Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

175,8 Hektare Hutan Sumsel Masih Terbakar

Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Kemenhut Alam Sony Partono mengatakan sekarang ini areal kebakaran hutan akibat kemarau di wilayah Sumatera Selatan masih ada 175,8 hektare.

Gubernur : Kaltim Pusat Kegiatan Olahraga Indonesia Timur

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengharapkan Kaltim dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan olahraga di Indonesia bagian timur.

Konsumsi Energi Di NTB Capai Rp1,2 Triliun

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat mencatat total konsumsi energi di daerah itu pada triwulan II tahun 2014 mencapai Rp1,2 triliun dengan pangsa terbesar merupakan konsumsi bahan bakar minyak sebesar Rp887 miliar.

Kemenkop-UKM Beri Bantuan Tiga Koperasi Di Manado

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar kepada tiga koperasi di Manado, Sulawesi Utara.

Dishut Ajak Perusahaan Peduli Asap

Aparat Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengajak seluruh perusahaan yang ada di daerah itu untuk peduli asap serta mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di hak guna usaha milik mereka.