Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Putri Indonesia Berharap 'JFC' Didik Anak Se-Indonesia

Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri berharap Dynand Fariz bersama 'Jember Fashion Carnaval' (JFC) mendidik anak-anak seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi untuk mengajarkan kreatifitas membuat kostum dan karnaval.

Korem 161/Wirasakti Gelar Seminar Kebangsaan

Korem 161/Wirasakti Kupang, Nusa Tenggara Timur menggelar Seminar Kebangsaan yang bertujuan untuk memperingati 70 Tahun Kemerdekaan Indonesia di Kupang, Senin.

Projo Jateng Dukung Budi Arie Kepala KSP

Jajaran pengurus dan simpatisan DPD Projo Jawa Tengah mendukung Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi menjadi Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) karena dia dinilai setia terhadap Tri Sakti dan Nawacita, program kerja Presiden Jokowi.

Karnaval Pesona Sriwijaya Sambut Kedatangan 'Kapsul Waktu'

Karnaval Pesona Sriwijaya akan menyambut kedatangan "kapsul waktu" yang melambangkan gerakan nasional ayo kerja 70 tahun Indonesia merdeka.

Suryadharma Ali Siap Jalani Sidang Perdana

Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku siap menjalani sidang perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelenggaraan haji di Kementerian Agama periode 2012-2013 dan 2010-2011.