Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

Rio Haryanto Start Ke-19 Di Belgia

Pebalap nasional Rio Haryanto menempati start pada posisi ke-19 pada race pertama atau 'feature race' seri kedelapan lomba balap mobil GP2 Series di Rio Haryanto, Sabtu waktu setempat.

RAPP Investasi Teknologi Pengatur Air Gambut Otomatis

Perusahaan industri kehutanan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memperbarui manajemen ketinggian air di lahan gambut dengan sistem pintu air otomatis.

Gubernur Kalteng Janji Bantu Wartawan

Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang berjanji akan mendukung dan siap membantu upaya peningkatan kualitas dan profesionalisme wartawan di daerahnya.

Pemkab Badung Larang Pungutan Sosialisasi Kurikulum 2013

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melarang adanya praktik pungutan liar kepada siswa atau orang tua siswa untuk sosialisasi kurikulum 2013.

Gerakan Jumat Bersih Cegah Penyebaran DBD

Gerakan Jumat Bersih yang dicanangkan Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya dapat mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue di daerah itu.