Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

Media Tiongkok: Filipina Terlalu Penurut Pada Amerika Serikat

Filipina tidak lebih dari negara "kecil lucu dan penurut" pada Amerika Serikat, kata tabloid Tiongkok, yang dekat dengan Partai Komunis pada Selasa atau sehari setelah Manila menggelar pelatihan militer bersama Washington.

Mukomuko Minta Warga Laporkan Penambang Emas Ilegal

Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta warga setempat melaporkan bila masih melihat aktivitas penambangan emas ilegal di daerah itu.

DPRD Bekasi Ingatkan PDAM Bhagasasi Tingkatkan Kinerja

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi Jejen Sayuti mengingatkan jajaran direksi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi untuk memperbaiki kinerja.

Wagub : Angka Kecelakaan Di NTB Tinggi

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muhammad Amin menyebutkan jumlah angka kecelakaan lalu lintas di daerah ini tergolong tinggi hingga mencapai 600 kasus.

Patok Batas Hutan Bangka Barat Banyak Hilang

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyatakan patok batas kawasan hutan di daerah itu banyak yang hilang seiring perkembangan jumlah penduduk di daerah yang berada di ujung barat Pulau Bangka tersebut.