Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Samarinda Gelar Bimtek SOP

standar operasional prosedur, burhanuddin, administrasi pemerintahan dapat berjalan

Posted on 07 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang standar operasional prosedur (SOP).

Asisten IV Bidang Adminsitrasi dan Umum Sekretariat Kota Samarinda, Burhanuddin, Selasamenyatakan, pelaksanaan Bimtek ini sendiri mengacu pada Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomer 35 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Dengan adanya standar operasi prosedur maka tentunya penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat berjalan dengan pasti serta untuk menghindari segala bentuk penyimpangan.

Kalaupun terjadi penyimpangan, pastinya ditemukan penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan cara yang tepat, ujar Burhanuddin.

Bimbingab teknis tersebut diikuti sedikitnya 55 peserta terdiri dari perwakilan RSUD IA Moeis, PDAM, unsur kecamatan, kelurahan, puskesmas, badan pelayanan perizinan serta beberapa staf sekretariat Kota Samarinda.

"Jika semua kegiatan sudah sesuai dengan yang ditetapkan SOP, maka secara bertahap kualitas pelayanan publik akan lebih profesional, cepat dan mudah. Bimtek seperti ini penting diberikan kepada pegawai di lingkup pemerintah untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada SKPD layanan publik," katanya. "Terutama untuk memberikan pedoman bagi seluruh SKPD dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun mengembangkan dan mengevaluasi SOP administrasi pemerintah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan," ungkap Burhanuddin.

Sementara, Kepala PKP2A III LAN Meliana, yang menjadi salah seorang nara sumber pada Bimtek SOP itu menyampaikan harapannya agar semua instansi baik pusat maupun daerah untuk segera menyusun SOP dengan berpedoman pada Permen PAN tersebut.

"Dalam hal ini mau tidak mau setiap SKPD harus melakukannya," Kata Meliana.(ant/rd)

Rektor Unila : Hutan Mangrove Harus Dijaga

Rektor Universitas Lampung Prof Sugeng Prayitno Harianto mengingatkan warga pesisir di provinsi ini untuk dapat menjaga hutan mangrove atau bakau yang ada, sehingga terlindungi dari ancaman bencana dan mendapatkan manfaat lain dari pelestarian mangrove ini.

Warga Tuding GBU Langgar Undang-Undang Minerba

Warga Pulau Roma, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Maluku yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat MBD menuding pihak PT.

Gubernur : Wali Kota Tual Bertugas 26 Mei

Gubernur Maluku, Said Assagaff menyatakan, Machmud Thamher dan Adam Rahayaan bertugas kembali sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tual pada 26 Mei 2015.

Mantan Satpol PP Mengeluh Honor Tidak Dibayarkan

Puluhan mantan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku mengeluh karena honor mereka selama 1,5 tahun tidak pernah dibayarkan.

Dolar AS Menguat Didukung Pidato Ketua FED

Kurs dolar AS melonjak terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan ia memperkirakan Fed menaikkan suku bunga tahun ini jika ekonomi tetap di jalur perkiraannya.