Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Malang Sabet Adipura Kencana Karena Sampah

pemerintah kota malang, menyabet piala adipura kencana, mengelola sampah, nuzul nurcahyo

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 232

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, pada tahun ini menyabet Piala Adipura Kencana setelah pemkot setempat mengelola sampah melalui sejumlah program, seperti Bank Sampah Malang dan pemanfaatan gas metan untuk bahan bakar.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang Nuzul Nurcahyo, Sabtu, menjelaskan ada 13 kriteria yang menjadi penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sehingga kota pendidikan itu meraih Adipura Kencana.

'Salah satu kriteria yang dinilai oleh KLH adalah pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Gas metan sampah di TPA tersebut dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti elpiji bagi warga sekitar,' ucapnya.

Pada tahun 1993, Pemkot Malang juga pernah menyabet Adipura Kencana. Namun, akhirnya lepas dan baru tahun ini bisa memboyong kembali Adipura Kencana tersebut ke Bumi Arema.

Kepastian disabetnya Piala ADipura Kencana bagi Kota Malang itu dituangkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura 2013.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto mengatakan bahwa Kota Malang memenuhi berbagai kriteria dan mendapat nilai yang relatif cukup bagus selama tahapan penilaian.

Salah satu penilaian yang menyedot perhatian tim penilai adalah keberadaan TPA Supit Urang yang mengolah gas metan menjadi bahan bakar elpiji bagi warga sekitar, Bank Sampah Malang (BSM), serta partisipasi kader lingkungan yang relatif cukup tinggi.

Selain itu, lanjutnya, layanan zona air minum prima (ZAMP) milik PDAM, kondisi pasar tradisional yang bersih, Ipal komunal di SMAN 10, terminal dan taman kota yang tertata rapi juga ikut mendongkrak penilaian Adipura Kencana.

'Partisipasi masyarakat juga menjadi penilaian tersendiri sehingga kembalinya Adipura Kencana ke Bumi Arema ini merupakan keberhasilan bersama, bukan hanya pemerintah,' tegasnya.(ant/rd)

Dolar Menguat di Asia

Kurs dolar menguat di perdagangan Asia pada Kamis, karena perubahan sedikit "bullish" oleh Federal Reserve AS memicu harapan untuk kenaikan suku bunga AS lebih awal.

BI: Kenaikan BBM Sumbang Inflasi 2,31 Persen

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Luctor Tapiheru memperkirakan bila kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Rp3000 per liter akan memberikan sumbangan inflasi Kota Manado sebesar 2,31 persen.

LIPI Patenkan 350 Hasil Penelitian Generasi Muda

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mematenkan 350 hasil penelitian generasi muda untuk melindungi hasil inovasi anak bangsa dari pembajakan negara asing.

Target Imunisasi Aceh Masih Rendah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh M Yani mengatakan target pemberian imunisasi bagi anak-anak di provinsi itu masih cukup rendah.

Jonan Diminta Fokus Kembangkan Transportasi Multimoda

Mantan Plt Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta Menhub baru Ignasius Jonan memfokuskan pengembangan transportasi multimoda untuk penghematan biaya logistik nasional.