Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Banjar Bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

banjar, forum kewaspadaan dini masyarakat, urusan keamanan

Posted on 20 Feb 2013. Hits : 347

Pemerintah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan.

FKDM dibentuk untuk membantu instrumen atau alat bantunegara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana alam dan bencana ulahmanusia, demikian rilis Humas Pemkab Banjar, Rabu.

Acara pembentukan FKDM bersamaan dengan talkshow atau dialog Permendagri No. 12 Tahun 2006 di Kecamatan Sungai Tabuk.

Saat itu dijelaskan AKP Irawan SH,dari Polres Banjar bila masyarakat menemukan potensi ancaman keamanan, ketentraman dan ketertiban maka cukup segera laporkan hal mencurigakan tersebut kepada aparat berwajib, tidak perlu berusaha sendiri mengatasi hal tersebut.

Dijelaskan pula pentingnya tindakan temu cepat lapor cepat, informasi menyangkut siapa, Apa, bilamana, dimana, bagaimana, dan mengapa.

Sementara Kepala Kesbangpol Banjar Syahda Mariadi M dalam sambutannya mengatakan, Kepada para peserta dapat lebih tanggap dan peka terhadap berbagai hal yang akandapat terjadi dilingkungan, tingkatkan kewaspadaan untuk terus mencermati situasi serta selalu berkoordinasi dengan insyansi terkait yang ada di tingkat kecamatan dan Kabupaten dalam upaya cegah dini dan lapor cepat.

Kemudian Camat M. Arsyad dalam sambutannya berpesan kepada warganya agar mampu menahan diri bila terjadi kesalahpahaman antar warga dan diharapkan peran FKDM yang telah dibentuk dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data dan informasiterkait potensi ancaman keamanan dan ketertiban.

Acara dihadiri Camat Sungai Tabuk M. Arsyad, unsur Muspika, seluruh pembakalan (kepala desa) se-Kecamatan Sungai Tabuk, tokoh pemuda, tokoh adat dan para tokoh masyarakat setempat ini, Kabid Ketahanan Ideologi dan Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Kab. Banjar Dra. Fathul Djennah, Kesbangpol PropinsiA. Ariffin, Sertu Jumarudin dari Kodim 1006 Martapura.(ant/rd)

Pameran IIMS 2014

Besarnya minat masyarakat untuk mengunjungi gelaran IIMS 2014 dan melihat langsung produk terbaru serta teknologi terkini yang ditawarkan para APM membuat area pameran selalu ramai.

NU Dukung Penutupan Lokalisasi

Nahdatul Ulama Provinsi Jambi mendukung penuh upaya Pemerintah Kota Jambi yang akan menutup dua lokalisasi, yakni Payosigadung atau yang dikenal dengan "pucuk" dan Langit Biru.

International Indonesian Motor Show 2014

Pameran otomotif terbesar di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, yang menghadirkan berbagai kendaraan dan teknologi terbaru berhasil menjadikannya sebagai tujuan wisata alternatif bagi keluarga.

Rencana Pemanggilan Paksa SKPD Tak Berdasar

Pengamat Kebijakan Publik Sachiroel Alim menyatakan rencana memasukkan aturan pemanggilan paksa kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ke dalam tata tertib DPRD Kota Surabaya tidak memiliki dasar hukum yang kuat.

Perdagangan Indonesia Didorong Perdagangan non-Migas

Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Piter Abdullah mengatakan kinerja neraca perdagangan didorong oleh surplus neraca perdagangan nonmigas yang meningkat dan melampaui defisit neraca perdagangan migas yang melebar.