Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Malang Sabet Adipura Kencana Karena Sampah

pemerintah kota malang, menyabet piala adipura kencana, mengelola sampah, nuzul nurcahyo

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 232

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, pada tahun ini menyabet Piala Adipura Kencana setelah pemkot setempat mengelola sampah melalui sejumlah program, seperti Bank Sampah Malang dan pemanfaatan gas metan untuk bahan bakar.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang Nuzul Nurcahyo, Sabtu, menjelaskan ada 13 kriteria yang menjadi penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sehingga kota pendidikan itu meraih Adipura Kencana.

'Salah satu kriteria yang dinilai oleh KLH adalah pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Gas metan sampah di TPA tersebut dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti elpiji bagi warga sekitar,' ucapnya.

Pada tahun 1993, Pemkot Malang juga pernah menyabet Adipura Kencana. Namun, akhirnya lepas dan baru tahun ini bisa memboyong kembali Adipura Kencana tersebut ke Bumi Arema.

Kepastian disabetnya Piala ADipura Kencana bagi Kota Malang itu dituangkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura 2013.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto mengatakan bahwa Kota Malang memenuhi berbagai kriteria dan mendapat nilai yang relatif cukup bagus selama tahapan penilaian.

Salah satu penilaian yang menyedot perhatian tim penilai adalah keberadaan TPA Supit Urang yang mengolah gas metan menjadi bahan bakar elpiji bagi warga sekitar, Bank Sampah Malang (BSM), serta partisipasi kader lingkungan yang relatif cukup tinggi.

Selain itu, lanjutnya, layanan zona air minum prima (ZAMP) milik PDAM, kondisi pasar tradisional yang bersih, Ipal komunal di SMAN 10, terminal dan taman kota yang tertata rapi juga ikut mendongkrak penilaian Adipura Kencana.

'Partisipasi masyarakat juga menjadi penilaian tersendiri sehingga kembalinya Adipura Kencana ke Bumi Arema ini merupakan keberhasilan bersama, bukan hanya pemerintah,' tegasnya.(ant/rd)

GM Susanto Megaranto Juara Ramadhan Cup 2015

GM Susanto Megaranto mewujudkan targetnya dengan menjuarai turnamen catur cepat So Nice Ramadhan Cup 2015 setelah memimpin dengan mengumpulkan 8,5 angka di Wisma Menpora Jakarta, Minggu.

DPRD Minta Pemkot Bontang Fokus Kembangkan UMKM

DPRD Kota Bontang, Kalimantan Timur, meminta pemerintah kota setempat mulai fokus mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah sebagai penopang perekonomian daerah dan mengantisipasi menurunnya pendapatan dari sektor sumber daya alam.

Ijazah Calon Kepala Daerah Bakal Dicek Keasliannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta melakukan pengecekan terhadap keaslian ijazah calon kepala daerah yang hendak mengikuti pemilihan kepala daerah, kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir.

Obasa Siap Diusung Bacawawali Surabaya Koalisi 'Majapahit'

Nama pengusaha Basa Alim Tualeka atau akrab disapa Obasa mengaku siap diusung sebagai bakal calon wakil wali kota Surabaya dari koalisi 'Majapahit' menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat, 9 Desember 2015.

Sub Terminal Sendowo Semarang Bakal Dihidupkan Lagi

Pemerintah Kota Semarang berencana mengaktifkan kembali Sub Terminal Sendowo yang berada di kawasan Pasar Johar untuk mendukung keberadaan pasar tradisional itu.