Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 349

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Bonita & The Hus Band Akan Hadir Lusa

Setelah menelurkan beberapa karya solo pada 2003, penyanyi Bonita menggaet Adoy, Bharata dan Jimmy Tobing untuk membentuk Bonita & The Hus Band.

Sampah Terus Melimpah, Jumlah Truk Sampah Harus Ditambah

Menurut catatan data truk sampah di DKI Jakarta dari data.

7 Film Pendek Asli Indonesia Pemenang Penghargaan Dunia Akan Diputar Gratis

Ingin menikmati film-film asli karya sineas Indonesia yang diputar di berbagai festival dunia? Hadiri Arthouse Cinema pada tanggal 26 Mei jam 19:00 di Goethe-Institut, Jl.

CSR Agar Digarap Lebih Produktif

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tampak berbincang bersama Sukowati Sosrojoyo dari Reso Group.

Ahok Salami Para PKL Lenggang Jakarta

Setelah memberikan pidato sambutan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyempatkan diri menyapa dan beramah tamah dengan sejumlah pedagang kaki lima yang menempati kios di Lenggang Jakarta, Monas, sore hari tadi.