Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Payakumbuh Ganti Rugi Tanaman Normalisasi Sungai

ganti kerugian tanaman, proyek normalisasi, terkena imbas

Posted on 07 Mar 2013. Hits : 253

Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat,membayarkan ganti kerugian tanaman kepada 26 warga Kelurahan Talawi dan Payonibung Kecamatan Payakumbuh Utara yang terkena proyek normalisasi aliran Batang Lamposi.

Ganti rugi itu diserahkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Benny Warlis di Kantor Lurah Talawi, Rabu.

Benny Warlis memberikan apresiasinya kepada masyarakat yang bersedia menyerahkan lahannya untuk proyek normalisasi Batang Lamposi tersebut.

Menurut dia, dengan adanya proyek itu, banyak warga di sekitar lokasi yang akan terbantu. Lahan kritis di sekitar lokasi tersebut juga akan bisa dimanfaatkan kembali.

Sementara itu, Kabid Pengairan Dinas PU Payakumbuh Muslim mengatakan, proyek normalisasi Batang Lamposi yang dibiayai pemerintah pusat sebesar Rp38,5 miliar tersebut melewati Kelurahan Talawi dan Kelurahan Payonibuang, Kecamatan Payakumbuh Utara. Sebanyak 31 persil tanah milik 26 warga terkena imbas proyek itu.

"Pemerintah memberikan ganti kerugian pada masyarakat yang terkena imbas, tetapi ganti kerugian itu bukan atas tanah, namun terhadap tanaman yang ada di atas tanah tersebut," katanya.

Penaksiran harga tanaman itu menurutnya dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian setempat.

"Anggaran yang telah disediakan untuk ganti kerugian tanaman warga tersebut sebesar Rp236.987.000. Jumlah penggantian untuk masing-masing warga tergantung pada jumlah tanaman yang terkena imbas," katanya.

Menurut Muslim, proyek normalisasi sungai Batang Lamposi ini akan memakai lahan pinggiran sungai sepanjang 15 meter, bagian kiri dan kanan sungai. Sedangkan panjang aliran sungai yang akan di normalisasi mencapai 900 meter.

"Pengerjaannya mulai dari bendungan Talawi, sampai ke aliran sungai yang berada di pinggir jalan Lingkar Utara, rencananya akan dimulai minggu kedua Maret 2013 dan diperkirakan selesai pada tahun 2014," katanya.

Ikut hadir menyaksikan pembayaran ganti rugi tanaman itu, Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Marta Minanda, Kabag Hukum Asril, Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kota Payakumbuh Muslim, lurah Talawi Mazni, dan Lurah Payonibuang Mirzalena.(ant/rd)

Omzet Penjualan Kerang Pantai Peti Tenget Turun

Omzet penjualan kerang di objek wisata Pantai Peti Tenget, Kabupaten Badung, Bali mengalami penurunan drastis, akibat minat wisatawan membeli berbagai jenis kerajinan laut berkurang.

Polisi Bangkalan Selamatkan Pencuri Motor Hendak Dibakar

Polres Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, menyelamatkan seorang warga yang tertangkap tangan hendak mencuri sepeda motor saat shalat tarawih dan pelaku nyaris dibakar massa hidup-hidup.

Disnakertrans Musirawas Bangun Kota Terpadu Mandiri

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, akan membangun Kota Terpadu Mandiri di atas lahan ribuan hektare dalam Kecamatan Muara Kelinggi setempat.

Melaya Pasarkan Kerajinan Anyaman Lidi

Para pengrajin dari Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali barat memasarkan berbagai jenis kerajinan anyaman lidi berupa inke pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 di Taman Budaya, Denpasar.

BI Pematangsiantar Buka Kas Keliling Tukaran Pecahan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kota Pematangsiantar akan membuka layanan kas keliling untuk penukaran uang pecahan baru pada 13-15 Juli 2015.