Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penduduk Miskin Di Bali Berkurang 0,23 Persen

penduduk miskin, di bali, berkurang

Posted on 07 Jul 2013. Hits : 173

Penduduk miskin di Bali hingga Maret 2013 tercatat sebanyak 162,51 ribu orang atau berkurang 0,23 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 4,18 persen dari total jumlah penduduk Provinsi Bali.

'Penduduk kurang mampu itu terdiri atas 96,35 ribu orang bermukim di daerah perkotaan dan 66,17 ribu orang di daerah perdesaan, kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, I Gede Suarsa di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, garis kemiskinan di Bali pada bulan Maret 2013 mengalami peningkatan sebesar 8,94 persen dari Rp249.997 pada Maret 2012 menjadi Rp272.349 pada bulan Maret 2013.

Garis kemiskinan di daerah perkotaan maupun perdesaan tersebut mengalami peningkatan pada bulan Maret 2012 - Maret 2013. Daerah perkotaan mengalami peningkatan garis kemiskinan sebesar 8,18 persen dan di perdesaan 10,25 persen.

Gede Suarsa menambahkan, peranan komoditas makanan jauh lebih besar dibandingkan komoditas non makanan terhadap pembentukan garis kemiskinan di Bali pada Maret 2013.

Komoditas makanan memberikan sumbangan sebesar 70 persen dan sumbangan komoditas non makanan hanya 30 persen.

Gede Suarsa menjelaskan, indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan di Bali pada Maret 2013 masing-masing sebesar 0,11 persen dan 0,02 persen, jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2012.

Kondisi itu mencerminkan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung semakin mendekati garis kemiskinan dan ketimpangan pengeluaran di antara penduduk miskin semakin menyempit.(ant/rd)

Jatim Tunggu Kiriman Foto Presiden

Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih menunggu kiriman foto Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk dipasang di lingkungan pemerintah provinsi setempat.

Ahok Dukung Poros Maritim Jokowi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendukung program Presiden Joko Widodo terkait Poros Maritim.

Jokowi Diminta Tak Naikka Harga BBM

Sejumlah warga Gorontalo, minta agar pemerintah di bawah Presiden Jokowi dan Wakil Preesiden Jusuf Kala, untuk tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Jokowi Ditantang Kurangi Kemiskinan

Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Tengah menantang Presiden Joko Widodo untuk mengurangi angka kemiskinan di provinsi setempat dengan pelaksanaan program-program kerja pemerintah yang prorakyat.

Menteri ESDM Harus Paham Persoalan Energi

Praktisi industri migas Gde Pradnyana mengatakan menteri energi dan sumber daya mineral harus memahami persoalan energi yang dihadapi bangsa dan negara ini.