Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pembangunan Museum Keris Didesain Ulang

desain ulang, pembangunan museum keris, solo

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 524

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melakukan desain ulang terhadap rencana pembangunan museum keris di kawasan Sriwedari Solo, setelah mengetahui rencana pembangunan awal menyentuh lahan Taman Sriwedari yang masih sengketa.

"Ya untuk pembangunan itu kita akan fokus membangun di lahan HP 26 yang jelas bukan lahan sengketa. Sementara pembangunan yang masuk wilayah HP 11 kita tangguhkan dulu karena wilayah tersebut masih disengketakan," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Surakarta, Ahyani kepada wartawan di Solo, Kamis.

Proses lelang penyusunan ulang Detail Engineering Desain (DED) museum keris itu kini telah dimulai, dan diharapkan selesai antara bulan April atau Mei 2013 mendatang.

"Nilai lelangnya untuk penyusunan ulang DED ini sekitar Rp 100 Juta dan dananya bersumber dari APBD 2013," katanya.

Ahyani mengatakan, usai penyusunan DED, pihaknya akan segera menggelar lelang pembangunan fisik, sehingga diharapkan tahap pertama pembangunan museum keris bisa selesai pada akhir tahun 2013.

Pengerjaan pembangunan tahap pertama nantinya menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Pusat senilai Rp 10 miliar.

"Tahap satu ini sampai pembangunan struktur konstruksi gedung museum keris, dan setelah itu kembali mengajukan dana bantuan untuk tahap kedua," ujar Ahyani.

Sementara pembangunan tahap kedua, akan difokuskan untuk membangun interior museum. "Karena kita menginginkan museum mempunyai ruang pameran koleksi berstandar internasional," tambah Ahyani.

Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun convention hall yang mampu menampung hingga ribuan orang.

Pembangunan museum keris tersebut, nantinya juga akan diikuti dengan penataan lingkungan sekitar museum yang terintegrasi dengan penataan Koridor Bhayangkara itu.

Oleh karena itu, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar dalam APBD 2013 untuk menata pedestrian dan sanitasi air di kawasan tersebut.

"Ya untuk kawasan ini akan kita bangun sebagai kawasan heritage. Jadi bangunan-bangunan heritage yang ada juga akan kita pertahankan," kata Ahyani.(ant/rd)

PSI Targetkan Emas Pada Sea Games 2017

Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) menargetkan medali emas pada SEA Games XXIX/2017 di Malaysia.

Dua Gol Mueller Bantu Bayern Puncaki Klasemen Liga Jerman

Bintang Jerman Thomas Mueller mencetak dua gol ketika Bayern Munich kembali ke puncak klasemen Liga Jerman pada Sabtu, berkat kemenangan 3-0 atas tamunya Bayer Leverkusen.

alace Menang 2-1 Atas Chelsea

Pelatih Chelsea Jose Mourinho menelan kekalahan keduanya di Liga Utama Inggris di Stamford Bridge ketika Crystal Palace mengunci kemenangan mengejutkan 2-1 atas sang juara bertahan pada Sabtu.

Peternak Ikan Tulangbawang Alami Penurunan Produksi

Produksi ikan budidaya keramba di Kabupaten Tulangbawang Provinsi Lampung menurun drastis diakibatkan kekeringan yang melanda sentra keramba ikan patin di sungai Menggala.

HMI Bandarlampung Ajak Mahasiswa Baru Berorganisasi

Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandarlampung pada Sabtu (29/8) siap menyambut kedatangan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2015/2016, baik yang ada di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Bandarlampung, untuk diajak bergabung agar dapat melatih kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan.