Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Anggaran Perluasan Apron Hang Nadim Rp110 Miliar

Badan Pengusahaan (BP) Batam menganggarkan Rp110 miliar uuntuk memperluas apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk menambah kapasitas pesawat.

2006 Atlet Ikuti Porkab Kulon Progo 2014

Sebanyak 2006 atlet di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti Pekan Olahraga Kabupaten III Kulon Progo 2014 yang memperebutkan 545 medali emas.

Demokrat Gandeng PAN

Partai Demokrat Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengandeng Partai Amanat Nasional untuk "berkoalisi" di DPRD dalam rangka mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

DK PBB Diusulkan Bahas Serangan Teror

Rusia mengajukan usulan untuk memulai pembahasan masalah kompleks memerangi terorisme di Timur Tengah dan Afrika Utara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di sela-sela konferensi internasional mengenai Irak, Senin.

Pengawasan Penjualan Sapi Kurban Diperketat

Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Biak Numfor, Papua, memperketat pengawasan penjualan hewan untuk kurban berupa sapi dan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1435 Hijriyah.