Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

PNS Konawe Selatan Ikuti Rakor Gubernur Sultra

Sebanyak 1.500 pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mengikuti rapat koordinasi (rakor) antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi yang dipimpin Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, Selasa.

Masyarakat Desa Jembrana Belum Tahu Pilkada

Sebagian warga pedesaan di Kabupaten Jembrana, Bali, belum tahu jika daerah tersebut akan menyelenggarakan Pilkada tahun ini.

KRI Teluk Bintuni Dilepas Sekda Menuju Siau

Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Bintuni 520 yang membawa282 pemuda dan pemudi dari 34 provinsi di Indonesia, dilepas Sekretaris Daerah Kotabaru H Suriansyah dari Pelabuhan Kotabaru untuk melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Siau, Sulawesi Utara.

Bupati Kotim Raih JKN Award

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah H Supian Hadi kembali menerima penghargaan jaminan kesehatan nasional Award sebagai daerah yang mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Belasan Bus Terbakar di 'Pool' Rawabuaya

Sebanyak 19 bus Transjakarta yang terbakar di tempat pemarkiran bus atau "Pool" Transjakarta di Rawabuaya, Jakarta Barat, Selasa malam.