Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Limbah Biogas Disulap Jadi 'Paprika Manjur'

Limbah biogas yang melimpah dan selama ini dibuang percuma disulap menjadi produk dengan nilai ekonomis tinggi, yakni "Paprika Manjur" oleh empat mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP-UB) Malang, Jawa Timur.

DPR : Anwar Figur Pemimpin Kebanggaan Indonesia Timur

Rombongan Komisi VIII DPR RI menyampaikan, sosok Gubernur Sulawesi Barat, H.

Monumen Bambu Runcing, Simbol Kenekatan Arek Suroboyo Melawan Penjajah

Perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda tidak terlepas dari keberadaan bambu runcing sebagai senjata.

Ahli : Gedung Walkot Bekasi Tidak Rusak Parah

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan meterial bangunan Gedung Wali Kota Bekasi yang terbakar (24/4) tidak mengalami kerusakan parah.

HPI Ikut Promosikan Warsa Sebagai Wisata Selancar

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Biak Numfor, Papua, ikut mempromosikan potensi objek wisata perairan Kampung Aman di Distrik Warsa sebagai tempat berselancar dan jetski.