Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Biak Salurkan Dana 'Respek' Papua

badan pemberdayaan masyarakat, menyalurkan dana bantuan, rencana strategis pembangunan kampung

Posted on 26 May 2013. Hits : 333

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan dana bantuan langsung masyarakat untuk program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Umar Saleh saat dihubungi di Biak, Minggu mengatakan besaran alokasi dana bantuan langsung Respek itu setiap kampung bervariasi, yakni sekitar Rp105 juta per kampung.

'Penyaluran dana Respek 2012 itu sudah tuntas dan untuk tahun 2013 pendistribusian anggaran Respek masih menunggu keputusan Gubernur Papua,' ujarnya.

Ia mengemukakan dana Respek setiap kampung akan dimanfaatkan untuk pembangunan instrastruktur dasar, seperti air bersih, perumahan, jalan, jembatan, serta jalan kampung.

Sedangkan bidang lain yang dimanfaatkan dana Respek Papua, lanjut Umar, yakni kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat serta program lain sesuai kebutuhan warga kampung setempat yang dikelola tim kegiatan kampung.

'Seratusan juta dana Respek Papua yang dikucurkan ke kampung sangat memberikan manfaat nyata buat masyarakat setempat,' ungkap Kepala BPMK Umar Saleh.

Menyinggung realisasi dana bantuan langsung PNPM Mandiri 2013, menurut Umar Saleh, hingga saat ini belum tersalurkan karena sedang menunggu penandatanganan dana pendamping Pemkab Biak Numfor.(ant/rd)

Pemudik Masih Padati Pantura Kalbar

Jalur Pantai Utara Provinsi Kalimantan Barat masih dipadati pemudik yang ingin ke kampung halaman maupun bersilaturahmi ke kerabat.

Bj Habibie : Syukuri Demokrasi Merakyat

Presiden ke-3 RI Profesor Bacharuddin Jusuf Habibie mengatakan masyarakat patut mensyukuri sistem demokrasi merakyat yang telah berlangsung di Indonesia.

Dinkes Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Pencernaan

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta masyarakat setempat mewaspadai penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan saat merayakan hari raya Lebaran.

Warga Samarinda Melahirkan Saat Shalat Ied

Seorang warga Samarinda, Kalimantan Timur, melahirkan saat akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Islamic Centre.

Wali Kota Batam Ingatkan Warga Bekerja Keras

Wali Kota Batam Kepulauan Riau, Ahmad Dahlan mengingatkan seluruh warganya untuk terus bekerja keras dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di kota itu dan sesama kawasan industri di Asia Pasifik.