Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 349

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Kediri Galakkan Posyandu Ternak

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggalakkan program posyandu khusus untuk ternak, sebagai upaya mengantisipasi serangan penyakit termasuk penyakit antraks.

Tarif Tol Surabaya-Gresik Naik 40 Persen

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengumumkan, tarif Jalan Tol Surabaya - Gresik berkisar 30,33-40 persen mulai Rabu, 24 Desember 2014 pukul 00.

Jateng Terima Makarti Nayotama

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan Makarti Nayotama dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, karena berhasil dalam program transmigrasi.

Pengurangan Subsidi Listrik Hemat Anggaran Rp 8,4 Triliun

Manajemen Perusahaan Listrik Negara Wilayah Riau dan Kepulauan Riau menyatakan pengurangan subsidi listrik yang dilakukan sepanjang 2014 berpotensi menghemat anggaran hingga Rp8,4 triliun.

Palestina Desak Pemungutan Suara Meski Terancam Veto

Palestina mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Selasam, bahwa mereka akan menyerahkan rancangan resolusi kepada Dewan Keamanan PBB meskipun ia memperingatkan hak veto, kata seorang pejabat Palestina.