Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pedagang Tolak Pembangunan PIG Kota Malang

malang, pasar induk dagang, pembangunan pasar

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 357

Puluhan pedagang Pasar Induk Gadang atau PIG Kota Malang, Jawa Timur, menolak pembangunan pasar tersebut karena sebelumnya pemkot maupun investor tidak pernah mensosialisasikan rencana pembangunan pasar itu.

Penolakan puluhan pedagang PIG tersebut disampaikan melalui unjuk rasa di gedung DPRD sementara di Jalan Simpang Jakarta, Kota Malang, Rabu.

"Sampai saat ini kami belum pernah diajak bicara terkait rencana pembangunan PIG. Bagaimana kami bisa menyetujui atau tidak menyetujui rencana pembangunan tersebut, program detailnya seperti apa, kami juga tidak tahu," tegas bendahara koordinator pedagang PIG Andi Mustofa.

Menurut dia, selama ini pedagang tidak pernah diajak bicara maupun menerima sosialisasi rencana pembangunan PIG, tapi tiba-tiba pedagang diminta untuk menandatangani surat perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan pasar.

Ia mengakui, selama ini pemerintah maupun investor hanya memberdayakan dan mempercayakan semua yang berkaitan dengan pasar dan pedagang pada paguyuban saja, padahal tidak pedagang memiliki aspirasi yang sama.

Rencananya, pada 27 Februari nanti, pemkot akan melakukan pertemuan dengan pedagang dan awal Maret dilakukan peletakan batu pertama pembangunan PIG.

Menanggapi keluhan pedagang PIG tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arif Wahyudi meminta pemkot untuk melakukan sosialisasi sebelum pembangunan direalisasikan, sebab dikhawatirkan pembangunan pasar akan menimbulkan konflik seperti yang terjadi pada saat pembangunan Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing Kota Malang.

Politisi dari PKB itu menegaskan, pemkot sudah punya pengalaman konflik pembangunan Pasar Blimbing dan Dinoyo. Jadi, kejadian serupa jangan sampai terulang kembali di Pasar Gadang.

Pada intinya, kata Arif, dewan menyetujui adanya pembangunan pasar yang melibatkan investor dengan nilai investasi hampir mencapai Rp300 miliar tersebut. "Kami akan koordinasi dulu dengan Sekda untuk mematangkan sosialisasai pada pedagang," ujarnya.(ant/rd)

Keterlibatan Wasit Wanita Pimpin Pertandingan Masih Minim

Ketua Pengembangan Sepak Bola Wanita PSSI Jawa Barat Papat Yunisal mengatakan keterlibatan wasit wanita dalam memimpin pertandingan sepak bola masih minim.

GFJA Pamerkan Foto Karya Beat Presser

Galeri Foto Jurnalistik, Jakarta, menggelar pameran tunggal Beat Presser, forografer asal Swiss, dengan tema 'Sea of the Ancertors' dari 19 September hingga 5 Oktober 2014.

Indonesia Yakin Bakal Lewati Laos Dan Brunei

Kapten tim sepak takraw Indonesia Hadi Syamsul yakin bakal mampu melewati Laos dan Brunei pada pertandingan penyisihan grup B di Asian Games 2014 Incheon, Korsel.

BI: Pengerjaan Proyek BUMN Menunjukkan Peningkatan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat menilai pengerjaan beberapa proyek pemerintah dan badan usaha milik negara terus menunjukkan peningkatan.

Polrestabes-Pemkot Razia Sekolah Antisipasi Geng Motor

Pemerintah Kota Makassar bersama Polrestabes Makassar akan menggelar razia di sekolah-sekolah terkait maraknya aksi geng motor yang aksinya sudah sangat meresahkan masyarakat.