Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 349

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Menag : Al-quran Kandung Isyarat Tentang Iptek

Menteri Agama Lukman Haim Saifuddin menyatakan Al-Quran mengandung isyarat-isyarat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta ayat-ayat alam (kauniyah) yang dapat dijadikan motivasi dan inspirasi dalam berbagai rekayasa, baik sosial, teknik maupun genetika.

PTPN IV Gelar Pasar Murah Sembako Lebaran

PT Perkebunan Nusantara IV menggelar pasar murah sembilan bahan pokok menjelang Lebaran untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam menyambut hari besar keagamaan tersebut.

Kemendikbud-PBNU Kerja Sama Di Bidang Pendidikan Karakter

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bidang pendidikan karakter anak bangsa guna mencegah terus merebaknya radikalisme di Indonesia.

Bank Tunggu Kepastian Pemberlakuan Chip Kartu Debit

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menunggu kepastian waktu pemberlakuan implementasi migrasi kartu debit dan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) dari teknologi 'magnetic stripe' ke teknologi chip oleh Bank Indonesia.

Perbaikan Jalan Lintas Medan-Aceh Dinilai Seadanya

Perbaikan jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Kota Medan dengan Provinsi Aceh di Kabupaten Langkat menjelang Lebaran dinilai hanya dilakukan seadanya.