Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

Bawakan 20 Lagu, KD Tetap Tampil Prima

Diva Indonesia, Krisdayanti memang pantas untuk diacungi jempol sebagai penyanyi Indonesia dengan kualitas suara yang sulit ditandingi.

Konversi Gas Di Seruyan Dimulai 2015

Pelaksanaan program konversi minyak tanah ke gas di Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah baru dapat dimulai pada 2015.

Thailand Pasar Potensial Aneka Kerajinan Bali

Perajin Bali ikut memanfaatkan destinasi objek wisata Thailand sebagai pasar ekspor aneka barang kerajinan yang bernilai seni untuk masyarakat internasional yang menikmati liburan ke negeri tersebut.

UKM Artala Darmajaya Camping Ceria Anak Krakatau

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencinta Alam Artala Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya Bandarlampung menyelenggarakan camping ceria ke Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

BPBD : Banjir Rendam 200 Rumah Solok Selatan

Sekitar 200 rumah di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat terendam banjir luapan Sungai Batang Suliti pada Minggu dini hari dengan ketinggian mencapai 1,5 meter.