Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

Bonita & The Hus Band Akan Hadir Lusa

Setelah menelurkan beberapa karya solo pada 2003, penyanyi Bonita menggaet Adoy, Bharata dan Jimmy Tobing untuk membentuk Bonita & The Hus Band.

Sampah Terus Melimpah, Jumlah Truk Sampah Harus Ditambah

Menurut catatan data truk sampah di DKI Jakarta dari data.

7 Film Pendek Asli Indonesia Pemenang Penghargaan Dunia Akan Diputar Gratis

Ingin menikmati film-film asli karya sineas Indonesia yang diputar di berbagai festival dunia? Hadiri Arthouse Cinema pada tanggal 26 Mei jam 19:00 di Goethe-Institut, Jl.

CSR Agar Digarap Lebih Produktif

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tampak berbincang bersama Sukowati Sosrojoyo dari Reso Group.

Ahok Salami Para PKL Lenggang Jakarta

Setelah memberikan pidato sambutan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyempatkan diri menyapa dan beramah tamah dengan sejumlah pedagang kaki lima yang menempati kios di Lenggang Jakarta, Monas, sore hari tadi.