Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

PNS Terlibat Narkoba Ditindak Tegas

Pemerintah Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, akan menindak tegas pegawai negeri sipil terbukti terlibat narkoba karena merusak citra sebagai pelayan masyarakat.

Puan Maharani : Keluarga Saya Selalu Minum Jamu

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan keluarganya selalu rutin mengonsumsi jamu bahkan hampir setiap hari.

Indonesia-Malaysia Absen Beri Bantuan Untuk Suriah

Indonesia dan Malaysia pada tahun ini absen dalam memberi bantuan kemanusiaan untuk Suriah sebagaimana dinyatakan kedua pemerintah pada Konferensi Internasional III untuk Bantuan Kemanusiaan Suriah, di Istana Bayan, Kuwait.

Tim Polda Investigasi Aksi Kekerasan Brimob

Tim khusus dari Polda Maluku telah diturunkan ke Morekau, Kabupaten Seram Bagian Barat guna mengusut aksi penyerangan dan penganiayaan yang dilakukan sejumlah anggota Brimob Kompi C Detasemen II Brimob Seram Barat terhadap warga setempat.

Disbudpar Apresiasi Pusat Perbelanjaan Galakkan Rebo Nyunda

Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat mengapresiasi pusat perbelanjaan yang ikut menyelenggarakan program 'Rebo Nyunda' seperti yang dilakukan oleh Jogja Juction Jalan Sudirman.