Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Bojonegoro Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna

lomba teknologi tepat guna, karya siswa smk, pemkab bojonegoro

Posted on 26 Aug 2013. Hits : 268

Pemkab Bojonegoro, Jatim, Senin, menggelar lomba teknologi tepat guna (TTG) yang diikuti 33 unit produk TTG berbagai bidang karya siswa SMK baik negeri maupun swasta di daerah setempat.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Pemkab Bojonegoro Ali Machmudi, mengatakan, lomba TTG bagi siswa SMK ini sebagai usaha memotivasi para pelajar agar bisa menghasilkan karya TTG yang sederhana, murah dan ramah lingkungan.

Ia menjelaskan pihaknya mengundang 42 lembaga SMK negeri dan swasta di daerahnya untuk mengikuti lomba TTG yang kedua kalinya setelah lomba TTG pertama digelar 2011 lalu.

Namun, kata Ali yang didampingi Kepala Bidang TTG BPMPD Djamari, belum semua lembaga SMK berani mengikuti lomba TTG dengan berbagai macam alasan. Meski demikian, dalam lomba kali ini ada beberapa SMK yang mengirimkan dua sampai tiga karya TTG.

"Setiap kaya unit TTG diwakili dua siswa dan satu guru pembimbing," katanya.

Sesuai persyaratan, lanjut Djmari, karya TTG yang diikutkan lomba biaya pembuatannya dibatasi maksimal Rp5 juta karena menyesuaikan dengan konsep TTG. Sebanyak 33 unit karya TTG peserta lomba beragam, di antarnaya beruapa alat pertanian, peternakan, ekonomi juga yang lainnya.

Dengan demikian, menurut dia, peserta lomba TTG ini tidak ada yang mengeluarkan karya berupa kendaraan bermotor roda empat atau dua.

"Pememang TTG 2011 berupa alat "matun" atau untuk menyiangi rumput yang tumbuh di antara tanaman padi produk siswa SMK Gama Kedungadem," tuturnya.

Sementara itu, dari data yang ada, produk TTG yang ikut lomba, di antaranya, berupa alat pemecah sampah, alat penyemprot tikus atau"emposan", peringatan dini banjir, juga yang lainnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan lomba TTG kali dinilai dua guru besar dari ITS yaitu Prof. Supriyanto dan Prof. Suharmadi, ditambah juri dari tokoh masyarakat yang dikenal sebagai motivator Ir. Sutikno.

"Sesuai agenda karya pemenang lomba TTG akan mewakil lomba serupa di tingkat provinsi Juni 2014. Kalau berhasil keluar sebagai juara akan diikutkan dalam pameran TTG secara nasional di Padang, Sumatera Barat 26 September 2014," jelasnya. (ant/ed)

Nelayan Pengastulan Butuh Jaminan Kesehatan

Sebagian besar nelayan di Desa Pengastulan, Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali, membutuhkan kartu jaminan kesehatan, mengingat mereka belum mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan 'Getas Bakar' Disabilitas

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom), menciptakan alat peringatan kebakaran bagi para penyandang disabilitas, yakni berupa gelang untuk disabilitas sebagai alat kebakaran atau "Getas Bakar".

Hari Pertama 800 Orang Kunjungi Istana Open

Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor, Jawa Barat mencatat jumlah pengunjung di hari pertama Istana Open mencapai 800 orang dari total yang telah mendaftar sekitar 5.

Polisi Ringkus Dua Karyawan Salahgunakana Solar Bersubsidi

Kepolisian Resor Temanggung Jawa Tengah meringkus dua karyawan PT Barokah Agawe Makmur (BAM) Temanggung karena telah menyalahgunakan solar bersubsidi untuk keperluan pabrik kayu lapis tersebut.

Pemerintah Diminta Segera Realisasikan Bank Khusus Infrastruktur

Pemerintah diminta untuk segera merealisasikan pembangunan bank khusus sektor infrastruktur guna memperlancar pinjaman yang dikucurkan oleh pihak perbankan dalam rangka mendanai proyek infrastruktur di berbagai daerah.