Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Banjar Bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

banjar, forum kewaspadaan dini masyarakat, urusan keamanan

Posted on 20 Feb 2013. Hits : 347

Pemerintah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan.

FKDM dibentuk untuk membantu instrumen atau alat bantunegara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana alam dan bencana ulahmanusia, demikian rilis Humas Pemkab Banjar, Rabu.

Acara pembentukan FKDM bersamaan dengan talkshow atau dialog Permendagri No. 12 Tahun 2006 di Kecamatan Sungai Tabuk.

Saat itu dijelaskan AKP Irawan SH,dari Polres Banjar bila masyarakat menemukan potensi ancaman keamanan, ketentraman dan ketertiban maka cukup segera laporkan hal mencurigakan tersebut kepada aparat berwajib, tidak perlu berusaha sendiri mengatasi hal tersebut.

Dijelaskan pula pentingnya tindakan temu cepat lapor cepat, informasi menyangkut siapa, Apa, bilamana, dimana, bagaimana, dan mengapa.

Sementara Kepala Kesbangpol Banjar Syahda Mariadi M dalam sambutannya mengatakan, Kepada para peserta dapat lebih tanggap dan peka terhadap berbagai hal yang akandapat terjadi dilingkungan, tingkatkan kewaspadaan untuk terus mencermati situasi serta selalu berkoordinasi dengan insyansi terkait yang ada di tingkat kecamatan dan Kabupaten dalam upaya cegah dini dan lapor cepat.

Kemudian Camat M. Arsyad dalam sambutannya berpesan kepada warganya agar mampu menahan diri bila terjadi kesalahpahaman antar warga dan diharapkan peran FKDM yang telah dibentuk dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data dan informasiterkait potensi ancaman keamanan dan ketertiban.

Acara dihadiri Camat Sungai Tabuk M. Arsyad, unsur Muspika, seluruh pembakalan (kepala desa) se-Kecamatan Sungai Tabuk, tokoh pemuda, tokoh adat dan para tokoh masyarakat setempat ini, Kabid Ketahanan Ideologi dan Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Kab. Banjar Dra. Fathul Djennah, Kesbangpol PropinsiA. Ariffin, Sertu Jumarudin dari Kodim 1006 Martapura.(ant/rd)

Kuansing Promosikan Budaya Daerah

Pemkab Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau mempromosikan seni dan budaya daerah setempat kepada peserta dan penonton yang menyaksikan iven 'Pacu Jalur' atau pacu sampan menggunakan perahu dengan panjang 24-40 meter didayung oleh 40 peserta.

Pertamina Siapkan LPG non-Subsidi 190 MT

Pertamina Area Manado menyiapkan Liquid Petroleum Gas (LPG) non subsidi di Provinsi Sulawesi Utara, sebanyak 190 metrik ton (MT) setiap hari, untuk memenuhi kebutuhan di daerah tersebut.

Ribuan Siswa Sambut Presiden

Sebanyak 4086 siswa SD hingga SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di daerah itu, 24-25 Agustus 2014.

Nonton Bareng Tayangan Putusan MK

Para komisioner dan staf Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor, Jawa Barat, bersama-sama menonton tayangan televisi mengenai pembacaan putusan Mahkaman Konstitusi mengenai perselisihan hasil pemilihan umum presiden 2014.

Gubernur Riau : Pelaku Mutilasi Dihukum Seumur Hidup

Gubernur Riau Annas Maamun meminta para pelaku pelecehan seksual disertai pembunuhan dengan mutilasi yang merenggut tujuh korban untuk dihukum berat minimal seumur hidup.