Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Bukittinggi Tegur 38 Koperasi

surat teguran, rapat anggota tahunan

Posted on 04 Apr 2013. Hits : 255

Pemerintah Kota Bukittinggi akan memberi surat teguran kepada 38 koperasi setempat karena tak melakukan rapat anggota tahunan.

"Ke-38 koperasi yang akan diberi surat teguran itu sudah terdata," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Bukittinggi, Gustav didampingi Kepala Bidang Koperasi Yetti Murni, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 1992 setiap koperasi harus menggelar rapat anggota tahunan (RAT) minimal sekali dalam setahun.

"Paling lambat RAT dilakukan Maret 2013. Alasan 38 koperasi tidak melakukan RAT beragam salah satunya masalah pembukuan," kata dia.

Saat ini sebanyak 83 koperasi dari 101 koperasi yang ada di Bukittinggi tergolong koperasi aktif. Dari 83 koperasi aktif itu, hanya 45 koperasi yang telah melaksanakan RAT.

Menurut dia, kemungkinan 38 koperasi tidak melakukan RAT pada Maret tahun ini akan menggelar RAT pada Juni.

"Beberapa koperasi yang akan menggelar RAT pada Juni dipersilahkan. Lewat Juni koperasi tidak juga menggelar RAT terancam ditutup," kata dia.

Dari 101 koperasi, namun hanya 83 tergolong koperasi aktif. Sebanyak 18 koperasi tergolong tidak aktif, beberapa diataranya telah ada yang ditutup.

Keseluruhan koperasi di Bukittinggi bergerak di beberapa sektor seperti koperasi konsumen, koperasi simpan pinjam, koperasi produsen dan koperasi jasa.(ant/rd)

'Mahar Politik' Pendaftaran Cabup Gerindra Rp250 Juta

Setelah pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah oleh DPR-RI, Partai Gerindra langsung membuka pendaftaran calon bupati dengan 'mahar politik' Rp250 juta.

Tokoh Nunukan Minta Tegas Terkait Batas Malaysia

Seorang tokoh masyarakat Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, meminta pemerintah Indonesia tegas terhadap tapal batas dengan Malaysia sekaitan dengan pembangunan pos di perairan ujung timur Pulau Kayu Mati.

Kadishub : Jalur Kereta Sumatera Tak Terhambat RTRW

Pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera khususnya untuk lintasan Provinsi Riau tidak akan terhambat Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang belum disahkan, kata Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Riau Adizar.

DPRD Pangkalpinang Sediakan Kotak Pengaduan Warga

DPRD Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung (Babel), menyediakan kotak pengaduan umum untuk memudahkan warga mengadukan nasib atau masalahnya kepada wakil rakyat tersebut.

Penembakan di Dalam Toko Tewaskan Dua Orang

Dua orang tewas pada Ahad sore (25/1), setelah penembakan di dalam toko Home Depot di Manhattan, Amerika Serikat, kata pihak berwenang.