Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

Bintang Gaek Tunisia Merumput di Liga Prancis

Pemain bertahan asal Tunisia Aledinne Yahia dikontrak dua tahun oleh klub Ligue 1 Caen, demikian diumumkan klub liga Prancis itu, Rabu.

Aspek Tuntut Hak Konstitusi Buruh

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia Mirah Sumirat mengatakan organisasi yang dia pimpin bersama-sama Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan seluruh elemen gerakan perjuangan buruh di Indonesia berkomitmen menuntut hak konstitusional buruh.

Kendaraan Dinas Anggota DPRD Ambon Diputihkan

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menempuh kebijakanpemutihan sebanyak 19 unit mobil dinas anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 2009-2014.

Air Kelapa Dikembangkan Jadi Asam Cuka

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengembangkan air kelapa menjadi asam asetat atau asam cuka.

Istiqlal Tampung 150 Ribu Jemaah Idul Adha

Masjid Istiqlal Jakarta siap menampung 150 ribu orang jamaah muslim dari sejumlah daerah yang diperkirakan mengikuti Shalat Idul Adha 1435 H atau Minggu, 5 Oktober 2014 M.