Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Dishubkominfo Mukomuko Tarik Mobil Bantuan Salah Sasaran

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu berjanji akan menarik mobil dinas bantuan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal yang tidak tepat sasaran di daerah itu.

Dinas Bojonegoro Bangun 55 Embung Rp10 Miliar

Dinas Pengairan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur akan membangun 55 embung dengan menggunakan dana APBD 2015 senilai Rp10 miliar untuk persediaan air di musim kemarau.

KPPTSP Bangka Tengah Terapkan Pelayanan Perizinan Elektronik

Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPPTSP) Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung menerapkan sistem pelayanan informasi perizinan dan investasi secara elektronik atau SPIPISE yang terkoneksi langsung dengan BKPM RI.

IMF Tunda Pinjaman Untuk Yaman Karena 'Ketidakpastian' Krisis

Dana Moneter Internasional (IMF) pada Kamis mengatakan, pihaknya telah menunda pinjaman untuk Yaman tanpa batas, mengutip 'sejumlah ketidakpastian' yang berasal dari meningkatnya kerusuhan di negeri ini.

Menko Maritim Bakal Hadiri Kongres Ekonomi Biru

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo bakal menghadiri Kongres Dunia ke-9 tentang Ekonomi Biru dan dijadwalkan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, 13-15 April 2015.