu berobat gratis yang didanai oleh APBN itu.

"Data penerima jamkesmas tahun 2013 berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilakukan pada tahun 2011," tuturnya.

Sebelumnya data penerima jamkesmas mengacu pada survei Badan Pusat Statistik tahun 2008 yang tercatat sebanyak 695.360 orang dari keluarga miskin.

Menurut dia, pihaknya mulai membagikan kartu jamkesmas tersebut kepada penerima keluarga miskin yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

"Kartu jamkesmas didistribusikan ke masing-masing pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) kemudian diteruskan ke petugas posyandu, sehingga petugas kesehatan puskesmas dibantu dengan posyandu yang membagikan kartu jamkesmas itu," ucapnya.

Meski penerima jamkesmas bertambah 115.360 orang, lanjut dia, masih banyak warga miskin yang belum mendapatkan kartu berobat gratis tersebut, dan sebagian kartu salah sasaran.

"Kami mendapat laporan dari petugas puskesmas bahwa beberapa orang mampu mendapatkan kartu jamkesmas yang seharusnya untuk warga miskin," katanya.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi menyayangkan tidak validnya data penerima jamkesmas hasil survei Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"DPRD juga menerima keluhan bahwa banyak warga miskin yang tidak menerima kartu jamkesmas tahun ini, padahal sebelumnya mereka menerima kartu jamkesmas," tuturnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyayangkan kartu jamkesmas di Jember diterima oleh orang kaya dan tidak tepat sasaran, padahal program jamkesmas diluncurkan untuk membantu masyarakat miskin berobat gratis di puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah.

"Saya imbau penerima jamkesmas yang berasal dari keluarga kaya mengembalikan kartu itu kepada petugas puskesmas atau Dinkes karena mereka tidak berhak menggunakan anggaran untuk orang miskin," ujarnya. (ant/ed)

Wakil Wali Kota Palembang: Jangan Tutup Drainase

Wakil Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengingatkan pemilik bangunan jangan sampai menutup drainase atau saluran air di depan toko, kantor dan gedung lainnya secara permanen.

Koke Jadi Kemenangan Atletico Atas Malmo

Koke mencetak satu gol dan menjadi pengumpan untuk tiga gol lainnya, saat Atletico Madrid menang 5-0 atas tim Swedia Malmo, pada pertandingan Grup A Liga Champions, Rabu (Kamis WIB).

Atlet Dayung Kuansing Juara Umum

Atlet dayung Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, tampil sebagai juara umum cabang olahraga dayung di event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau 2014 di Indragri Hulu.

Korut Didesak Bebaskan Tahanan

Korea Selatan, Rabu, menyambut baik pembebasan seorang warga negara Amerika Serikat oleh Korea Utara namun segera mendesak dilakukannya pembebasan dua warga Amerika Serikat yang lain dan seorang misionaris Korea Selatan yang ditangkap dengan tuduhan melakukan aksi mata-mata.

Rupiah Berbalik Melemah

Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis pagi melemah lima poin menjadi Rp12.