Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 341

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Polres Badung Optimalkan Pengamanan Jalur Denpasar-Tabanan

Kepolisian Resor Badung, Bali, mengoptimalkan pengamanan di jalur utama yang menghubungkan Kota Denpasar dengan Kabupaten Tabanan untuk menekan kasus laka lantas saat arus mudik dan balik lebaran 2014.

Jalur Puncak Masih Satu Arah Ke Jakarta

Hingga pukul 19.47 WIB, arus lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari kedua Idul Fitri 1435 Hijria/2014, Selasa, masih diberlakukan satu arah menuju Jakarta.

MPR Nilai PBB Kehilangan Raison D'etre

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari menilai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah kehilangan alasan kehadiran atau raison d'etre-nya jika tidak bisa menghentikan agresi dan kekejaman Israel terhadap bangsa Palestina.

Wabup Sarundajang Ajak Warga Bersinergi Bangun Minahasa

Wakil Bupati (Wabup) Ivan Sarundajang mengajak warga untuk terus bersinergi dengan semangat mapalus dalam membangun Minahasa tercinta.

Kapolres : Penyempitan Jalan Penyebab Kepadatan Di Nagreg

Kapolres Bandung AKBP Jamaludin mengatakan terjadinya penyempitan jalan dari arah Bandung menuju Garut sebagai penyebab kepadatan kendaraan di wilayah Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, pada musim mudik Lebaran.