Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 349

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Sistem Navigasi Bandara Hang Nadim Rusak

Sistem navigasi di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, mengalami kerusakan sehinggamengakibatkan jadwal penerbangan terganggu sejak Minggu (7/2) sore dan diperkirakan baru bisa kembali beroperasi pada Senin pagi.

Ratusan Warga Gorontalo Etnis Tionghoa Rayakan Imlek

Ratusan warga etnis Tionghoa di Kota Gorontalo merayakan Tahun Baru Imlek 2567 di kelenteng Tulus Harapan Kita, Senin dini hari.

Jang Jegal Para Bintang Muda Untuk Raih Kemenangan LPGA Pertama

Pegolf Korea Selatan Jang Ha-Na meraih gelar LPGA pertamanya setelah mampu menjegal para bintang muda seperti Lydia Ko dan Brooke Henderson di Coates Championship, Sabtu waktu setempat, dengan mencetak dua birdie di tiga lubang terakhir.

Imlek Jadi Momentum Perkuat Hidup Orang Basudara

Warga keturunan Tionghoa di Kota Ambon, Provinsi Maluku berharap perayaan Tahun Baru Imlek2567 tahun 2016 dapat menjadi momentum untuk mempererat kehidupan 'orang basudara' (bersaudara) di provinsi tersebut.

Distribusi Beras Raskin Terkendala SK Wali Kota

Bantuan beras mikin (raskin) triwulan I tahun 2016 bagi 4.