Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pembangunan Museum Keris Didesain Ulang

desain ulang, pembangunan museum keris, solo

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 524

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melakukan desain ulang terhadap rencana pembangunan museum keris di kawasan Sriwedari Solo, setelah mengetahui rencana pembangunan awal menyentuh lahan Taman Sriwedari yang masih sengketa.

"Ya untuk pembangunan itu kita akan fokus membangun di lahan HP 26 yang jelas bukan lahan sengketa. Sementara pembangunan yang masuk wilayah HP 11 kita tangguhkan dulu karena wilayah tersebut masih disengketakan," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Surakarta, Ahyani kepada wartawan di Solo, Kamis.

Proses lelang penyusunan ulang Detail Engineering Desain (DED) museum keris itu kini telah dimulai, dan diharapkan selesai antara bulan April atau Mei 2013 mendatang.

"Nilai lelangnya untuk penyusunan ulang DED ini sekitar Rp 100 Juta dan dananya bersumber dari APBD 2013," katanya.

Ahyani mengatakan, usai penyusunan DED, pihaknya akan segera menggelar lelang pembangunan fisik, sehingga diharapkan tahap pertama pembangunan museum keris bisa selesai pada akhir tahun 2013.

Pengerjaan pembangunan tahap pertama nantinya menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Pusat senilai Rp 10 miliar.

"Tahap satu ini sampai pembangunan struktur konstruksi gedung museum keris, dan setelah itu kembali mengajukan dana bantuan untuk tahap kedua," ujar Ahyani.

Sementara pembangunan tahap kedua, akan difokuskan untuk membangun interior museum. "Karena kita menginginkan museum mempunyai ruang pameran koleksi berstandar internasional," tambah Ahyani.

Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun convention hall yang mampu menampung hingga ribuan orang.

Pembangunan museum keris tersebut, nantinya juga akan diikuti dengan penataan lingkungan sekitar museum yang terintegrasi dengan penataan Koridor Bhayangkara itu.

Oleh karena itu, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar dalam APBD 2013 untuk menata pedestrian dan sanitasi air di kawasan tersebut.

"Ya untuk kawasan ini akan kita bangun sebagai kawasan heritage. Jadi bangunan-bangunan heritage yang ada juga akan kita pertahankan," kata Ahyani.(ant/rd)

Gubernur Tinjau Lokasi Permukiman Terbakar Di Ambon

Gubernur Maluku, Said Assagaff, Sabtu, meninjau lokasi permukiman yang terbakar di kawasan Jalan Baru, kecamatan Sirimau, Kota Ambon pada Jumat (31/10) sekitar pukul 22.

Garuda Muda AQUADNC Latihan Jelang Final Brazil

Festival sepak bola anak-anak usia 10-12 tahun di Indonesia AQUA Danone Nations Cup (AQUADNC) mengadakan pemusatan latihan bagi tim Garuda Muda AQUADNC 2014 di Kawasan Agrowisata, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, menjelang final di Brazil.

Menteri ESDM : Rusia Tawarkan Pasok 'Crude'

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, perusahaan migas asal Rusia telah menawarkan untuk memasok minyak mentahnya (crude) ke Indonesia.

Indonesia Diharapkan Mampu Manfaatkan MEA 2015

Indonesia diharapkan mampu memanfaatkan momentum Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 sebagai tantangan dan peluang dengan meningkatkan daya saing.

Atlet Jambi Akan Tampil Maksimal PON Remaja

Dua atlet tenis meja Jambi akan berjuang maksimal pada PON Remaja yang akan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur pada Desember mendatang, Ketua Umum Pengprov PTMSI Jambi Bambang Hidayah, di Jambi, Sabtu, mengatakan pihaknya tidak menargertkan medali di PON Remaja nanti.