Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

DPRD Pamekasan Tolak Usulan Pencabutan TAP MPRS

DPRD Pamekasan, Jawa Timur, menegaskan menolak usulan sebagian kelompok masyarakat yang hendak mencabut TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran PKI, karena dinilai bisa merusak keutuhan bangsa ini dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

SKK Migas: Bisnis Minyak Mentah Sedang Lesu

Bisnis minyak mentah di Indonesia saat ini sedang lesu setelah harga jatuh ke titik terendah yakni di kisaran 40 dolar---50 dolar AS per barel, kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Tirat Sambu Ichtijar.

Santai Menikmati Sarapan,Makan Siang dan Makan Malam Anda di Zupan

Zupan memiliki toko roti, kopi, juga menyajikan menu hidangan siap saji untuk sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam anda sambil menikmati suasana santai nyaman.

Anggota Wantimpres : Menteri Menghina Presiden Harus Diganti

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (wantimpres) Suharso Monoarfa mengatakan, jika benar ada menteri Kabinet Kerja yang menghina Presiden Jokowi, maka sebaiknya menteri itu diganti saja.

Data Sementara Penumpang Hercules Tujuan Natuna

Posko Informasi Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mengumumkan data sementara penumpang tujuan Ranai yang tercatat dalam manifest pesawat Hercules yang pada Selasa jatuh di Medan, Sumatera Utara.