Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pembahasan Raperda RTRW Kabupaten Buleleng Dipercepat

rencana tata ruang wilayah, masa persidangan

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 481

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Buleleng, Bali, dipercepat agar bisa disahkan pada akhir 2013.

"Kami targetkan pembahasan RTRW Buleleng ini selesai pada masa persidangan ketiga tahun 2013. Kami belum bisa menyelesaikan di masa persidangan pertama atau kedua karena ada banyak hal khusus yang harus dibahas," kata Ketua Panitia Khusus Raperda RTRW Kabupaten Buleleng Putu Mangku Mertayasa di Singaraja, Kamis.

Menurut dia, pembahasan raperda tersebut sempat terganjal oleh petunjuk dari Kementerian Pekerjaan Umum. "Entah mengapa, petunjung dari Kementrian PU baru kami terima setelah kami datang ke Jakarta," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Buleleng itu.

Petunjuk Kementerian PU itu di antaranya penerapan sempadan pantai sejauh 100 meter sebagaimana diatur dalam Perda Provinsi Bali Nomor 16 Tahun 2009 yang harus dicantumkan dalam Rapreda RTRW Kabupaten Buleleng.

"Di dalam petunjuk Kementerian PU itu juga tercantum soal pembangunan bandara di Kabupaten Buleleng," kata Mangku Mertayasa.

Namun di dalam petunjuk Kementerian PU itu tidak disebutkan lokasi bandara yang akan dibangun. Selama ini mengemuka usulan pembangunan bandara baru itu, apakah di Kecamatan Gerokgak atau Kecamatan Kubutambahan.

Sebagaimana hasil studi kelayakan Kementerian Perhubungan bandara baru di wilayah Bali utara itu harus di Kecamatan Kubutambahan.(ant/rd)

Ratusan Pelajar Bersihkan Sampah Pantai Baturakit

Ratusan pelajar dari tiga sekolah di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang Pantai Baturakit, Sabtu.

Pariwisata Tumbuh Sahid Group Investasi Ribuan Kamar

Sektor pariwisata Indonesia yang tumbuh positif mendorong Sahid Group memperluas investasi perhotelan dengan rencana menambah ribuan kamar, sehingga dalam tiga tihun ke depan jumlahnya ditargetkan menjadi 6.

Bupati Bangka Minta Sekolah Utamakan Lingkungan Hijau

Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, minta kepada para pengelola lembaga pendidikan di daerah itu mengutamakan lingkungan sekolah yang hijau dengan berbagai tanaman.

61 Hektare Sawah Rusak Akibat Banjir Solok

Pendataan sementara oleh aparat Pemerintahan Kecamatan Kubung dan Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, diketahui 61 hektare sawah masyarakat rusak akibat banjir yang melanda daerah itu, Jumat (31/10).

Wapres Apresisasi Peran Tokoh Agama Saat Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan apresiasi kepada seluruh tokoh agama saat penyelenggaraan pemilihan umum 2014 yang dinilai mampu memberikan pesan perdamaian kepada seluruh umatnya sehingga pesta demokrasi tersebut bisa berjalan aman dan tidak membawa korban jiwa 'Para pemuka agama dinilai berhasil memberikan pesan kepada umatnya mengenai pentingnya berdemokrasi dengan baik, sehingga semua berjalan aman dan damai,' kata Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nadlatul Ulama di Kantor Pusat PBNU Jakarta, Sabtu.