Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 349

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Dua Polisi Dipanggil KPK Untuk Jadi Saksi Korupsi Simulator

KPK memanggil dua polisi sebagai saksi dalam penyidikan perkara kasus korupsi pengadaan "driving" simulator uji klinik pengemudi roda dua (R2) dan roda empat (R4) anggaran 2011 di Korlantas Polri.

Ekonomi Indonesia Masih Dalam Keadaan Baik

Menteri Keuangan Republik Indonesia periode 1988-1993 Johannes Baptista (JB) Sumarlin meyakini bahwa keadaan perekonomian Indonesia akan semakin membaik ke depan.

Tersangka Penembakan Wartawan Virginia Mengaku Sakit Hati

Tersangka penembak mati dua wartawan televisi selagi siaran langsung di Virginia Rabu waktu setempat, Vester Flanagan (41), sempat membanjiri media sosial untuk menumpahkan unek-uneknya sekaligus memposting video penembakan itu dari sudutnya sendiri.

40 Orang Tewas Dalam Serangan Udara di Yaman

Setidaknya 40 orang tewas dalam serangan udara lebih dari 24 jam oleh koalisi pimpinan Arab Saudi serta pertempuran di Provinsi Baida Yaman tengah, sumber militer mengatakan kepada AFP, Selasa.

Harga Minyak Perpanjang Kenaikan Di Perdagangan Asia

Harga minyak mentah memperpanjang kenaikannya di perdagangan Asia pada Jumat, menyusul lonjakan harga 10 persen pada sesi sebelumnya dipicu oleh data ekonomi AS yang kuat.