Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pedagang Tolak Pembangunan PIG Kota Malang

malang, pasar induk dagang, pembangunan pasar

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 357

Puluhan pedagang Pasar Induk Gadang atau PIG Kota Malang, Jawa Timur, menolak pembangunan pasar tersebut karena sebelumnya pemkot maupun investor tidak pernah mensosialisasikan rencana pembangunan pasar itu.

Penolakan puluhan pedagang PIG tersebut disampaikan melalui unjuk rasa di gedung DPRD sementara di Jalan Simpang Jakarta, Kota Malang, Rabu.

"Sampai saat ini kami belum pernah diajak bicara terkait rencana pembangunan PIG. Bagaimana kami bisa menyetujui atau tidak menyetujui rencana pembangunan tersebut, program detailnya seperti apa, kami juga tidak tahu," tegas bendahara koordinator pedagang PIG Andi Mustofa.

Menurut dia, selama ini pedagang tidak pernah diajak bicara maupun menerima sosialisasi rencana pembangunan PIG, tapi tiba-tiba pedagang diminta untuk menandatangani surat perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan pasar.

Ia mengakui, selama ini pemerintah maupun investor hanya memberdayakan dan mempercayakan semua yang berkaitan dengan pasar dan pedagang pada paguyuban saja, padahal tidak pedagang memiliki aspirasi yang sama.

Rencananya, pada 27 Februari nanti, pemkot akan melakukan pertemuan dengan pedagang dan awal Maret dilakukan peletakan batu pertama pembangunan PIG.

Menanggapi keluhan pedagang PIG tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arif Wahyudi meminta pemkot untuk melakukan sosialisasi sebelum pembangunan direalisasikan, sebab dikhawatirkan pembangunan pasar akan menimbulkan konflik seperti yang terjadi pada saat pembangunan Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing Kota Malang.

Politisi dari PKB itu menegaskan, pemkot sudah punya pengalaman konflik pembangunan Pasar Blimbing dan Dinoyo. Jadi, kejadian serupa jangan sampai terulang kembali di Pasar Gadang.

Pada intinya, kata Arif, dewan menyetujui adanya pembangunan pasar yang melibatkan investor dengan nilai investasi hampir mencapai Rp300 miliar tersebut. "Kami akan koordinasi dulu dengan Sekda untuk mematangkan sosialisasai pada pedagang," ujarnya.(ant/rd)

Wali Kota Balikpapan Lantik 66 Pejabat Baru

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi melantik 66 pejabat kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sekretaris SKPD, camat, dan kepala-kepala bagian di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, Rabu.

Telkomsel Tingkatkan Layanan Suara SMS Dan Data

Manajemen PT Telkomsel Indonesia (Tbk) Regional Maluku-Papua meningkatkan layanan suara, pesan singkat (SMS) dan data, terkait perayaan Natal dan Tahun Baru di daerah yang akan dikunjungi Presiden Jokowi beserta rombongan.

Pusri Realisasikan Penyaluran Pupuk Bersubsidi 112 Persen

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang hingga Desember 2014 telah merealisasikan penyaluran pupuk urea bersubsidi kepada petani di sembilan provinsi di Pulau Sumatera dan Jawa hingga 112 persen dari target yang ditetapkan.

Outlook Ekspor Indonesia 2015 Naik 15 Persen

Kinerja ekspor Indonesia pada 2015 diperkirakan mampu meningkat antara 15-20 persen, salah satu faktor yang memengaruhi adalah kembali menggeliatnya perekonomian di Amerika Serikat.

Makassar Gunakan Sendok Rp1 Miliar Slogan Pariwisata

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menjadikan berita kontrol tentang 'Sendok Rp1 miliar' sebagai slogan baru dalam bisnis Pariwisata Makassar.