Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

Kedatangan Pelatih Gulat Bulgaria Masih Samar

Rencana Pengprov Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kalimantan Timur mendatangkan Pelatih Gulat dari Bulgaria ternyata masih samar, meskipun KONI setempat telah memberikan lampu hijau perekrutan pelatih asing tersebut.

Warga Kepulauan Antusias Sambut HUT Kabupaten Sitaro

Warga Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, antusias menyambut hari ulang tahun (HUT) ke delapanmenjadi daerah otonom baru.

Legislator Pamekasan Sarankan 'PYEC' Disempurnakan

Ketua Komisi II DPRD Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Moh Hosnan Achmadi menyarankan, program 'Pamekasan Young Enterpreneur Competition (PYEC)' yang dilaksanakan pemkab setempat lebih disempurnakan.

Pemkab Bangka Tengah Tingkatkan Kemampuan Bendahara SKPD

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, akan meningkatkan kemampuan bendahara dalam mengelola keuangan di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui kegiatan bimbingan teknis (bimtek).

BI Optimalkan Media Untuk Sosialisasi Berbagai Kebijakan

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengoptimalkan media sebagai wadah sosialisasi kebijakan BI kepada pemangku kepentingan, karena dinilai paling efektif.