Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penerima Jamkesmas di Jember Bertambah

jamkesmas, jember, puskesmas, surabaya

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 506

Penerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada tahun 2013 bertambah, dari 695.360 orang menjadi 811.144 orang.

Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Yumarlis, Jumat, mengatakan penambahan jumlah penerima jamkesmas di Jember karena ada perubahan data masyarakat miskin sebagai penerima kartu berobat gratis yang didanai oleh APBN itu.

"Data penerima jamkesmas tahun 2013 berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilakukan pada tahun 2011," tuturnya.

Sebelumnya data penerima jamkesmas mengacu pada survei Badan Pusat Statistik tahun 2008 yang tercatat sebanyak 695.360 orang dari keluarga miskin.

Menurut dia, pihaknya mulai membagikan kartu jamkesmas tersebut kepada penerima keluarga miskin yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

"Kartu jamkesmas didistribusikan ke masing-masing pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) kemudian diteruskan ke petugas posyandu, sehingga petugas kesehatan puskesmas dibantu dengan posyandu yang membagikan kartu jamkesmas itu," ucapnya.

Meski penerima jamkesmas bertambah 115.360 orang, lanjut dia, masih banyak warga miskin yang belum mendapatkan kartu berobat gratis tersebut, dan sebagian kartu salah sasaran.

"Kami mendapat laporan dari petugas puskesmas bahwa beberapa orang mampu mendapatkan kartu jamkesmas yang seharusnya untuk warga miskin," katanya.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi menyayangkan tidak validnya data penerima jamkesmas hasil survei Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"DPRD juga menerima keluhan bahwa banyak warga miskin yang tidak menerima kartu jamkesmas tahun ini, padahal sebelumnya mereka menerima kartu jamkesmas," tuturnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyayangkan kartu jamkesmas di Jember diterima oleh orang kaya dan tidak tepat sasaran, padahal program jamkesmas diluncurkan untuk membantu masyarakat miskin berobat gratis di puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah.

"Saya imbau penerima jamkesmas yang berasal dari keluarga kaya mengembalikan kartu itu kepada petugas puskesmas atau Dinkes karena mereka tidak berhak menggunakan anggaran untuk orang miskin," ujarnya. (ant/ed)

KNPI-BSMI Beri Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melaksanakan pengobatan gratis untuk pengungsi Rohingya, Myanmar dan Banglades yang di pusatkan di kamp penampungan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Harman Pilih Demokrat Untuk Maju Pilkada Inhu

Harman Harmaini mendaftarkan diri ke Partai Demokrat sebagai salah satu bakal calon Bupati Indragiri Hulu Provinsi Riau guna mengikuti pemilihan kepala daerah pada Desember 2015 mendatang.

Jambi Usulkan Ranperda Perlindungan Sapi Produktif

Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke DPRD Provinsi Jambi tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif guna melindungi sapi dan kerbau usia produktif agar tidak lagi dipotong.

Merangin Jambi Bekerjasama Dengan Kejari Bangko

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi, melakukan kerja sama bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangko guna mewujudkan azas umum pemerintahan yang baik.

Disperindag : Bengkalis Bebas Dari Beras Sintetis

Pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyebutkan daerah itu bebas dari peredaran beras sintetis atau beras berbahan baku plastik.