Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Malang Sabet Adipura Kencana Karena Sampah

pemerintah kota malang, menyabet piala adipura kencana, mengelola sampah, nuzul nurcahyo

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 188

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, pada tahun ini menyabet Piala Adipura Kencana setelah pemkot setempat mengelola sampah melalui sejumlah program, seperti Bank Sampah Malang dan pemanfaatan gas metan untuk bahan bakar.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang Nuzul Nurcahyo, Sabtu, menjelaskan ada 13 kriteria yang menjadi penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sehingga kota pendidikan itu meraih Adipura Kencana.

'Salah satu kriteria yang dinilai oleh KLH adalah pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Gas metan sampah di TPA tersebut dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti elpiji bagi warga sekitar,' ucapnya.

Pada tahun 1993, Pemkot Malang juga pernah menyabet Adipura Kencana. Namun, akhirnya lepas dan baru tahun ini bisa memboyong kembali Adipura Kencana tersebut ke Bumi Arema.

Kepastian disabetnya Piala ADipura Kencana bagi Kota Malang itu dituangkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura 2013.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto mengatakan bahwa Kota Malang memenuhi berbagai kriteria dan mendapat nilai yang relatif cukup bagus selama tahapan penilaian.

Salah satu penilaian yang menyedot perhatian tim penilai adalah keberadaan TPA Supit Urang yang mengolah gas metan menjadi bahan bakar elpiji bagi warga sekitar, Bank Sampah Malang (BSM), serta partisipasi kader lingkungan yang relatif cukup tinggi.

Selain itu, lanjutnya, layanan zona air minum prima (ZAMP) milik PDAM, kondisi pasar tradisional yang bersih, Ipal komunal di SMAN 10, terminal dan taman kota yang tertata rapi juga ikut mendongkrak penilaian Adipura Kencana.

'Partisipasi masyarakat juga menjadi penilaian tersendiri sehingga kembalinya Adipura Kencana ke Bumi Arema ini merupakan keberhasilan bersama, bukan hanya pemerintah,' tegasnya.(ant/rd)

Jenazah TKW Sumbawa Dipulangkan Dari Arab

Jenazah tenaga kerja wanita (TKW) asal Dusun Malili, Desa Berare, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, yakni Khadijah Binti Hasan, akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya dari Arab Saudi.

Kementerian Anggarkan Rp50 Miliar Perbaiki Perkebunan Teh

Kementerian Pertanian pada tahun ini menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk melakukan perbaikan perkebunan teh seluas 3.

USAID Gelar Pelatihan Pengajaran di Tobasa

United states agency for international development (USAID) Prioritas menggelar pelatihan pengajaran yang difokuskan pada materi pembelajaran akif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) bagi sejumlah guru di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Bawaslu Riau Minta Rekapitulasi Ulang Dua Kecamatan

Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau merekomendasikan agar dilakukan rekapitulasi ulang di dua kecamatan di Kabupaten Kampar, Riau, karena adanya sengketa jumlah surat suara yang sah tidak sah mencapai 2.

Kepulauan 'Senkaku' Dilindungi Perjanjian Keamanan

Presiden Amerika Serikat Barack Obama Kamis mengatakan dalam konferensi pers di Jepang bahwa pulau-pulau yang berada di tengah sengketa sengit wilayah dengan Tiongkok dilindungi oleh perjanjian pertahanan yang mewajibkan Washington bertindak jika diserang.