Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pedagang Tolak Pembangunan PIG Kota Malang

malang, pasar induk dagang, pembangunan pasar

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 357

Puluhan pedagang Pasar Induk Gadang atau PIG Kota Malang, Jawa Timur, menolak pembangunan pasar tersebut karena sebelumnya pemkot maupun investor tidak pernah mensosialisasikan rencana pembangunan pasar itu.

Penolakan puluhan pedagang PIG tersebut disampaikan melalui unjuk rasa di gedung DPRD sementara di Jalan Simpang Jakarta, Kota Malang, Rabu.

"Sampai saat ini kami belum pernah diajak bicara terkait rencana pembangunan PIG. Bagaimana kami bisa menyetujui atau tidak menyetujui rencana pembangunan tersebut, program detailnya seperti apa, kami juga tidak tahu," tegas bendahara koordinator pedagang PIG Andi Mustofa.

Menurut dia, selama ini pedagang tidak pernah diajak bicara maupun menerima sosialisasi rencana pembangunan PIG, tapi tiba-tiba pedagang diminta untuk menandatangani surat perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan pasar.

Ia mengakui, selama ini pemerintah maupun investor hanya memberdayakan dan mempercayakan semua yang berkaitan dengan pasar dan pedagang pada paguyuban saja, padahal tidak pedagang memiliki aspirasi yang sama.

Rencananya, pada 27 Februari nanti, pemkot akan melakukan pertemuan dengan pedagang dan awal Maret dilakukan peletakan batu pertama pembangunan PIG.

Menanggapi keluhan pedagang PIG tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arif Wahyudi meminta pemkot untuk melakukan sosialisasi sebelum pembangunan direalisasikan, sebab dikhawatirkan pembangunan pasar akan menimbulkan konflik seperti yang terjadi pada saat pembangunan Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing Kota Malang.

Politisi dari PKB itu menegaskan, pemkot sudah punya pengalaman konflik pembangunan Pasar Blimbing dan Dinoyo. Jadi, kejadian serupa jangan sampai terulang kembali di Pasar Gadang.

Pada intinya, kata Arif, dewan menyetujui adanya pembangunan pasar yang melibatkan investor dengan nilai investasi hampir mencapai Rp300 miliar tersebut. "Kami akan koordinasi dulu dengan Sekda untuk mematangkan sosialisasai pada pedagang," ujarnya.(ant/rd)

'Revolusi Mental' Sejalan Dengan Semangat Sumpah Pemuda

Semboyan 'Revolusi Mental' yang digaungkan Presiden Joko Widodo untuk memotivasi seluruh rakyat dinilai sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap 28 Oktober.

Bengkalis Pimpin Perolehan Medali Porprov Riau

Kabupaten Bengkalis memimpin perolehan medali pada Pekan Olahraga Provinsi Riau ke-VIII dengan 30 medali emas, 29 perak dan 31 perunggu diikuti Kota Pekanbaru dan tuan rumah Kabupaten Indragiri Hulu.

Dolar AS Melemah Setelah Kasus Ebola Menyebar

Kurs dolar AS melemah terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB) dan jatuh terhadap yen Jepang untuk pertama kalinya dalam enam hari, karena penyebaran virus Ebola memicu permintaan aset-aset 'safe haven'.

DPRD : Pembangunan Jalan Masih Prioritas

Pembangunan infrastruktur berupa jalan, khususnya di daerah pinggiran Kota Palangka Raya, masih menjadi prioritas proyek pada tahun depan, kata Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya Nenie A.

Hadapi MEA Dengan Cinta Produk Indonesia

Sekretaris Daerah Jawa Timur Ahmad Sukardi mengemukakan, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 salah satu strategi penting yang harus dilakukan adalah menumbuhkan kecintaan terhadap produk Indonesia.