Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Malang Sabet Adipura Kencana Karena Sampah

pemerintah kota malang, menyabet piala adipura kencana, mengelola sampah, nuzul nurcahyo

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 232

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, pada tahun ini menyabet Piala Adipura Kencana setelah pemkot setempat mengelola sampah melalui sejumlah program, seperti Bank Sampah Malang dan pemanfaatan gas metan untuk bahan bakar.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang Nuzul Nurcahyo, Sabtu, menjelaskan ada 13 kriteria yang menjadi penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sehingga kota pendidikan itu meraih Adipura Kencana.

'Salah satu kriteria yang dinilai oleh KLH adalah pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Gas metan sampah di TPA tersebut dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti elpiji bagi warga sekitar,' ucapnya.

Pada tahun 1993, Pemkot Malang juga pernah menyabet Adipura Kencana. Namun, akhirnya lepas dan baru tahun ini bisa memboyong kembali Adipura Kencana tersebut ke Bumi Arema.

Kepastian disabetnya Piala ADipura Kencana bagi Kota Malang itu dituangkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura 2013.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto mengatakan bahwa Kota Malang memenuhi berbagai kriteria dan mendapat nilai yang relatif cukup bagus selama tahapan penilaian.

Salah satu penilaian yang menyedot perhatian tim penilai adalah keberadaan TPA Supit Urang yang mengolah gas metan menjadi bahan bakar elpiji bagi warga sekitar, Bank Sampah Malang (BSM), serta partisipasi kader lingkungan yang relatif cukup tinggi.

Selain itu, lanjutnya, layanan zona air minum prima (ZAMP) milik PDAM, kondisi pasar tradisional yang bersih, Ipal komunal di SMAN 10, terminal dan taman kota yang tertata rapi juga ikut mendongkrak penilaian Adipura Kencana.

'Partisipasi masyarakat juga menjadi penilaian tersendiri sehingga kembalinya Adipura Kencana ke Bumi Arema ini merupakan keberhasilan bersama, bukan hanya pemerintah,' tegasnya.(ant/rd)

Presiden Diminta Fokus Benahi Perumahan Rakyat

Lembaga swadaya masyarakat Indonesia Property Watch mengharapkan pemerintahan Presiden Joko Widodo dapat lebih fokus dalam mengurusi perumahan rakyat guna mengatasi kekurangan perumahan di Tanah Air.

Singapura Sumbang 150 Ribu Dolar Untuk Perangi Ebola

Singapura akan memberikan sumbangan 150.000 dolar AS kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memerangi penyebaran Ebola, kata Departemen Kesehatan dan Departemen Luar Negeri negara itu Selasa.

Banten Bakal Rampungkan 6 Jalan Utama

Pemerintah Provinsi Banten akan segera menuntaskan perbaikan dan pelebaran enam ruas jalan yang sudah tertuang dalam Perda No.

City Kembali Gagal Raup Poin Penuh

CSKA Moscow bangkit dari tertinggal 0-2 dan mendapatkan hasil imbang 2-2 saat melawan Manchester City pada pertandingan Liga Champions yang tidak boleh dihadiri penonton pada Selasa (Rabu WIB).

7 Lokasi Jalankan Perda Bebas Rokok

Sebanyak tujuh kawasan siap mengimplementasikan dan menjalankan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).