Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

Heri Akhmadi : RUU Pilkada Bisa Akomodasi Papua

Anggota Komisi I DPR RI Heri Akhmadi menegaskan bahwa RUU Pilkada itu sangat mungkin akan bisa mengakomodasi daerah-daerah yang belum siap dengan pilkada langsung, seperti Papua.

Padang Berhasil Tingkatkan Produksi Padi 10,01 Persen

Pemerintah Kota Padang berhasil meningkatkan produksi padi sebesar 10,01 persen pada 2013 dibandingkan 2012 sehingga mendapat penghargaan Ketahanan Pangan dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Asosiasi : Pengembangan Gas Bumi Butuh Kebijakan Terintegrasi

Asosiasi Gas Indonesia mengemukakan untuk mengembangkan gas bumi nasional, pemerintah harus mempunyai perencanaan kebijakan yang terintegrasi dari hulu sampai hilir sehingga pemanfaatan sumber daya tersebut akan lebih optimal.

BRI Akan Realisasikan Kapal Teras Dorong Layanan

Perseroan Terbatas Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan merealisasikan satu unit Kapal Teras pada tahun ini untuk mendorong layanan di pulau-pulau kecil Indonesia.

Pengembangan Wilayah Memerlukan Pemimpin Dinamis

Pengembangan wilayah memerlukan pemimpin yang mampu menggerakkan dinamika pembangunan menuju cita-cita mulia, kata Guru Besar Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Baiquni.