Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penduduk Miskin Di Bali Berkurang 0,23 Persen

penduduk miskin, di bali, berkurang

Posted on 07 Jul 2013. Hits : 173

Penduduk miskin di Bali hingga Maret 2013 tercatat sebanyak 162,51 ribu orang atau berkurang 0,23 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 4,18 persen dari total jumlah penduduk Provinsi Bali.

'Penduduk kurang mampu itu terdiri atas 96,35 ribu orang bermukim di daerah perkotaan dan 66,17 ribu orang di daerah perdesaan, kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, I Gede Suarsa di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, garis kemiskinan di Bali pada bulan Maret 2013 mengalami peningkatan sebesar 8,94 persen dari Rp249.997 pada Maret 2012 menjadi Rp272.349 pada bulan Maret 2013.

Garis kemiskinan di daerah perkotaan maupun perdesaan tersebut mengalami peningkatan pada bulan Maret 2012 - Maret 2013. Daerah perkotaan mengalami peningkatan garis kemiskinan sebesar 8,18 persen dan di perdesaan 10,25 persen.

Gede Suarsa menambahkan, peranan komoditas makanan jauh lebih besar dibandingkan komoditas non makanan terhadap pembentukan garis kemiskinan di Bali pada Maret 2013.

Komoditas makanan memberikan sumbangan sebesar 70 persen dan sumbangan komoditas non makanan hanya 30 persen.

Gede Suarsa menjelaskan, indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan di Bali pada Maret 2013 masing-masing sebesar 0,11 persen dan 0,02 persen, jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2012.

Kondisi itu mencerminkan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung semakin mendekati garis kemiskinan dan ketimpangan pengeluaran di antara penduduk miskin semakin menyempit.(ant/rd)

Distan Imbau Petani Ganti Pola Tanam

Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Banten, meminta petani mengganti pola tanam menyusul merebaknya serangan hama wereng batang coklat yang mengakibatkan menurunnya produktivitas pangan.

Warga Timika Takjub Lihat Atraksi Pesawat Sukhoi

Warga Timika, Papua, terkagum-kagum sekaligus takjub menyaksikan atraksi dua pesawat tempur Sukhoi dengan suara meraung-raung saat bermanuver di atas langit Kota Timika, Kamis.

Kenaikan BBM Diduga Campur Tangan Asing

Ketua Pengurus Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Timur Nandar menduga rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ada kepentingan dari pihak asing.

Pemkab Mukomuko Dorong Swasta Bangun Penggilingan Padi

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendorong pihak swasta di daerah itu mendirikan lebih banyak usaha penggilingan padi untuk menampung gabah kering giling petani setempat.

Torres Segera Jadi Warga Anyar San Siro

Chelsea dikabarkan tengah membidik pemain AS Roma, Mattia Destro untuk menajamkan lini depan The Blues menyusul rencana kepergian Fernando Torres ke AC Milan.