Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Bukittinggi Tegur 38 Koperasi

surat teguran, rapat anggota tahunan

Posted on 04 Apr 2013. Hits : 255

Pemerintah Kota Bukittinggi akan memberi surat teguran kepada 38 koperasi setempat karena tak melakukan rapat anggota tahunan.

"Ke-38 koperasi yang akan diberi surat teguran itu sudah terdata," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Bukittinggi, Gustav didampingi Kepala Bidang Koperasi Yetti Murni, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 1992 setiap koperasi harus menggelar rapat anggota tahunan (RAT) minimal sekali dalam setahun.

"Paling lambat RAT dilakukan Maret 2013. Alasan 38 koperasi tidak melakukan RAT beragam salah satunya masalah pembukuan," kata dia.

Saat ini sebanyak 83 koperasi dari 101 koperasi yang ada di Bukittinggi tergolong koperasi aktif. Dari 83 koperasi aktif itu, hanya 45 koperasi yang telah melaksanakan RAT.

Menurut dia, kemungkinan 38 koperasi tidak melakukan RAT pada Maret tahun ini akan menggelar RAT pada Juni.

"Beberapa koperasi yang akan menggelar RAT pada Juni dipersilahkan. Lewat Juni koperasi tidak juga menggelar RAT terancam ditutup," kata dia.

Dari 101 koperasi, namun hanya 83 tergolong koperasi aktif. Sebanyak 18 koperasi tergolong tidak aktif, beberapa diataranya telah ada yang ditutup.

Keseluruhan koperasi di Bukittinggi bergerak di beberapa sektor seperti koperasi konsumen, koperasi simpan pinjam, koperasi produsen dan koperasi jasa.(ant/rd)

Asmindo Minta Pemerintah Proteksi Pengrajin Hadapi MEA

Asosiasi Industri Kerajinan dan Permebelan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta pemerintah memproteksi pengrajin lokal dalam menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Tangerang Selatan-BKD Banten Badan Publik Terbaik

Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten dinilai sebagai badan publik terbaik dan paling transparan di antara kota/kabupaten dan SKPD oleh Komisi Informasi Provinsi Banten.

Disdik Jambi Dukung Evaluasi Kurikulum 2013

Dinas Pendidikan Kota Jambi mendukung evaluasi Kurikulum 2013 sesuai wacana yang didengungkan oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), kata Kepala Disdik Kota Jambi, A Rifai, Selasa.

DIY Luncurkan Aplikasi Aksara Jawa Berbasis 'Mobile'

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan aplikasi belajar baca tulis dan permainan aksara jawa 'hanacaraka' berbasis 'mobile', Selasa.

Dewan Pendidikan : Tingkatkan Kesejahteraan Guru Terpencil

Pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan guru yang bertugas di daerah terpencil karena mereka selama ini selalu menghadapi tingkat kesulitan yang cukup tinggi.