Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Banjar Bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

banjar, forum kewaspadaan dini masyarakat, urusan keamanan

Posted on 20 Feb 2013. Hits : 347

Pemerintah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan.

FKDM dibentuk untuk membantu instrumen atau alat bantunegara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana alam dan bencana ulahmanusia, demikian rilis Humas Pemkab Banjar, Rabu.

Acara pembentukan FKDM bersamaan dengan talkshow atau dialog Permendagri No. 12 Tahun 2006 di Kecamatan Sungai Tabuk.

Saat itu dijelaskan AKP Irawan SH,dari Polres Banjar bila masyarakat menemukan potensi ancaman keamanan, ketentraman dan ketertiban maka cukup segera laporkan hal mencurigakan tersebut kepada aparat berwajib, tidak perlu berusaha sendiri mengatasi hal tersebut.

Dijelaskan pula pentingnya tindakan temu cepat lapor cepat, informasi menyangkut siapa, Apa, bilamana, dimana, bagaimana, dan mengapa.

Sementara Kepala Kesbangpol Banjar Syahda Mariadi M dalam sambutannya mengatakan, Kepada para peserta dapat lebih tanggap dan peka terhadap berbagai hal yang akandapat terjadi dilingkungan, tingkatkan kewaspadaan untuk terus mencermati situasi serta selalu berkoordinasi dengan insyansi terkait yang ada di tingkat kecamatan dan Kabupaten dalam upaya cegah dini dan lapor cepat.

Kemudian Camat M. Arsyad dalam sambutannya berpesan kepada warganya agar mampu menahan diri bila terjadi kesalahpahaman antar warga dan diharapkan peran FKDM yang telah dibentuk dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data dan informasiterkait potensi ancaman keamanan dan ketertiban.

Acara dihadiri Camat Sungai Tabuk M. Arsyad, unsur Muspika, seluruh pembakalan (kepala desa) se-Kecamatan Sungai Tabuk, tokoh pemuda, tokoh adat dan para tokoh masyarakat setempat ini, Kabid Ketahanan Ideologi dan Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Kab. Banjar Dra. Fathul Djennah, Kesbangpol PropinsiA. Ariffin, Sertu Jumarudin dari Kodim 1006 Martapura.(ant/rd)

Mencari Kembali Perasaan Waktu Muda

Kakek dan Nenek Nurdin yang suami istri sehari-harinya berwatak optimistis dan humoris, tawa riang gembira senantiasa membarengi mereka melewatkan separo hidupnya.

Dinkes: Polusi Asap Riau Dalam Status Berbahaya

Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan polusi asap kebakaran lahan dan hutan mencapai status bahaya pada Selasa, sehingga dinilai sangat membahayakan bagi manusia.

Semak Di Kawasan Kantor Pemprov Babel Terbakar

Semak belukar di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbakar, sehingga menimbulkan asap yang cukup tebal yang mengganggu suasana kerja pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan daerah setempat.

BPBD Simalungun Harapkan Anggaran Bencana Dari Pusat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Simalungun, Simalungun, mengupayakan adanya bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk penanggulangan bencana alam di daerah setempat sampai akhir 2015.

BPPT Lakukan TMC Di Dua Waduk PLTA

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan upaya teknologi modifikasi cuaca (TMC) guna menanggulangi berkurangnya debit air di Waduk Koto Panjang dan Waduk Singkarak yang merupakan sumber dari pembangkit listrik tenaga air.