Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Calon Haji Biak Berangkat Kloter Sembilan

Sebanyak 18 calon haji asal Kabupaten Biak Numfor, Papua akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah, Saudi Arabia dengan kelompok terbang (Kloter) sembilan embarkasi haji Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

DTKP Semarang : Pemakaman 'Overload' Empat Tahun Mendatang

Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang memprediksi lahan tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di wilayah itu akan 'overload' pada empat tahun mendatang.

PDAM : Sungai Martapura Mengalami Keasinan Tinggi

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyatakan kondisi air sungai Martapura saat ini mengalami keasinan yang sangat tinggi, hingga tidak dapat diproduksi menjadi air siap kosumsi.

Bawasalu Proses Gugatan Sengketa Pilkada Gusti Iskandar

Kepala Badan Pengawas Pemilu Kalimantan Selatan Mahyuni mengatakan, pihaknya siap memproses gugatan sengketa Pilkada yang diajukan tim hukum pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan Gusti Iskandar dan Karyono Ibnu Ahmad.

Ekonomi Terpuruk Picu Jual Beli Suara

Terpuruknya ekonomi Indonesia selama hampir setahun terakhir ini berdampak pada semua sektor tidak terkecuali pada pemilihan kepala daerah yang mendorong warga untuk terlibat langsung dalam praktik politik uang (money politics).