Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Biak Salurkan Dana 'Respek' Papua

badan pemberdayaan masyarakat, menyalurkan dana bantuan, rencana strategis pembangunan kampung

Posted on 26 May 2013. Hits : 343

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan dana bantuan langsung masyarakat untuk program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Umar Saleh saat dihubungi di Biak, Minggu mengatakan besaran alokasi dana bantuan langsung Respek itu setiap kampung bervariasi, yakni sekitar Rp105 juta per kampung.

'Penyaluran dana Respek 2012 itu sudah tuntas dan untuk tahun 2013 pendistribusian anggaran Respek masih menunggu keputusan Gubernur Papua,' ujarnya.

Ia mengemukakan dana Respek setiap kampung akan dimanfaatkan untuk pembangunan instrastruktur dasar, seperti air bersih, perumahan, jalan, jembatan, serta jalan kampung.

Sedangkan bidang lain yang dimanfaatkan dana Respek Papua, lanjut Umar, yakni kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat serta program lain sesuai kebutuhan warga kampung setempat yang dikelola tim kegiatan kampung.

'Seratusan juta dana Respek Papua yang dikucurkan ke kampung sangat memberikan manfaat nyata buat masyarakat setempat,' ungkap Kepala BPMK Umar Saleh.

Menyinggung realisasi dana bantuan langsung PNPM Mandiri 2013, menurut Umar Saleh, hingga saat ini belum tersalurkan karena sedang menunggu penandatanganan dana pendamping Pemkab Biak Numfor.(ant/rd)

Linda: Optimalkan Kesetaraan Gender Dalam Pekerjaan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar meminta semua pihak terkait untuk mengoptimalkan kesetaraan gender dalam pekerjaan.

Pakar: Masyarakat Harus Pahami Tingginya Harga Minyak

Masyarakat harus memahami tingginya harga minyak mentah di pasar internasional yang dapat memicu membengkaknya subsidi pada tahun berikutnya, kata pakar energi dari Universitas Gadjah Mada Deendarlianto.

Pemkab Diminta Selektif Salurkan Dana Penyertaan Modal

Sejumlah kalangan meminta Pemkab Cianjur, Jabar, lebih selektif dalam menyalurkan penyertaan modal dari APBD untuk sejumlah perusahaan milik daerah.

Polresta Medan Gagalkan Pengiriman Ganja

Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Medan menggagalkan pengiriman narkoba jenis ganja di kawasan Medan-Binjai, dan meringkus enam orang tersangka kurir.

SBSI Sesalkan Kecelakaan Kerja Bandar Abadi

Serikat Buruh Sejahtera Indonesia menyesalkan kecelakan kerja yang terjadi di Perusahaan Galangan Kapal Bandar Abadi yang mengakibatkan sedikitnya tiga orang pekerja meninggal dunia, Jumat.