Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pembangunan Museum Keris Didesain Ulang

desain ulang, pembangunan museum keris, solo

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 512

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melakukan desain ulang terhadap rencana pembangunan museum keris di kawasan Sriwedari Solo, setelah mengetahui rencana pembangunan awal menyentuh lahan Taman Sriwedari yang masih sengketa.

"Ya untuk pembangunan itu kita akan fokus membangun di lahan HP 26 yang jelas bukan lahan sengketa. Sementara pembangunan yang masuk wilayah HP 11 kita tangguhkan dulu karena wilayah tersebut masih disengketakan," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Surakarta, Ahyani kepada wartawan di Solo, Kamis.

Proses lelang penyusunan ulang Detail Engineering Desain (DED) museum keris itu kini telah dimulai, dan diharapkan selesai antara bulan April atau Mei 2013 mendatang.

"Nilai lelangnya untuk penyusunan ulang DED ini sekitar Rp 100 Juta dan dananya bersumber dari APBD 2013," katanya.

Ahyani mengatakan, usai penyusunan DED, pihaknya akan segera menggelar lelang pembangunan fisik, sehingga diharapkan tahap pertama pembangunan museum keris bisa selesai pada akhir tahun 2013.

Pengerjaan pembangunan tahap pertama nantinya menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Pusat senilai Rp 10 miliar.

"Tahap satu ini sampai pembangunan struktur konstruksi gedung museum keris, dan setelah itu kembali mengajukan dana bantuan untuk tahap kedua," ujar Ahyani.

Sementara pembangunan tahap kedua, akan difokuskan untuk membangun interior museum. "Karena kita menginginkan museum mempunyai ruang pameran koleksi berstandar internasional," tambah Ahyani.

Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun convention hall yang mampu menampung hingga ribuan orang.

Pembangunan museum keris tersebut, nantinya juga akan diikuti dengan penataan lingkungan sekitar museum yang terintegrasi dengan penataan Koridor Bhayangkara itu.

Oleh karena itu, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar dalam APBD 2013 untuk menata pedestrian dan sanitasi air di kawasan tersebut.

"Ya untuk kawasan ini akan kita bangun sebagai kawasan heritage. Jadi bangunan-bangunan heritage yang ada juga akan kita pertahankan," kata Ahyani.(ant/rd)

Bandara Halim Sepi Saat Lebaran

Suasana di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada hari pertama Lebaran 1435 H, Senin,sepi bila dibandingkan dengan saat H-1 atau Minggu ( 27/7 ).

Ahmad Heryawan : 'Open House' Sarana Membuka Sekat Kedinasan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan kegiatan 'open house' di rumah dinas gubernur Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin, pada hari raya Lebaran merupakan sarana untuk membuka sekat kedinasan pemimpin dengan masyarakat umum di Jabar.

Erosi Pesisir Masih Kritis Di Thailand

Masalah erosi pantai Thailand dianggap parah di 44 lokasi di 19 provinsi di sepanjang Teluk Thailand, dengan kerusakan yang diakibatkan penyebab alam dan buatan manusia.

Zakat Fitrah Batam Rp10,26 Miliar

Pengumpulan zakat fitrah yang dilakukan seluruh badan amil zakat di Kota Batam, Kepulauan Riau, hingga Senin dini hari, mencapai Rp10,26 miliar.

Arus Silaturahim Dan Wisata Gabung Jalur Selatan

Arus lalu lintas silaturahim warga loka, wisata dana pemudik tumplek memadati jalur selatan Jabar dari Cileunyi - Nagreg - Garut - Tasikmalaya pada Hari Raya Idul Fitri 1435H, Senin.