Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 299

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

IHSG Juga Naik Tipis di Perdagangan Sore

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu, ditutup naik tipis sebesar 2,79 poin atau 0,06 persen ke posisi 4.

Lebanon Batasi Arus Pengungsi

Lebanon tak bisa memikul beban lebih banyak pengungsi Suriah yang datang ke negeri itu dan akan berusaha membatasi jumlah pengungsi tersebut, kata menteri dalam negeri Lebanon, Selasa (15/4).

Dukungan Optimalisasi Pendidikan Hindu

Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen mendukung berbagai upaya untuk mengoptimalkan pendidikan Hindu sehingga umat dapat lebih baik memahami ajaran agamanya.

Penjualan Properti Nasional Melambat

Penjualan properti secara nasional pada tiga bulan pertama tahun 2014 melambat dibanding tahun sebelumnya, kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Jumlah Anak Terlantar di Sumsel Turun

Dinas Sosial Sumatera Selatan terus berupaya menurunkan jumlah anak terlantar yang berhasil diturunkan di provinsi setempat pada tahun 2014 ini guna meminimalkan berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat.