Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Bukittinggi Tegur 38 Koperasi

surat teguran, rapat anggota tahunan

Posted on 04 Apr 2013. Hits : 255

Pemerintah Kota Bukittinggi akan memberi surat teguran kepada 38 koperasi setempat karena tak melakukan rapat anggota tahunan.

"Ke-38 koperasi yang akan diberi surat teguran itu sudah terdata," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Bukittinggi, Gustav didampingi Kepala Bidang Koperasi Yetti Murni, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 1992 setiap koperasi harus menggelar rapat anggota tahunan (RAT) minimal sekali dalam setahun.

"Paling lambat RAT dilakukan Maret 2013. Alasan 38 koperasi tidak melakukan RAT beragam salah satunya masalah pembukuan," kata dia.

Saat ini sebanyak 83 koperasi dari 101 koperasi yang ada di Bukittinggi tergolong koperasi aktif. Dari 83 koperasi aktif itu, hanya 45 koperasi yang telah melaksanakan RAT.

Menurut dia, kemungkinan 38 koperasi tidak melakukan RAT pada Maret tahun ini akan menggelar RAT pada Juni.

"Beberapa koperasi yang akan menggelar RAT pada Juni dipersilahkan. Lewat Juni koperasi tidak juga menggelar RAT terancam ditutup," kata dia.

Dari 101 koperasi, namun hanya 83 tergolong koperasi aktif. Sebanyak 18 koperasi tergolong tidak aktif, beberapa diataranya telah ada yang ditutup.

Keseluruhan koperasi di Bukittinggi bergerak di beberapa sektor seperti koperasi konsumen, koperasi simpan pinjam, koperasi produsen dan koperasi jasa.(ant/rd)

Palangka Raya Juara Umum Festival Qasidah Kalteng

Kota Palangka Raya berhasil meraih juara umum dalam Festival Seni Qasidah III tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan.

Presiden Diminta Bebaskan 'MA'

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) meminta Presiden Joko Widodo agar bisa turun tangan dan membebaskan "MA" yang menjadi tersangka penghinaan presiden melali media sosial dari jeratan hukum.

Sambut Hari Jadi Sumenep, Mahasiswa Demo

Belasan aktivis Forum Komunikasi Mahasiswa Sumenep, Jumat, berdemonstrasi di depan kantor dinas pendidikan setempat guna menyambut hari jadi ke-745 kabupaten tersebut.

Unsur Pimpinan DPRD Polman Dilantik

Unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dilantik dalam rapat paripurna Paripurna Istimewa DPRD, Kamis.

Kenya Maksimalkan Langkah Hadapi Ebola

Kabinet Kenya pada Kamis (30/10) mengumumkan langkah terperinci sebagai bagian dari rencana tanggap darurat bagi kesiapan menghadapi Ebola guna memastikan negara di Afrika Timur itu terbebas dari penyakit tersebut.