Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Samarinda Gelar Bimtek SOP

standar operasional prosedur, burhanuddin, administrasi pemerintahan dapat berjalan

Posted on 07 May 2013. Hits : 240

Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang standar operasional prosedur (SOP).

Asisten IV Bidang Adminsitrasi dan Umum Sekretariat Kota Samarinda, Burhanuddin, Selasamenyatakan, pelaksanaan Bimtek ini sendiri mengacu pada Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomer 35 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Dengan adanya standar operasi prosedur maka tentunya penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat berjalan dengan pasti serta untuk menghindari segala bentuk penyimpangan.

Kalaupun terjadi penyimpangan, pastinya ditemukan penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan cara yang tepat, ujar Burhanuddin.

Bimbingab teknis tersebut diikuti sedikitnya 55 peserta terdiri dari perwakilan RSUD IA Moeis, PDAM, unsur kecamatan, kelurahan, puskesmas, badan pelayanan perizinan serta beberapa staf sekretariat Kota Samarinda.

"Jika semua kegiatan sudah sesuai dengan yang ditetapkan SOP, maka secara bertahap kualitas pelayanan publik akan lebih profesional, cepat dan mudah. Bimtek seperti ini penting diberikan kepada pegawai di lingkup pemerintah untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada SKPD layanan publik," katanya. "Terutama untuk memberikan pedoman bagi seluruh SKPD dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun mengembangkan dan mengevaluasi SOP administrasi pemerintah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan," ungkap Burhanuddin.

Sementara, Kepala PKP2A III LAN Meliana, yang menjadi salah seorang nara sumber pada Bimtek SOP itu menyampaikan harapannya agar semua instansi baik pusat maupun daerah untuk segera menyusun SOP dengan berpedoman pada Permen PAN tersebut.

"Dalam hal ini mau tidak mau setiap SKPD harus melakukannya," Kata Meliana.(ant/rd)

Dishub : Tidak Ada Lonjakan Penumpang H-3 Lebaran

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua mencatat tidak ada lonjakan signifikan jumlah penumpang baik angkutan laut maupun udara di Jayapura pada H-3 Idul Fitri 1435 Hijriah.

Tarif Bus Jember Angkutan Naik 30 Persen

Tarif bus angkutan Lebaran di Kabupaten Jember, Jawa Timur, naik sebesar 30 persen selama masa angkutan Lebaran sejak H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran atau 21 Juli hingga 5 Agustus 2014.

Akbar Tandjung : Prabowo-Hatta Akan Hadiri Persidangan MK

Anggota penasehat Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Akbar Tandjung mengatakan Prabowo dan Hatta akan menghadiri salah satu persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyampaikan pendapatnya.

Pemberian Remisi Harus Adil

Remisi bagi narapidana menjelang hari raya Idul Fitri harus diberikan berdasarkan penilaian yang objektif tanpa membeda-bedakan jenis kasusnya, kata pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia Mudzakkir.

Stok Kacang Tanah Di Babel 43 Ton

Stok kacang tanah di gudang distributor di Provinsi Bangka Belitung tercatat sebanyak 43 ton atau mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah.