Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

Dinkes Ingatkan Warga Bandarlampung Waspada Demam Berdarah

Dinas Kesehatan mengingatkan warga Kota Bandarlampung untuk mewaspadai penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan penderitanya.

Manajemen PSMS Bertekad Kembalikan Kejayaan Klub

Manajemen PSMS Medan bertekad mengembalikan kejayaan klub sehingga mampu bersaing dengan tim-tim besar lainnya di kancah sepak bola nasional dan Liga Super Indonesia.

Raul Castro Dukung Perdamaian Dengan AS

Presiden Kuba Raul Castro, Kamis, menyatakan dukungannya pada perdamaian Amerika Serikat dengan negara komunisnya, seiring pembicaraan kedua negara itu untuk memulihkan hubungan setelah puluhan tahun permusuhan.

Imparsial : Pengajuan RUU Kamnas Bentuk Kemunduran

Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti menilai kebijakan pemerintah melalui kementerian pertahanan yang akan mengajukan tiga RUU, yaitu Keamanan Nasional, Rahasia Negara dan Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Komcad), adalah merupakan bentuk kemunduran.

Buku Masa Depan Makassar Diluncurkan

Buku Masa Depan Makassar mengangkat tema Dinamika Demokrasi dan Pemerintahan akhirnya diluncurkan di kediaman Wali Kota Moh Ramdhan Pommanto di Jalan Amrirullah di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan itu.