Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penataan Kawasan Kumuh Jadi Fokus Jokowi

joko widodo, kawasan kumuh, program penataan

Posted on 07 Feb 2013. Hits : 383

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku fokus terhadap penataan kawasan kumuh atau "slum area" di ibukota selama menjalani masa kepemimpinannya.

"Dalam waktu lima tahun ini, saya akan menitikberatkan perhatian untuk membangun dan menata kawasan kumuh di Jakarta," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Terkait biaya yang diperlukan, Jokowi mengatakan tidak hanya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta, tetapi juga dari pihak swasta melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kawasan kumuh di Jakarta jumlahnya mencapai 360 titik. Ini menjadikan Jakarta sebagai salah satu dari enam ibukota dengan slum area terbanyak di dunia. Oleh sebab itu, kita akan cari CSR sebanyak-banyaknya untuk mendukung jalannya program penataan kampung," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, langkah pertama yang harus ditempuh dalam program penataan kampung adalah membeli banyak lahan untuk membangun rumah susun (rusun).

Diperkirakan, lanjut Jokowi, dibutuhkan lahan 1.200 hektare untuk program penataan kampung.

"Lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI saat ini baru 250 hektar. Sementara itu, diperlukan sebanyak 700 tower atau 7.000 unit rusun untuk menata 360 'slum area'," tutur Jokowi.

Jokowi mengungkapkan salah satu titik yang akan dibangun rusun, yaitu di Daan Mogot dengan luas 18 hektar dan Cilincing seluas tiga hektar.

Selain itu, ada juga di Manggarai dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Sementara itu, untuk menampung warga yang tinggal di bantaran Waduk Pluit akan segera dibangun sekitar tiga atau empat tower rusun di daerah Muara Baru.(ant/rd)

LPMP : Kepala Sekolah Dan Pengawas Harus Sinergi

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tenggara Profesor Hanna mengatakan, untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan diperlukan sinergitas antara guru, kepala sekolah dan pengawas.

'Pencari Suaka' Dihentikan di Vlora

Ratusan "pencari suaka" dari Albania dengan menggunakan bus ke Pelabuhan Vlora dihentikan pada Kamis (18/12) di bagian selatan negeri itu oleh polisi.

PM Israel Kecam Presiden Palestina

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis (18/12) mengecam Presiden Palestina Mahmoud Abbas sehubungan dengan rancangan resolusi PBB yang diusulkan Palestina yang menyerukan penarikan Israel dari wilayah yang diduduki paling lambat pada 2017.

RSUP Sanglah Gelar Film Festival 2014

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Bali menggelar acara film festival 2014 dibidang kesehatan yang diikuti oleh staf dan dokter spesialis yang ada di rumah sakit tersebut, Jumat.

KPU Sumut Tetapkan Labuhanbatu Sebagai Penyelenggara Berintegritas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara menetapkan Kabupaten Labuhanbatu sebagai penyelenggara yang berintegritas pada Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2014.