Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penataan Kawasan Kumuh Jadi Fokus Jokowi

joko widodo, kawasan kumuh, program penataan

Posted on 07 Feb 2013. Hits : 383

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku fokus terhadap penataan kawasan kumuh atau "slum area" di ibukota selama menjalani masa kepemimpinannya.

"Dalam waktu lima tahun ini, saya akan menitikberatkan perhatian untuk membangun dan menata kawasan kumuh di Jakarta," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Terkait biaya yang diperlukan, Jokowi mengatakan tidak hanya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta, tetapi juga dari pihak swasta melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kawasan kumuh di Jakarta jumlahnya mencapai 360 titik. Ini menjadikan Jakarta sebagai salah satu dari enam ibukota dengan slum area terbanyak di dunia. Oleh sebab itu, kita akan cari CSR sebanyak-banyaknya untuk mendukung jalannya program penataan kampung," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, langkah pertama yang harus ditempuh dalam program penataan kampung adalah membeli banyak lahan untuk membangun rumah susun (rusun).

Diperkirakan, lanjut Jokowi, dibutuhkan lahan 1.200 hektare untuk program penataan kampung.

"Lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI saat ini baru 250 hektar. Sementara itu, diperlukan sebanyak 700 tower atau 7.000 unit rusun untuk menata 360 'slum area'," tutur Jokowi.

Jokowi mengungkapkan salah satu titik yang akan dibangun rusun, yaitu di Daan Mogot dengan luas 18 hektar dan Cilincing seluas tiga hektar.

Selain itu, ada juga di Manggarai dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Sementara itu, untuk menampung warga yang tinggal di bantaran Waduk Pluit akan segera dibangun sekitar tiga atau empat tower rusun di daerah Muara Baru.(ant/rd)

Sampang Anggarkan Rp200 Juta Atasi Kekeringan

Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta pada APBD 2014 ini untuk mengatasi kekeringan di sejumlah kecamatan di wilayah itu.

Tenaga Kerja Asing Harus Berbahasa Indonesia

Tenaga kesehatan asing yang bekerja di Indonesia akan diminta untuk bisa berbahasa Indonesia sebagai salah satu persyaratan dalam pelaksanaan Komunitas Ekonomi ASEAN (AEC) pada 2015 mendatang.

Lebak Belum Bebas Rabies

Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, hingga kini belum terbebas dari penyakit rabies setelah dilaporkan lima orang terkena gigitan anjing liar.

SDA Tidak Punya Utang Politik

Organisasi sayap Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Pemuda Kabah menyatakan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali tidak memiliki utang politik dengan Prabowo Subianto, sehingga yang bersangkutan seharusnya bisa membawa partai meninggalkan koalisi permanen.

4 RS Bangkok Rawat Pasien Ebola

Empat rumah sakit milik pemerintah di Bangkok Kamis ditugasi untuk memberikan pengobatan kepada pasien Ebola serta orang-orang yang dicurigai membawa virus mematikan itu, kata para pejabat.