Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Mursidah Terpilih Sebagai Waket I DPRD Tabalong

Sidang paripurna DPRD Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menetapkan Mursidah dari Partai Amanat Nasional sebagai Wakil Ketua I DPRD setempat.

Bupati : Solok Selatan Butuh Bangunan Penahan Longsor

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, di daerah itu perlu didirikan bangunan penahan longsor baik dalam jangka waktu singkat maupun panjang.

Calon Bupati OKU Percha Silaturahim Dengan Warga

Bakal calon bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Hj Percha Leanpuri mengadakan pertemuan dengan warga Desa Lematang, Kikim, Kisam,Pasemah, Lintang dan Desa Semende di Baturaja, Jumat.

Rohul Miliki Sekolah Pilot Pertama Di Sumatera

Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, tidak lama lagi memiliki sekolah pilot pertama di Pulau Sumatera yang berlokasi di Bandara Tuanku Tambusai.

Tiga Wakil Indonesia Maju Ke Semifinal

Sebanyak tiga wakil Indonesia melangkah ke babak semifinal kejuaraan bulu tangkis Macau Open Grand Prix Gold 2014 setelah pada babak perempat final menyingkirkan lawan-lawannya.