Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 299

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Pleno KPU Tanjabar Baru Rampungkan Satu Dapil

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara yang digelar KPU Tanjung Jabung Timur berjalan alot, karena hingga Minggu dinihari (20/4) baru merampungkan perhitungan untuk satu daerah pemilihan.

Suarez Raih Gol Ke-30 Yang Bersejarah

Luis Suarez mencetak gol ke-30 di Liga Utama Inggris (Premier League) pada musim ini saat menghadapi Norwich City, Minggu, sekaligus menjadi pemain Liverpool pertama yang melewati capaian rekor itu sejak Ian Rush pada 1987.

Pelopor Bangun Subak Abadi

Pemerintah Kota Denpasar diharapkan menjadi pelopor pembangunan dan menetapkan kawasan subak abadi di Provinsi Bali, untuk menjaga kesinambungan lahan pertanian dan lahan terbuka hijau di ibu kota di Pulau Dewata ini.

Mobil Sean Bermasalah di Silverstone

Pebalap Indonesia Sean Gelael merasa kecewa besar karena keuletannya dalam test pralomba tidak terwujud saat berlomba yang sebenarnya pada putaran pertama Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa yang berlangsung di Silverstone, akhir minggu lalu.

DPRD Rejang Lebong Kagumi Hutan Pelawan Namang

Rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengaku kagum dengan hamparan hutan asri yang sengaja dipelihara untuk penangkaran madu lebah pelawan di Kecamatan Namang, Bangka Tengah, Bangka Belitung.