Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Biak Salurkan Dana 'Respek' Papua

badan pemberdayaan masyarakat, menyalurkan dana bantuan, rencana strategis pembangunan kampung

Posted on 26 May 2013. Hits : 343

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan dana bantuan langsung masyarakat untuk program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Umar Saleh saat dihubungi di Biak, Minggu mengatakan besaran alokasi dana bantuan langsung Respek itu setiap kampung bervariasi, yakni sekitar Rp105 juta per kampung.

'Penyaluran dana Respek 2012 itu sudah tuntas dan untuk tahun 2013 pendistribusian anggaran Respek masih menunggu keputusan Gubernur Papua,' ujarnya.

Ia mengemukakan dana Respek setiap kampung akan dimanfaatkan untuk pembangunan instrastruktur dasar, seperti air bersih, perumahan, jalan, jembatan, serta jalan kampung.

Sedangkan bidang lain yang dimanfaatkan dana Respek Papua, lanjut Umar, yakni kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat serta program lain sesuai kebutuhan warga kampung setempat yang dikelola tim kegiatan kampung.

'Seratusan juta dana Respek Papua yang dikucurkan ke kampung sangat memberikan manfaat nyata buat masyarakat setempat,' ungkap Kepala BPMK Umar Saleh.

Menyinggung realisasi dana bantuan langsung PNPM Mandiri 2013, menurut Umar Saleh, hingga saat ini belum tersalurkan karena sedang menunggu penandatanganan dana pendamping Pemkab Biak Numfor.(ant/rd)

Referendum Katalunya Ditangguhkan

Mahkamah Konstitusi Spanyol Senin menunda referendum kemerdekaan yang diajukan Katalunya untuk digelar pada 9 November, meskipun pemimpin kawasan kaya di timurlaut itu bertekad untuk tetap melakukan persiapan bagi pemungutan suara.

Menteng Central, Tempat Bersantai Tengah Kota

Menteng Central merupakan pusat perbelanjaan di tengah kota yang menjadi tujuan belanja warga ibukota di sekitarnya.

Helikopter Hilang Thailand Ditemukan di Myanmar

Satu helikopter Thailand, yang memasok makanan dan sejak Sabtu hilang saat mencari dua pendaki gunung Myanmar, yang hilang, ternyata jatuh di bagian utara negara bagian Kachin, Myanmar, kata sumber Yayasan Htoo, Selasa.

Permintaan Hewan Kurban Meningkat

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memperkirakan permintaan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1435 H/2014 meningkat sebesar 5 persen dari tahun sebelumnya.

Lomba Cipta Menu B2SA Digelar di Waykanan

Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, melalui Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan setempat menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Kampung Sidoarjo, Kecamatan Blambanganumpu.