Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Payakumbuh Ganti Rugi Tanaman Normalisasi Sungai

ganti kerugian tanaman, proyek normalisasi, terkena imbas

Posted on 07 Mar 2013. Hits : 248

Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat,membayarkan ganti kerugian tanaman kepada 26 warga Kelurahan Talawi dan Payonibung Kecamatan Payakumbuh Utara yang terkena proyek normalisasi aliran Batang Lamposi.

Ganti rugi itu diserahkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Benny Warlis di Kantor Lurah Talawi, Rabu.

Benny Warlis memberikan apresiasinya kepada masyarakat yang bersedia menyerahkan lahannya untuk proyek normalisasi Batang Lamposi tersebut.

Menurut dia, dengan adanya proyek itu, banyak warga di sekitar lokasi yang akan terbantu. Lahan kritis di sekitar lokasi tersebut juga akan bisa dimanfaatkan kembali.

Sementara itu, Kabid Pengairan Dinas PU Payakumbuh Muslim mengatakan, proyek normalisasi Batang Lamposi yang dibiayai pemerintah pusat sebesar Rp38,5 miliar tersebut melewati Kelurahan Talawi dan Kelurahan Payonibuang, Kecamatan Payakumbuh Utara. Sebanyak 31 persil tanah milik 26 warga terkena imbas proyek itu.

"Pemerintah memberikan ganti kerugian pada masyarakat yang terkena imbas, tetapi ganti kerugian itu bukan atas tanah, namun terhadap tanaman yang ada di atas tanah tersebut," katanya.

Penaksiran harga tanaman itu menurutnya dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian setempat.

"Anggaran yang telah disediakan untuk ganti kerugian tanaman warga tersebut sebesar Rp236.987.000. Jumlah penggantian untuk masing-masing warga tergantung pada jumlah tanaman yang terkena imbas," katanya.

Menurut Muslim, proyek normalisasi sungai Batang Lamposi ini akan memakai lahan pinggiran sungai sepanjang 15 meter, bagian kiri dan kanan sungai. Sedangkan panjang aliran sungai yang akan di normalisasi mencapai 900 meter.

"Pengerjaannya mulai dari bendungan Talawi, sampai ke aliran sungai yang berada di pinggir jalan Lingkar Utara, rencananya akan dimulai minggu kedua Maret 2013 dan diperkirakan selesai pada tahun 2014," katanya.

Ikut hadir menyaksikan pembayaran ganti rugi tanaman itu, Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Marta Minanda, Kabag Hukum Asril, Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kota Payakumbuh Muslim, lurah Talawi Mazni, dan Lurah Payonibuang Mirzalena.(ant/rd)

Pemkab Wakatobi Siapkan Peresmian 'Barata Kaledupa'

Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara menyiapkan peresmian 'Barata Kaledupa' yang merupakan wilayah Kesultanan setingkat kabupatenyang dibentuk Kesultanan Buton yang adadi kabupaten tersebut.

Satpol Air Banjarmasin Awasi Kapal Penyeberangan Tamban

Satuan Polisi Air Polresta Banjarmasin terus mengawasi kapal penyeberangan atau ferry antara Dermaga Pasar Terapung Alalak Banjarmasin Utara - Desa Jelapat, Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

18 Pemudik Di Kalsel Tewas Lakalantas

Sebanyak 18 orang pemudik tewas dalam kecelakaan lalu lintas di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan selama terjadinya arus mudik lebaran Idul Fitri 1435 hijriah.

77,24 Persen Ikan Olahan Bali Diserap AS

Amerika Serikat menjadi negara potensial dengan menyerap 77,24 persen dari total ekspor mata dagangan ikan olahan dari Bali yang totalnya mencapai 9,88 juta dolar AS selama lima bulan Januari-Mei 2014.

Pemkot Lubuklinggau Upayakan Kuasai Lahan PT Cikencreng

Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan mengupayakan secara hukum untuk menguasai dan mengelola lahan PT Cikencreng yang terlantar dan sebagian besar di garap masyarakat tanpa izin.