Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 349

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Rusia Mendapat Peringatan NATO

Komandan militer NATO menyatakan keprihatinannya atas persiapan militer Rusia di wilayah Crimea dapat digunakan sebagai tempat peluncuran serangan di seluruh wilayah Laut Hitam.

Indef Catat Enam Perbaikan Ekonomi Satu Dekade

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan ada enam indikator kinerja ekonomi yang mengalami perbaikan dalam satu dekade terakhir, termasuk di antaranya pertumbuhan ekonomi yang bisa mencapai kisaran enam persen.

Bupati Didesak Menindak Penambang Liar

Komite Nasional Penyelamat Asset Negara (Komnaspam) mendesak Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata untuk menindak tegas penambang liar batu padas di seputaran daerah aliran sungai (DAS) Tukad Pakerisan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati.

Sumbar Gelar Dialog Politik Bersama Masyarakat

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar dialog politik bersama pimpinan partai politik, organisasi masyarakat, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis.

Asuransi Swasta Siap Dukung BPJS Kesehatan

Sebanyak 30 asuransi swasta sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan siap mendukung program tersebut dengan skema COB (Coordination of Benefit) bagi pekerja BUMN dan swasta yang wajib ikut sistem jaminan nasional kesehatan mulai 1 Januari 2015.