Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 233

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Dishub : Tidak Ada Lonjakan Penumpang H-3 Lebaran

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua mencatat tidak ada lonjakan signifikan jumlah penumpang baik angkutan laut maupun udara di Jayapura pada H-3 Idul Fitri 1435 Hijriah.

Tarif Bus Jember Angkutan Naik 30 Persen

Tarif bus angkutan Lebaran di Kabupaten Jember, Jawa Timur, naik sebesar 30 persen selama masa angkutan Lebaran sejak H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran atau 21 Juli hingga 5 Agustus 2014.

Akbar Tandjung : Prabowo-Hatta Akan Hadiri Persidangan MK

Anggota penasehat Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Akbar Tandjung mengatakan Prabowo dan Hatta akan menghadiri salah satu persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyampaikan pendapatnya.

Pemberian Remisi Harus Adil

Remisi bagi narapidana menjelang hari raya Idul Fitri harus diberikan berdasarkan penilaian yang objektif tanpa membeda-bedakan jenis kasusnya, kata pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia Mudzakkir.

Stok Kacang Tanah Di Babel 43 Ton

Stok kacang tanah di gudang distributor di Provinsi Bangka Belitung tercatat sebanyak 43 ton atau mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah.