Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

Harga Daging Ayam Di Manado Naik Tipis

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara (Sulut) Darwin Muksin mengatakan harga daging ayam di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya naik tipis menjelang Natal 25 Desember 2014.

Bengkalis Gelar Napak Tilas Peringati HKSN

Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar napak tilas pada Sabtu (20/12) dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Rute Perjuangan Pahlawan.

Realisasi PAD Disbudpar Agam Baru Rp 69.058.000

Realisasi pendapatan asli daerah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, baru mencapai Rp69.

BLH Hentikan Penyidikan Terhadap PT Rim Capital

Penyidik Pegawai Negeri Sipil pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menghentikan penyidikan terhadap PT Rim Capital, meskipun perusahaan group A Goodhope Company telah beraktivitas di luar Hak Guna Usaha.

Dinkes Bekasi Siap Hadapi Lonjakan Pasien Jamkesnas

Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat, menyatakan kesanggupannya menangani pasien dengan fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional pada 2015.