Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pembangunan Museum Keris Didesain Ulang

desain ulang, pembangunan museum keris, solo

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 524

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melakukan desain ulang terhadap rencana pembangunan museum keris di kawasan Sriwedari Solo, setelah mengetahui rencana pembangunan awal menyentuh lahan Taman Sriwedari yang masih sengketa.

"Ya untuk pembangunan itu kita akan fokus membangun di lahan HP 26 yang jelas bukan lahan sengketa. Sementara pembangunan yang masuk wilayah HP 11 kita tangguhkan dulu karena wilayah tersebut masih disengketakan," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Surakarta, Ahyani kepada wartawan di Solo, Kamis.

Proses lelang penyusunan ulang Detail Engineering Desain (DED) museum keris itu kini telah dimulai, dan diharapkan selesai antara bulan April atau Mei 2013 mendatang.

"Nilai lelangnya untuk penyusunan ulang DED ini sekitar Rp 100 Juta dan dananya bersumber dari APBD 2013," katanya.

Ahyani mengatakan, usai penyusunan DED, pihaknya akan segera menggelar lelang pembangunan fisik, sehingga diharapkan tahap pertama pembangunan museum keris bisa selesai pada akhir tahun 2013.

Pengerjaan pembangunan tahap pertama nantinya menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Pusat senilai Rp 10 miliar.

"Tahap satu ini sampai pembangunan struktur konstruksi gedung museum keris, dan setelah itu kembali mengajukan dana bantuan untuk tahap kedua," ujar Ahyani.

Sementara pembangunan tahap kedua, akan difokuskan untuk membangun interior museum. "Karena kita menginginkan museum mempunyai ruang pameran koleksi berstandar internasional," tambah Ahyani.

Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun convention hall yang mampu menampung hingga ribuan orang.

Pembangunan museum keris tersebut, nantinya juga akan diikuti dengan penataan lingkungan sekitar museum yang terintegrasi dengan penataan Koridor Bhayangkara itu.

Oleh karena itu, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar dalam APBD 2013 untuk menata pedestrian dan sanitasi air di kawasan tersebut.

"Ya untuk kawasan ini akan kita bangun sebagai kawasan heritage. Jadi bangunan-bangunan heritage yang ada juga akan kita pertahankan," kata Ahyani.(ant/rd)

Tim Telusuri Jejak Tiga WNI Di Langtang

Tim Pencarian dan Evakuasi WNI di Nepal menelusuri jejak ketiga WNI atas nama Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwat yang berdasarkan informasi terakhir diketahui berada di sekitar Langtang di Pegunungan Himalaya.

Dishubkominfo Mataram Buat Database Potensi Parkir

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah membuat sistem database pemetaan potensi parkir di kota itu sebagai salah satu upaya mencapai target pajak parkir tahun 2015 sebesar Rp1,5 miliar.

Gubernur Imbau Siswa 'Pede' Jawab Soal UN

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengimbau agar seluruh siswa SMP/MTs dan sederajat agar pede (percaya diri) dalam menjawab soal Ujian Nasional (UN) SMP yang akan dilaksanakan pada Senin (4/5).

Balawista Siagakan 18 Personel Jaga Prosesi 'Banyupinaruh'

Badan penyelamat wisata tirta (Balawista) Denpasar, Bali menyiagakan 18 anggotanya yang tersebar di lima pos kawasan Pantai Sanur untuk menjaga keselamatan pengunjung saat melaksanakan prosesi ritual penyucian diri atau 'Banyupinaruh'.

3 Mei Momentum Kebebasan Pers Lebih Baik

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta berharap peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia (World Press Freedom Day) yang jatuh pada 3 Mei merupakan momentum kebebasan pers lebih baik.