Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

36 Siswa Di Ternate Tidak Ikut UN

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat di Ternate, Maluku Utara (Malut) pada umumnya berjalan lancar, meskipun ada 36 siswa yang tidak ikut.

BPN Mimika Target Sertifikatkan 1.800 Bidang Tanah

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua tahun ini menargetkan untuk menuntaskan proses pembuatan sertifikat 1.

Biawer Biak Jadi Pusat Agro Wisata Tanaman

Kampung Biawer Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua dijadikan pusat agro wisat atanaman hias dan obat-obatan di wilayah pantai Utara Pulau Biak.

Ombudsman Bentuk Tim Khusus Usut Pengaduan Novel

Ombudsman Republik Indonesia akan membentuk tim khusus untuk menginvestigasi laporan dugaan maladministrasi dalam penangkapan, penahanan, penggeledahan dan penyitaan yang dialami penyidik KPK Novel Baswedan oleh Bareskrim Polri.

Suporter PSM Gelar Donor Darah Sambut HUT

Laskar Ayam Jantan (LAJ) yang merupakan salah satu kelompok suporter besar PSM akan menggelar donor darah dalam massal menyambut hari jadinya yang ke V di Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Mei 2015.