Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penduduk Miskin Di Bali Berkurang 0,23 Persen

penduduk miskin, di bali, berkurang

Posted on 07 Jul 2013. Hits : 173

Penduduk miskin di Bali hingga Maret 2013 tercatat sebanyak 162,51 ribu orang atau berkurang 0,23 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 4,18 persen dari total jumlah penduduk Provinsi Bali.

'Penduduk kurang mampu itu terdiri atas 96,35 ribu orang bermukim di daerah perkotaan dan 66,17 ribu orang di daerah perdesaan, kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, I Gede Suarsa di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, garis kemiskinan di Bali pada bulan Maret 2013 mengalami peningkatan sebesar 8,94 persen dari Rp249.997 pada Maret 2012 menjadi Rp272.349 pada bulan Maret 2013.

Garis kemiskinan di daerah perkotaan maupun perdesaan tersebut mengalami peningkatan pada bulan Maret 2012 - Maret 2013. Daerah perkotaan mengalami peningkatan garis kemiskinan sebesar 8,18 persen dan di perdesaan 10,25 persen.

Gede Suarsa menambahkan, peranan komoditas makanan jauh lebih besar dibandingkan komoditas non makanan terhadap pembentukan garis kemiskinan di Bali pada Maret 2013.

Komoditas makanan memberikan sumbangan sebesar 70 persen dan sumbangan komoditas non makanan hanya 30 persen.

Gede Suarsa menjelaskan, indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan di Bali pada Maret 2013 masing-masing sebesar 0,11 persen dan 0,02 persen, jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2012.

Kondisi itu mencerminkan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung semakin mendekati garis kemiskinan dan ketimpangan pengeluaran di antara penduduk miskin semakin menyempit.(ant/rd)

Pasar Kaget Promosi Budaya Indonesia Di London

Tarian Badindin dari Sumatera, tarian dangdut 'Merana', serta Poco-poco dibawakan pekerja domestik di London yang tergabung dalam organisasi Induk ikut memeriahkan Pasar Kaget yang digelar Diaspora Indonesia di London akhir pekan lalu.

Peternak Jayapura Siap Pasok Ratusan Sapi Kurban

Para peternak di Kabupaten Jayapura Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, siap memasok ratusan ekor sapi untuk kepentingan hari raya kurban, 5 Oktober mendatang.

PCIM Inggris Bangkitkan Semangat Dakwah Yang Modernis

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Inggris sebagai bagian dari gerakan Islam dan elemen bangsa Indonesia, memiliki harapan untuk membangkitkan semangat dakwah anggota dan menciptakan inovasi baru dalam pergerakan Islam yang berwawasan modernis.

Sulut Harus Pastikan Kesiapan Diri Hadapi MEA

Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang mengatakan, kita harus mampu berkomitmen untuk memastikan kesiapan diri sendiri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Bencana Kebakaran Masih Menjadi Momok Di Kaltim

Anggota DPRD Kalimantan Timur, Edy Kurniawan mengatakan, bencana Kebakaran masih menjadi momok di daerah ini, dan selama 2014 sudah terjadi 19 kasus kebakaran.