Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Samarinda Gelar Bimtek SOP

standar operasional prosedur, burhanuddin, administrasi pemerintahan dapat berjalan

Posted on 07 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang standar operasional prosedur (SOP).

Asisten IV Bidang Adminsitrasi dan Umum Sekretariat Kota Samarinda, Burhanuddin, Selasamenyatakan, pelaksanaan Bimtek ini sendiri mengacu pada Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomer 35 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Dengan adanya standar operasi prosedur maka tentunya penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat berjalan dengan pasti serta untuk menghindari segala bentuk penyimpangan.

Kalaupun terjadi penyimpangan, pastinya ditemukan penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan cara yang tepat, ujar Burhanuddin.

Bimbingab teknis tersebut diikuti sedikitnya 55 peserta terdiri dari perwakilan RSUD IA Moeis, PDAM, unsur kecamatan, kelurahan, puskesmas, badan pelayanan perizinan serta beberapa staf sekretariat Kota Samarinda.

"Jika semua kegiatan sudah sesuai dengan yang ditetapkan SOP, maka secara bertahap kualitas pelayanan publik akan lebih profesional, cepat dan mudah. Bimtek seperti ini penting diberikan kepada pegawai di lingkup pemerintah untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada SKPD layanan publik," katanya. "Terutama untuk memberikan pedoman bagi seluruh SKPD dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun mengembangkan dan mengevaluasi SOP administrasi pemerintah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan," ungkap Burhanuddin.

Sementara, Kepala PKP2A III LAN Meliana, yang menjadi salah seorang nara sumber pada Bimtek SOP itu menyampaikan harapannya agar semua instansi baik pusat maupun daerah untuk segera menyusun SOP dengan berpedoman pada Permen PAN tersebut.

"Dalam hal ini mau tidak mau setiap SKPD harus melakukannya," Kata Meliana.(ant/rd)

Wiranto Dijadwalkan Hadiri Musda Hanura Papua

Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto dijadwalkan hadir dan buka musyawarah daerah (Musda) ke-II DPD Hanura Provinsi Papua yang akan digelar di salah satu hotel ternama di Kota Jayapura, pada Kamis (3/9).

Calon Haji Sumenep Tergabung Dalam Dua Kloter

Sebanyak 607 calon haji asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, tergabung dalam dua kelompok terbang (kloter) dan dijadwalkan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada 11 September 2015.

Walhi Ingin Pemerintah Sanksi Pemegang Konsesi Sawit

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menginginkan pemerintah dapat memberikan sanksi terhadap perusahaan pemegang konsesi sawit, karena kebakaran hutan dan lahan diduga marak terjadi di dalam dan sekitar kawasan konsesi perkebunan kelapa sawit.

2 Sekolah di Kep. Seribu Ikuti Lomba Sekolah Sehat

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Anwar mengaku optimis, SDN 02 Pulau Panggang dan SMPN 133 Pulau Pramuka, mampu meraih hasil optimal dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2015 tingkat DKI Jakarta.

Pemkab Musirawas Fungsikan Irigasi Bendungan Lakitan

Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mulai 2015 memfungsikan jaringan irigasi baru dari bendungan Sungai Lakitan yang akan mengairi areal persawahan seluas sekitar 11.