Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Bukittinggi Tegur 38 Koperasi

surat teguran, rapat anggota tahunan

Posted on 04 Apr 2013. Hits : 255

Pemerintah Kota Bukittinggi akan memberi surat teguran kepada 38 koperasi setempat karena tak melakukan rapat anggota tahunan.

"Ke-38 koperasi yang akan diberi surat teguran itu sudah terdata," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Bukittinggi, Gustav didampingi Kepala Bidang Koperasi Yetti Murni, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 1992 setiap koperasi harus menggelar rapat anggota tahunan (RAT) minimal sekali dalam setahun.

"Paling lambat RAT dilakukan Maret 2013. Alasan 38 koperasi tidak melakukan RAT beragam salah satunya masalah pembukuan," kata dia.

Saat ini sebanyak 83 koperasi dari 101 koperasi yang ada di Bukittinggi tergolong koperasi aktif. Dari 83 koperasi aktif itu, hanya 45 koperasi yang telah melaksanakan RAT.

Menurut dia, kemungkinan 38 koperasi tidak melakukan RAT pada Maret tahun ini akan menggelar RAT pada Juni.

"Beberapa koperasi yang akan menggelar RAT pada Juni dipersilahkan. Lewat Juni koperasi tidak juga menggelar RAT terancam ditutup," kata dia.

Dari 101 koperasi, namun hanya 83 tergolong koperasi aktif. Sebanyak 18 koperasi tergolong tidak aktif, beberapa diataranya telah ada yang ditutup.

Keseluruhan koperasi di Bukittinggi bergerak di beberapa sektor seperti koperasi konsumen, koperasi simpan pinjam, koperasi produsen dan koperasi jasa.(ant/rd)

Kemenpora Janjikan Bonus Peraih Medali Asian Paragames

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjanjikan bonus untuk para atlet yang meraih medali dalam ajang Asian Paragames 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Gubernur Ajak Ulama Susun Program Penanggulangan AIDS

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak kalangan ulama untuk bersama pemerintah dan perguruan tinggi menyusun program penanggulangan kasus HIV/AIDSyang dinyatakan sebagai bencana sosial di daerah itu.

Ratusan Warga Saksikan Prosesi Pertama Pesta Budaya Tabuik

Ratusan warga Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyaksikan prosesi 'Maambiak Tanah' (Mengambil Tanah) pada Pesta Budaya Tabuik 2014 yang dilakukan kelompok Pasa dan Subarang dari dua nagari, Sabtu.

Pasien Pertama Ebola Di Mali Meninggal

Kasus pertama Ebola yang diumumkan di Mali, anak perempuan yang berusia dua tahun, telah meninggal akibat infeksi, kata beberapa sumber medis pada Jumat.

BPBD Siagakan Ratusan Petugas Antisipasi Kebakaran Lahan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyiagakan ratusan petugas dan sejumlah mobil pemadam kebakaran, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan.