Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Solok Ajak Warga Taruang-Taruang Tanam Kakao

sumatera barat, kakao, taruang, sawah, karet, markisa

Posted on 08 Nov 2012. Hits : 205

Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat mengajak warga nagari atau desa adat Taruang-taruang, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi mengembangkan tanaman kakao dan ternak kambing untuk meningkatkan kesejahteraan petani daerah itu.

"Kedua peluang ini sangat baik dikembangkan dan terbukti efektif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, apalagi nagari Taruang-taruang sangat potensial untuk kedua objek tersebut," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Solok, Taufik Effendi di Arosuka, Rabu.

Menurut dia, Nagari Taruang-taruang merupakan salah satu dari 18 nagari yang masih tergolong terisolir di kabupaten penghasil buah markisa tersebut.

Dia menjelaskan, dengan kondisi daerah yang kini masih terisolir dan memiliki potensi yang cukup bagus, sangat tepat untuk membebaskan nagari tersebut dari sektor kemiskinan.

"Kita yakin dengan mengoptimalkan perkebunan kakao masyarakat bisa menggenjot perekonomiannya, begitu juga dengan berternak," ujarnya.

Dia menyebutkan, nagari yang berpenduduk sekitar 2.351 jiwa tersebut pada umumnya hidup di bawah garis kemiskinan. Di antara faktornya daerah yang masih terisolir dan mata pencaharian penduduk hanya bertani sawah dan kebun yang belum efektif.

"Jika semua potensi ini digarap dengan baik, dan terkelola secara profesional diyakini akan berdampak baik terhadap ekonomi masyarakat," katanya.

Dia menyebutkan, saat ini luas areal sawah di nagari tersebut mencapai 438 hektare, terdiri atas 175 hektare sawah beririgasi, dan 236 hektare sawah tadah hujan.

Sedangkan yang dimanfaatkan untuk perkebunan tradisional seluas 1.100 hektare, dari luas perkebunan tersebut secara terpola dengan komoditi unggulan kakao dan karet baru sekitar 200 hektare.

"Dengan melihat gambaran ini masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan perkebunan kakao," ujarnya.(ant/ev)

Kopdit Swastisari Pinjamkan Rp150 Miliar Untuk Anggota

Koperasi Kredit (Kopdit) Swasti Sari Kupang, Nusa Tenggara Timur, selama tahun buku 2014 meminjamkan uang Rp150 miliar lebih kepada 7.

Disperindag Gelar OP Antisipasi Bakso Oplosan

Aparat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, berencana mengelar operasi pasar sebagai antisipasi penjualan bakso oplosan di pasar tradisional.

Jasa Raharja Kerjasama Dengan 26 Rumah Sakit

PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau, bekerjasama dengan 26 rumah sakit di daerah itu memberikan pelayanan kesehatan pada tingkat rujukan dengan program pembayaran asuransi sebesar Rp10 juta untuk korban kecelakaan lalu lintas.

Bupati : Daftar Tunggu Haji Mukomuko 1.400 Orang

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus menyebutkan bahwa jumlah warga setempat yang masuk dalam daftar tunggu haji asal daerah itu mencapai 1.

Nelayan Harapkan Pemerintah Bangun Dermaga Perikanan

Kelompok Nelayan Mina Asih, Sanur Kaja, Denpasar Bali mengharapkan pemerintah membantu nelayan dengan membangun dermaga perikanan di Pantai Matahari Terbit yang posisinya bersebelahan langsung dengan Pantai Sanur.