Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Malang Sabet Adipura Kencana Karena Sampah

pemerintah kota malang, menyabet piala adipura kencana, mengelola sampah, nuzul nurcahyo

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 232

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, pada tahun ini menyabet Piala Adipura Kencana setelah pemkot setempat mengelola sampah melalui sejumlah program, seperti Bank Sampah Malang dan pemanfaatan gas metan untuk bahan bakar.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang Nuzul Nurcahyo, Sabtu, menjelaskan ada 13 kriteria yang menjadi penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sehingga kota pendidikan itu meraih Adipura Kencana.

'Salah satu kriteria yang dinilai oleh KLH adalah pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Gas metan sampah di TPA tersebut dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti elpiji bagi warga sekitar,' ucapnya.

Pada tahun 1993, Pemkot Malang juga pernah menyabet Adipura Kencana. Namun, akhirnya lepas dan baru tahun ini bisa memboyong kembali Adipura Kencana tersebut ke Bumi Arema.

Kepastian disabetnya Piala ADipura Kencana bagi Kota Malang itu dituangkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura 2013.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto mengatakan bahwa Kota Malang memenuhi berbagai kriteria dan mendapat nilai yang relatif cukup bagus selama tahapan penilaian.

Salah satu penilaian yang menyedot perhatian tim penilai adalah keberadaan TPA Supit Urang yang mengolah gas metan menjadi bahan bakar elpiji bagi warga sekitar, Bank Sampah Malang (BSM), serta partisipasi kader lingkungan yang relatif cukup tinggi.

Selain itu, lanjutnya, layanan zona air minum prima (ZAMP) milik PDAM, kondisi pasar tradisional yang bersih, Ipal komunal di SMAN 10, terminal dan taman kota yang tertata rapi juga ikut mendongkrak penilaian Adipura Kencana.

'Partisipasi masyarakat juga menjadi penilaian tersendiri sehingga kembalinya Adipura Kencana ke Bumi Arema ini merupakan keberhasilan bersama, bukan hanya pemerintah,' tegasnya.(ant/rd)

Ketua Liga Arab Tekankan Persatuan Islam

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan Sekjen Liga Arab Nabil al-Arabi menyepakati dalam pertemuan Ahad di New York, mengenai perlunya persatuan Islam, secara serius menahan diri dari perselisihan sektarian.

Bupati Pasaman: 800 Pelajar Ikuti Kemah Pramuka

Bupati Pasaman Benny Utama mengatakan, 800 pelajar di daerah itu bersaing dalam kegiatan kemah pramuka, untuk memperingati hari pramuka ke-53 di Bumi Perkemahan, Kabupaten Bonjol.

WVI Gelar Jambore Guru Di Kota Jayapura

Wahana Visi Indonesia (WVI) region Papua segera menggelar jambore guru, selama empat hari pada 23-26 September 2014, di Agromina Wisata Permata Hijau Resort, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Tiongkok Siap Investasi Rp3 Triliun Di Bitung

Tiongkok siap melakukan investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung Sulawesi Utara (Sulut) senilai Rp3 triliun di sektor infrastruktur, industri maritim dan farmasi.

Al Qadsia Kuwait Segera Tiba Di Jayapura

Tim Al Qadsia asal Kuwait segera tiba di Kota Jayapura, Provinsi Papua, guna melakoni laga kedua semi final Piala AFC 2014, melawan tim tuan rumah Persipura, yang dijadwalkan 30 September mendatang.