Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

ECB Indikasikan Langkah Kebijakan Moneter Lebih Longgar

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengatakan pada Jumat bahwa ECB bersedia untuk mendorong kebijakan moneter yang lebih akomodatif, karena ekonomi benua itu mengalami stagnan.

Presiden Tiba Di WTC Untuk Puncak Sail

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat, untuk memberikan kata sambutan dalam acara puncak Sail Raja Ampat tahun 2014.

DK PBB Gagal Capai Kesepakatan Soal Rombongan Kemanusiaan Rusia

Dewan Keamanan (DK) PBB pada Jumat (22/8) mengadakan konsultasi darurat mengenai perkembangan paling akhir di Ukraina Timur --pintu masuk rombongan bantuan kemanusiaan Rusia-- tapi gagal mencapai kesepakatan.

Pasutri Warga Korsel Ikuti Wisuda Di 'IBU'

Pasangan suami istri warga Korea Selatan, Lee Soung Suk dan Kim In Soung, dinyatakan lulus program pascasarjana dan mengikuti wisuda di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang, Sabtu.

Kemenag Bengkulu Minta CJH Tidak Membawa Perhiasan

Kementerian Agama Wilayah Provinsi Bengkulu meminta calon jamaah haji dari daerah itu, terutama perempuan, agar tidak membawa perhiasan ke tanah suci Mekkah saat menyelenggarakan haji.