Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Biak Salurkan Dana 'Respek' Papua

badan pemberdayaan masyarakat, menyalurkan dana bantuan, rencana strategis pembangunan kampung

Posted on 26 May 2013. Hits : 343

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan dana bantuan langsung masyarakat untuk program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Umar Saleh saat dihubungi di Biak, Minggu mengatakan besaran alokasi dana bantuan langsung Respek itu setiap kampung bervariasi, yakni sekitar Rp105 juta per kampung.

'Penyaluran dana Respek 2012 itu sudah tuntas dan untuk tahun 2013 pendistribusian anggaran Respek masih menunggu keputusan Gubernur Papua,' ujarnya.

Ia mengemukakan dana Respek setiap kampung akan dimanfaatkan untuk pembangunan instrastruktur dasar, seperti air bersih, perumahan, jalan, jembatan, serta jalan kampung.

Sedangkan bidang lain yang dimanfaatkan dana Respek Papua, lanjut Umar, yakni kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat serta program lain sesuai kebutuhan warga kampung setempat yang dikelola tim kegiatan kampung.

'Seratusan juta dana Respek Papua yang dikucurkan ke kampung sangat memberikan manfaat nyata buat masyarakat setempat,' ungkap Kepala BPMK Umar Saleh.

Menyinggung realisasi dana bantuan langsung PNPM Mandiri 2013, menurut Umar Saleh, hingga saat ini belum tersalurkan karena sedang menunggu penandatanganan dana pendamping Pemkab Biak Numfor.(ant/rd)

Pengrajin Nusa Penida Pamerkan Kain Tenun Rangrang

Para pengrajin asal Nusa Penida Kabupaten Klungkung, sebuah pulau yang terpisah dari daratan pulau Bali memamerkan kerajinan kain tenun 'rangrang' pada Pesta Kesenian Bali ke-37 di Taman Budaya, Denpasar.

SKK Migas : Target Produksi Migas Tabalong Tercapai

Kepala Operasi Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Wilayah Kalimantan Sulawesi Roy Widiarta mengatakan, target produksi minyak mentah di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, sudah tercapai sebanyak 3.

Dewan Kesenian Lampung Siap Gelar Musda

Setelah sempat tertunda, Dewan Kesenian Lampung siap menggelar Musyawarah Daerah VII yang menurut Ketua Panitia Pelaksananya, Hari Jayaningrat, akan diselengggarakan di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, di Bandarlampung, Senin (6/7).

Musyawarah Dewan Kesenian Lampung Diprediksi Formatur Tunggal

Musyawarah Dewan Kesenian Lampung VII yang akan berlangsung di Balai Keratun Pemprov Lampung di Bandarlampung, Senin (6/7), diprediksi memilih Yustin Ficardo sebagai Ketua Umum sekaligus formatur tunggal untuk menetapkan pengurus di bawahnya.

Gubernur Sumbar Sahur Di Rumah Warga Kuranji

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan singgah sahur di rumah salah seorang warga di Tampat Durian, Kelurahan Korong Gadang, Kuranji, Kota Padang pada Minggu dini hari.