Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Biak Salurkan Dana 'Respek' Papua

badan pemberdayaan masyarakat, menyalurkan dana bantuan, rencana strategis pembangunan kampung

Posted on 26 May 2013. Hits : 343

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan dana bantuan langsung masyarakat untuk program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Umar Saleh saat dihubungi di Biak, Minggu mengatakan besaran alokasi dana bantuan langsung Respek itu setiap kampung bervariasi, yakni sekitar Rp105 juta per kampung.

'Penyaluran dana Respek 2012 itu sudah tuntas dan untuk tahun 2013 pendistribusian anggaran Respek masih menunggu keputusan Gubernur Papua,' ujarnya.

Ia mengemukakan dana Respek setiap kampung akan dimanfaatkan untuk pembangunan instrastruktur dasar, seperti air bersih, perumahan, jalan, jembatan, serta jalan kampung.

Sedangkan bidang lain yang dimanfaatkan dana Respek Papua, lanjut Umar, yakni kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat serta program lain sesuai kebutuhan warga kampung setempat yang dikelola tim kegiatan kampung.

'Seratusan juta dana Respek Papua yang dikucurkan ke kampung sangat memberikan manfaat nyata buat masyarakat setempat,' ungkap Kepala BPMK Umar Saleh.

Menyinggung realisasi dana bantuan langsung PNPM Mandiri 2013, menurut Umar Saleh, hingga saat ini belum tersalurkan karena sedang menunggu penandatanganan dana pendamping Pemkab Biak Numfor.(ant/rd)

Korsel Bubarkan Partai Oposisi Kiri

Partai politik berhaluan kiri Korea Selatan dibubarkan Jumat dalam satu keputusan yang jarang terjadi oleh pengadilan konstitusi yang mengecammya sebagai kelompok pro-Korea Utara.

Hotel Rangkai Pohon Natal Gunakan Botol Bekas

Sejumlah hotel di kawasan wisata Kuta di Kabupaten Badung, Bali, mulai berhias pernak-pernik Hari Raya Natal salah satunya dengan menggunakan botol bekas untuk merangkai pohon natal.

Pasukan Kurdi Patahkan Kepungan Satu Daerah Gunung

Pasukan Kurdi Irak, Kamis mengakui telah mematahkan pengepungan satu daerah gunung di mana para warga sipil Yazidi dan petempur terperangkap, sementara Amerika Serikat mengatakan serangan udara telah membunuh beberapa pemimpin IS dalam pekan-pekan belakangan ini.

Eksekutif Siap Fasilitasi DPRD Periksa Aset Bermasalah

Kalangan eksekutif siap memfasilitasi anggota Panitia Khusus (Panus) Penghapusan Aset DPRD Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, untuk melakukan pemeriksaan langsung terhadap aset bermasalah yang diajukan untuk dihapus.

Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran Batam

Cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di perairan sekitar Provinsi Kepulauan Riau sejak Jumat sekitar pukul 06.