Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

Presiden Hadi Bertemu Menlu Somalia Bahas Kerja Sama Bilateral

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi Rabu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Somalia Abdirahman Duale Beyle, yang saat ini mengunjungi Yaman.

Kota Pagaralam Sumsel Daerah Penghasil Strawbery

Lereng Gunung Dempo di Wilayah Kota Pagaralam Sumatera Selatan merupakan daerah selain memproduksi teh, juga terdapat perkebunan strawbery.

Pemkab Bangka Sediakan 10 Unit Mobil

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan 10 unit mobil jenis pick-up guna kendaraan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Babel Akan Moratorium Pengiriman Timah

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memoratorium pengiriman timah ke luar negeri dalam mengantisipasi turunnya harga timah.

Kanada Lanjutkan Bantuan Burkina Faso Setelah Pemerintah Sipil Dipulihkan

Kanada mencabut penghentian bantuan kepada Burkina Faso, Kamis, dan mengatakan pihaknya puas bahwa pemerintahan sipil telah dipulihkan setelah pihak militer merebut kekuasaan bulan lalu.