Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Biak Salurkan Dana 'Respek' Papua

badan pemberdayaan masyarakat, menyalurkan dana bantuan, rencana strategis pembangunan kampung

Posted on 26 May 2013. Hits : 343

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan dana bantuan langsung masyarakat untuk program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Umar Saleh saat dihubungi di Biak, Minggu mengatakan besaran alokasi dana bantuan langsung Respek itu setiap kampung bervariasi, yakni sekitar Rp105 juta per kampung.

'Penyaluran dana Respek 2012 itu sudah tuntas dan untuk tahun 2013 pendistribusian anggaran Respek masih menunggu keputusan Gubernur Papua,' ujarnya.

Ia mengemukakan dana Respek setiap kampung akan dimanfaatkan untuk pembangunan instrastruktur dasar, seperti air bersih, perumahan, jalan, jembatan, serta jalan kampung.

Sedangkan bidang lain yang dimanfaatkan dana Respek Papua, lanjut Umar, yakni kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat serta program lain sesuai kebutuhan warga kampung setempat yang dikelola tim kegiatan kampung.

'Seratusan juta dana Respek Papua yang dikucurkan ke kampung sangat memberikan manfaat nyata buat masyarakat setempat,' ungkap Kepala BPMK Umar Saleh.

Menyinggung realisasi dana bantuan langsung PNPM Mandiri 2013, menurut Umar Saleh, hingga saat ini belum tersalurkan karena sedang menunggu penandatanganan dana pendamping Pemkab Biak Numfor.(ant/rd)

LIPI Pelajari Keberhasilan Peran Akar Rumput India

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mempelajari dukungan dan penguatan peran masyarakat sebagai sumber inovasi yang berhasil dilakukan di akar rumput India.

Pemkot Bogor Tambah Lima Pengolahan Sampah 3R

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Jawa Barat, tahun ini berencana menambah lima tempat pengolahan sampah 3R ("reuse", "reduce", and "recycle") berbasis masyarakat.

DPR : Kenaikan Harga BBM Perlu Ditinjau Ulang

Komisi VII DPR RI meminta Menteri ESDM mempertimbangkan kembali kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM sebesar Rp500 pada 28 Maret 2015.

Perayaan Paskah Dimeriahkan Dengan Berburu Ribuan Telur

Perayaan Paskah di Jakarta untuk memperingati Hari Kebangkitan Yesus Kristus akan dimeriahkan dengan berburu ribuan telur di Mal Taman Anggrek pada 4-5 April 2015.

Menteri Pertanian Klarifikasi Terkait Kebijakan Impor Gula

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan klarifikasi terkait dengan kebijakan pemerintah melakukan impor gula guna memenuhi kebutuhan di dalam negeri.