Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pembangunan Museum Keris Didesain Ulang

desain ulang, pembangunan museum keris, solo

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 524

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melakukan desain ulang terhadap rencana pembangunan museum keris di kawasan Sriwedari Solo, setelah mengetahui rencana pembangunan awal menyentuh lahan Taman Sriwedari yang masih sengketa.

"Ya untuk pembangunan itu kita akan fokus membangun di lahan HP 26 yang jelas bukan lahan sengketa. Sementara pembangunan yang masuk wilayah HP 11 kita tangguhkan dulu karena wilayah tersebut masih disengketakan," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Surakarta, Ahyani kepada wartawan di Solo, Kamis.

Proses lelang penyusunan ulang Detail Engineering Desain (DED) museum keris itu kini telah dimulai, dan diharapkan selesai antara bulan April atau Mei 2013 mendatang.

"Nilai lelangnya untuk penyusunan ulang DED ini sekitar Rp 100 Juta dan dananya bersumber dari APBD 2013," katanya.

Ahyani mengatakan, usai penyusunan DED, pihaknya akan segera menggelar lelang pembangunan fisik, sehingga diharapkan tahap pertama pembangunan museum keris bisa selesai pada akhir tahun 2013.

Pengerjaan pembangunan tahap pertama nantinya menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Pusat senilai Rp 10 miliar.

"Tahap satu ini sampai pembangunan struktur konstruksi gedung museum keris, dan setelah itu kembali mengajukan dana bantuan untuk tahap kedua," ujar Ahyani.

Sementara pembangunan tahap kedua, akan difokuskan untuk membangun interior museum. "Karena kita menginginkan museum mempunyai ruang pameran koleksi berstandar internasional," tambah Ahyani.

Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun convention hall yang mampu menampung hingga ribuan orang.

Pembangunan museum keris tersebut, nantinya juga akan diikuti dengan penataan lingkungan sekitar museum yang terintegrasi dengan penataan Koridor Bhayangkara itu.

Oleh karena itu, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar dalam APBD 2013 untuk menata pedestrian dan sanitasi air di kawasan tersebut.

"Ya untuk kawasan ini akan kita bangun sebagai kawasan heritage. Jadi bangunan-bangunan heritage yang ada juga akan kita pertahankan," kata Ahyani.(ant/rd)

Dua Guru Indonesia Raih 'Global Educator Challenge'

Guru SD Muhammadiyah TerpaduPonorogoPuji Lestari dan guruSMP 1 Sedayu Bantul Muhammad Zulham memenangi penghargaan sebagai guru inovatif di ajang 'Global Educator Challenge' yang digelar Microsoft di Washington DC, Amerika Serikat.

Kota Harus Punya Identitas Masa Lalu

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr Ir Andreas Suhono MSc mengatakan pemerintah perlu membuat kebijakan mengenai keseimbangan pertumbuhan kota di Tanah Air.

Pemprov NTT Sediakan Rumah Murah Bagi PNS

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur tengah bekerja sama dengan developer perumahan dan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Kupang untuk menyediakan rumah murah bagi pegawai negeri sipil (PNS) di provinsi kepulauan itu.

Cargill Indonesia Dukung Pengembangan Usaha Peternak Lokal

Cargill Indonesia mendukung pengembangan usaha peternak lokal dengan memberikan bantuan kepada Kelompok Ternak Sinar Mulya Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Tommy Page Sapa Penggemar Jabodetabek Jelang Konser

Penyayi asal Amerika Serikat, Tommy Page, menyapa para penggemarnya di wilayah Jabodetabek menjelang rangkaian konser yang akan dilaksanakan 29-30 Mei 2015 di Jakarta.