Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

DAU Maluku Utara 2015 Capai Rp5,6 Triliun

Provinsi Maluku Utara (Malut) mendapatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2015 sebesar Rp5,6 triliun.

Pemerintah Dituding Acuh Terhadap Kelestarian Bekantan

Sejumlah pecinta dan pengamat lingkungan menuding pemerintah, baik pusat maupun daerah di Provinsi Kalimantan Selatan acuh terhadap kelestarian bekantan.

Calon Ketua PDI Perjuangan Medan Jalani Tes

Lima calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Medan mengikuti sejumlah tes untuk mengetahui kualitas dan kemampuannya.

Gelandang Australia Luongo Pemain Terbaik Piala Asia

Massimo Luongo dinobatkan menjadi pemain terbaik dalam Piala Asia 2015 setelah ia menciptakan gol pembuka untuk Australia dalam pertandingan final melawan Korea Selatan di Stadion Olimpiade Sydney, Sabtu.

Akademisi : Pemerintah Agar Perhatikan Penerima Raskin

Kalangan akademisi menyatakan pemerintah perlu memperhatikan keluhan warga penerima beras untuk rakyat miskin (raskin) sebelum mengubah program tersebut.