Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Biak Salurkan Dana 'Respek' Papua

badan pemberdayaan masyarakat, menyalurkan dana bantuan, rencana strategis pembangunan kampung

Posted on 26 May 2013. Hits : 343

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan dana bantuan langsung masyarakat untuk program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Umar Saleh saat dihubungi di Biak, Minggu mengatakan besaran alokasi dana bantuan langsung Respek itu setiap kampung bervariasi, yakni sekitar Rp105 juta per kampung.

'Penyaluran dana Respek 2012 itu sudah tuntas dan untuk tahun 2013 pendistribusian anggaran Respek masih menunggu keputusan Gubernur Papua,' ujarnya.

Ia mengemukakan dana Respek setiap kampung akan dimanfaatkan untuk pembangunan instrastruktur dasar, seperti air bersih, perumahan, jalan, jembatan, serta jalan kampung.

Sedangkan bidang lain yang dimanfaatkan dana Respek Papua, lanjut Umar, yakni kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat serta program lain sesuai kebutuhan warga kampung setempat yang dikelola tim kegiatan kampung.

'Seratusan juta dana Respek Papua yang dikucurkan ke kampung sangat memberikan manfaat nyata buat masyarakat setempat,' ungkap Kepala BPMK Umar Saleh.

Menyinggung realisasi dana bantuan langsung PNPM Mandiri 2013, menurut Umar Saleh, hingga saat ini belum tersalurkan karena sedang menunggu penandatanganan dana pendamping Pemkab Biak Numfor.(ant/rd)

BPS: Pengguna Angkutan Udara Turun 4,31 Persen

Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa jumlah penumpang angkutan udara domestik yang diberangkatkan pada Juni 2015 sebanyak 5,7 juta orang atau mengalami penurunan sebesar 4,31 persen dibanding Mei 2015 yang mencapai 5,9 juta orang.

Golkar Kubu Agung Laksono Merapat ke PDIP

DPD Partai Golkar Surakarta kubu Agung Laksono segera merapat ke PDI Perjuangan yang mengusung pasangan calon FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, setelah partai Hanura dan Nasdem bergabung untuk memenangkan pasangan tersebut pada pilkada setempat tahun ini.

Channing Tatum Akhirnya Berperan Sebagai Super Hero Marvel, 'Gambit'

Setelah melewati berbagai rumor bahwa Channing Tatum akan membatalkan kontraknya sebagai 'Gambit', pada hari Sabtu (1/8) kemarin, dirinya telah menandatangan kontrak untuk berperan sebagai salah satu super hero asal X-Men tersebut.

Sebagian Petani Lebak Panen Padi

Sebagian petani Kabupaten Lebak, Banten, memasuki musim panen padi dari tanam Mei-Juni 2015 di daerah itu.

Keamanan Objek Wisata Laut Masih Minim

Petugas dari Badan Penyelamat Wisata Tirta Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyebutkan tingginya angka kecelakaan laut di libur lebaran lalu salah satunya disebabkan minimnya sarana keamanan di objek wisata laut.