Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

Menag Harapkan Masyarakat Pastikan Travel Umrohnya Resmi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan masyarakat untuk memastikan biro perjalanan umrohnya merupakan agen resmi yang terdaftar di Kementerian Agama.

PNS DKI Ditargetkan Terdaftar BPJS 1 April

Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ditargetkan telah terdaftar dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan pada 1 April 2015.

Palangka Raya Terus Gali Pajak Iklan

Pemerintah Kota Palangka Raya terus berupaya menggali pajak iklan dan retribusi daerah melalui penertiban baliho maupun reklame yang tidak memiliki izin atau bersifat ilegal.

Warga Lereng Merapi Dapat Sertifikat Konsolidasi Tanah

Sebanyak 300 warga Desa Kepuh Harjo Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta mendapatkan sertifikat konsolidasi tanah pascaerupsi Gunung Merapi pada 2010 lalu.

Wapres Harap 16 WNI Segera Ditemukan

Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap 16 warga Negara Indonesia yang dikabarkan hilang di Turki, dapat segera ditemukan dan kembali kepada keluarganya.